Wednesday, February 26, 2014

Menikmati si Merah yang berambut


Hayo, siapa yang nggak kenal dengan buah rambutan? Sekarang lagi musim loh ya di sepanjang jalan berjejer para pedagang menawarkan buah ini. Nama ilmiah buah rambutan adalah "Nephelium Laapaceum". Bentuk buahnya kecil (seperti telur ayam kampung), warnanya merah, dan ada rambutnya #eh. Harga buah ini sangat terjangkau, apalagi kalau pas lagi musim. Harganya sangat murah meriah. Disepanjang perjalanan saat akan berangkat dan pulang kerja aku selalu menemukan buah ini, harganya bervariasi mulai dari Rp. 2.000/kg sampai Rp. 7.000/kg. Setiap haripun aku membelinya setelah pulang kerja. Saya membeli hanya Rp. 10.000 saja dan itupun saya berhasil membawa buah rambutan 2,5 kg dan langsung habis pada malam itu juga. Karena aku suka sekali dengan rambutan. Kemarin pas acara kopdar di rumah Pak Dhe, aku yang paling banyak menghabiskan suguhan buah rambutan dari tuan rumah #rakus


Buah rambutan juga ada jenisnya. Tapi yang pernah aku makan dan aku lihat hanya rambutan Aceh dan rambutan Binjai. Namun ternyata masih ada jenis rambutan lainnya.
Jenis buah rambutan antara lain :
  1. Rambutan Garuda, kadang disebut rambutan raksasa sebab ukurannya lebih besar dari buah rambutan pada umumnya. Rambutan ini berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Panjangnya bisa mencapai 7 cm, dengan diameter 3 cm. Rambut buahnya berukuran panjang, agak rapat, dan berwarna merah dengan ujung kekuningan. Daging buahnya berwarna putih dengan ketebalan bisa mencapai 7 mm. Rasanya manis, agak gurih, dan daging buahnya paling kering dibandingkan rambutan jenis lain.
  2. Rambutan Narmada, adalah rambutan yang berasal dari Lombok. Rambutan ini berwarna kuning berpadu dengan merah, sangat berbeda dengan jenis rambutan lainnya. Rasanya sangat istimewa dan karakteristik daging buah sangat spesifik, daging buahnya tidak lembek.
  3. Rambutan Binjai, adalah rambutan yang paling nikmat dan memiliki varietas paling unggul karena rasanya manis dan segar. Daging buahnya tebal dan kering. Rambutan ini berasal dari Sumatera Utara namun bibit buahnya telah tersebar dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia seperti Blitar (Jawa Timur).
  4. Rambutan Kepulasan, memiliki warna yang unik, merah maroon agak kecoklatan. Rambutnya pendek kasar, tumpul serta berkulit tebal sedangkan dagingnya putih bening, sedikit kenyal dan padat.
  5. Rambutan Aceh Pelat, disebut juga rambutan Rapiah. Walaupun nama rambutan ini ada embel-embel Aceh nya bukan berarti rambutan ini berasal dari Aceh loh ya. Buahnya berbentuk bulat dan mempunyai ciri khas yaitu adanya pelat pada kulitnya. Warna buahnya hijau kekuningan, rambut sangat pendek, kasar, agak jarang, berwarna hijau dengan ujung kemerahan. Dagng buahnya tebal, putih, agak kering, kenyal, terkelupas, dan kulit bijinya agak melekat. Rasanya manis agak renyah, aromanya tidak tajam. Bijinya kecil berbentuk bulat.
Dan,apa sajakah manfaat buah rambutan untuk tubuh kita?
  1. Penurunan berat badan yang efektif. Pantesan, sudah seminggu ini aku rajin banget makan buah rambutan. Setiap harinya kalau di rata-rata, saya selalu makan buah rambutan 1 kg/hari. Dan yang aku rasakan adalah lingkar paha rada menyusut sedikit. Yang awalnya celanaku ketat, eh agak longgaran.
  2. Membuat Ginjal lebih sehat karena buah rambutan mengandung fosfor yang bermanfaat menghilangkan kotoran yang terkonsentarasi didalam organ ginjal.
  3. Menguatkan sistem imun tubuh karena mengandung tembaga didalamnya dan bermanfaat dalam pembuatan sel darah putih.
  4. Pencegah kanker yang ampuh, karena mengandung Asam Gallic yang dapat menghancurkan berbagai radikal bebas yang berada didalam tubuh yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit kanker.
  5. Penangkal Anemia, karena mengandung zat besi yang dapat menghindarkan rasa pusing serta membuat seseorang mudah lelah dengan aktifitas yang begitu padat.
  6. Menjaga tubuh dari radikal bebas. Udara yang kita hirup tiap detik juga membawa zat-zat berbahaya yang bernama radikal bebas. Buah rambutan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut. Salah satunya adalah sariawan.
  7. Penambah energi dalam tubuh, karena mengandung karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh sehingga orang yang mudah capek jika memakan buah rambutan maka dapat meningkatkan energinya dengan cepat.
  8. Mengobati diabetes, studi juga telah menemukan bahwa daging buah rambutan, biji, dan kulitnya mengandung anti oksidan kuat yang disebut flavonoid, yang dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol.
Gimana, sudah tau kan jenis dan manfaat buah rambutan. Semoga bermanfaat ya.

Surabaya, 26 Februari 2014
di meja kantor dengan tugas yang masih sedikit


Related Posts

Menikmati si Merah yang berambut
4/ 5
Oleh

12 komentar

Datang ke Rumah Mbk. Kalau mau borong yang namanya Rambutan. Ada Binje juga loh..

Terima kasih infonya ya Mbak ...
Di seputaran rumah saya ... di Tangerang selatan ... juga lagi musim rambutan nih ...
istri saya yang suka ...
kalau saya .. kurang begitu suka ... (karena takut sakit gigi ... :) )

Salam saya Mbak

(26/2 : 15)

sama-sama Om,,,wah enak ya punya pohon rambutan,,,pas lagi musim enak panen nih,,,sayang sekali,,,Tangerang jauh Om T_T...semoga bisa ketemu ya Om,,,

Salam hormat juga Om,,,

Masa sih bisa bikin kurus Mbak? Tambah semangat lah kl gtu makannya, aku jg doyan bgt rambutan :-P

Di jalan-jalan yang saya lihat kebanyakan yang dijual jenis Binjai. Sekarang lagi bertebaran yah mbak, musimnya. Baru kali ini baca jenis dan manfaat dari rambutan, lengkap mbak :D

ranum sekali dan kelihatan menggoda hehe....

Sudah lama gak makan rambutan :(. Saya baru tahu jenis2 rambutan... Thanks informasinya ya... Ada info khasiatnya juga ^_^

beneran mak muna..saya sudah seminggu dari sekarg konsumsi itu buah tiap malam pengganti makan malam saya..eh nggak taunya pas pake celana yg awalnya rada ketat jadi longgar..seneng deh rasanay...btw mak muna udah langsing..ngapain pake nurunin bbb segala?????

iyah..skrg emang lgi musim mas :) byak bget pdagang buah disepanjang jalan yg jual ini buah. harganya jga masih terjangkau. makasih ya mas..ternyata postingan saya bermanfaat :)

memang sangat menggoda ini buah..apalagi langsung memetik langsung dari pohonnya..di jamin seger..

makasih juga..ternyat postingan saya bermanfaat :)

Yuk berkomentar :)