Rujak Petis Madura

Dari dulu yang namanya rujak itu menjadi camilan favoritku. Asal rujaknya pakai petis Madura loh yaaaa. Petis Madura itu seperti gulali (katanya teman-teman sih), warnanya cokelat seger. Macamnya ada dua, petis udang dan petis ikan, kalau petis ikan biasanya ikan yang digunakan adalah ikan tongkol. Udang dan ikan tongkol diolah sedemikian rupa sehingga berwujud sebuah petis. Dan dengan petis itulah pecinta rujak akan menikmati rujak yang akan dilahapnya.

Bumbu rujak sangat sederhana sekali. Petis Madura, cabe rawit sesuai selera, garam, yang suka manis boleh tambah gula, dan boleh di tambah kacang goreng + tambah air secukupnya. Bahan-bahannya kerupuk, buah (bengkoang, mangga, pepaya, terserah anda dech pokoknya), timun, kalau ada ya Keripik Tette. Keripik Tette ini adalah camilan asli Madura loh. Di jamin rasanya enak.



Dulu waktu kuliah ada grup teman-teman yang suka dengan rujak. Mulai anak kosan, anak jurusan, dan anak luar jurusan. Semua bersatu padu dengan rujak. Kalau pulang kampung ke Madura mah jangan ditanya lagi, pastinya aku akan nge-rujak sendiri, bikin-bikin sendiri, dan makan-makan sendiri. Pas lagi dirumah berdua sama suami juga masih sempat bikin rujak. Habisnya pengen sih. Memang sengaja minta kiriman petis Madura dari kampung buat nge-rujak di rumah. Soalnya udah pengen banget, tapi sayangnya suami tidak seperti aku, dia kurang suka dengan rujak.

Nah, ini dia bentuknya rujak buatanku :)

26 comments:

  1. Umi saya paling nggak suka sama petis, katanya 'bentuknya kayak oli'. Dia belum tau rasanya.. ahaha
    Padahal enak sebenernya, terakhir ngerasain petis itu pas dikasih temen dari madura. :D

    oh, ya. Mampir balik kalo sempet. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,,kaya oli???padahal enak loh ya,,,oke,,meluncur...

      Delete
    2. Iya, sampai sekarang ada makanan tahu petis, umi saya bilang "itu tahu oli". :-d

      Delete
    3. buahahahaha,,,lucu juga ya si Umi :) salm buat Umi ya,,,

      Delete
  2. saya belum pernah ngerasai petis loh. Padahal banayk yg bilang enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayolah mak chi coba dikit aja,,,enak loh :)

      Delete
  3. keripik tette baru dengar ini, lain kali dibahas khusus keripik tette ya kakak.....

    ReplyDelete
  4. Rujak petis itu kek mana sih, Mbak? Rasanya piye? Selama ini cuma makan lontong petis aja buatan sodara kalo Lebaran :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. petis yg ini enak Beb,,asli dari ikan,,,rasanya asin-asin giman gitu,,kaya gulali bentuknya,,,mantap deh :)

      Delete
    2. petis dri udang juga nggak kalah mantep .,... :>)

      Delete
    3. iya donk,,pasti rasanya enak lah,,,,

      Delete
    4. hehehehe, tapi sy belum pernah rasain petis dri ikan nih [-(

      Delete
    5. enak banget mas kalo petis ikan :)

      Delete
    6. bahan dasarnya ikan apa aja yah mb ?

      Delete
    7. ow dari ikan tongkol toh ,,,,,,,, hehheheh kok di kampung sy kebanyakan petis dri udang yah, gak ada dri ikan ,,,,, [-(

      Delete
    8. kampung mana mas??? iya di daerahku ada yg pake tongkol,,

      Delete
  5. wah.... sy klo makan petis ... pasangannya ama tahu goreng aci enak tuh .... maknyozzz.... =p~ heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,maknyoz beneran itu mas,,,hmmm jadi ngebayangin makanan nih hari ini...

      Delete
    2. jagn dibayangin mb ... langsung aja disikat ,,, hehehehe :-)

      Delete
  6. ini makanan paporitku juga lho. minus nanas n dondong. :) #janganpakaijaring mbak....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata mas nuzulul favorit juga ya,,,ahahahaha iya bos rebes deh,,,

      Delete
  7. saya juga suka petis mbak :D suka bangeet kalo dimakan pake tahu atau telor :)

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)