Monday, May 12, 2014

Jagalah Alam Madura

Madura terkenal dengan pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Tak ayal lagi jika pulau Madura ini tempat wisatanya dominan dengan pantai melulu. Dari ujung barat Bangkalan sampai dengan ujung timur Sumenep semua tempat wisatanya pantai.
Namanya pantai Camplong. Dikasih nama itu soalnya letaknya di Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong. Masuk Kabupaten Sampang, namun pantai ini berada di antara Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan. Tepatnya 8 km ke arah timur dari kota Sampang.



Pantai Camplong merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Madura. Tempat ini selalu ramai pengunjung jika akhir pekan. Apalagi jika musim liburan tiba seperti liburan sekolah, dan libur lebaran. Mudah sekali bagi kalian yang ingin berwisata ke pantai ini, karena letaknya yang sangat strategis yang dilalui jalur arteri lintas kota dan pulau. Jika kalian dari arah Surabaya, maka letak pantai ini berada di kanan jalan.

Kita akan disuguhi banyak pohon cemara saat akan menuju pantainya. Untuk yang ingin menikmati keindahan sunset maupun sunrise kalian tak perlu khawatir, karena di tempat ini menyediakan tempat penginapan berupa hotel berbintang 1. Selain itu kita bisa menikmati jajanan pasar seperti rujak petis Madura yang ada di pinggiran hotel.



Kita bisa menikmati suara deburan ombak, sepoinya angin, dan kita juga bisa bermain sepak bola di hamparan pasir putihnya. Kita bisa bermain kejar-kejaran dengan orang tersayang, bapak, ibu, om, tante, kakak, dan adik ataupun dengan teman-teman kita. Setelah puas menikmati dan menyusuri pantai tersebut kita bisa beristirahat sejenak sambil memesan es degan atau semangkok bakso. Harga yang ditawarkan mungkin sedikit agak mahal jika dibandingkan kita beli di luar area pantai ini.


Tempat wisata ini merupakan salah satu pantai kebanggan orang Madura, walaupun kadang banyak wisatawan yang pada mengeluh dengan keadaan nyata yang ada di pantai ini yaitu sampah yang berceceran dimana-mana. Iyah, sampah. Pemerintah daerah setempat sudah mengupayakan dalam pelestarian dan kebersihan di tempat wisata ini.

Semuanya dari kita, dari penduduk sekitar dan para pengunjung yang mana jika akan membuang sampah buanglah sampah pada tempatnya. Kita bersama-sama menjaga ekosistem serta keindahan alam ini dengan kesadaran yang kita miliki.


Jangan salahkan pemerintah daerah dalam masalah ini, karena mereka sudah berupaya keras agar pantai ini bisa dikenal ke seluruh pelosok antero negeri ini. Sampah-sampah itu tanggung jawab kita bersama. Hendaknya kita tanamkan "Kebersihan separuh dari Iman" maka "Buanglah Sampah pada Tempatnya". Dari itu mungkin hati kita bisa tergerak untuk mencintai alam sekitar, jika belum ada respon dari kita, maka kita termasuk orang yang kolot. Yuk kita sama-sama peduli dengan potensi alam yang ada di daerah kita.


Related Posts

Jagalah Alam Madura
4/ 5
Oleh

26 komentar

Kayanya objek wisatanya kurang perhatian tuh, pantainya bagus tapi wahana lainya ga ada jadi kurang excited, tapi recomended kl ke madura krn mudah dijangkau.

wah,mbk dwi orang madura to??hehehe..saya yg bolak balik ke surabaya belum nginjek tanah madura,semoga lebaran nanti bisa jln2 kesana...penasaran sama madura dan bebek sinjai^^

wah... indah juga yia bos, sayangnya lumayan kumh gitu, hhehe...

Wiii.. Keretanya ngga nahan ih, raciiiing :p

iya mbak,,dari madura,,semoga ntar bisa kopdaran ya :)

iya bos,,masih kotor banget,,,masih belum ada kesadaran dari warga sekitar atau pengunjung :)

Madura Jaya... aku maju dan bangkitlah...!
hehe...

nyesel, sama-sama orang madura, tapi aku kog ga pernah ke nyamplong ya?
jadi malu sendiri jadi orang madura.. kapan-kapan lah kalau kebetulan udah menjadi lelaki berkepribadian; punya mobil pribadi, sopir pribadi, istri pribadi, dan anak pribadi.. hahahaehe

Amiiiien,,,suatu saat cita2 Agha akan tercapai,,,kalo istri ama anak pribadi sih harus ya,,,wajib itu :)

saya pengen nobain jembatan suramadu trus jalan2 ke Madura :D

wah,,asik tuh mak chi..pas ke rumahku lah :)

kalo ga salah, di Madura juga ada taman Kera Nepa ama Waduk apa gitu. Itu katanya kalo masuk waktu lebaran, rame banget.

waaa,,,aku malahan belum tau mas :-)

Mbak, motornya jangan didekatkan dengan air laut, kasihan nanti cepat usang...

iya mas,,biasanya karatan kalo kena air laut :)

gak dimana2 ya... sampah selalu menjadi masalah. Masyarakat kita memang kurang peduli pada sampah :(

Potensi daerah alam Madura bila di lihat dari ke arifan tradisi masyarakat dan alamnya lebih enak di bandinkan pantai yang di lokasi ini, Dan dari sisi itulah terdapat keunikan yang bisa di angkat sebagai memperkuat ekonomi untuk di daerah tersebut, seperti tidur di atas pasir laut dan sebagainya ya Mba, Jadi pengin balik lagi ke Madura nih. Belum puas mengangkat cerita di sana. :D

Salam

Bukannya pasir dalam foti itu berwarna cokelat, Mbak? He-he.

Dari Madura yang paling saya suka krupuk renginan lorjuknya mbakkk.....gurihhhhh pwollll...sekeluarga suka...kalau goreng setoples gede pasti habis dlm wkt sehari...kriuk kriuk...Kakak Iparku juga orang Madura tepatnya dr Pamekasan...

iya mas,,memang jauh lebih bagus pastinya jika dibandingkan dgn alam ini,,masih banyak pantai lain yg ada di Madura yg jauh lebih indah,,,ayo,,kembali ke Madura utk menggali potensi yg ada disana :)

hahaha,,cokelat agak keputih-putihan mas :)

iya,,aku aja yg orang madura suka banget ama kripik rengginangnya,,emang gurih mak,,apalagi yg banyak lorjuknya itu,,,akhirnya,,,ketemu juga ama blogger yg punya saudara/ipar yg madura,,, :)

Yuk berkomentar :)