Wednesday, October 22, 2014

Kriteria istri yang baik itu,,,

Istri yang baik itu menurutku seperti ini.

Setelah ijab qobul dialah sepenuhnya milik suaminya. Mau diapain saja itulah hak suaminya namun dalam batasan yang wajar. Istri yang baik itu, mengerti akan masalah suaminya. Yang bisa menenangkan segala masalahnya, yang selalu memberikan senyuman pada masalah itu. Yang memberikan semangat dan motivasi kepada masalah itu.

Hai para istri, kini dirimu dituntut untuk patuh pada suamimu. Karena dia sekarang adalah pemimpinmu, beban dari sebagian dosamu akan ditanggung oleh suamimu jika kau sayang pada suamimu, buatlah dia menjadi seorang pemimpin yang berhasil dengan segala ketulusan yang kau miliki, yaitu menjadi seorang istri yang baik dalam hidupnya.

Apa saja kriteria istri yang baik itu?

Sabar

Jadilah seorang istri yang sabar. Rasanya sifat sabar bukan hanya untuk seorang istri saja, melainkan  untuk semua orang sifat ini sangat di perlukan. Untuk menerapkan sifat sabar butuh kekayaan hati yang sungguh luar biasa. Sabar bagi seorang istri ketika kesempitan dalam rumah tangga menghampirinya. Seorang suami istri pasti akan diuji dalam bentuk apapun, masalah yang beraneka ragam, serta berbagai solusi yang akan membantu memecahkannya. Namun, semua solusi dari segala solusi yang diberikan pastinya adalah sabar, semua masalah jika kita hadapi dengan sabar pasti akan terselesaikan. Semua didiskusikan antara suami dan istri secara baik-baik. Kita tahu bahwa visi misi orang berkeluarga kadang kala berbeda, visi dan misi dari keluarga suami dan keluarga istri cenderung mengalami perbedaan, Dari situlah, seorang suami istri diuji, dari sinilah mulai timbul permasaalahan. Dan itulah yang menyebabkan adanya selisih paham diantara keluarga dan berakhir dengan perceraian. Naudzubillahi min dzalik.

Sabarnya istri antara lain yang pernah aku alam.

Sabar disaat keuangan suami sedang krisis, buka dompet suami yang di dapat bukan uang melainkan struk belanja yang udah mulai memudar tulisannnya. Sabar disaat suami atau keluarga suami difitnah oleh orang-orang terdekat kita, entah itu dari keluarga istri atau sahabat istri. Sabar ketika suami masih belum mendapatkan pekerjaan, berilah motivasi dan semangat, dan tentunya memohon kepada Allah.

Yuk para istri jadilah orang yang penyabar ya, sabar dalam masalah keluarga yang membelit kita. Jadilah seorang istri yang baik dengan menjadi istri yang sabar biar disayang sama suami.

“Dan jadikanlah sabar sebagai penolongmu”

Ikhlas

Ikhlas, sulit sekali memang. Apakah ada diantara kalian ada yang ikhlas memberi sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap sesuatu apapun. Walau ada, mereka yang memang berjiwa ikhlas hanya bisa dihitung dengan jari. Penerapan ikhlas itu sangat sulit. Butuh kekayaan hati yang sungguh luar biasa juga seperti sabar.  Ikhlasnya seorang istri disini sangatlah berbeda. Untuk menjadi seorang istri yang baik, seorang istri juga harus memiliki sifat ikhlas.

Ikhlas melayani suaminya, melayani dalam segala kebutuhannya. Ikhlas dalam memberi sesuatu kepada keluarga suami. Ikhlas dalam membantu pekerjaan suami, jika suami menyuruhnya bekerja keluar rumah maka jadilah seorang istri yang ikhlas untuk membantu keuangan suami.


Tersenyumlah selalu pada suami

Mungkin ini mudah, tapi tak semudah yang kita bayangkan. Hati kita pahit tidak mungkin kita bersikap manis, iya kan? Tersenyumlah ketika suami dalam masalah, tersenyumlah ketika menyambut suami pulang bekerja, tersenyumlah ketika suami marah, tersenyumlah pada saat semua terjadi masalah.

Istri yang baik, akan selalu tersenyum melihat kondisi dan situasi yang terjadi dalam keluarganya. Dia akan merasa beban pikiran hilang dengan cara tersenyum, karena dia yakin Allah akan membantunya. Berpikirlah kalau seorang istri itu adalah manager yang terbaik, sekretaris yang terbaik, bisa melakukan tugasnya dengan baik dan mandiri, bisa juga membantu suami dalam mencari nafkah, bisa menyenangkan hati suami, ada dalam suka dan duka suami. masalah akan selesai dengan cara dibicarakan secara baik-baik oleh kedua belah pihak. Intinya, untuk menjadi istri yang baik itu kita harus memiliki sifat Sabar, ikhlas, dan selalu tersenyum.

Semoga saya dan para istri yang lain bisa menerapkannya juga dan yang paling terpenting adalah seorang istri yang sholehah sudah bisa menjadi istri yang baik untuk suami. Karena istri sholehah sudah memiliki semua kriteria yang diidam-idamkan para suami dan termaktub di Al Qur'an.





Related Posts

Kriteria istri yang baik itu,,,
4/ 5
Oleh

70 komentar

Masih ada Nggak istri yg begitu ibuk
hemmmmmmmmmm
Kayaknya sulit dapetnya >>>
Denger cerita tetangga aja
kalau uang blanja belum ada nggamuk hahaha

Moga q nanti dapet Istri yg gitu n soleha :)

mudah2an termasuk kriteria istri yang baik

banyak mas arif ,,,, :) contoh kecil yg nulis artikel ini juga istri yg baek loh ,,, :)

Setelah ijab qobul istri sepenuhnya milik suami,,,mau diapain saja itulah hak suami,,,namun dalam batasan yang wajar ....

makjleb deh rasanya ,, hehe

Insya Allah masih ada koq, Mas Arif, kalau calon suaminya membaikkan dirinya, insya Allah dapat istri yang baik :)

Makasih ya Mak Dwi, sudah ikutan GA kami :)

makanya cepet nikah,,udah enak,,dapat pahala pula,,,

Amiiienn,,,semoga ya mbak,, :)

Mas Arif : masih banyak mas,,,lihatlah calon istri dari hatinya,,,jangan wajahnya,,semoga mas Arif mendapatkan istri yg cantik hatinya,,,amiiien

mas fiu ini ada ada aja ih,,,hehehehe

mak Mugniar,,makasih juga mak,,,

Smoga aku masuk kriteria istri yang baik.

dari tiga poin di atas adalah dasar serta pondasi yang harus dimilikioleh istri jika ingin di sebut istri yang baik, plus selalu Tawakal hanya lepada-Nya tentunya kan

loha ... loh ... tapi bener tho ? apa yg sy tulis ? :P hehe

semoga ntar aku punya istri yang punya kriteria istri yang baik seperti mbak dwix tulis ini, amiiinnnn,
dan semoga menang GA nya ya mbaakkk, :)

betul..tinggal tawakkalnya mang,,,itu dah komplit untuk seorang istri,,

Amiiien ya robbalalamiiien,,,semoga ya lupa nama,,,makasih juga hehehe

saya termasuk istri yg baik gak ya? (bertanya pada diri sendiri)

Belajar terus menjadi istri yang bisa menyenangkan suami...amiiiin

Smg istriku seperti kriteria yang disebutkan mbak wik... Amin...

hahahahah, beneran enak tah mbak ? :P

ih ,,,, ada yg terpisu malu nih ,,,, :D

Tulisannya bagus :) Sukses ya mbak...
Semoga aku ada di kriteria itu. Xixixixi *berdo'a dengan sepenuh harap :D

Sungguh memesonaku mba kriterianya >,<

*berlari cari cermin*

Walau berat semoga aku bisa menjalani semuanya biar termasuk golongan istri yang baik :)

in sha Allah...smoga memenuhi semua kriteria itu.. sukses GAnya

wah, banyak yah kriteria buat jadi istri yang baik :)
semoga kita (para perempuan) banyak termasuk istri2 yang baik yah kak..
Goodluck untuk GA-nyaaa..

Wuuiihhh pasti yg nulis postingan ini udah memenuhi tiga kriteria diatas ya..aku msh berjuang utk sabar nya nih... moga2 bisa jd istri yg baik spt contoh diatas. Amiinn

Sukses utk kontesnya ya :)

Amin Ja lha
moga gue dapat istri yg soleha hehe :)

hahahaha,,ada2 aja nih mas fiu,,awas tak petet ya,,

Amiiien,,,iya mbak,,aku juga belajar kok,,,

Amiien,,,makasih mbak Ely,,,

Amiien,,semoga dapat yg diinginkan ya mas,,,

Amiien,,makasih ya mbak,,,semoga kita semuanya para istri punya kriteria seperti itu,,,

amiien,,semoga kita semua ya bisa seperti itu,,,

Amiiien,,,semoga kita bisa mbak,,,

Amiien,,,insyaallah ya mbak,,makasih :)

minimal 3 aja dulu hehehe,,aslinya banyak,,tapi takut nggak cukup dan nggak bisa mengaplikasikan,,,makasih dek Ran,,,

Amiien,,,hehehe,,makasih ya mak Muna,,mak Muna juga tak kalah hebat deh,,super woman dalam keluarga....

Istri yang baik itu yang selalu masakin makanan enak buat suaminya.. Hihihi.. :P

hehehehe artikel yang bagus dengan dijelaskan secara gamblang mengenai istri yang baik itu seperti apa

Semoga menang :)

jadi pengen dapat istri yang baik.

amiiien ya mas arief..semoga Allah mengabulkannya :)

hahahahaha, gak bakal bisa petet sy .... :P

Wah, masih harus banyak belajar nih ^^

hahahahha,,betul,,,setuju banget,,,

Amiiien,,makasih,,semoga ntr dapat istri yg baik ya,,,

mak mia udah jadi istri yg baik kok,,,

Setuju Mbak. Kalau nggak salah doa minta jodoh, salah satunya ada kalimat "anugerahkanlah padaku suami/istri yang saleh/saleha, yang menyenangkan hatiku dan aku pun menyenangkan hatinya".... harus mulai diaplikasikan dalam doa nih kayaknya.

seeppp,,,itu yang aku cari2 doanya,,,makasih ya udah ngebantu aku,,tambah makin paham nih aku,,,

enak banget yah mbk tiap mlm ada yg nemenin tidur ,,, :P
huh .... bkin ngiri aja nih mbk dwi ,,, :D

ih ,,,, yakin amat nih ,,,hehehe :P

ya tidur malam ataupun siang ow mbk dwi ,,, :D

tiudr malam aja mb ,,, :P

ah,,,bener2 bahaya nih mas fiu,,,

semoga Allah terus menuntun kita semua untuk jadi wanita dan istri yang baik..aamiin

Yuk berkomentar :)