Thursday, October 16, 2014

Sweet Tooth, Treat Tooth! Yuk jaga kesehatan gigi dan mulut kita #bagian 3


Acara selanjutnya setelah demo masak chocolate green tea mochi dari chef Ken dan sempat foto bareng ama si do'i lanjut bincang-bincang dengan 3 nara sumber yang pastinya semuanya mengerti akan kesehatan. Siapa saja mereka? Jreng jreng jreng, mereka adalah Emilia Achmadi, Monica Raharja, dan Taufan Bramantoro, drg., M.Kes


Dari bincang-bincangnya mereka ilmu yang aku dapatkan antara lain : Jangan pernah takut untuk makan yang manis-manis, justru makanan manis seperti gula bukanlah hal yang ditakuti. Justru gula pengganti lebih bahaya dari gula biasa. Jika memang terpaksa memakai gula pengganti, sebaiknya maksimal sehari menggunakan 2 sachet gula pengganti saja, karena jika berlebihan bisa berbahaya juga.
Setelah makan yang manis-manis hendaknya kita membersihkan mulut, entah itu dengan cara minum air putih, sikat gigi, ataupun berkumur. Pasta gigi yang disarankan disini adalah dengan memakai pasta gigi Systema Nano, karena kegunaan Nano Calciumnya bisa memperbaiki gigi yang kehilangan ion (lubang kecil). Jadi dengan rajinnya kita menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi Systema Nano bisa memungkinkan menutup lubang kecil tersebut.
Untuk berkumur kita juga bisa menggunakan mouthwash dari Systema yang memungkinkan membuat nafas kita kembali segar. Cara yang tepat untuk berkumur adalah mengatupkan gigi dan mulutpun harus tertutup rapat.
Dijelaskan oleh drg. Taufan bahwa 60-90 persen masyarakat Indonesia rusak giginya. Dan, ada pula di suatu daerah, sebut saja daerah X yang pernah diteliti oleh drg. Taufan mengalami kerusakan gigi sebesar 100 persen. Bayangkan saja, berarti semua gigi dari masyarakat tersebut tidak sehat. Sebenarnya memprihatinkan sekali, seharusnya mereka semua bisa menjaga kesehatan giginya dengan baik.
Dijelaskan juga bahwa ciri-ciri gigi yang sehat antara lain : bentuknya utuh, warna gigi putih sedikit kekuningan, gusi sedikit berwarna merah muda, dan adanya jarinyan tulang penyangga giginya.


4 faktor perusak gigi sendiri antara lain : individu, waktu, bakteri, dan makanan. Peradangan gusi terjadi jika saat menyikat gigi tiba-tiba gusi berdarah. Selain itu para peserta mendapatkan trik 3 S. Berikut trik 3 S tersebut.
 
***
Selesai mendengarkan ilmu dari 3 pakar kesehatan tersebut acara selanjutnya bagi-bagi hadiah. Sayangnya si admin blog ini nggak menang doorprize sama sekali. Yang mborong hadiah itu mbak Yuni, emak-emak Blogger yang dapat hadiah selain mbak Yuni adalah mbak Nurul Rahmawati, mbak Titi Alfa Khairia, dan mbak Ummi Fadilla.

Setelah itu kita foto-foto bersama dengan semua peserta. Buat kenang-kenanganlah pastinya. Setelah bagi-bagi hadiah lanjut makan-makan. Makan sepuasnya lagi, milah milih sesuka kita. Haduh, beneran maruk makan. Semuanya masuk, berasa punya perut karet saja nih aku. Acara selesai dan kami semua pulang dengan bawaan banyak sekali.




Related Posts

Sweet Tooth, Treat Tooth! Yuk jaga kesehatan gigi dan mulut kita #bagian 3
4/ 5
Oleh

10 komentar

karies gigi sering menyerang anak anak sekolah mulai dari TK hingga SD. Sekilas karies gigi ini mirip karang gigi

Saya pernah membaca artikel. Tapi lupa sumber beritanya dari mana. Informasinya menyebutkan kalau sehabis makan langsung gosok gigi katanya berbahaya, Benarkah demikian?

iya,,,ponakanku yg masih TK aja giginya rusak sepertinya udah karies gigi kang,,,

lebih baiknya minum air putih dulu,,,jangan langsung sikat gigi...kalo dibiarkan terlalu lama juga bakalan nempel ke gigi kang,,,,

Kalau anak anak saya kebetulan selalu dibersihkan gusi / gigi nya sehabis makan dan sebelum tidur semenjak baru lahir sehingga gigi mereka selalu putih dan bersih. Tetapi khusus anak sulung saya ketika sekolah TK giginya keropos semua sehingga ketika mau pergantian gigi harus mencabut ke dokter gigi

wah...ini bisa dijadikan contoh ya..dari mulai masih usia dini...kita harus bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi..

yang penting setelah makan yang manis, kebersihan giginya harus dijaga :)

iya mak chi..bener2 harus dijaga kesehatan gigi kita :)

Merawat gigi penting nih, sayang saya telat sadarnya.
Semoga si kecil nanti rajin rawat giginya
:D

Amiien,,semoga si kecil juga tambah pandai,,,dan rajin pastinya

Yuk berkomentar :)