Tungku Itu Akhirnya Aku Tengok

Giveaway tengak tengok blog sendiri di tahun 2014 oleh Om Trainer, oke...aku masih terperangkap dengan judul Tungku di Dapur Emak. Aku memilih tulisan ini karena aku salut sama emakku, emakku rela nggak beli kompor minyak tanah atau kompor gas demi menghemat uang. Selain disamping rumah emak banyak kayu bakar sisa ranting-ranting pohon mangga, emak juga menghemat uang. Kata emak daripada beli kompor baru mending uangnya pake kebutuhan yang lain saja.

Sebenarnya latar belakang aku menulis postingan ini karena aku kagum banget ama emakku, emak rela bersusah-susah dengan tungku buatannya sendiri. Padahal emak tinggal minta uang ke aku buat beli kompor gas baru, tapi beliau tidak melakukannya. Emak masih setia dengan tungku kenangan itu. Dari zaman dulu sampe zaman semoderen ini tungku emak selalu mengepul, setiap pulang kampung emak memasak air dan nasi disini.

Postingan ini aku buat sangat singkat, cuma butuh 5 menit saja sambil mengingat emak dan tungkunya. Tungku yang banyak kenangan disaat anak-anaknya masih orok (bayi) dan aku menulis postingan ini saat istirahat siang di kantor sambil menyeruput kopi hitam kesukaanku.

Kelemahan tulisan tersebut hanyalah menceritakan tungku yang pastinya semua orang belum tentu menggunakan tungku, jadi mereka mungkin belum tau sulitnya menghidupkan api di tungku untuk memasak nasi atau air yang sesekali harus ditiup dengan suatu alat dari bahan bambu agar api tetap menyala.


Perbaikan yang mungkin dilakukan adalah pada diri sendiri, harus banyak bersyukur telah hidup di dunia modern sekarang ini. Semuanya serba mudah tinggal klak klik klak klik tidak seperti dulu yang semuanya dilakukan dengan sangat lama namun selalu pasti. Alhamdulillah Ya Allah, kau selalu memberikan kesehatan pada emakku, dan semoga Engkau selalu menjaganya karena jika beliau sudah tiada dapur sudah tak akan mengepul lagi.

Emak I love you...

122 comments:

  1. sy maw nengok siapa yah ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya langsung temui saja gimana Mbak ..?

      Delete
    2. Lupa Nama : ayoooo ikut semuaaa

      Delete
    3. Saya ikut ke dapur mba Dwi aja ya
      Bantu makanin aja ya. Bantu masak nda bisa

      Delete
    4. monggo kang Asep, dengan senang hati :)

      Delete
  2. Wah ternyata masih ada yang setia memakai tungku ya saat ini.... padahal banyak yang sudah meninggalkannya dan memilih cara praktis dengan menggunakan kompor minyak atau kompor gas. Salut deh utk emaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ren...emakku pakai tungku...makasih mbak Ren :)

      Delete
    2. Teringat dulu emak saya masih pakai tungku Mbak Dwiex saat gas belum memasyarakat di Indonesia

      Delete
    3. emakku sampe skrg tetep pake tungku malah, walau bbm udah naik hehehe tetap setia pd tungkunya

      Delete
  3. Konon katanya kalau memasak dengan tungku seperti ini lebih terasa gurih nasi yang dimasaknya hiehiehiehiehiehie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi itu berlaku bagi yang ahli masak Kang, kalau yang baru belajar masak atau gak bisa masak mah malah gak enak xixxi

      Delete
    2. ikutan nimbrung yg sebelah sini aah, haha

      mang Yono nih bisa aja mematahkan pernyataan kang asep :p kalau udah bisa nyalain tungku udah pasti makanan jadi enak tau mang! soalnya kan nyalainnya aja perjuangan bangeet.. jadi makan pas laper dan cape, pasti enak haha

      Delete
    3. Kang Asep : iya kang rasanya emang gurih banget :)

      Delete
    4. Mang Yono : hahaha ada2 aja nih mang yono...

      Delete
    5. Dek Rani :mhahahaha itu bener sekali dek Ran, setuju banget aku :)

      Delete
    6. Kalau tungku amir shah , tungku amir shah, dan tungku fahad perlu ditengok gak mbakYu gantengnya Poool

      Tapi gantengan Tweety la

      Delete
    7. Dek Rani : hahha itu mah enaknya karena perjuangan yang melelahkan ya ... tapi jempol deh, khan udah berusaha menyalakan tungku ya

      Delete
    8. Kang Asep : mhahahaha nama Tweety dibawa bawa,,,itu tweetyku yg selalu menemani aku kang asep mah,,,,

      Delete
    9. setuju ama Mang Yono,,,sebuah perjuangan :)

      Delete
    10. yang pasti menggunakan tungku seperti ini gak mudah cepet basi...

      Delete
    11. Saya ikut gabung disini Mbak Dwiex

      Delete
  4. Wueeeeh... ikutan juga ya mbakyu. Semoga menang yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ikutan juga aku. makasih ya mas :)

      Delete
  5. weh tungkunya clssic banget ya, jarang ditemukan kalau zaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah klasik banget, dirumah emakku masih ada :)

      Delete
    2. itu untuk masak air doank ya

      Delete
    3. Air dan nasi tungku yg kecil buat lauk

      Delete
  6. aku juga pernah nulis ttg kompor kayu mak. Waktu mudik lebaran kemarin, di kampung nenekku, msh ada bbrp yg pake tungku kayak gini., kalau dikota mah, sdh jarang ngeliat yg beginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak eka, di kota mah udah jarang banget, udah gak ada lahan mbak :)

      Delete
  7. Replies
    1. Di rumah ku ada masak-masak buat kenduri nih. Pakek tungku jugak ternyata, Mbak :D

      Delete
    2. hahaha ternyata tungku masih ada di Medan ya Beb :)

      Delete
    3. Masih, Mbak Dwi.. Lagian aku jugak tinggal di lingkungan Jawa. :D

      Delete
    4. oalah..pantesan pinter bahasa Jawa :)

      Delete
  8. Saya jadi ingat perjuangan Ibu saya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, emakku juga pake ini kok :)

      Delete
    2. Kalau Ibu saya sih kayaknya sudah zaman kompor minyak tanah sama kompor gas.

      Delete
    3. ooo...zamannya udah berubah ya,,,,

      Delete
  9. Nenek dan mertua saya juga masih menggunakan Tungku buatan sendiri, cuma bikinnya pakai semen tahan api ( Castable). Masakan dari tungku kayu memang ada cita rasanya sendiri...Saya suka itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cita rasanya sangat tinggi, walaupun bau gosong tapi gosongnya nikmat sekali mang :)

      Delete
  10. kayak dapure ibukku di jombang mbk,dulu habis subuh suka duduk di depan pawon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, kita sama mbak,,,emakku juga begitu :)

      Delete
  11. Tapi, untuk saya yang kebetulan sama Madura-nya, ngerti lah tentang tuisannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ya...tos sesama Madura :)

      Delete
    2. Wah nyebut Madura, saya jadi inget temen saya aja. Namanya Suryadi. Sahabat saya dari Madura. Saya sudah beberapa kali jumpa dengannya saat kegiatan KangGuru Indonesia di Bali. Tepatnya Suryadi di Pamekasan. Dia sering ngajak saya liat liat Jembatan Suramadu hiehiehiee Tapi kapan ya ke sana Belum ada waktu dan kesempatan deh

      Dari Suryadi itulah saya dapat bahan BATIK MADURA> Keren bangeds, Sudah saya jahit menjadi kemerja. Bahannya bagus dan Halus, Duh duh ada lagi nda ya yang kasih kain Batik Madura lagi buat saya

      Ngarep Dot Kom

      Delete
    3. nanti kang asep kalo ke sby tak ajak yuk ke madura kang, sapa tau bisa bertemu dgn bapak suryadi aku loh dari pamekasan juga...hahaha batik madura ya, insyaallah semoga kita bisa kopdaran ya kang asep :)

      Delete
  12. Pakai tungku dan kayu bakar justru gak panik kalo harga BBM naik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mal Leyla, emakku gak panik blas :)

      Delete
  13. Hanya orang-orang yang sabar yang bisa menghidupkan tungku kek gitu :D

    ReplyDelete
  14. Wah, di rumah nenek saya juga masih menggunakan tungku, mbak. Duluwaktu kecil seneng banget masak2 pakek tungku :") jadi inget masa2 kecil dulu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi mengingatkan masa kecil yg indah ya...di desa sungguh mengasikkan deh :)

      Delete
  15. Nenekku juga masih pakai tungku, tapi kompor gas juga pakai.. ^_^
    Umiku pas ke rumah nenek dan masak pakai tungku, bingung cara ngecilin apinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ngecilinnya cukup kayu bakarnya ditarik keluar mbak...lucu banget nih :)

      Delete
  16. jadi ingat mama, hobinya numpuk kayu kering. katanya nanti bisa buat bahan bakar masak buat nikahan saya. enggg...emang kapan ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe hebat banget tuh mama, bisa ngumpulin kayu mulai dari sekarang :)

      Delete
  17. tungku yg sudah jarang ditemukan..sukses GA nya

    ReplyDelete
  18. wah lah ini mbak yang bakal mantap inii,,, sukses ya mbak dwi edisi om Nhernya josh dah ^-^.9

    ReplyDelete
  19. Wah, aku juga pernah tinggal di sebah daerah yg ibu-ibunya masih masak pakai tungku. Itu bikin nostalgia. Sebab baru kemarin rasanya aku main-main di dapur penuh kenangan yg penuh jelaga (& kini sudah tiada :( ), menyaksikan nenekku memasak & menyangrai kopi pakai tungku di dapur itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenangan yg indah ya, bener2 indah persis dengan yg emak aku lakukan sekarang mbak, bakalan sedih juga aku kalo semua kenagan itu tiada :(

      Delete
  20. rasa sayang dan hormat kepada emak/bunda tentu akan membuat emaknya juga akan merasa bahagia, kebahagiaan beliau itulah yang akan memudahkan jalan apapun yang sedang kita lakukan, hingga konten ini tentu akan menjadi yang terbaik di mata google dan para juri kintesnya...bener kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..amieen onok2 wae seh mang Lembu iki,,,dadi isin aku mang,,,langsung2an ngono e,,,tapi yo amiiien,,,

      Delete
  21. Di rumah ku udah pake kompor :/

    Iya lho mbak, pake tungku itu hemat banget.
    Belum lagi sekarang minyak tanah sama gas harganya naik, pake kompor atau kompor gas jadi mahal banget rasanya..

    kayaknya bisa jadi solusi di masa depan ya ini.
    Kembali ke tungku

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahahaha emang mau direpotin kembali ke zaman dulu nih orang2, merekan pengen yg capcus kalo bisa yg instant kali ya,,,hahaha,,,iya Aul hemat banget pake tungku, nggak pusing mikirin BBM :)

      Delete
  22. Wah jadi inget sama Alm. Nenek Saya.
    Dulu Beliau juga sering memasak Nasi dengan menggunakan tungku.
    Dan ternyata, percaya atau tidak, Nasi yang dimasak dgn tungku rasanya lebih enak loh...
    Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya percaya banget, nasinya malah jauh lebih enak aromanya bener2 terasa...alhamdulillah tunggu di dapur emakku selalu mengepul :)

      Delete
  23. Dulu waktu kecil mamaku hamil sama adik seneng banget duduk depan tungku begini di dapur tetangga. Soalnya katanya anget dan wangi bakarannya enak. Hehehe... emang makanan dimasak di atas tungku baunya lebih enak sih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari yg anget2 berarti ya mbak hehehe,,,hooh mbak wanginya di tungku itu emang bener2 kerasa bnget

      Delete
  24. Saya pernah ngerasain nasi dipake pake tungku pas zaman kkn dulu.. dan memang lebih enak rasanya... kalo skrg ga pernah liat lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti udah mulai punah ya, pdahal enak bget hasil masaknya :)

      Delete
  25. Ibu saya mah ampe detik nie juga masih menggunakan tungku ko mbak kalo masak, pake gas ibu saya mah malah takut (takut meledug katanya) hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahahaha...ada2 aja nih...bledos ya pastinya bahaya itu mas,,,

      Delete
  26. Orang dulu susah move on dr barang2 ya, Mbak. Hihihi
    Prinsip hidup irit sll tertanam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seep betul sekali, move on nya susah bnget

      Delete
  27. Maak .. saya ingat di kampung bapak saya, masaknya dengan cara ini juga, dulu. Sekarang sih sebagian masakan sudah pake kompor gas tapi ada kalanya pake tungku kayak gini kan kayu gampang diperoleh, di belakang rumah.

    Saya suka masakan yang dimasak pake tungku, rasanya lebih enak, lebih istimewa. Waah salut sama emaknya yang tidak mau merepotkan anaknya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih sama ama kampung bapaknya mak mugniar ya, sama juga ya kayunya mudah diperoleh, hooh mak rasanya emang beda ama yg dimasak selain tungku :) makasih mak mugniar...mak mugniar juga hebat

      Delete
  28. Duh apa saya gak salah komen tadi ya Mak .. konsentrasi saya sempat buyar tadi gara2 suara teriak2 di tivi dan saya meminta suami mengecilkan suaranya tapi saya sambil ngetik dan klik PUBLIKASIKAN .... waduh mudah2an gak salah tulis tadi :(

    Sukses ya GA-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes,,,alhamdulillah gak salah,,,seneng deh dikomen dua kali,,,hehehe

      Delete
  29. emaknya hebat nih mak Dwi, masih menggunakan tungku yang udah mulai langka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya emak eman mbak,,kayu bakar disamping rumah banyak soale :)

      Delete
  30. Ah terharu sekali membacanya, ingat simbahku yang smp sedo nggak mau pakai kompor minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak lusi, jadi mengingatkan si mbah ya :)

      Delete
  31. Maaf nih Mbak Dwiex, baru Mampir disini.agak repot banget. simak dulu artikelnya Ya Mbak Dwiex

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak papa kok kang Saud, silahkan hehehe

      Delete
  32. wuih masih banyak loh yang pake tungku gituan.. keingaet nenek dikampung jadinya ... salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam kenal juga, iya tungku biasanya ada dikampung :)

      Delete
  33. Sangat inspiratif mbak....Insya Allah menang nih.... gut lak pokoknya ya....

    ReplyDelete
  34. aku suka ceritamu di sini mak..lebih dari sekedar tungku, tpi ada kesetiaan dan kecintaan akan nilai-nila yang dipegang teguh. Duileee...serius beneer hihihi...sukses ya GANya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mak Indah,,semoga kita selalu bersyukur atas semua pemberianNya ya mak,,aku juga kagum ama mak Indah, seorang wanita yg kuat

      Delete
  35. aku suka main-main tungku, bisa bakar-bakar kayu.. hehe

    ReplyDelete
  36. Masak dengan tungku selain bisa menghemat juga lebih aman lo...cuman ya harus sabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, betul sekali suka deh ama komennya soale jujur2an nih :)

      Delete
  37. Kalo emak saya masaknya pake kompor gas. Tapi emak punya persediaan tungku juga buat masak yang butuh waktu lama. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti benda sejarah itu masih ada ya mbak, asik nih bisa punya ke duanya :)

      Delete
  38. Dari dulu sampe sekarang belom pernah masak pake tungku nih mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, berarti belum tau cara ngidupinnya ya yg butuh perjuangan ekstra :)

      Delete
  39. masak di dandang dan pake kayu gitu rasanya tentu lebih maknyusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, maknyus banget pastinya dan rasanya sungguh luar biasa :)

      Delete
  40. Emakku juga masih pakai tungku begitu mbak Dwi, sp persediaan kayunya mengunung di belakang rumah... apalagi kan tiap hari dipakai jualan nasi, klo pkai elpiji terus bisa tekor... maklum didesa nasi pecel sepiring + kopi sj masih 5.000 perak mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mantap banget emang nih emak2 ya emang, emang kita memang masih bisa mengatur cara penghematan yg luar biasa, takjub bget deh :)

      Delete
  41. Salam buat Emak ya Mbak. . .
    Selamat hari Ibu Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga mas Wahyu, :) salamnya aku ke mas Wahyu juga ahhh :)

      Delete
  42. Wah tungku model seperti itu yang langka dan bikin masakan tambah sedap deh, mak. Iparku di Boyolali (pedesaan) juga masih setia pake tungku. Sukses utk GAnya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, masak dengan tungku emang rasanya bikin super sedap,,,nggak ada yg ngalahin :)

      Delete
  43. salut :)
    padahal kan nyalainnya agak repot yah...

    ReplyDelete
  44. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #72

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak Om berkenan mampir kesini :)

      Delete

Yuk berkomentar :)