Monday, January 12, 2015

Campor Lorjuk

Bagi kalian yang ingin melancong ke Kabupaten Pamekasan tidak perlu khawatir dengan makanan khas daerah yang ada disana. Karena berbagai pilihan menu makanan pun akan dengan mudahnya kita dapat. Pastinya para pelancong akan mencari menu yang berbeda yang belum pernah mereka jamah, tentunya kelezatanlah yang menjadi prioritas utama dalam memilih menu makanan. Kabupaten Pamekasan memiliki makanan khas daerah yang juga tak kalah lezatnya dari daerah lain. Namanya campor lorjuk, campor yang menjadi makanan khas di Kabupaten Pamekasan ini tergolong murah meriah. Hanya dengan 5-7ribu per mangkok kita bisa menikmati sajian lezat kaya protein ini.
 
Dokumen Pribadi


Lorjuk memiliki 18 asam amino sekitar 81% dari berat kering, diantaranya  aspartat, treonin, serin, glutamat, prolin, glisin, alanin, sistin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, lisin, histidin, triptofan dan arginin. Asam amino merupakan penyusun protein yang penting bagi proses pertumbuhan dan sumber energi mahluk hidup termasuk manusia. Lorjuk sendiri adalah hewan laut yang hidup di pasang surut pantai.

Dokumen Pribadi


Dengan bertabur lorjuk di atasnya dan dengan 5 irisan lontong sudah membuat perut kenyang, namun yang bikin kita nagih lagi hanya karena lorjuknya. Gimana nggak nagih, dengan rasa per gigitan yang aduhai itu bikin harga lorjuk perkilonya mahal. Jadi jangan heran jika mereka tergila-gila karena lorjuk, rasanya memang bener-bener endes banget.


Bumbu yang dipakaipun untuk meracik sajian lezat ini cukup sederhana. Bawang merah dan bawang putih pastinya harus ada dalam komposisi membuat bumbu ini. Kerepek kancor, kecambah goring, dan soun (bihun) pun menjadi pelengkapnya agar makanan tambah lebih berbobot. Bagi kalian yang doyan pedas, silahkan untuk menambah sambel sendiri ke kuahnya. Pasti lidahpun bergoyang dengan alunan lorjuk pergigitannya.

Dokumen Pribadi


Mau makan campor lorjuk? Ditemani deburan ombak? Datang aja ke Kabupaten Pamekasan :) Campor lorjuk akan siap menyambutmu.

Foto-foto di atas adalah dokumen pribadi penulis :)



Related Posts

Campor Lorjuk
4/ 5
Oleh

52 komentar

Jadi ceritanya, habis dari pekalongan, langsung ke pamekasan nih Mbak.

Belum pernah makan. Jadi penasaran. Mau mbak kelling Pamekasan naik motor merahku,panjenengan jadi guide ya. :)

Lorjuk itu seperti ikan kecil-kecil ya mbak? Baru kali ini dengar nama lorjuk. Kayaknya Campor Lorjuk kaya protein untuk perumbuhan tubuh...

Wah...baru denger q mbak.haishhh kangen rengginang lorjuk bgtttt jadinya..^^

Baru denger tentang lorjuk, Mbak.. :P

Kepo sama rasanya. Aaaa..

waduuhh ini nmih yang bikin selera nambah hehe...

lidah saya biasanya sangat kental dan hapal dengan kulenari daerah madura, karena saya dibesrakan di lingkungan madura. tapi campur lorjuk ini kok lum pernah makan ya rasanya....

hu..... mantabs. anget dan pedes, hu..... tambah mantabs

Maaf dari namanya saya kox serem rasanya asing benget deh...

Iya gak ajak-ajak lagi mbak ini neh...

busett ngiler saya mbak liatnya agi donk lorjuk nya ? :D

Mba, taunya cm dibikin rengginang aja.
Pasti gurih ya itu..

Kalau saya makan sotonya sih sering mbak... tapi gak campur lorjuk .. Lorjuk ini semacam kerang pisau ya mbak,... mungkin hanya ada diwilayah Pesisir Pemekasan, Madura aja ya, daerah lain gak ada hehehe

Aku mau ya di traktir makan mbak :)

Wahhh bikin ngiler :9

Jadi penasaran nih mbak pengen coba langsung lorjuk itu gimana rasanya.
Di Padang nggak adaa...

Mbak, buka usaha kuliner lorjuk di Surabaya aja. Biar aku gak usah jauh2 ke Pamekasan :D

campor lorjuk tampilannya kurang menggairahkan, tapi coba dirasain deh, pasti ngga bakalan bisa berhenti sebelum lorjuk itu tandas, bahkan saya malahan suka nambah lorjuk kalau masih ada itu ge'

Wiih, ada campornya juga. saya biasanya masih makan rengginangnya mbak. kalau ke Pamekasan tak cari deh, pengen coba. atau pas ada mbak Dwi, haha, siapa tahu mau traktir :D :D

Mas Ridha : iya lah kan kelaparan..makan dulu hehehe

Mas Iqrozen : ayo wes sini tak ajak semua sini...yuk mariii

hahaha ayuk kemon kita kuliner bersama mbak tatit :)

lorjuk itu kerang bambu bang,,,iya kaya protein banget nih bang...

hahaha yuk kita ngemil bareng yuk mbak hehehe

lorjuk itu kerang bambu Beb, ya sejenis kerang juga,,,rasanya hummm yummy...hehehe

sini2 kalo mau..yuk mariii hehehe

loh kok bisa ya, seharusnya kalo udah tinggal disana udah pernah makan,,,yuk mari kita makan bersama aja wes :)

mantabs banget donk pastinya :)

kok serem sih...wah belum nyoba soalnya nih...

sini wes kalo ileran kita makan bersama aja gimana hehehe :)

ini mah kenyal, kalo rengginag gurih banget :)

kok kerang pisau sih mang, ini mah kerang bambu atau kerang kuku gitcuuu..iya cuma adanya didaerah sekitar pantai madura mang ini hewan :)

ayo wes sini tak traktir deh mbak Lidya, ap sih yangenggak mbak..hehehehe

rasanya gurih banget aul, kurang lebih sama spt kerang itu loh rasanya..mantafff pokoknya :)

hahahaha, harganya mahal mah ini lorjuk Ikka, kalo nggak laku bisa bangkrut hehehe

hahaha..sama aja doyan mah itu mang lembu..sama2 doyan ceritanya...

hahaha ayo2 boleh mari kita makan bersama sekaligus kopdaran yak mas...

Pernah nyoba mbak wkt di Pamekasan...cm lidah sy krg familiar sm makanan ini jd pas disodorin satu piring gak habis dweh...

Aduuh... jadi pengen nyobain. Kapan ya ke Pamekasan :)
Di Serang, lorjuk itu gak ada soalnya.... :(

Lorjuk itu apa sih mbak? Lebih enak mana coba soto ayam ketimbang lorjuk? hehe

saya baru denger nama makanan ini :)

hahaha, krena kurang familiar jadi nggak habis ya mak Iro :)

ayo kalo ke pamekasan nyoba kuliner ini mbak :)

lorjuk itu kerang bambu, kalo aku sih mendingan lorjuk coz aku nggak suka ayam :)

hahaha makanan khas kab pamekasan madura mak chi :)

ya ampuuun...enak bangeeet ngeliatnya maaak..kebayang pedes et segeer...jadi ngiler berat deeh :)

nikmat bget donk pastinya mak :) sruput huaaaa pedessss

Mbakk.. Pengeeenn..
Aku belum pernah maem lorjuk :(

Sampe sekarang aku.geli kalo liat lorjuk mak..kupang juga. Ga kolu kalo mo makan padahal di sidoarjo dly banyak

ayo kesini tan..ke madura....

hahahha..geli spt dikilikitik ya mak saiiii

Looh...orang pamekasan tah mbak, kok tahu campor lorjuk, hihi salam kenal yaa :D

salam kenal juga...iya aku pamekasan :)

Yuk berkomentar :)