Campor Lorjuk

Bagi kalian yang ingin melancong ke Kabupaten Pamekasan tidak perlu khawatir dengan makanan khas daerah yang ada disana. Karena berbagai pilihan menu makanan pun akan dengan mudahnya kita dapat. Pastinya para pelancong akan mencari menu yang berbeda yang belum pernah mereka jamah, tentunya kelezatanlah yang menjadi prioritas utama dalam memilih menu makanan. Kabupaten Pamekasan memiliki makanan khas daerah yang juga tak kalah lezatnya dari daerah lain. Namanya campor lorjuk, campor yang menjadi makanan khas di Kabupaten Pamekasan ini tergolong murah meriah. Hanya dengan 5-7ribu per mangkok kita bisa menikmati sajian lezat kaya protein ini.
 
Dokumen Pribadi


Lorjuk memiliki 18 asam amino sekitar 81% dari berat kering, diantaranya  aspartat, treonin, serin, glutamat, prolin, glisin, alanin, sistin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, lisin, histidin, triptofan dan arginin. Asam amino merupakan penyusun protein yang penting bagi proses pertumbuhan dan sumber energi mahluk hidup termasuk manusia. Lorjuk sendiri adalah hewan laut yang hidup di pasang surut pantai.

Dokumen Pribadi


Dengan bertabur lorjuk di atasnya dan dengan 5 irisan lontong sudah membuat perut kenyang, namun yang bikin kita nagih lagi hanya karena lorjuknya. Gimana nggak nagih, dengan rasa per gigitan yang aduhai itu bikin harga lorjuk perkilonya mahal. Jadi jangan heran jika mereka tergila-gila karena lorjuk, rasanya memang bener-bener endes banget.


Bumbu yang dipakaipun untuk meracik sajian lezat ini cukup sederhana. Bawang merah dan bawang putih pastinya harus ada dalam komposisi membuat bumbu ini. Kerepek kancor, kecambah goring, dan soun (bihun) pun menjadi pelengkapnya agar makanan tambah lebih berbobot. Bagi kalian yang doyan pedas, silahkan untuk menambah sambel sendiri ke kuahnya. Pasti lidahpun bergoyang dengan alunan lorjuk pergigitannya.

Dokumen Pribadi


Mau makan campor lorjuk? Ditemani deburan ombak? Datang aja ke Kabupaten Pamekasan :) Campor lorjuk akan siap menyambutmu.

Foto-foto di atas adalah dokumen pribadi penulis :)

53 comments:

  1. Jadi ceritanya, habis dari pekalongan, langsung ke pamekasan nih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gak ajak-ajak lagi mbak ini neh...

      Delete
    2. Mas Ridha : iya lah kan kelaparan..makan dulu hehehe

      Delete
    3. Mas Iqrozen : ayo wes sini tak ajak semua sini...yuk mariii

      Delete
  2. Belum pernah makan. Jadi penasaran. Mau mbak kelling Pamekasan naik motor merahku,panjenengan jadi guide ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayuk kemon kita kuliner bersama mbak tatit :)

      Delete
  3. Lorjuk itu seperti ikan kecil-kecil ya mbak? Baru kali ini dengar nama lorjuk. Kayaknya Campor Lorjuk kaya protein untuk perumbuhan tubuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lorjuk itu kerang bambu bang,,,iya kaya protein banget nih bang...

      Delete
  4. Wah...baru denger q mbak.haishhh kangen rengginang lorjuk bgtttt jadinya..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yuk kita ngemil bareng yuk mbak hehehe

      Delete
  5. Baru denger tentang lorjuk, Mbak.. :P

    Kepo sama rasanya. Aaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lorjuk itu kerang bambu Beb, ya sejenis kerang juga,,,rasanya hummm yummy...hehehe

      Delete
  6. waduuhh ini nmih yang bikin selera nambah hehe...

    ReplyDelete
  7. lidah saya biasanya sangat kental dan hapal dengan kulenari daerah madura, karena saya dibesrakan di lingkungan madura. tapi campur lorjuk ini kok lum pernah makan ya rasanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kok bisa ya, seharusnya kalo udah tinggal disana udah pernah makan,,,yuk mari kita makan bersama aja wes :)

      Delete
  8. hu..... mantabs. anget dan pedes, hu..... tambah mantabs

    ReplyDelete
  9. Maaf dari namanya saya kox serem rasanya asing benget deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok serem sih...wah belum nyoba soalnya nih...

      Delete
  10. busett ngiler saya mbak liatnya agi donk lorjuk nya ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini wes kalo ileran kita makan bersama aja gimana hehehe :)

      Delete
  11. Mba, taunya cm dibikin rengginang aja.
    Pasti gurih ya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mah kenyal, kalo rengginag gurih banget :)

      Delete
  12. Kalau saya makan sotonya sih sering mbak... tapi gak campur lorjuk .. Lorjuk ini semacam kerang pisau ya mbak,... mungkin hanya ada diwilayah Pesisir Pemekasan, Madura aja ya, daerah lain gak ada hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok kerang pisau sih mang, ini mah kerang bambu atau kerang kuku gitcuuu..iya cuma adanya didaerah sekitar pantai madura mang ini hewan :)

      Delete
  13. Replies
    1. ayo wes sini tak traktir deh mbak Lidya, ap sih yangenggak mbak..hehehehe

      Delete
  14. Wahhh bikin ngiler :9

    Jadi penasaran nih mbak pengen coba langsung lorjuk itu gimana rasanya.
    Di Padang nggak adaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya gurih banget aul, kurang lebih sama spt kerang itu loh rasanya..mantafff pokoknya :)

      Delete
  15. Mbak, buka usaha kuliner lorjuk di Surabaya aja. Biar aku gak usah jauh2 ke Pamekasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, harganya mahal mah ini lorjuk Ikka, kalo nggak laku bisa bangkrut hehehe

      Delete
  16. campor lorjuk tampilannya kurang menggairahkan, tapi coba dirasain deh, pasti ngga bakalan bisa berhenti sebelum lorjuk itu tandas, bahkan saya malahan suka nambah lorjuk kalau masih ada itu ge'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..sama aja doyan mah itu mang lembu..sama2 doyan ceritanya...

      Delete
  17. Wiih, ada campornya juga. saya biasanya masih makan rengginangnya mbak. kalau ke Pamekasan tak cari deh, pengen coba. atau pas ada mbak Dwi, haha, siapa tahu mau traktir :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayo2 boleh mari kita makan bersama sekaligus kopdaran yak mas...

      Delete
  18. Pernah nyoba mbak wkt di Pamekasan...cm lidah sy krg familiar sm makanan ini jd pas disodorin satu piring gak habis dweh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, krena kurang familiar jadi nggak habis ya mak Iro :)

      Delete
  19. Aduuh... jadi pengen nyobain. Kapan ya ke Pamekasan :)
    Di Serang, lorjuk itu gak ada soalnya.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kalo ke pamekasan nyoba kuliner ini mbak :)

      Delete
  20. Lorjuk itu apa sih mbak? Lebih enak mana coba soto ayam ketimbang lorjuk? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lorjuk itu kerang bambu, kalo aku sih mendingan lorjuk coz aku nggak suka ayam :)

      Delete
  21. saya baru denger nama makanan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makanan khas kab pamekasan madura mak chi :)

      Delete
  22. ya ampuuun...enak bangeeet ngeliatnya maaak..kebayang pedes et segeer...jadi ngiler berat deeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikmat bget donk pastinya mak :) sruput huaaaa pedessss

      Delete
  23. Mbakk.. Pengeeenn..
    Aku belum pernah maem lorjuk :(

    ReplyDelete
  24. Sampe sekarang aku.geli kalo liat lorjuk mak..kupang juga. Ga kolu kalo mo makan padahal di sidoarjo dly banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha..geli spt dikilikitik ya mak saiiii

      Delete
  25. Looh...orang pamekasan tah mbak, kok tahu campor lorjuk, hihi salam kenal yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga...iya aku pamekasan :)

      Delete
  26. Pertama kali nyobain campor lorjuk memang sedikit rada aneh, tapi lama kelamaan koq terasa enak yaaa.. mangkanya akhirnya ketagihan.. ha haa..

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)