Monday, January 26, 2015

Resolusi Hijau 2015 : Resolusi Hijau untuk menyelamatkan Bumi

Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau. Mulai dari penyuluhan hingga penerapannya sudah mereka lakukan namun sebagian dari masyarakat masih belum sadar akan pentingnya lingkungan yang hijau serta bersih disekitar mereka.

Salah satu taman perumahan yang ada di Surabaya (Dokumen Pribadi)

Taman Mayangkara, Surabaya (Dokumen Pribadi)

Sebenarnya untuk menciptakan lingkungan hijau kita tidak perlu jauh-jauh. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa menanam pohon merepotkan diri sendiri karena harus mencari tanah kosong yang jauh dari tempat tinggal hanya untuk menanam pohon. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan resolusi hijau di tahun ini, pastinya resolusi hijau ini akan menyelamatkan bumi kita dari segala macam ancaman yang ada seperti global warming.

Pepohonan di sepanjang jalan perumahan, membuat sejuk dan segar yang melewatinya (Dokumen Pribadi)

Mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Walau terkendala dengan lahan sempit perumahan tapi tak menyurutkan tekadku untuk membuat taman mini di rumah. Taman yang ada di belakang yang hanya berukuran 200 cm x 20 cm dan taman di depan rumah yang hanya 300 cm x 150 cm yang selalu aku rawat dan jaga setiap hari.
 
Taman belakang rumahku, uk. 200cm x 20cm (Dokumen Pribadi)

Taman depan rumahku, uk. 300cm x 150cm (Dokumen Pribadi)

Dengan adanya tanaman-tanaman ini bisa sedikit membantu untuk menyelamatkan bumi ini. Aku yakin dari kalian bisa juga melakukannya, memiliki ruangan hijau ditata sedemikian rupa dan memanfaatkan barang bekas yang sekiranya masih bisa dipakai. Contohnya seperti taman belakangku ini, dengan lahan yang sempit aku ingin memaksimalkan ruanganku dengan adanya taman terbuka agar udara bisa keluar masuk ke dalam rumahku.

Taman di salah satu Hotel di Surabaya (Dokumen Pribadi)

Di daerah perumahanku, setiap rumah memang diwajibkan menanam minimal satu pohon, terserah pohon apa saja. Ini dimaksudkan agar nantinya suasana perumahan terkesan hijau, tampak lebih asri, dan menghasilkan udara yang segar baik itu pagi maupun siang hari.

Aku menanam pohon mangga dan alpukat di depan rumah agar nantinya bisa menaungi rumahku dan bisa mengurangi panas matahari yang berlebih. Tidak hanya itu, dengan banyaknya pepohonan disekitar kita maka oksigen yang dihasilkan ditempat itupun akan lebih banyak. Tumbuhan/tanaman akan menghasilkan oksigen di siang hari dengan bantuan sinar matahari. Dengan melakukan cara ini kita sudah menyelamatkan bumi dan juga menyelamatkan hidup kita dari berbagai serangan penyakit karena udara kotor (polusi).
 
Aku dan pohon (Dokumen Pribadi)

Lain halnya dengan kampungku yang ada di Pulau Madura sana. Dikampungku memang tak terkendala lahan, lahan disana sangat luas. Jadi setiap rumah dikampungku memiliki lahan dengan aneka macam pohon. Seperti pohon mangga, pohon nangka, pohon belimbing, dan masih banyak pohon-pohon lain yang memang sengaja ditanam di lahan tersebut untuk memanfaatkan lahan tanah yang kosong dan memberikan manfaat lain seperti udara sejuk dan mengurangi panas matahari.
Lahan luas dengan banyaknya pepohonan dikampungku, Madura (Dokumen Pribadi)


Banyak cara untuk melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan dimuka bumi ini seperti program yang dijalankan oleh sebuah penggerak peduli lingkungan yaitu The Nature Conservancy Program Indonesia.  The Nature Conservancy Program Indonesia berupaya meningkatkan kesejahteraan Indonesia tanpa mengorbankan keberlanjutan alam bagi generasi saat ini dan mendatang dengan cara mendorong nilai penting alam, mempercepat transformasi di bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan melalui serangkaian kegiatan pengelolaan kawasan lindung, konservasi spesies penting, dan pemberdayaan masyarakat. Dengan Misi melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan dan mempromosikan nilai alam dan membantu memicu perubahan transformasional dalam konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya alam untuk kepentingan manusia dan alam. Sedangkan visi The Nature Conservancy Program Indonesia adalah mewariskan kehidupan alam yang berkesinambungan bagi generasi mendatang. Sebuah Indonesia yang sejahtera tempat kebutuhan masyarakat dan keberlanjutan alam berada dalam keseimbangan untuk generasi sekarang dan akan datang.

 

Nah, untuk itu mari kita mulai dari diri kita sendiri, dari rumah kita dan lingkungan sekitar kita untuk menjaga alam sekitar agar tetap hijau. Cukup dengan menanam tanaman di pot-pot dan letakkan dengan rapi atau menanam 1-2 pohon didepan rumah, kita sudah menyelamatkan bumi. Yuk kita selamatkan bumi mulai sekarang dan bersahabatlah dengan lingkungan sekitar.


Related Posts

Resolusi Hijau 2015 : Resolusi Hijau untuk menyelamatkan Bumi
4/ 5
Oleh

60 komentar

taman di rumahnya cantiiiiiiiiiik, secantik yg punya ^^
suka ya sai kalo ngliat yg hijau2 gitu, apalagi kalo abis hujan..seger banget baunyaaa ~

Kalau lihat yang hijau-hijau rasanya sejuk dimata sejuk dihati mbak Dwi... jd pingin mudik ke desa lihat pohon dan sawah yg menghijau....

Goodluck ngontesnya mak...
Semoga makin banyak pepohonan di lingkungab kita :)

mantap kali rumahnya,ijo royo2 mbak hehehe..

ih suka deh lihat hijau2 begitu, segar dan asri jadinya.. ^_^
dulu Aisyah suka menanam bunga di halaman depan, tapi jadi males sejak bunga-bunganya suka dicabutin sama anak-anak kecil kalau sudah mekar.. :(

Adem banget ya mak kalo banyak pohon gitu. Yuk ah kita nanem pohon :-)

Segernya liat yag ijo-ijo maak, apalagi ijo2 di dompet *eh

Seneng deh lihat yg hijau-hijau kaya gink. Seger banget :)

SIpp mbak. Nanti saya nanam. Btw ini fotonya dijepret pake apa sih? Kok bening..

kota surabaya sekarang terasa lebih hijau dan segar

dimulai dari rumah sendiri ya mba...menghijaukan bumi

kunyit dan jahenya diperbanyak lagi mak, lumayan kalo nanti umbinya di jual, itu surabaya sejuk ya, udah lama banget belum kesana lagi

Ruang terbuka hijau sekarang banyak disalah gunakan ya mba, padahal pelestarian pepohonan sangat penting dalam kehidupan sehari hari..

Hijau itu mmg bikin teduh ya, sejuk lagi adem bikin suasana hati jadi lebih tenang ^_^

halo mbak.... salam kenal ya.. dari surabaya ya?

walaupun di sby panas kalo hijau gt sejuk banget ya...

Adem dan tedu maaak lihat pohon-pohon gini, pengin nggelar tikar atau pasang ayunan. :)

Suka sama foto yang pake baju merah, sukses lombanya :))

Pohonnya hijau royo2 :) seneeeng liatnya, seneng juga sama semangatnya mba Dwi

Wah pake baju warna merah menyala
woww ........

pengen punya taman di rumah jg :)

wah mantap happy mbak ijo" bahagia nih mantap euyyy

nggak nyangka hijau hijau. Poto poto di postingan ini seakan menghapus pandangan umum bahwa Surabaya panas karena banyak pabrik, ternyata ada juga daerah2 Taman Terbuka Hijau

kalau lingkungan banyak pohon udara jadi bersih, dipandang mata juga indah

hahaha makasih, taman yg kadang dirawat aja kalo punya waktu itu mbak :)

iya mak Iro, yg ijo2 itu sejuk banget...aku juga pengen pulkam jadinya :)

makasih mak muna :) amiien pastinya kita juga sayang ama llingkungan ya :)

iya mbak harus ada ijo2 nya :)

sama bungaku juga yg ada diluar sama anak2 tetangga pd dicabutin semua....makanya aku pindah ke dalam rumah :)

iya mak leyla pastinya adem dan sejuk :)

hahaha sama..ijonya dompet aku suka banget

iya mbak seger banget pastinya :)

dijepret pake kamera mas wahyu, tanpa edit mah ini..soale kesuwen

iya bener sekali mas dimulai dari diri sendiri

iya mbak lumayan mah buat jamu itu,,,iyah surabaya sejuk banget :)

iya banyak yg disalahgunakan mas, napa ya mereka nggak sadar untuk menjaga kelestarian alam

iya mak dame bener sekali..sejuk dimata :)

iya dari sby mbak...iya pastinya sejuk kalo sby banyak pohon :)

iya mbak, pake tikar tiduran disitu pasti ngoap :)

hahaha itu di semen tuban, aku suka ama pemandangannya sejuk banget

iya aku betah kalo ijo royo2 bikin adem..makasih ya mbak helda :)

hahaha pasti yg merah menyala ya kang :)

nanem pake pot aja :) gampang bget

mantap donk pastinya kan happy terus

iya mas, surabaya sejuk banget sudah banyak pohon dimana-mana :)

iya pastinya kang ucup semuanya akan lebih hidup

Berada di alam terbuka yang rimbun pepohonan memang sejuk dan tenang. Sekarang ini kalau tinggal di perkotaan sulit sekali menemukan suasana kayak begini. Cuma mesti ingat, kalau pohon itu kudu dirawat biar ga tumbang agar tidak membayakan kita kan!

Salam

Banyak pohon bikin adem ya mba :)

yang baju merah seger benerrrr.... :D

setujuuuu...mulai dari yang terdekat, lingkungan rumah kita sendiri. Kalau di jakarta agak repot karena masalah lahan hehehe...tapi walaupun kecil, mari kita maksimalkan :)

betul sekali, kalo pohon tumbang juga bahaya..kita harus pintar dalam menjaga pohon2 itu..makasih ya mas

pasti mbak, bikin adem dan betah

hahaha pasti seger habis mandi soalnya

iya mak, harus itu wajib biar adem dan sejuk

Ya,kalau bukan kita yang berusaha melestarikannya, siapa lagi ya mak, karena inilah tempat tinggal kita, yuk sama2 menjaganya untuk kehidupan lebih baik

iya mak betul sekali, kita harus peka ama lingkungan karena kalau bukan kita siapa lagi :)

makasih, tanaman emang menyejukkan :)

Yuk berkomentar :)