Wisata Green Industry Semen Indonesia

Sungguh aku sangat bahagia mendengarkan kabar bahwa aku dan Tweety bisa ikut dalam acara Wisata Green Industry Semen Indonesia pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2014. Selain karena ingin melihat pabrik semen secara langsung, pun disediakan akomodasi secara gratis pula dan berangkatnya bersama teman-teman blogger yang kece abiz.
 
 



PT. Semen Indonesia yang aku tahu adalah pabrik semen yang memiliki empat anak perusahaan diantaranya adalah PT. Semen Padang, PT. Semen Tonasa, PT. Semen Gresik, dan Thang Long Cement Vietnam. Semua perusahaan berkomitmen melaksanakan ISO 26000 yang berkaitan dengan aktivitas sosial yang parsial dan menopang dalam tujuh aspek diantaranya adalah tata kelola, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, isu konsumen, praktik operasi, pengelolaan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.


Sebelum aku berangkat ke acara Wisata Green Industry Semen Indonesia memang sengaja aku pelajari dan sekedar membaca info-info tentang PT. Semen Indonesia di internet. Siapa tahu nanti pas ada game seputar PT. Semen Indonesia aku bisa menjawab.
 
Aku berangkat dari gedung PT.Semen Indonesia yang ada di Gresik. Melihat megahnya gedung dan akupun mengitari setiap halamannya. Aku sungguh takjub dengan salah satu perusahaan BUMN ini. Walaupun dulu saat aku masih kuliah bermimpi bisa kerja di tempat ini dan ternyata Allah memberiku takdir bekerja di tempat lain.


Sambil menunggu para rombongan lain datang aku mengitari Warung Binaan PT. Semen Indonesia. Sesekali melihat orang-orang yang mampir untuk membeli makan atau sekedar duduk santai menikmati segelas kopi. 


Bis pun berangkat, kita semua mampir ke UKM Binaan PT. Semen Indonesia yang ada di Lamongan yaitu R & D Handicraft. Senang banget rasanya melihat kerajinan tangan yang unik dan bagus. Bahan-bahan dari enceng gondok, pelepah pisang, daun pisang, kain goni, dan masih banyak lainnya. Mupeng banget melihat beraneka ragam jenis kerajinan tangan itu. Inilah hasil kreasi tangan-tangan kreatif yang bisa mandiri dengan membangun usaha sendiri.




Kemudian kami semua melanjutkan perjalanan ke Tuban yaitu ke pabrik PT. Semen Indonesia yang ada disana. Di tengah perjalanan kami di hibur oleh Yuk Gresik dan Cak Tuban menjelaskan tentang profil PT. Semen Indonesia sendiri dan mengadakan game kecil-kecilan sesekali sambil melihat pohon-pohon turus yang disumbangkan oleh PT. Semen Indonesia sepanjang jalanan Lamongan-Babat, Babat-Tuban, Tuban-Merakurak, yang katanya sampai perbatasan Jawa Tengah.

"Perusahaan di resmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden Soekarno dengan nama PT. Semen Gresik dan pada tanggal 20 Desember 2012 berganti nama menjadi PT. Semen Indonesia"


Akhirnya perjalananpun sampai kurang lebih 2,5 jam. Melihat gedung PT. Semen Indonesia yang ada di Tuban kurang lebih sama dengan bangunan Gedung Semen Indonesia yang ada di Gresik. Dari situ kami diajak mengitari lokasi PT. Semen Indonesia yang ada di Tuban. Sesekali mata ini memandang takjub sambil mulut melongo ke jendela melihat bozem serta pemandangan indah di luar sana, ditambah lagi pepohonan yang menghijaukan mata kami. Hamparan sawah luas disebelahnya dan disebelahnya lagi terdapat embung yang lumayan cukup lebar.




Kamipun turun melihat daerah sekitar, sejuk sekaligus campur panas. Walau banyak pepohonan namun sinar matahari tak mau kalah untuk melewati celah-celah dari dedaunan untuk mengenai kulit kami. Benar-benar pemandangan yang sungguh luar biasa bak di luar negeri.



Bapak instruktur menjelaskan kepada semua rombongan tentang prinsip green industry ini. Beliau menjelaskan bahwa area bekas tambang diwujudkan dalam bentuk reklamasi dan merubah area bekas tambang menjadi sumber mata air dengan menampung air hujan dan mata air sekitar. Dampak positif dalam kegiatan reklamasi ini adalah penduduk sekitar bisa panen hingga 3 kali dalam setahun. Selain itu, hasil dari bekas lahan tambang bisa dijadikan kolam tambak ikan bagi warga sekitar atau bisa sebagai embung yang berfungsi untuk irigasi persawahan.




Tujuan kegiatan reklamasi sendiri adalah memperbaiki kerusakan ekosistem dari hasil tambang melalui pengembalian kesuburan tanah dan penanaman lahan dipermukaan. Selain itu menjaga lahan agar tidak labil, meningkatkan produktivitas hasil tambang, dan agar lahan lebih produktif. Dengan adanya reklamasi diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah bagi lingkungan dan menciptakan keadaan yang jauh lebih baik dari lingkungan pasca eksploitasi pertambangan.



Setelah itu kami diajak keliling pabrik Semen Indonesia untuk melihat mesin-mesin produksi pembuatan semen dari jarak yang sangat dekat. Kemudian kami berhenti di Central Control Room Tuban 3 & 4, disana kita bisa melihat semua kegiatan dan ruangan para petugasnya. Kesempatan bertanya itu pula yang paling penting. Mulai dari cara dan perhitungan yang bagi kami sangat rumit, quality control yang benar-benar butuh ketelitian dan ketepatan data.






Lanjut setelah itu adalah acara inti, dimana kita mulai memasuki gedung dan mendapatkan sambutan hangat dari para panitia. Tak lupa makanan, minuman serta buah telah disajikan dengan rapinya di meja. Para peserta meja dan kursi yang telah disediakan untuk menikmati makanan dan minuman. Setelah itu presentasipun dimulai, beberapa nara sumber sudah siap untuk memaparkan masing-masing presentasinya.




Dari beberapa nara sumber yang paling berkesan adalah Bapak Heru, beliau memaparkan dengan sangat jelas dan detail. Yang awalnya mataku udah mengantuk nggak jadi ngantuk dari saking semangatnya mendengarkan penjelasan beliau. Inti dari presentasi Pak Heru adalah bahwa walaupun ini adalah Pabrik Semen namun pabrik semen ini bisa membantu dan bersahabat dengan warga apalagi alam sekitar.

Dipastikan masyarakat sekitar pabrik semen ini akan membantu setiap warganya, entah itu dalam hal pekerjaan maupun menjadi mitra binaan dari Semen Indonesia. Selain itu memberikan bantuan untuk anak sekolah baik itu bantuan tidak mampu ataupun beasiswa, adanya pengajian atau perkumpulan rutin dengan warga agar terjalin rasa persaudaraan satu sama lain, memberikan pekerjaan bagi warga yang sekiranya butuh pekerjaan dengan bertani yang lahannya telah disediakan oleh PT. Semen Indonesia.

Tak salah lagi jika tiap tahunnya panen sampe 3 kali, yang dulunya sebelum ada pabrik hanya sekali panen aja. Semen Indonesia benar-benar membantu masyarakat sekitar. Semoga dengan adanya pabrik Semen Indonesia yang ada di Rembang akan semakin meningkatkan kemajuan masyarakat Rembang.




Alhamdulillah acara Wisata Green Industry Semen Indonesia pun akhirnya selesai, aku mendapatkan hadiah karena ikutan live tweet nya #WGISemenIndonesia dan pastinya goody bag dari Semen Indonesia. Tak kalah pentingnya adalah mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sungguh tak bisa dibayar oleh apapun. Terima kasih Semen Indonesia, aku yakin kamu akan memikirkan nasib rakyat dan ingin memajukan daerah mereka.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk kami semua bisa berpetualang di Pabrik Semen dengan hijaunya pepohonan :)


Foto-foto di atas adalah dokumen pribadi penulis :)

68 comments:

  1. Jalan-jalan sesuatu yang menyenangkan, kox ngajk-ngajak sih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah PERTAMAX... eh maaf maksudnya kox gak ngajak-ngajak???

      Delete
    2. ayo mas iqrozen ikut aku yuk,,yuk wes tak ajak nih hehehe

      Delete
    3. Mas Abu Zaini emang suka pertamax ya daripada premium hehehe...ayo wes sini tak ajak juga :)

      Delete
  2. Mbak nduuut, jalan-jalan muluuu ih bikin iri -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...iya biar badan tambah ndut makanya harus jalan2 adek manis :)

      Delete
  3. Mba Dwi sering bgt jalan2 seru dpt ilmu dpt hadiah sbg blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, emang demen bget kalo disuruh jalan2 mah...apalagi ada hadiahnya :)

      Delete
  4. klo thun depn ada lg, mudh2n bisa ikut .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes ... mudah2 juga sy bisa ketemu ama blogger yang keren ini ... :D

      Delete
    2. mas fiu juga keren kayak afghan :)

      Delete
    3. hihihihihi .. ah jauh tw mb dg afghan ... bagaikan angka 1 ke 20 ....hehehe

      Delete
    4. ya nggak lah...wong sama gitu loh...dipoles dikit udah mirip :)

      Delete
    5. xixixixixixi ,,,, di poles pake apa mb ? :D

      Delete
    6. dipoles pake kacamata dikit udah mirip :)

      Delete
  5. Wa... seneng banget......
    sering jalan2, kaya ilmu, dan dapat hadiah! Super!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, banyak ilmu pengalaman dan hadiah ...hehehe

      Delete
  6. Wah senengnya jalan-jalan ke semen Gresik. Pabriknya yang luas itu dulu pernah jadi impian tempat kerja saya, namun nasib mengatakan berbeda.
    Salut kepada semen gresik yang tetap menjaga lingkungan agar tetap lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu juga cita2 aku juga kerja di tempat yg oke bget ini...

      Delete
  7. wah seru ya mbak dapat kesempatan untuk jalan-jalan di pabrik semen

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah.. dapat ilmu baru ye.. tahniah..

    ReplyDelete
  9. wah seru abis mbak dwi serasa saya mearsuk ikutan jalan-jalan kece absi dah mbak dan mas tweety hehe salam buat mas twety mbak dan temen" blogger kece abissss mantap dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ...ayo kapan2 jalan2 yuk...insyaallah salamnya ntar disampaikan ya mas angki :)

      Delete
  10. PENGALAMAN YANG TAKKAN MUDAH UNTUK DILUPAKAN, APALAGI pernah bercita-cita berkantor digedung megah Gresik, tentu saat wisata green tersebut hati kasuat-suat mengenang kala cita-cita tersebut digantungkan.
    komitmen PT Semen Indonesia soal Green tentu harus diwujudkan, jangan seremonial semata, sebab jika tidak kasihan alam disekitarnya tersebut pasti merana tiada tara.
    sukses buat PT Semen Indonesia, tanpa mereka sulit bagi Indonesia membangun

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget aku mang lembu ama sampean..pokok e juga kita harus jaga lingkungan sekitar, menjaga warga yg berada disekitarnya apakah dapat impact dari pembangunan ini :)

      Delete
  11. wah, sama juga dengan di pabrik semen di palimanan Cirebon, mungkin mempunyai program yang sama ya.. karena waktu itu saya mendampingi murid saya yang diundang ke pabrik semen dan di sana mereka juga punay bukit dengan falura dan fauna yang dilindungi dan juga punya warga binaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti semua pabrik semen sepertinya mementingkan alam sekitar ya mbak, biar imbang..biar tetep lestari alam ini :)

      Delete
  12. Semen Gresik, salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia. Sungguh suatu kesempatan yang langka bisa masuk kesana, harus pakai APD lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, aku aja seneng banget bisa masuk kedalamnya :)

      Delete
  13. wah,konsepnya bagus ya,bekas tambang dijadiin sumber mata air,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sumber mata pencaharian warga sekitar lebih tepatnya :)

      Delete
  14. Rombonganmu beruntung ya Wik diajak masuk ke dalam ruang komputer. Rombonganku nggak :(
    Secara keseluruhan acara ini sangat seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku diajak kedalam sana jadi aku bisa tau betapa ruwetnya mereka...butuh konsentrasi tinggi :)

      Delete
  15. Widiiih Mbak Dwii, jalan-jalan meluluuu ... kapan saya bisa jalan - jalan seperti mbak blogger yang satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jalan2 terus mang...ayo sini wes tak ajak sendiri aja hahaha

      Delete
  16. Keren ih jalan-jalan melulu. Keren juga ya yang dilakukan sama si Semen Idonesia ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mas, jalan2 terus nih mumpung gratis mas Dan :)

      Delete
  17. Wiiih enaknya yang abis jalan-jalan, bener-bener pecinta traveling banget deh...
    yang pasti selain seru dan menyenangkan juga dapat pengalaman serta ilmu yang bermanfaat buat di bawa pulang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas marnes...gatal soalnya kaki kalo nggak dibawa jalan2...iya dapat ilmu dan hadiah pastinya :)

      Delete
  18. Sukses mbak Dewi! Semoga beruntung ya :D *bareng aku juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya amiien semoga kita sama2 beruntung :)

      Delete
  19. Mbak Dwi..jalan-jalan terus. Yang ini aku gagal ikut karena bentrok dengan jadwal anakku hiks. Smoga lain waktu bisa kumpul ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Tatit semoga lain waktu kita bisa kumpul jalan2 :)

      Delete
  20. luas dan besar juga ya pt semen ini, kalau ga lihat fotonya aku ga bakalan tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak luas banget mak, dan pastinya rindang :)

      Delete
  21. Keren ya, Mbak.. Ini lanjutan postingan yang dulu toh? :D

    ReplyDelete
  22. Wow keren pengalamannya Mak

    Bagus ya ... CSR PT. Semen ini bekerja dengan baik. Kalo PT. Semen Tonasa itu di Pangkep, kira-kira 3 jam perjalanan dari kota saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus banget mak, ini dari Surabaya kurang lebih 3 jaman juga kok mak...ini pabrik yg di Tuban :)

      Delete
  23. Perjalanan yang menyenangkan karena dapat menambah pengetahuan terutama konsep industri hijau yang menjadi sumber kehidupan manusia dan makhluk lain di sekitarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang uda...senang sekali pastinya aku bisa jalan2 soalnya dapat ilmu pengalaman dan pastinya hadiah :)

      Delete
  24. wah sangat senang kali ya bisa menmbah pengetahuan dan pengalama karena kunjungan ke semen gresik....kadang menarik juga melihat industri besar bekerja, minimal kita bisa beljar manajemen kerja dan pemasaran mereka....ok makasih infonya mbak someo....salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seep..nah itu...setuju banget aku..dari kunjungan itu aku bisa tau semuanya, cara kerja mereka dan tujuan baik mereka kpd warga sekitar...salam kenal ya mbah dinan :)

      Delete
  25. wah, ini sama kayak yang diikuti Hilda, si empunya blog cokelatgosong ya mbak..,,serunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kita pergi bersama-sama :) satu rombongan :)

      Delete
    2. wah keren yah mbak bisa masuk pabrik semen yang tersohor itu, dapat banyak ilmu

      Delete
    3. iya pastinya dapat banyak ilmu mbak :)

      Delete
  26. Wahahh saya kira tadi goodie bag nya isinya SEMEN juga
    Xixixixixixiie

    ReplyDelete
  27. Konsep perjalanan edukatif pengenalan lingkunngan kerja yang sehat, sepertinya harus bisa diperkenalkan oleh peruhaan besar kepada msyarakat luas. Dengan konsep perjalanan seperti ini, maka komunikasi kepada pihak masyarakat luas bisa lebih mengena sasran dari sudut pandang yang berbeda kali ya Mba. Hm,,,, kapan ya saya bisa jalan-jalan seperti ini.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan saja bisa dengan melihat lingkungan sekitar kita sebenarnya, tapi untuk jalan2 yg ini emang ada acara khusus dari semen indonesia :)

      Delete
  28. Wih, senengnya mbak bisa jalan-jalan di area Semen Indonesia :3
    Ini ngomong-ngomong, saya ndak sengaja nemuin artikel ini di google mbak :v Mau nulis artikel wisata Gresik gitu ceritanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, jadi ketemu ini di google ya...ikutan wisata juga ya ternyata :)

      Delete
  29. wah keren mbak, bisa jalan" disana, mudahan saya juga bisa .. siapa tau saya dapat pengalaman seperti mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. suatu saat nanti pasti nyampek deh...

      Delete

Yuk berkomentar :)