Tuesday, March 10, 2015

[Hijabku Karena] perintah dalam Al Qur'an

Awalnya aku nggak tau perbedaan antara kerudung dan jilbab. Aku pikir ke dua arti kata tersebut sama. Kerudung ya sama dengan jilbab, jilbab ya sama dengan kerudung. Ternyata aku salah, arti kata jilbab adalah kain yang menutup dari atas sampai bawah, tutup kepala, kain yang di pakai lapisan yang kedua oleh wanita dan semua pakaian wanita. Imam Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan; Jilbab berarti kain yang lebih besar ukurannya dari khimar (kerudung), sedang yang benar menurutnya jilbab adalah kain yang menutup semua badan.


Artis paporitku, udah cantik bisa menjaga penampilan pula :)



Perbedaan Jilbab dan Kerudung


Asy Syaih Athiyah Shoqor (Ulama` ternama Mesir) membagi permasalahan menutup aurat (kepala) itu menjadi tiga :
  1. Khimar (kerudung) yaitu segala bentuk penutup kepala wanita baik itu yang panjang menutup kepala dada dan badan wanita atau yang hanya rambut dan leher saja.
  2. Niqob atau burqo`(cadar) yaitu kain penutup wajah wanita dan ini sudah ada dan dikenal dari zaman sebelum Islam datang seperti yang tertulis di surat kejadian dalam kitab Injil. Namun kata beliau ini juga kadang disebut Khimar
  3. Hijab (tutup) yaitu semua yang dimaksudkan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya fitnah jinsiyah (godaan seksual) baik dengan menahan pandangan, tidak mengubah intonasi suara bicara wanita supaya terdengan lebih menarik dan menggugah, menutup aurat dan lain sebagainya, semuanya ini dinamankan hijab bagi wanita.


Jujur sih, sampai saat ini mungkin bisa dikata aku masih belum sempurna dalam menutupi auratku. Kadang kain penutup kepalaku tidak terjulur panjang, dimaksudkan adalah bergaya mengikuti trend jilbab sekarang. Tapi sebagai seorang muslim aku ingin merubah kebiasaanku itu. Apalagi suamiku yang selalu mendukungku dalam berbusana, setiap kali aku diingatkannya untuk selalu menjulurkan jilbabku hingga menutupi bagian yang memang sepantasnya untuk ditutup.



Kalo bicara soal kerudung sih sebenarnya aku sudah mulai mengenakannya saat masuk Tsanawiyah. Ibuku memang sengaja memasukkan aku ke sekolah yang berbasis agama agar aku bisa mengerti dan mempelajari agama secara dalam. Sebelumnya ibu malah menyuruhku untuk mondok di pondok pesantren, tapi aku tolak mentah-mentah. Daripada mondok biarkan aku sekolah di Tsanawiyah asalkan masih bisa melihat dunia luar :)

Mungkin basic pecicilan emang dari dulu, sampai sekarangpun aku termasuk orang yang pecicilan. Untungnya pecicilan yang sekarang aku bersama suamiku, jadi misal ada gaya yang berlebih dari diriku pastinya suamiku selalu mengingatkan dan menegur aku. Tak jarang suamiku selalu menemaniku kemanapun aku pergi, selain karena wanita kalo keluar rumah itu harus bersama mahramnya. Selain itu, aku tau mengapa ibu menyuruhku masuk ke sekolah yang berbasis agama waktu zaman aku lulus SD, ibu takut nantinya aku akan tumbuh menjadi anak gadisnya yang nakal. Alhamdulillah tak sia-sia, aku masih bisa membentengi semuanya dengan agama.

Emang dulu sempat gaya-gayaan, pake kerudung cuma saat disekolah, pulang sekolah kerudung langsung dilepas dan keluar rumah dengan mengumbar-ngumbar aurat. Begitulah kehidupanku sehari-hari, ibu selalu menegurku namun teguran ibu nggak mempan sekali di telingaku.


Semoga dan semoga aku selalu istiqomah dalam menutup auratku, tidak mengumbar-ngumbar aurat dan kata-kata yang tak pantas diucapkan. Semoga aku bisa menjadi pribadi muslim yang disebutkan dalam Al Qur'an dan semuanya itu butuh proses. Aku butuh kalian semuanya untuk saling mengingatkan dan menegur satu sama lain jika aku salah. Karena kita adalah bersaudara, muslim di dunia ini semuanya adalah saudara. 

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin agar mengulurkan atas diri mereka jilbab-jilbab mereka. Yang demikian itu menjadikan mereka. Lebih mudah untuk dikenal (sebagai wanita Muslimah/wanita merdeka/orang baik-baik) sehingga mereka tidak diganggu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS A1-Ahzab [33]: 59)

Sudah sangat jelas di Al Qur'an ada ayat tentang mengulurkan jilbab, hal ini agar para muslimin jati dirinya mudah dikenali. Selain itu dengan berkerudung kita bisa menjaga diri kita, kita akan merasa aman. Pernah suatu hari, ada gerombolan laki-laki di pertigaan jalan. Aku melihat ada anak kuliah berjilbab lewat didepan mereka, anak kuliah itu diganggu tapi mereka hanya mengganggunya dengan mengucapkan salam. Assalamualikum cewek cantik...
Dan, itulah hebatnya berjilbab. Walaupun mereka memang berniat mengganggu tapi mereka masih sopan dengan mengucapkan salam.

Oh ya, tau kan arti jilbab syar'i sendiri...
Jilbab syar'i itu...


  1. Jilbab syar’i adalah jilbab yang  menutup aurat dimana untuk kalangan wanita, pastinya yang di kataka dengan jilbab syar’i adalah yang dapat menutupi aurat bagian dada.  Dalam faktanya para wanita memiliki bagian bagaian tertentu yang menonjol pada bagian depan. Dengan mengenakan jilbab syar’i maka di harapakan dapat menutupi bagian tersebut dengan sempurna.
  2. Jibab syar’i adalah jilbab yang dapat memberikan efek menutupi bukan jilbab yang bahan atau dasarnya menerawang ataupun bahannya sangat tipis. Hal ini penting karena ini akan memberikan kesan tertutup dan sopan saat di kenakan.
  3. Jilbab syar’i adalah jilbab yang memiliki ukuran yang lebar dan panjang, dimana saat di kenakan tidak akan menimbulkan rasa ketat. Jadi ini akan memberikan perlindungan yang menyeluruh pada area yang memang harus di tutupi pada bagian tertentu pada tubuh wanita.


Berusaha berjilbab syar'i

"Katakanlah, kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang tampak darinya. Hendaklah mereka  mengulurkan/menutupkan kain kudung kedadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau mertua mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan  mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan lelaki yang tidak mempunyai keinginan terhadap wanita, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang yang beriman, supaya kamu beruntung."


Semoga para muslimin selalu istiqomah dalam menjaga dan menutup aurat mereka khususnya aku pribadi. Nah sekarang tau kan, aku berhijab untuk apa...karena memang perintah dalam Al Qur'an. 


Artikel ini diikutsertakan  dalam "Hijab Syar'i Story Giveaway"



Related Posts

[Hijabku Karena] perintah dalam Al Qur'an
4/ 5
Oleh

124 komentar

CIYEEEEE.... itu fotnya gak kalah keren juga sama artis yg diatsnya /...hehehe

Ayuuu mbak.jilbab warna ijone kesukaanku.kethok segeeer.

semoga kita semua istiqomah dlm menjalankannya ya...

Klo liat mbak2 berjilbab syar'i tuh adem deh rasanya tp ntah knp belum bisa seperti itu.tapi insyaallah terus belajar memperbaiki diri..
Moga2 kita istiqamah trs ya mbak ^^

Tulisannya lengkap. Bermafaat deh! ^_^

sejujurnya akupun masih dikatakan jauh dari sempurna dalam berhijab, pendidikanku cuma sma, untung ada mba Dwiex'z yang mengingatkan.. terima kasih ya..

makasih sharingannya mak..jadi tau persis perbedaannya sekarang..

Saya dari SMP lebih suka memperhatikan wanita yg berjilbab padahal waktu awal 90 an siswi berjilbab bisa dihitung jari. Bagi saya wanita berjilbab dg baju gamisnya itu anggun banget.

Oki itu juga artis favoritku Mak... Karena beliau begitu konsisten mengenakan jilbab syar'i hingga populer dimata masyarakat kini...

luar dalam berhijab :D
i like it

Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

www.fikrimaulanaa.com

Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

www.fikrimaulanaa.com

Mantap ulasannya Mba Dwi, dan baru tahu loh kalau jilbab itu artinya keseluruhan dari atas sampai bawah, nice Mba

ini yang slalu mengingatkan aku, terima kasih sharenya mbak

alhamdulillah... gak sedikit juga mbak yang menyamakan antara jilbab dan keruung... semoga istiqomah dengan keduanya.. :))

bhahahaha..mas fiu emang selalu ada ada sajoooo :)

aku seneng pisan warna kui mbak :)

amiien iya mak...semoga kita selalu istiqomah :)

makasih banyak juga mbak santi, kita sama2 belajar :)

iya mas, aku melihatnya aja suka banget..padahal sama2 wanita loh...

bener sekali mbak Rita..wah kita punya artis paporit yg sama :)

makasih mas salman faris, semoga bermanfaat bagi pembaca :)

amiie Ya Allah..iya mbak..kadang mereka nggak tau arti dari jilbab dan kerudung itu sendiri :)

Kalau mba DWI memfavoritkan mbaOki Setiana Dewi sepertinya sama juga ya, Soalnya nyaris setiap pagi di acara Ustad Maulana selalu ada beliau. Selain cantik, HIJAB nya yang menawan dan dakwahnya yang luar biasa mencerahkan. Hehehe tapi saya juga memFAVE kan mba Dwi'ex Someo kok. Selain cantik juga, HIJAB, pandai menulis, sayang keluarga, Rajin Berusaha, dan gemar menabung/ Hihihihihihi

iya bnr mb yuni tuh 11-12 ... sama2 cantik dan bisa menjaga penampilan pula ...hehe

ltar belakang pendidikan bukn menjadi tolak ukur manusia utk menjadi yg lebh baik... semua layak asal ada kemauan ... :)

mw mendengarkan ustadzah lg berdiskusi ah ... :)

mbak...semoga istiqomah yaa...
gak papa pecicilan, yg penting pecicilannya positif :D

wajar mbak soalnya nggak ada yg bilangin... hehee
dan negara pun juga nggak endidik akidah umat.. #halah

Berarti berhijab itu menutup semuanya ya, nggak asal jilbaban doang ._. aku pernah ada orang berjilbab lucu, atas berjilbab tapi pake lengan pendek ._.

Berarti berhijab itu menutup semuanya ya, nggak asal jilbaban doang ._. aku pernah ada orang berjilbab lucu, atas berjilbab tapi pake lengan pendek ._.

ah mas fiu nih..bikin kuping kembang kempesss....

betul sekali, setuju ama mas fiu,,,pokoknya kita ada kemauan,,,dalam hati kita...

tuh kan mas fiu mesti lak an..kumat nih mengganggu..hahaha..awa tak coel yah...

pokoknya intinya dari kita ya mbak..dari diri kita dari hati kita...#halah...qiqiqiqi..pokoke selalu istiqomah dah...

duh jadi malu nih eikeh..kok jadi fave fave beginih ya..apalgi kang asep yg jadi fave nya hahahaha..semangat...istiqomah pokoknya kang...

amiien..iya mbak..pecicilannya sekarang bareng laki...hehehe :)

hahaha..tuh namanya bodong kalo gitu mas...masih separoh2...kan harus ditutupi semua auratnya :)

hahaha..tuh namanya bodong kalo gitu mas...masih separoh2...kan harus ditutupi semua auratnya :)

waw poto model yang bawah malah lebih keren dengan poto model yang diatasnya.....

Saya kira jilbab dengan kerudung sama mbak... eh ternyata berbeda dan jauh banget bedanya ...

hasikkk...membual lagi nih..ada berapa orang ya yg membual hahahahha...beda mang Yon..jilbab ama kerudung itu... :)

Ciyeee potohnya menarik banget mbak,so sweet, habis ini ada tawaran jadi model hijab ni :D

aamiin....maksih mbak tulisannya,jadi bahan introspeksi diri.^^

uhuyyyy..semoga ya mbak...ahahaha..mau banget kalo pas dapat hijab ntar...dipoto jadi model tapi ntr hijabnya kasihkan ke aku hahahaha

insyaallah kita sama-sama belajar mbak hanna :)

perasaan nih mas fikri klo komen2 itu itu doank deh ,,,hehehe

perlu tali nggk mbk ? biar telingan mbk dwi tdk terbang ,,,, hehehe

tidk ada kemaun yg ada pasti bnyak alasan ,,, bgtu kn mbk dwi ?

mbk dwi@ eeeh ,,, mw dicoel apanya nih?

che@ sy ykin bkn krn gk ada yg bilangin, kebanyak pura2 gk dnger (tutup telinga) ketika para ulama lg menyampaikan tausiah ,,, :)

trs fave nya sy ada gk yah,,,, :D ...haha

sy bukan trmasuk yg membual kn mbk dwi ? :P hehe

Aku juga belum sempurna deh, masih sering dikritik karena nyaman pakai celana panjang. Tapi sedapat mungkin jilbab menutup dada & pakaiannya gak ketat. Sukses GAnya ya...

buahahahaha..ini mah mesti mas fiu banyol..pegang semuanya aja mas....

yapz..alasan mesti selalu ada dan akan selalu ada....

iya ya..mesti komennya begitu tuh mas fikri,,,hahaha..niat apa nggak tuh komennya...buehehehe

mau minta yg mna..hayoo..tinggal bilang...

ada..banyak lah pastinya..kan mas afghan gitu loh...

temasuk yg nomer satu setelah mang yono dan kang asep...hahahaha

iya, kadang aku juga gitu kok mbak, pakai celana..tapi diusahakan bajunya agak panjang juga..amiien makasih ya mbak :)

ow maunya dipegang semua tho mb ... ydh sini sini ...hehehe :P

klo emg bru skali sih gpp, tpi ini dh berkali2 masa kalimatnya baru mampir, di blog tetangga juga sma spt itu ,...hhehe

pisssss .... mas fikri ... :)

eh ,,, apa yah ... apa badan sy tipis smua mana yg mw dicoel coba ...hahha

banyak dri hongkong yah mbk dwi ,,,hehe

hahahahaha ....jadi yg nomer satu nih ? brrt hebat donk sy ,,,, :D

kakakakakak.....ihhh atut...jangannnn

berarti di blog tetangga digituin juga ya..wah nggak boleh itu mas fikri..kalo niat blogwaking nggak sepantasnya seperti itu,,,

qiqiqiqiqi..emang badan saja yg harus di coel ya????

dari brebes mas fiu..hehehe

Yaaah ... kok atut mbk ? Hahaha

Yaaah ... kok atut mbk ? Hahaha

Iya diblog sy juga sama kek gtu ...hehehe

Trs apa mbk dwi ? Hehe

Waaah dri brebes juga yha ...hehe

Waaaah .... gak deh klo gtu mah mbk dwi ...hehe

atuttt aku mas fiu..atut banget kalo begitcuh...

atuttt aku mas fiu..atut banget kalo begitcuh...

wah...ndak boleh begitu mas fikri..#kira2 mas fikri ini ngebaca apa nggak ya...

ssstttt....ndak boleh...ssstttt

hahahaha..asli telor asinnya...

Saya sendiri masih lebih suka pake celana panjang. tapi berusaha jilbabnya nutup dada dan atasannya nutupin *maf* pantat. Maih belum pede dengan gamis karena merasa kelelep hehehe. Sukses ngontesnya, ya, mbak.

hahaha..makanya jgan nakal2 :)

kn cuma dipegang telinganya mbk biar gk terbang...hehe :P

hehehe, klo itu sy kurang tw mbk dwi ... :D

sssst ... kok nd boleh mbk dwi ? kn sy tanya ... hehehe :D

klo nakalny sma dwi sih kek nya gpp kaaan ? :D

gurih-gurih nyoi...hehe

pegang buntutnya aja wes wkwkwkwk

hahaha..sama sih sebenarnya mbak..tapi disuruh suami pake gamis..ya mau gimana lagi...hehehe

semoga makin banyak wanita yang terselamatkan ya mbak mantap....

haduh .... mbk dwi punya buntut tah ? :D

ayo kita jalan2 ....hehe

hahaha ... iya yah ,.,,ntr suaminya mbk dwi marah lg .... :D

amiien..makasih mas angki...

buntut apa itu mbk ?

semoga Dija kelak juga berkerudung panjang ya Tante...

amiien..semoga Dija tumbuh menjadi wanita sholehah :)

ih ... mbk dwi punya ekor yah ....hehehe :D

waduh kok ekornya sy mb ... kn mbk dwi yg bilng punya ekor ... :D :P

Setuju sama komennya mba Muna. Sy juga gitu, mba.

tapi kan aku milih mas fiu jadi ekor wkwkwkw

amiien semoga kita semua bisa ya mbak :)

Saling mendoakan yah, Mbak supaya istiqomah...

Yuk berkomentar :)