Wednesday, March 11, 2015

Kuliner AJIB di Surabaya

Photo by @zazadjr

Ngomong-ngomong Surabaya nih...pastinya pada bilang panasss, macettt, kota besarrr, polusiii, padat merayappp. Aih...jangan salah, walaupun Surabaya kota besar dan merupakan ibukota propinsi di Jawa Timur tapi nggak separah itu kaleee #siapa dulu Walikotanya :)

Banyaknya pohon dan taman pastinya akan mengurangi rasa panas di Kota Surabaya ini.Jalan-jalan ke suatu tempat tanpa adanya "kuliner" tuh kurang afdol. Kaki bergoyang tapi perut dibiarkan membuncah karena nafsu yang membara. Membuncah karena nafsu yang harus dituruti dan pastinya sangat mendalam untuk menahan lapar. Nggak adil rasanya, jalan-jalan tanpa makan dan incip-incip camilan lainnya. Yuk mari apa saja kuliner yang ada di Kota Surabaya. Siapa tau suatu hari nanti yang dari luar Kota Surabaya pengen kulineran :) 

Letaknya yang strategis di kawasan dan lingkup ruko dan kantor, menjadikan bakso bonet ramai pengunjung. Tempat bernaungnya bakso ini di daerah Manyar Kertoarjo di daerah pertokoan. Sayangnya aku nggak bisa menyebutkan nomor berapa si abang bakso mendirikan tendanya ini. Pokoknya di daerah Supermarket Bonet atau di belakang kantor PD Pasar Surya Kota Surabaya. Banyak sekali yang ngandok makan disitu, dari tua muda, remaja, anak kuliah, pekerja, pada seliweran silih berganti di tempat itu. Sayangnya disini kita nggak bisa nongkrong terlalu lama. Soalnya masih banyak yang ngantri dibelakang kita. Jadi setelah makan dan minum kita harus dan harus cap cus. Biasanya yang rame itu sekitar pukul 11 siang sampe pukul 1 siang. Yah, jam-jam istirahat kerja gitu. Biasanya aku kesini pukul 12 siang bersama teman-teman kantor untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan.


Beralamat di Jln. Citarum No. 2 sebelah Masjid Al Falah lagi dibuka cabang baru Mie Akhirat, yang ini adalah pindahan dari Jl. Progo 10 yang dulunya ada di belakang Taman Bungkul. Mie Akhirat satunya lagi ada di depan kampus UPN Veteran Surabaya. Biasanya hari Minggu pagi sehabis car free day di Taman Bungkul aku langsung cap cus ke tempat ini. Ada berbagai menu, tapi yang fenomenal adalah Mie Neraka dan Mie Surga. Dengan Level 1-10, dimana 1 level itu sama dengan 5 cabe jadi kalo 10 level sama dengan bunuh diri hahahaha.....Bagi kalian yang pengen bibirnya memble langsung saja rasakan rasa yang berbeda di Mie Akhirat yang ada di Jln. Citarum No. 2 Surabaya. Yuk buruan kesana :)


Kudapan yang satu ini super duper mantafff, udah pedesnya nggak ketulungan dan pastinya rasanya nyes di lidah. Setiap gigitan memberikan sensasi yang nendang-nendang. Siomay Mercon yang hanya ada di Surabaya ini adalah bisnis baru milik gadis muda lulusan dari Universitas Kristen Petra, Lydia Rosalia. Awalnya satu kali gigitan nggak percaya kalo siomaynya ada rasa pedesnya dan ternyata setelah aku gigit seuprit aja bikin bibirku memble. Busyettt ngalah-ngalahin cabe satu ons aja pedesnya. Eits, tapi bagi kalian yang nggak suka pedes bisa kok request yang cabenya cuma se upil, dan ini hanya cocok bagi bukan penggila pedas. Kalian yang ingin merasakan kuliner ini langsung saja datang ke Mall Royal Plaza. Kudapan yahud ini sudah menunggu kalian pas di depan Fun World. 


4. Tempe Penyet Kedai Cangkir
Kedai cangkir yang ada disebelah kantor tepatnya di Jalan Arief Rahman Hakim Sukolilo Surabaya menawarkan berbagai pilihan menu. Mulai dari gado-gado, rawon, nasi campur, dan lainnya. Yang aku suka adalah menu tempe penyetnya, soalnya sambelnya itu bikin melek. Maklum siang-siang gini kalo nggak makan yang pedes-pedes mata berasa ngantuk banget :) Selain itu kita bisa mesen minum, mulai dari air putih, kopi, capucino, sampai soda gembira. Tempatnya juga dijamin cozy deh, soalnya ada halaman belakang yang hening dan hanya ada kolam ikan.


5. Kebab King's
Kalau Kebab King's nih biasanya mudah banget ngedapetnya, biasanya sih standnya tuh mangkal di Al**mart atai In**mart. Harganya 1 biji tuh paling murah 12ribu. Rasanya aku suka banget, rasa dagingnya kerasa, biasanya aku beli yang rasa daging sapi, dimana dagingnya tuh banyak banget. Cuma bayar 14ribu nafsuku laparku terobati :) Mungki di tempat kalian yang beginian juga banyak ya :)


Sebenarnya aku nggak tau alamat lengkapnya Warung Padang Mang Jooo ini dimana, ini sih gegara aku langsung berhenti aja ngelihat warungnya yang bersih dengan cat warna kuning menyala. Walaupun ukuran warungnya kecil, tapi peletakan meja dan kursinya rapi banget jadi berasa luas gituh. Pokoknya di daerah Jalan Kenjeran Surabaya, sebelum menuju Jembatan Suramadu. Ntar kalian tolah toleh aja dan pastinya ada Warung Padang dengan warna kuning menyala. Itulah Warung Padang Mang Jooo yang uenak tenan :)


Resto yang memiliki nuansa khas pedesaan dilengkapi dengan lampu yang remang-remang dengan pramusaji baik laki-laki maupun perempuan memakai busana khas petani di desa lengkap dengan capilnya. Setiap tamu datang gong di depan pintu akan ditabuh dan semua pramusaji serempak akan mengucapkan "sugeng rawuh" yang artinya selamat datang. Resto yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat No. 72 Surabaya ini setiap harinya selalu ramai pengunjung. Menyajikan menu-menu desa yang bener-bener endesss banget. Kalian mau kan, datang aja langsung kesini...


8. Ikan Asap khas Kenjeran
Jika kalian bermain-main, melipir, jalan-jalan, lewat saja, ataupun yang lainnya disekitar kawasan pantai Kenjeran, pasti akan menemukan pedagang yang berjejer menjual ikan asapnya. Ikan asap yang sudah dipotong dan ditusuk dengan ukuran sama dapat kita beli seharga 2ribu rupiah pertusuknya untuk jenis ikan manyung. Boleh ditawar, asalkan yang masuk akal ya kalau mau nawar, misal kita beli 8 tusuk ikan asap, maka boleh kita tawar dengan harga 15ribu. Jadi, kita sudah dapat potongan harga seribu rupiah. Atau, kita mau beli 10 tusuk ikan bakar, kita bayar 20ribu dan kita dapat gratis 1 tusuk ikan asap. Begitulah cara menawarnya. Ikan asap yang dijual juga beraneka ragam. Mulai dari tengiri, pari, tongkol, bandeng, manyung, dan sembilang. Harga yang dijual juga beraneka ragam tergantung jenis ikannya.
Jadi, kalau kalian melipir ke Kenjeran, selain fota foto jembatan Suramadunya jangan lupa untuk membeli ikan asap ini ya :)

9. Sate Kerang khas Kenjeran
Nyarinya gampang banget, di sepanjang Pantai Kenjeran pasti deh nemu sate ini. Selain sate kerang ada juga loh lontong kupang...rasanya ajibbbb banget.


Gak afdol juga kalo cuma ditunjuki makanan muluuu...nih ada tempat-tempat yang cozy yang wajib juga kalian sambangi pas lagi liburan ke Surabaya. Pastinya tempat yang amat sangat membuat pikiran fresh ya...yuk mariii :)

Pantai Kenjeran, Photo by @randrytama

 Masjid Ceng Hoo Surabaya, Photo by @rooangkita


Sunset Bosem Wonorejo, Photo by @azizzhaddi



Danau Angsa Pakuwon City, Photo by @NonaAyiek

Hutan Magrove Surabaya, Photo by @ahmadalifikri

Guys...sebenarnya masih banyak lagi kuliner dan keindahan tempat wisata di Surabaya. Namun apa daya, karena terlalu banyaknya membuat tangan mimin capek. Pengen tau lebih banyak lagi tengtang kulineran di Surabaya, cap cus aja ke Kota Pahlawan ini ya ya ya :)




Related Posts

Kuliner AJIB di Surabaya
4/ 5
Oleh

90 komentar

Kalau soal kuliner, surabaya jangan ditanya... pasti serba ada dan enak... Katanya sih, saya khan belum pernah ke surabaya loh mbak

Aaaahhh jangan lupa masukin lontong balap, klo saia sukanya yang deket elizabeth tuh :D

banyak bangettt yaa...aku belum pernah ke masjid cheng ho,suma liat aja dari dalam bis hehe

makanya ayo ke surabaya mang yon...ntar makan lontong kupang hahaha

iya ntar aku masih cari foto lontong balapnya di file aku mbak...hehehe

ntar kita ke masjid cheng hoo bareng mbak...

hhahaha..yuk langsung dicomot aja....

wedew...saya orang surabaya, tapi baru tahu juga tempat-tempat makannya. Hehe...kapan-kapan nyoba aaah....

Kalau di daerah saya yg paling enak itu adalah rendang.. ya itu masakan khas daerah saya (padang)
http://ilhamabdii.blogspot.com

Katanya diet mbak? Kok makan sebanyak itu....? :D
Btw sate kerang itu lo yang maknyos.....

kyaknya kuliner pedas mnjadi andalan dmana2 y mbk...n kebabnya itu lho favorit bngt deh hehe...

salam kenal dari Bali mbk *_*

Dari dulu saya sudah kepengen sekali berkunjung ke kota Surabaya. Pernah sekali sekali tapi itupun hanya transit saja dari Denpasar. Ke Surbaya dalam arti kata benar benar berkunjung, menikmati kota Surabaya dan sudah pasti cari oleh oleh dan Kulinernya. Padahal saya sudah sangat ingin ke Suranaya. Saya mau mampir ke Graha Pena SUrabaya, Jawa Pos News Network. Markas besar Group Jawa Pos itu cuma ada di Surabaya

Saya sebenarnya sudah gadang gadang Trip ke Surabaya tahun ini , ada kegiatan Local Leadershiip Komunitas Akademi Berbagi (AKBER). Namun akhirnya harus pupus juga, karena kegiatan Local Leadership Day (LLD) di Surabaya dibatalkan. Padahal kalau itu jadi semuanya FREE alias ditanggung sama Penyelenggara. Mungkin belum jodoh saya melhat lihat kota Surabaya

Huaa....di Surabaya ada Masjid Cheng Ho juga ya? Sama dong...di Palembang juga ada... Mantap ya Mak, di Surabaya banyak sekali tempat makan dan kulinernya sangat beragam ya... Aku belum pernah ke Surabaya, baru nyampe Malang dan sekitarnya... jadi pengen ah ke Surabaya...

Aku belum khatam nyobain list makanan diatas, huaaa......
Btw, itu ikan asap ya yang di Kenjeran. Kok ikan bakar? Hehe:D

Saya sebagai orang Surabaya juga kagum sama masakan Surabaya :)

Yang neraka-neraka-an ini unik. Bagus juga untuk ngingatin mati. hahahaa

aku jadi ngebayangi. Habis capek jalan. Panas panas. Mampir di warung rujak jingur sambil minum es degan! Sempurna :)

cobain semuanya mbak, dijamin muantaffff :)

aku juga suka rendang loh, ajib tenan iku... :)

hahaha..ini kan cerita kuliner yg dulu sebelum diet..muahahaha..tapi karena udah turun BB ku makanya aku kasih reward buat aku sendiri hahaha

hai..salam kenal juga..iya kebab mah gampang didapat dimana-mana sekarang..rasanya ajib banget :)

Yachhhh..seharusnya tahun ini yah kang asep ke surabaya dan kita bisa kopdaran...belum jodoh ternyata buat kopdaran ya kang asep..semoga suatu saat kita bisa bersilaturahmi ya kang...dan aku pengen sekali ke kalbar..seumur-umur belum pernah menginjakkan kali ke tanah kalimantan..aku pengen banget kang....

iya mbak Rita..di Pasuruan juga ada Masjig Cheng Hooo..ntar kalo ke Surabaya kita kopdaran ya mbak Rita...jangan ke Malang mulu hehehe

hahaha..iya ya..salah ketik..makasih udah dikoreksi..seneng banget ada yang ngoreksi... :) salam kenal ya mas...

pastinya masakan Surabaya enak2 ya..hehehe

bener sekali biar tau rasanya neraka ya mas...hahaha

sempurna banget tuh hidup hahaha

Pengen bgt ke surabaya, trus makan yg enyak2 kyk ginih

pernahnya cuma ke dapur desa...
hehe
pengen ke hutan mangrove tapi katanya banyak dibuat pacaran ya mbak?

yuk ke surabay yuk di surabaya banyak banger kulineran yg ajib hehehe

ke wonokromo saja Kang... hehe

sate kupang nya kurang mbak...

udah 3 tahun di Surabaya dan belum nyobain satupun makanan di atas :(((


www.riffatakhsan.com

hahaha...iya...banyak banget disana muda mudinya :)

iya kurang di list..mau aku tambahin takut kepanjangan hahaha

yuk nyobaik yuk..siapa tau ntar kita ketemu...hehehe

ntar kita ketemuan disana aja deh bareng2..hehehe

ini mah dh bkin sy ngiler bneran .... :D

Wah asyik jalan2 kuliner seperti ini.
Saya jadi ikut lapar mak.
salam.

ini bikin ngiler apalagi mie akhirat kayanya enak banget ih pengen nyobain


http://litarachman.blogspot.com/

asikkkk..akhirnya mas fiu ileran...yg ileran apanya mas....?????

hahahaha..yuk mari kulineran yuk...mbak fee slam kenal juga..

tanggung jawab mak... saya ngiler nih :p
kirimin ke bandung yah mie akhirat, siomay mercon, sama sate kerangnya :D

mie akhiratnya enak banget emang :) okeee mampir....

bhahahaha..bikin laper ya mak...ouwooo..bandung ya mak...sampe basi donk makanannya :)

Pengin nyoba mie akhirat dari dulu belum keturutan. :(

ayo mbak tatit..kulineran wae loh....

eh ini kotanya buk risma kan, katanya disana kota bagus ya, ternyata benar juga sesuai dengan kata mbak ini

Klo ileran ya mulutnya mb dwii ... emg ada lg gtu yg ileearan slain mulut ? Hehehe

iya ini kota nya bu Risma, kota Surabaya mas...

daftar kulinernya ajib bener mbak, seperti judulnya aja ni.....bakso itu yang bikin ga than

hahahaha...sepertinya penikmat bakso nih...

buahahahaha...busyet,,jangan diterusin ntr ngelantur....

Ajib banget mbak penasaran sama mie akhiratnya haha, jadi pingin main ke surabaya nih hihi

yuk main ke surabaya sekarang aja...dijamin puas banget kulinernya..hehehe

Ya Allah sedep bener makanannya mak dwi...
Surabaya cantik jg ya ternyata..
Sukses ya mak dwi :)

Aku belum pernah nyobain kulone satu pun di atas. Hahaha

Pingin yang pedes2 ituu. Level 10, deh. :D

nama makanannya unik2 ya. hehe. aku belum pernah sekalipun ke surabaya. semoga suatu saat bisa main ke sana dan nyicipin kulinernya.

pagi" di bikin ngiler mbak dwiii haseehhh...mupeng....

Belum pernah memang. Tapi berdasar informasi sahabat termasuk sharing mbak Dwie, kuliner kota Surabaya memang ajib. Apalagi bakso dan mienya yang populer...

hahaha ,,,, yg nanya duluan sp hayoo ... :P

amiien makasih ya mbak...:)

boleh juga tuh mbak, pastinya mantap banget ya...

amiiien...ntr kita kopdar ya mbak ila :)

hahahaha..makanya cepet makan..ato kesini..ke sby...

wah..ajib banget mah bakso itu bang..bakso adalah makan paporitku :)

nyesel jugaaaa ieh pas ke surabaya gak nyobain mie akhirat ..pas banget itu lagi (cuma) mampir ke taman bungkul . dan kuliner lainnya itu menggoda iman.

Doh! Bakso dan siomaynya ituuuuuu ncessss. Surabaya skrg bagus ya mak :)

Hiyya, penasaran sama mie akherat. Lha kok pedes?? Khawatir perut ini nggak kuat :D

Siomaynya ngga nahaaaaan :D

Duh, penasaran sama kuliner2 yg disebutin, terutama siomay, ikan asap, & sate kerang. Lihat foto2nya jadi kepingin main ke Surabya... :)

hahaha...ntar deh kalo ke surabaya lagi langsung ke mie akhirat :)

hahahaha..bikin nces ya mak..hooh surabaya bagus bget pastinya :)

pasti kuat, minta cabe 1 aja mbak..hahaha

uhuy..sini-sini aku kasih siomay...

hahahaha...siomay itu enak sekali pastinya ya mbak...

ikan asap nya manteeeeppp pol

mie akhiratnya minta ampuuun.... sudah nyoba dan nyerah kepedesen

Suka sama masakan padangnya... Jadi pen beli nasi rendang. Mantaf

hahaha..iya pedes banget mbak ya mie akhirat itu...

mantaf banget donk pastinya masakan indonesia...

Sebagai pecinta siomay, saya langsung ingin nyoba siomaynyaaaa. Hehehe gak pernah bosen untuk nyoba siomay dimanapun dan kapanpun.
Terimakasih udah ikutan ya mbak :)

Swear, baca dan lihat mie akhirat jadi pengin bgt scr sy MM, Mie Mania :)

ahahahaha..semuanya pada doyan mie akhirat ya :)

Yuk berkomentar :)