Suwar Suwir Ayam Crispy

Aku nggak suka ayam, nggak suka unggas pokoknya. Pernah aku jelasin sebelumnya disini kalau aku emang nggak suka unggas karena beberapa alasan. Tapi lain halnya dengan suamiku, dia suka ama ayam dan unggas-unggas lainnya.  Minggu ini Alhamdulillah di daerah perumahan kami ada beberapa tetangga yang lagi ngadain hajat. Pulang-pulang suami bawaannya kardusan dan pastinya kardusan tersebut isinya makanan. Ada jajan, nasi serta lauknya, namun sangat disayangkan ternyata lauknya adalah ayam. Dengan ukuran paha yang lumayan gede tetep saja aku nggak tergiur dengan lauk ini.


Karena nggak tergiur dengan paha gede dan montok, akhirnya semua kardus yang berisi jajan, nasi, dan lauknya segera aku masukkan ke dalam kulkas. Berharap jika aku taruh semua kardusan itu didalam kulkas makanan tersebut nggak cepat basi. Memang benar sih nggak cepat basi tapi cuma sudah berasa seperti batu setelah keluar dari dalam kulkas setelah sehari semalam. Kalo pahanya keras dan nggak bisa digigit seperti ini mah suamiku juga bakalan nggak mau. Dibuang kan sayang banget inikan rezeki.



Akhirnya aku cuci bersih ayam-ayam itu, setelah bersih lalu aku suwar suwir (sobek-sobek kecil). Setelah semuanya selesai di suwar-suwir kemudian aku campur deh dengan tepung crispy yang aku beli di warung depan rumah. Dicampur tepung crispy sampai rata hingga semua tepung meresap ke suwar suwir ayam dengan sempurna dan setelah itu aku masukkan ke wajan penggorengan dan membolak-baliknya dengan cutil agar warna dan masaknya merata.




Taraaa... hasilnya seperti ini suwar suwir ayam crispyku. Sedikit pemanis dengan mayonais biar kelihatan yummiii :)
Nah, dengan cara ini kan rezeki nggak terbuang. Tetep masuk ke perut, tetep selalu ingat kalo nan jauh disana masih ada orang-orang yang kelaparan. Pastinya kita bisa mengakali makanan agar nggak terbuang. 



79 comments:

  1. kayanya enak nie mba, ditambah mayones juga, kalo saya biasanya mayones dicampur saos mba, jadi rasanya unik gmna gru.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget lah, suamiku doyan hahaha

      Delete
  2. Jadi ujung ujungnya mba Dwi tetap menyantap ayam atau unggas ya. Walau sudah berbentuk ayam suwir krispyy Hiehiheiee. AKhirnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kang...tetep nggak mau..yg doyan itu suamiku :)

      Delete
  3. ditanya mau apa engga? saya tentu suka suka saja, hihi

    apalagi daging ayam itu favorit banget buatku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...enak ya...kalo aku nggak suka ayam..yg suka mah suami doank :)

      Delete
  4. Bagus idenya. Alu mau coba bikin ah..kayaknya enak

    ReplyDelete
  5. Aku tuh pecinta kulit ayam Dwi, jadi ini menu favorit ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa...kulit ayam..emang enak ya? banyak lemaknya mak....

      Delete
  6. kalau saya sewiran ayam itu jika daging ayamnya cuma sedikit, jadi disewir aja biar semuanya kebagian hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, kan kalo disuwir bisa dibuat orang banyak :)

      Delete
  7. kriuk kriuk bisa habis banyaknih aku makan suwr suwir ayam crispy. Nanti kapan-kapan aku cobain bikin ah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bikin...kan pinter masak hahaha

      Delete
  8. menajdi emak2 memang harus kreatif ya mak Dwi.... :)

    ReplyDelete
  9. waah ayam suwir kripsi..boleh dicoba masak sendiri dirumah :)

    ReplyDelete
  10. perasaan aku udah komen deh tadi ya :) pokoknya aku suka deh makan yang crispi2 apalagi kalau dikirimin hehehe

    ReplyDelete
  11. Nyam pesen satu goni mbak...

    ReplyDelete
  12. Akhir2 ini mbak Dwi postingannya kulineran mulu ye....
    Kalo aku biasanya ada ayam dapat dari acara biasanya cuma digoreng lagi aja hehe. Ga kepikiran sampe dibuat crispy apalagi disuwir2 hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...soalnya jarang masak di rumah..males masak aku soalnya hahaha...ayo2 dicoba crispy ayam suwar suwirnya :)

      Delete
  13. Idenya boleh juga tuh. Krrrriiiuuukk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...emak harus kreatif ya mbak :)

      Delete
  14. aihhh,,mauuu..aku juga suka yang krispi2,enak aja gitu buat nyemil hehe

    ReplyDelete
  15. Enakkk tambah mayonaise nyam nyam
    kres kres gitu ya
    aku belum pernah buat Raffi bisa tak coba nti

    ReplyDelete
  16. kalau aku, ayamnya aku suwir lalu dibumbu sambel pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaaa...enak banget tuh..suami pasti doyan...

      Delete
  17. Baru tau ada ayam suwar suwir begini. Kayaknya enak and renyah.

    ReplyDelete
  18. wah ... saya mau dong ayam suar suir crispy-nya

    ReplyDelete
  19. ayam krispi? aku suka Mbak... kreatif banget resepnya ya... mudah dan praktis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...jadi emak super hemat nih mbak :)

      Delete
  20. Jadi laper nih Mbak melihat penampakan ayam krispinya... Pengen nyoba juga ah bikinnya...

    ReplyDelete
  21. Jadi laper nih Mbak melihat penampakan ayam krispinya... Pengen nyoba juga ah bikinnya...

    ReplyDelete
  22. Nyam-nyam… rancak bana ayamnyo… bikin ngiler aja mba’..
    Kadhi aponapah kaber epon? Hehe. Sae nggi? Alhamdulillah bisa silaturrahim lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah baik..iya nih aku belum sempat silaturahmi :)

      Delete
  23. Ide cerdas ini mba, kalo dapat banyak dos dari hajatan dibikin seperti ini aja daripada terbuang ya, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  24. Wah, kalau saya suka lauk ayam, yang gede yang kecil pahanya, pokoknya suka deh mbak. Tapi ayamnya kami pelihara sendiri biar nggak dibeli lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaha...ada ada aja nih bang uda :)

      Delete
  25. Wii wenak tuh Mbak ayam crispy :9
    sebagai seorang istri sejati, memang kudu pinter2 ngolah makanan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali ikka..ikka kan suka masak juga :)

      Delete
  26. Maemnya pake mayonais ya, sedaaaap...

    ReplyDelete
  27. alamak...menggugah selera sekali mak...suwar suwir yak...jadi pengen beli...eh..

    ReplyDelete
  28. Laper .... Ngeces deh, Mak. :(

    ReplyDelete
  29. jadinya lebih enaaak malah yaa...ayam suwir krispy :)

    ReplyDelete
  30. aku gak terlalu suka juga mak sama ayam yang digoreng tepung sampe kriku2 gitu, suka bikin haus terus udahannya, aku lebih suka ayam penyet atau ayam bakar apalagi ayam2 yg di masakan padang heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya aku nggak suka ayam mbak...tapi ini aku buat untuk suami...aku nggak ikut makan :)

      Delete
  31. Waah enak banget tampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...model obat nyamuk mak mayonaise nya :)

      Delete
  32. Untuk ku, tinggal membeli bahan, trus memberi komando ke keponakan cara2nya :v :v
    *balada punya ponakan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya ya, ada yg bisa diminta bantuan sperti itu..jadinya tinggal makan aja deh...

      Delete
  33. Boleh jugak idenya nih, Mbak.. Heheh.. Cumak sekarang aku lagi ngurangin makan ayam.. Perbanyak makan ikan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Beb, dan aku nggak suka ayam...aku suka ikan...

      Delete
  34. Pakek nasi anget2, manteb dah..hihihi

    ReplyDelete
  35. memeng enak lho ,saya udah mencobanya

    ReplyDelete
  36. Wah ini.menu berbahaya mbak...dipotong kecil2 gini jadinya pengennya ngemil terus ga bisa berenti :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw..bahaya banget emang..nyemil terusss...

      Delete
  37. Suwir-suwir ayam yg gurih enyoy ini favoritku banget mbak, tapi belum pernah nyoba masak suwir kapan-kapan coba ah. Makasih ya mbak resepnya. Suka nulis tentang resep dan kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk mbak. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya lumayan lho, mbak. Cek https://belanga.id/kangenibu/ deh.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)