Tuesday, July 14, 2015

Melirik jajanan lebaran dikampungku

Jajanan lebaran sebenarnya macem-macem, tergantung si tuan rumah mau menghidangkan apa. Tapi untuk saat ini, jajanan lebaran yang paling aku hafal adalah kastangel, nastar, putri salju, semprit, lidah kucing, dan rengginang. Jajanan itulah yang selalu terngiang-ngiang setiap kali pulang kampung, masalahnya ibuku ya bikinnya itu-itu saja. Mungkin masih belum ada ide untuk buat jajananan lainnya. Lain halnya dengan jajanan mamak mertuaku, jajanan yang beliau buat dan racik sendiri untuk menyambut hari yang fitri.

Kampung halaman

Selain makanan yang berhamburan dan menu favorit di hari lebaran, jajanan juga menjadi tradisi unik tersendiri. Kadang setiap bertamu ke rumah sanak saudara atau tetangga hanya itu-itu saja. Rasa bosan menghampiri, soalnya jajanan lebaran dirumah sama persis seperti milik mereka. Kalo nggak kastangel ya nastar, ya semprit, ya lidah kucing, ya rengginang, ya itu-itu aja pokoknya. Jajanan kampung halaman yang membuatku rindu karena berbeda dengan jajanan pada umumnya. Jajanan bikinan mamak mertuaku sendiri.

Marning atau jagung goreng
Marning atau jagung goreng, biasanya jauh-jauh hari jagung pipilan yang masih mentah sudah dipersiapkan, dibersihkan, dijemur agar tidak lekas berbau apek. Selain itu agar tidak terlalu keras saat dimakan jagung harus dijemur terlebih dahulu. Sebelum digoreng jagung diberi bumbu dan direndam dengan air kapur. Bumbu yang digunakan bisa asin, pedas, atau manis tergantung selera masing-masing.

Keripik tette dengan sambel kacangnya
Keripik tette, biasanya keripik ini teman setia si rujak petis. Keripik tette ini merupakan singkong yang direbus kemudian diiris tipis-tipis dan ditette (ditumbuk dengan batu hingga pipih) Namun kali ini keripik tettenya hanya dicamil biasa dengan bumbu kacang. Bumbu kacang bisa pedes atau super pedes. Bisa langsung disruput dengan keripiknya, yang paling enak jika sambel kacangnya super pedas, karena aku cinta sekali dengan pedas :)

Rengginang
Semua orang pasti tau rengginang, apalagi rengginang lorjuk asli Madura. Rasanya yang gurih dan harum dengan aroma lorjuknya bikin setiap orang yang belum pernah mencicipi bakalan ketagihan. Agar mengembang dengan sempurna, sebelum digoreng rengginang lorjuk Madura hendaknya dijemur terlebih dahulu. Berikut tips menggoreng rengginang lorjuk Madura (disini).


Kacang lercet
Kacang lercet, kacang yang telah dikupas dari kulitnya, kemudian diberi bumbu dan direndam dalam air kapur agar lebih gurih saat dimakan. Setelah direndam bisa langsung digoreng. Kacang lercet menjadi primadona, karena rasanya yang jauh lebih enak daripada jagung goreng/marning. Biasanya agar nggak cepat habis, jagung goreng/marning dan kacang lercet dicampur agar bisa dimakan secara bersama-sama.


Keripik gadung
Keripik gadung, keripik yang cara pembuatannya melakukan proses yang lama dan cukup sulit. Gadung yang mirip ubi sebelumnya harus diiris tipis-tipis, getah dari gadung ini membuat kulit gatal. Untuk itu berhati-hati saat mengiris gadung ini, kemudian gadung yang telah diiris tipis-tipis dicambur dengan abu tomang (abu sisa pembakaran dari tungku) hal ini untuk menghindari getah gadung yang menyebabkan gatal-gatal dikulit.  Gadung yang dilumuri abu tomang kemudian dijemur sampai bener-bener kering dan membutuhkan berhari-hari. Setelah itu gadung di cuci bersih dan dijemur kembali hingga kering sempurna. Siap deh digoreng buat camilan :)

Wafer
Jajanan wafer siapa saja pasti tau. Wafer yang biasanya mudah didapat baik itu ditoko maupun supermarket. Hanya sebagai pemanis, yang lainnya jajanan tradisional semua yang mungkin jarang ditemui didaerah-daerah tertentu. Namun untuk wafer mungkin sudah sangat sering sekali kita jumpai.

Air putih
Kita bisa mengambil air minum disini, ada beberapa yang menggunakan gelas mineral namun tak jarang juga yang masih memasak air sendiri dan diletakkan ditempat ini. Jauh lebih menghemat bagi mereka yang benar-benar membutuhkan air.

Nah, sudah tau kan jajanan dikampungku. Kalau jajanan kampung kalian seperti apa? Share yuk...


Related Posts

Melirik jajanan lebaran dikampungku
4/ 5
Oleh

28 komentar

Penasaran sama rasa Kripik Gadung-nya. Kalau yang lainnya di daerah saya juga selalu ada begituan tiap lebaran.

kalo di bengkulu sini, ada kue yang ngehits mbak, namanya kue tat.
bentuknya persis pizza, potongannya pun mirip pizza. tapi rasanya full gandum sama selai (biasanya nanas atau stroberry) :)

wah rengginang sama tette yang ngga pernah bisa diabaikan jika lebaran tiba, manaan disini juga ada yang begituan mah..airnya teh anget kudunya bu

seru ih... pgn nyobain keripik tette sama keripik gadungnya

aarkkkk itu selalu ada juga dirumah,apalagi aneka kerupuknya hehehe...orang jombang g bisa hidup tanpa kerupuk xixixi. tapi marning jagung udah g ada di di meja2 lebaran,jaang yang nyentuh,tapi kl silaturahmi dan lihat marning jagung,pasti diincip hehe

Kripik gadung paling kusuka tuh. wenak mb hehe

marning!!! cuma ada dijawa timur hahahaha

Aku juga suka marniiing. Dan itu keripik tette-nya sepertinya enak yaa.. *glek :')

kangen Indonesiaaaaaa...huaaaa...itu wafer enak bangeeet..

Nah, kalau keripik gadung saya juga suka... tapi harus teliti dalam pengolahanya ... jangan sampai salah... nanti bisa weureuuu hehehe

Kangen rengginang nich, eh tp kemarin dapat kiriman dan enak banget terasa ada ikan nya

sudah lama banget ga makan ranginang .... kalau mudik ke kampung almarhum kakek baru dapat ranginang ....

keripik tete berarti ada juga ya :)

mau donk kue tatnya ntannnn

iya teh anget lebih mantep tuh....

ayo mbak kesini aja..hehehe

marning emang mantap..apalgi yg asin gurih pedas...pasti semua doyan...

iya..enak sekali :)

hahahaha..hidup marning :)

enak banget apalagi dicocol ama sambelan :)

sini mak..balik lagi kesini...

betul sekali...hati2 dlm pengolahannya :)

kalo kangen rengginang..kesini aja bang cumi :)

ayo sini kalo kangen rengginang :)

di tempatkujuga ada rengginang

sama berarti ya mbak :)

Ngga ada yang jual online apa yaaaah, hahaha. :'D

ada kok mbak..tp mentahan...sambelnya bikin dewe :)

Yuk berkomentar :)