69 Tahun BNI, maju dan berprestasi

Siapa yang tidak kenal dengan BNI, Bank Negara Indonesia yang tahun ini sudah berusia 69 tahun. Bank yang menorehkan berbagai prestasi didalam maupun luar negeri, dan rakyat Indonesia patut berbangga dengan Bank ini.


Itulah visi dari bank BNI. Bank pertama yang menjadi bank milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tanggal 6 Juli 1946. Masih teringat saat pertama kali membuka rekening Bank, Bank BNI lah yang menjadi pilihan disaat menjadi Mahasiswa Baru. Tempat untuk menyimpan uang dan sebagai alat bantu saat ibuku setiap bulannya mentransfer uang bulananku saat kuliah. Selain itu kampusku juga bekerja sama dengan BNI dalam urusan membayar SPP persemester, jadi nggak ada salahnya jika aku memilih BNI sebagai alat menyimpan maupun transfer uang.

Sebagai salah satu Bank terkemuka di Indonesia, apalagi disaat BNI sudah menginjak usia 69 tahun pada tanggal 5 Juli 2015 pastinya BNI telah banyak menebar prestasi, baik itu prestasi di dalam negeri maupun di luar negeri. Bank yang memiliki jaringan bisnis global di seluruh dunia ini tetap setia memegang visi untuk menjadi bank lokal namun memiliki kemampuan global.

Beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh BNI pada tahun 2012 antara lain :


Beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh BNI pada tahun 2013 antara lain


Beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh BNI pada tahun 2014 antara lain :




  • Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014. 
  • The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014. 
  • Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014. 
  • The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014). 
  • Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014). 
  • The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014). 
  • Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014). 
  • Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014. 
  • Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service. 
  • Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014. 
  • The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. 
  • The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014. 
  • Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
  • Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014. 
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014. 
  • Gatot M. Suwondo  CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014. 
  • The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia  Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.


Beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh BNI pada tahun 2015 antara lain :

  • Menjadi bank dengan Walk in Channel Terbaik No. 1 di Indonesia. BNI ditetapkan sebagai bank yang memiliki fasilitas dan layanan walk in-channel terbaik dibandingkan dengan bank-bank lain yang diikutsertakan dalam Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2015 dan menempati peringkat Kedua sebagai the best e-Channel. Marketing Research Indonesia (MRI), selaku pelaksana BSEM 2015, menetapkan BNI di peringkat terbaik pada layanan Customer Service, Kenyamanan Ruangan, Peralatan Banking Hall, Toilet dan layanan ATM
  • BNI berhasil menorehkan sejarah sebagai bank yang memiliki inovasi dan Jaringann ATM di Luar Negeri terbanyak dibandingkam bank-bank asal Indonesia lainnya. 
  • BNI merupakan Bank Persepsi Terbaik  sejak 2009. BNI terus memperkuat layanannya dan makin dipercaya nasabah. Konsistensi untuk memberikan layanan terbaik itu lantas membawa BNI meraih penghargaan sebagai bank persepsi dengan layanan penerimaan negara terbaik 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  • The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015).
  • Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015).
  • Best Remittance Provider 6 tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya.
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Asiamoney.
  • Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015.
  • Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari Pricewaterhouse Coopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.

Prestasi BNI yang ditorehkan setiap tahun karena BNI selalu mengutamakan Budaya Perusahaan yang terdiri dari 4 budaya kerja dan 6 perilaku utama insan BNI. Oleh sebab itu tak heran jika perusahaan milik negara ini selalu memiliki prestasi-prestasi gemilang dari awal hingga sekarang.

4 budaya kerja dan 6 perilaku utama insan BNI antara lain :



Jaringan BNI per 31 Maret 2015 memiliki 1.772 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer & Retail Loan Center (LNC) dan 2 unit Money Changer yang tersebar di seluruh Indonesia.



Untuk jaringan elektronik, BNI memiliki 14.082 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 49.933 ATM LINK, 70.825 ATM Bersama, serta 82.095 jaringan ATM Prima.

Selain itu, BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hong Kong; satu  sub branch di Osaka;  Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang. Remittancerepresentative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Hong Kong,Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.

Prestasi gemilang selama 69 tahun oleh BNI. Pantas jika perusahaan milik negara ini selalu menjadi yang terbaik. Maju dan berprestasi pasti akan ditorehkan BNI di tahun berikutnya dan selamanya.



Referensi :
1. http://www.bni.co.id/
2. http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/04/02/bni-bank-terbaik-penyedia-solusi-manajemen-keuangan
3. http://www.mensobsession.com/article/detail/176/gatot-m-suwondo-mengantar-bni-ke-puncak-prestasi
4. (PDF) www.bni.co.id
5. http://www.bni.co.id/BeritaBNI/BeritaBNI/tabid/236/articleType/ArticleView/articleId/247/language/id-ID/Kinerja-BNI-2013-Laba-Bersih-BNI-Tumbuh-285.aspx

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)