Analisis harga tukang (bangunan) #bagian2

Alhamdulillah...akhirnya aku mau juga cerita tentang Analisis harga tukang (bangunan) #bagian2 ini gegara postingan mengenai Analisis harga tukang (bangunan) #bagian1 bermanfaat. Ada yang menghubungi aku untuk meminta kontak tukang bangunanku setelah membaca cerita postinganku mengenai Analisis harga tukang (bangunan) #bagian1.

Oke lanjut aja ya...lama sekali aku nggak renovasi rumah gegara nggak ada dana, tapi tahun ini alhamdulillah ada sedikit rezeki...mungkin juga rezeki si baby yang masih dekem di dalam perut. Rencananya aku mau renovasi dapurku (pastinya dengan budget yang serendah-rendahnya), soalnya dapurku masih acakadul...nggak ada atap dan lantainya masih dari tanah. Jadi kalo hujan dapurku banjir dan aku merasa nggak betah dengan dapur yang seperti itu.

Akhirnya aku menyuruh suamiku untuk mencari tukang bangunan, awalnya bingung sih cari tukang bangunan takutnya dapat tukang bangunan yang nggak kami harapkan. Entah dalam masalah harga, hasil yang digarap, atau tukang bangunan yang sangat tidak kami harapkan.



Nemu juga tukang bangunan untuk renovasi dapurku. Sebenarnya dapurku itu super mini sih. Dibelakang bangunan perumahan asli kan masih ada tanah kosong ukuran 2,5 m x 6,0 m. Sudah aku pondasi sebelumnya dan sudah berupa bangunan tapi lupa pengerjaan tukangnya dulu habis berapa juta rupiah...(soalnya beda tukang ama tukang yang sekarang). Yah, mungkin 4-5 jutaanlah habisnya semua. Dari ukuran 2,5 m x 6,0 m itu aku jadikan 2 ruang yang terbagi sama ukurannya. Ruangan yang pertama ingin aku jadikan kamar (mushola) dengan ukuran 2,5 m x 3,0 m dan ruangan satunya ingin aku jadikan dapur dengan ukuran 2,5 m x 3,0 m.


Yang ruangan mushola sudah berbentuk ruangan cuma belum di plamir dan belum berlantai keramik. Lantainya masih pake semen biasa dengan atap asbes. Ruangan yang rencananya dapur masih belum di lepo (masih berupa susunan batu bata yang terlihat), masih berlantai tanah, dan belum beratap sama sekali, jadi maklum kalo hujan ruangan ini selalu banjir.

Kamar mandi asli perumahan

Nah...dari itu aku mau renovasi dapurku. Alhamdulillah dapat tukang yang menurut kami harga tukangnya murah meriah. Soalnya dikerjakan borongan. Keuntungan pengerjaan borongan adalah :
  1. Nggak repot ngasih tukang makan (siang) dan minum. Ya kalau mau sedekah air putih/kopi/teh silahkan aja yang penting urusan makan si tukang cari sendiri :)
  2. Bisa ditinggal, jadi saat kerja nggak perlu cemas. Biasanya kamar-kamar aku kunci kalau aku tinggal.
  3. Pengerjaannya cepat selesai

Yang aku inginkan adalah meneruskan bangunan dapurku. Kasih atap, ngelepo, melamir, bikin tempat kompor, pindah pintu, dan ngeramik. Untuk ruangan yang rencananya mau dijadikan mushola cuma ingin menambahkan keramik dan melamir aja.

Kontraknya sih semuanya 3 juta diluar harga keramik. Soalnya keramiknya udah aku beli sendiri, jadi 3 juta itu harga semuanya (batu bata, semen, pasir, dll) termasuk ongkos tukang diluar harga keramik. Harga yang cukup murah bukan untuk memiliki dapur idaman :)

Tapi tiba-tiba tukangku menyuruhku kalo lebih baik kamar mandi dipindah keujung paling belakang dan dapur ditempatkan dikamar mandi (intinya di rolling). Aku sih mau-mau aja...tapi ya itu pasti nambah ongkos lagi. Nah bener kan perkiraanku, ongkosnya nambah 3,5 juta untuk mindah kamar mandi.

Ya sudah aku dan suami setuju aja...3,5 juta itu adalah harga semuanya (harga batu bata, semen, pasir, keramik untuk kamar mandi, dll) dan ongkos tukang yang penting dapurku selesai dan kalau hujan nggak kebanjiran.

Untuk pintu kamar mandi aku beli yang baru soalnya pintu kamar mandi dari perumahan udah sedikit rusak, tandon air dari plastik 250 liter juga beli sendiri, closet jongkok beli sendiri soale closet duduk dari perumahan nggak cucok banget bagi kami (enakan yang jongkok), printilan-printilan lainnya yang nggak masuk kontrak dengan tukang pokoknya kami beli sendiri. Yah total mungkin hampir nyampek di angka 8 jutaan untuk memiliki dapur dan kamar mandi :)

Alhamdulillah selama 18 hari semuanya selesai. Akhirnya renovasi dapur selesai juga. Walau masih kurang ini kurang itu yang penting dapurku udah nggak kebanjiran dan berlantai keramik.

Untuk cerita selanjutnya tentang renovasi ruang depan (ruang tamu) akan diceritakan di postingan berikutnya. Semoga cerita ini membantu untuk kalian yang di daerah Surabaya, Gresik, Sidoarjo mencari jasa tukang bangunan dan memperkirakan dan membandingkan harganya.

49 comments:

  1. aaaaaaaa mb dwii samaaan aku juga pengen renov ni...pi kapaaan ya
    duit lagi kering kerontang ni hweheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti nanti kalo udah ada rezeki bakalan di renov juga :)

      Delete
  2. Mba, saya juga lagi renov nih.
    Huwaaa, harga lagi naik semua ya Mba.
    Klo saya pakai tkg langganan, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak kalo udah punya tukang langganan mbak..insyaallah bisa dipercaya tuh...

      Delete
  3. Pasti jadi makin woke lah rumahnya ya.. siap untuk kedatangan anggota baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiien...iya mak..buat anggota baru :)

      Delete
  4. hihihih...semoga tepat dan lancar analisisnya mbak, aku seneng lho kalau melihat sesuatu yang direnovasi, gak sabar nungguin hasil jadinya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..sama...ini lagi proses beres2 barang2..hehehe

      Delete
  5. mbak 3,5 juta itu cuma tukang atau tukang +meterial bangunannya sih????
    kalau disini tukang itu bayarannya harian dan masih ada makan siang+jajanan pagi sama sore.....jatuhnya lebih boros

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3.5jt itu semuanya..tukang ama material mbak...aku ambil borongan jadinya nggak pake ngasih makan mbak :)

      Delete
  6. Replies
    1. sek mbak..masih acak2an..hahaha..maluuu

      Delete
  7. acik-acik renov
    nanti pas baby lahir makin kece rumahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya mbak cha..emang buat menyambut si baby :)

      Delete
  8. Aku juga mau renov rukoku nih. Udah dapet tukang yg pas dihati. Paling enak emang borongan. Nggak ribet kasih camilan dan makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...emang borongan yg banyak dipilih :)

      Delete
  9. alhamdulilah ya udah beres renovasi nya :)

    ReplyDelete
  10. wahhhh selamat merenov rumah ya mbak, semoga sukses deh jadi cantik rumahnya, kebayang waktu ngebangun rumah ku dulu, mumet tapi puas sama hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..emang mumet..makasih mbak ev :)

      Delete
  11. 3 tahun yang lalu aku renov rumah mbak,3,5 itu tukangnya aja kan?? murah banget ya,di Batam 2-3 kali lipat. paling enak emang borongan mbak,cuma kalo di batam bener2 harus dipantau,kalau nggak,sak karepe dewe,suka2 gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3.5 itu tukang ama material mbak :)...iya mbak biasanya luar pulau jawa ongkosnya mahal..hehehe

      Delete
  12. waw.....3.5 juta untuk renov dapur dan udah masuk material itu murah banget mba...hehehe.... beruntung banget, biasanya klo sama materal jatuhnya lebih dari harga itu... :D

    ReplyDelete
  13. Aku juga pengen renovasi kamar tidur sudah nggak nyaman di lihat dan di pakai tidur -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik nih..bakalan dapat suasana kamar baru :)

      Delete
  14. semoga cepat terealisasi ya mbak renovasi rumahnya :)

    ReplyDelete
  15. cepet juga penyelesaiannya 18 hari

    ReplyDelete
  16. kayaknya lucu mbak kalo ada foto before afternya hihi :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..ntr aku after before kalo udah rapi :)

      Delete
  17. wuih analisa tukang bangunan oleh ibu kita saya ini bisa dipakai sebagai dasar analisa pembangunan sebuah gedung bertingkat juga nih....mantap deh bu

    ReplyDelete
  18. Mulai berbenah nih, Mbak. Semoga rejeki lancar, ya. Bisa nglepa dll, smpai slese.

    ReplyDelete
  19. mungkin itu juga kenapa rumah dikatakan seperti mencari jodoh. Saya tuh pengennya kalau udah punya rumah gak usah banyak renovasi. Jaid kalau beli rumah udah sreg sama bagian dalamnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..maunya begitu tp waktu itu dananya nggak ada..hehehe

      Delete
  20. poto after direnov belum di post mak? pengen liat. hehehe.
    alhamdulillah sukses ya renovnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ntr mak kalo rumah udah rapi..hehehe :)

      Delete
  21. Turut silaturahmi ya mba, seneng banget pastinya punya dapur dan mushola baru, jadi makin tambah semangat menyajikan hidangan yang enak dan nambah semangat ibadahnya hehe...
    Salam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bener sekali...salam juga buat mbaknya :)

      Delete
  22. wah lagi renov rumah, smoga cepet selesai ya.
    Btw kloset duduk kalo pas hamil lebih nyaman buatku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien makasih mak lianny..sebenarnya iya sih mak..tp ini diperhitungkan jg kalo ada sanak keluarga hehehe :)

      Delete
  23. wiiidiiih yang lagi renovasi rumah... semoga aja dapet tukang yang jujur ya mbak....

    Saya, malahan belum punya dapur... maksudnya dapur untuk tungku hawu yang pakai kayu bakar, masih gabung di lumbung padi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien ...iya mang..hrus dpt yg jujur ya :) wah..rumahnya mang yono kan udah keren nih...ngak perlu wes..

      Delete
  24. Huhuhu...aku malah lom punya rumah dewe mak, sek ngontrak >.<

    ReplyDelete
  25. bolehkah saya dikenalkan dengan tukang, sebab sy sedang renovasi tapi tukang tak tidak melanjutkan tanpa pemberitahuan, saya sudah membayar kotrak kerja 90%, tapi masih banyak yang belum diselesaikan. Untuk itu saya butuh tukang seperti yang anda sebutkan, sebelumnya saya terima kasih banyak?

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)