Tuesday, August 25, 2015

Jejak langkah kaki untuk Indonesia

Siapa sih yang nggak pernah jalan-jalan? Pasti semuanya sudah pernah jalan-jalan, jalan-jalan ke mall, jalan-jalan ke taman, jalan-jalan mengelilingi komplek dan masih banyak jalan-jalan lainnya. Kalau jalan-jalannya mengelilingi negeri tercinta Indonesia gimana? Nah, itu baru namanya luar biasa mas bro dan mbak sist...

Jalan-jalan mengelilingi negeri tercinta Indonesia, melihat deretan alam yang subur, hijaunya pepohonan dan pegunungan, pantai yang luas dan bersih, tempat-tempat wisata yang unik dan belum terjamah oleh siapapun. Jalan-jalan mengelilingi Indonesia adalah mimpi semua orang, melihat keindahan alamnya dengan memandang langsung alam ciptaan Tuhan.

Dengan jalan-jalan kita bisa mengukir prestasi, prestasi terhadap diri maupun pada negeri tercinta Indonesia. Dengan mengukur jalan kita telah membuktikan kalo Indonesia itu kaya. Indonesia itu sangat berlimpah ruah kekayaan alamnya, baik itu yang ada di daratan maupun di lautannya. Tongkat kayu dan batu pun bisa jadi tanaman di negeri kita tercinta ini. Betapa kaya dan suburnya negari kita ini bukan?

Balik lagi tentang jalan-jalan...apakah kalian tipe orang yang suka berjalan. Kaki gatal pengen melihat keindahan alam kesuatu tempat. Mengukur tapak demi tapak tanpa ada rasa lelah sedikitpun, mengukir sejarah dengan jejak-jejak indah dari tapak kaki kita. Yach walaupun aku bukan bagpacker sejati atau travelling sejati seenggaknya aku suka sekali kalau di ajak jalan-jalan. Aku ingin menjejakkan kakiku dimana saja di seluruh Indonesia dengan segala keterbatasan yang aku punya.


Taman Safari, Pasuruan (Dokumen Pribadi)

Jalan-jalan? siapa takut...aku ingin membuktikan kalau aku punya sifat nasionalisme untuk negeri ini. Tidak hanya sok pamer atau sekedar membuang waktu dan materi, namun disini juga dibuktikan kalau aku bisa melihat kebesaran Tuhan atas keindahan alam dan negeri untuk kita semua. Toh buktinya tempat-tempat wisata di Indonesia juga sangat layak dikunjungi oleh para wisatawan luar negeri.


Tanah Lot, Bali (Dokumen Pribadi)

Terus...apa hubungannya jalan-jalan dengan nasionalisme?

Jalan-jalan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersenang-senang dengan jalan kaki.

Nasionalisme sendiri merupakan suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional.

Antara jalan-jalan dan nasionalisme menurutku ada hubungannya, karena selain bersenang-senang aku juga ingin menunjukkan rasa cintaku pada Indonesia dengan mempromosikan dan mengenal lebih dalam bahwa Indonesia itu sangat kaya alam wisatanya. Dengan jalan-jalan aku bisa mewujudkan kepentingan nasional yaitu Indonesia dikenal oleh negara-negara lain dan negara lain mengakui bahwa Indonesia itu ternyata kaya dan indah.


Uluwatu, Bali (Dokumen Pribadi)

Parangtritis, Jogjakarta (Dokumen Pribadi)

Cintailah jalan-jalan, karena dengan jalan-jalan kamu akan bisa tau dirimu siapa dan akan merasa bersyukur akan kebesaran Tuhan dengan segala ciptaan Nya. Terlebih lagi tunjukkanlah jiwa Nasionalisme dengan terus jalan-jalan, kenalkanlah wisata-wisata indah yang ada di Indonesia. Tunjukkan pada mereka bahwa Indonesia sangat kaya dengan tempat-tempat wisata baik yang sudah dijamah maupun yang belum.

Jejakkan terus tapak kakimu ke tempat-tempat indah yang ada di Indonesia. Nikmati semua keindahan alam ibu pertiwi ini dengan jepretan-jepretan dari segala view dimana mata kita memandang. Aku yakin jepretan-jepretan itu nantinya akan memperkenalkan Indonesia kepada seluruh orang, mereka akan takjub akan keindahan Indonesia.

Yuk kita jalan-jalan dengan semangat Nasionalisme yang kita punya :)



Related Posts

Jejak langkah kaki untuk Indonesia
4/ 5
Oleh

71 komentar

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Traveling bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal indonesia lebih baik dan juga membangkitkan rasa kecintaan pada Indonesia yang kita kenal dengan nasionalisme. :)
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Indah sunset'a
Berarti kalo keliling kota pake motor bukan jalan-jalan dong mba

yang di parangtritis itu, kamu naik apasih?

Wah kalau urusan jalan jalan sudah menjadi agenda wajib sih. Kalau ke kantor enaknya pake Tangga hiehiehie. Biar sederhana namun Insya Allah akan membawa banyak manfaatnya hiheiheiheiheihieeee

Jalan - jalan nasionalisme namun tetap indah yah

Wah aku malah blm nulis ini... goodluck ya mak :*

jalan-jalan itu menambah wawasan dan pengetahuan,jadi tahu banyak hal ya mbk^^

Saya juga pingin banget keliling Indonesia dulu... :)
Banyak yg belum saya kunjungi.. :)

dgn jln2 mengelilingi Indonesia, membuat kita tambah cinta pada Indonesia :)
Good luck forthe contest :)

yapz..bener sekali :)

bermotoran berarti ya..hahaha

naik semacam motor gitu mbak..namanya lupa..sewang dulu 25rb 15 menit...hehehe

amiien iya dong kang asep..jalan2 mah nomer satu...

iya..tetep indah pastinya :)

ayo mak segera nulis...

bener sekali mbak..wawasan kita akan bertambah :)

samaaaa..aku juga masih kurang buat jalan2 mak... :)

amiien makasih ya...

betul sekali mak... :)

Indonesia emang bener bener keren ya mbak..
Gak ada habisnya kalau di explor rasanya..
Ohh ya kalau ada waktu mampir ke blog baru ane ya gan sebagai tanda persahabatan..

poto yang ke-2 dari atas saya suka mba :D

iya..harus bener2 dieksplor Indonesia... :)

doakan aku supaya bisa 7 summit di Indonesia, gak usah keluar negeri dulu deh, Indonesia itu indah banget untuk dieksplor dan ditelusuri

amiien mbak...Indonesia harus ditelusuri mbak..semangatttt

Rupanya dengan melakukan perjalanan ke berbagai daerah khususnya daerah wisata dapat juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme ya mbak? Ternyata keindahan Indonesia tak kalah dengan negara lain di dunia...

Sunsetnya bagus mbak.
Semoga menang ya...

Pengen juga kelilingi Indonesia. Mengelilingi Indonesia pasti gak kalah keren dengan berkunjung ke luar negeri dan saya pun merencanakan hal demikian kalau sudah selesai kuliah S1 nanti.

Mendokumentasikab jalan2 dalam bentuk artikel dan foto untuk dipromosikan ke masyarakat luas, termasuk memupuk nasionalisme....

Aaaah pengen ke Bali lagi. Belum sempet ke Parangtritis juga. *ngumpulin dana dulu*

Seperti lagu koes plus y mb dwi

jadi pengin jalan-jalan menyusuri kekayaan alam Indonesia sebagai bentuk cinta nasionalisme akan Indonesia

Aaaah ini uda rame aja dimari hehehe ..ikut dong mbak kalo jalan-jalann lagi :p

Jalan-jalan itu racun karena bikin ketagihan :) Sukses ya mba lombanya

iya bang..karena salah satu bukti cinta Indonesia :)

amiien..makasih mas :)

semoga segera lulus ya..dan semoga yg diimpikan berhasil :)

iya donk mas..kan ntr sama orang2 sana di baca juga...ternyata Indonesia itu indah...hehehe

ayo...ke Bali dan jogjaa....

hahahaha..bisa2 aja mbaknya :)

betul...yuk kita promosikan tempat wisata Indonesia yg kece pd mereka semua :)

ayooo..aku ikut jg ya mbak ning...

emang betul2 racun mbak....

kalau jalan-jalan ajak-ajak dong mba :)

bener, jalan-jalan buat saya pribadi, entah itu jln2 di dalam negeri ataupun di luar negeri, ujung-ujungnya justru menumbuhkan rasa cinta ke negeri sendiri :)

Aku udah lama gak ke Parangtritis, pengen kesana lagi euy

Horraaaayyyy...!!

Akupun juga doyaaaan jalan-jalan mbaaaak :)

Yang bikin ngiler mah parang tritis mbak, dicirebon juga ada namanya pantai kejawanan, tapi pasirnya terasa dikit banget, hehehe, salam kenal ya kak.
kalo menapakan kakinya ke cirebon, jangan lupa mampir dan ketemuan sama aku ya kak :D

ayo wes tak ajak sekarang aja :)

yupz..bener sekali itu :)

ayo mbak kesana lagi :)

ayo mbakkk..jalan2....

mau juga donk aku ke Cirebon..soale aku belum pernah kesana :)

Terkadang keindahan alam indonesia tak kalah jauh dengan keindahan alam yang ada di luar negeri.. pada dasarnya tinggal kita bagaimana cara memanfaatkan dan menikmati keindahan alam tersebut untuk kemakmuran Indonesia..

Karena aku percaya, Ada sesuatu yang magis tentang berpergian jauh dan kembali (sebagai pribadi yang) berbeda. ~ Kate Douglas Wiggin

ayolah mbak kesini, dan mampir ke wisata kulinernya. 100% enak b9iki nganenin nanti kedepannya, nanti mbak bisa cinta cirebon, hehehe

Jalan-jalan mengenal lebih jauh negeri dapat memupuk rasa nasionalis atau cinta tanah air

motor jenis ATP,...mengasyikan memang cuman saya yg asli orang Jogja kurang begitu suka, dulu saya suka jalan sore2 menikmati sunset, suasana tenang dan kabut mulai turun. Romantis habis. Skrg kurang nyaman lagi, ATP, kuda tunggang, dokar dan kadang klub motor trail bersliweran. Suasana bising, bau bensin n mirip jalan raya. Sayang sekali ya... Masih ingat saya kejadian dulu seorang turis bule cewek yg lg tidur2 an tiba-tiba terinjak/tertabarak kuda yang berlari tidak terkendali oleh turis wisman yg menyewa kuda dan nekat bergaya koboi. Entah dulu urusannya trus gimana.

setujuuuuuu...selain makin cinta dengan tanah air, kita pun bisa menulis dan teruuus mempromosikannya :)..good luck maak :)

oh..namanya motor ATP ya...kasihan sekali turis itu...diinjak kud..semoga lekas baik dan urusannya semoga dipermudah aja...mungkin atas dasar ketidaksengajaan ya... :) makasih kunjungannya :)

Insyaallah ya..semoga kaki ini kegatelan untuk pergi kesana :)

setuju banget..Indonesia itu indah Indonesia itu kaya..Indonesia nggak kalah dgn negara lainnya..tapi kembali ke kita sendiri..kadang kita males juga membersihkan sampah yg berserakan disana dan bisanya hanya mengotori saja :)

makasih mak indah..emang kita harus cinta Indonesia :)

wah seru nih perjalanannya. saya sendiri cinta Indonesia dan pengen mengenal lebih jauh tentang Indonesia dengan mengunjungi berbagai daerah

sama..aku jg pengen menjelajah Indonesia :)

Menurutku dengan jalan2 trus membuat reportase di blog juga nasionalisme, karena sama dengan membantu promosi mak ;)

Indonesia emg keren bgt.
Byk orang asing yg suka Indonesia krn alamnya cantik.
Good luck Mba.

iya Indonesia itu keren banget emang mbak :)

jadi pengeeeeen...ayo jalan-jalan yuk

Yuk berkomentar :)