Friday, October 02, 2015

Yang dilakukan saat tanggal muda

Yang dilakukan saat tanggal muda. Tanggal muda itu identik dengan banyak uang, sebagai seorang buruh yang dari pagi hingga malam mencari rezeki untuk mendapatkan sepiring nasi pastinya tanggal muda yang ditunggu-tunggu. Karena pada tanggal muda itu aku menunggu yang namanya gajian, bayaran, transferan, de el el...tanggal muda itu waktunya untuk melihat isi dompet kembali menjadi tebal. Tapi dibalik isi dompet yang tebal itu, aku harus merelakan bahwa nantinya dompetku akan kembali tipis dalam hitungan hari. Apa saja yang harus dipersiapkan saat tanggal muda bagi keluarga kami.

1. Bayar cicilan/hutang
Bayar cicilan atau istilah bekennya bayar hutang, sebagai seorang yang berkeluarga dan pengen memiliki ini itu kami harus sadar kalau keluarga kami memiliki banyak cicilan. Besarnya cicilan pastinya sudah kami perhitungkan dari awal agar nantinya tidak besar pasak daripada tiang. Entah itu cicilan rumah, cicilan tanah, cicilan kendaraan, kartu kredit, atau cicilan lainnya. Kewajiban yang harus segera dibayar agar nantinya kami tidak dikenakan denda.




2. Membeli kebutuhan rumah tangga dalam sebulan
Membeli kebutuhan rumah tangga dalam sebulan menjadi kewajiban setelah membayar cicilan/hutang. Contohnya seperti beli sabun mandi, sabun cuci, shampo, pasta gigi, beras, minyak goreng, gula, beberapa macam camilan untuk dirumah saat nonton TV atau ada tamu, bedak, minyak wangi, deodorant, dan printilan-printilan lainnya dimana barang itu harus ada sebelum kehabisan. Barang-barang yang memang harus ada sebelum kehabisan karena walaupun sepele tapi sangat penting bagi kita.



3. Beli barang baru untuk diri sendiri dan isi rumah
Beli barang baru disini untukku adalah jika aku menginginkan baju baru, maka hanya baju baru saja yang aku beli dan nggak boleh merambah membeli barang lain. Jika aku ingin membeli sepatu, otomatis keinginan itu pasti akan masuk list bulan berikutnya. Tentu kalau tidak diatur sedemikian, pastinya aku akan kalap dan mendadak menyesal karena nantinya kebutuhan lain tidak akan terpenuhi. Nggak hanya beli baju, beli sepatu, beli celana tapi kadang biasanya aku harus memikirkan printilan lain seperti beli korden, beli sprei, rak piring, beli alat-alat dapur (seperti panci, wajan, cutil, beli pigura, pokoknya semua yang berhubungan dengan keindahan dan kebutuhan diri sendiri dan rumah)



4. Menyenangkan diri sendiri dan pasangan
Sebagai seorang keluarga kecil yang ingin menikmati hasil keringat dan jerih payah selama sebulan pastinya kami butuh refreshing, baik merefresh tenaga dan pikiran kami. Biasanya kami akan kulineran dan travelling, kulineran dan travelling pastinya juga memperhatikan budget. Kulineran dengan tempat yang asik didukung harga tyang murah dan rasa yang bintang 5 pastinya menjadi incaran kami. Untuk travelling biasanya kami nggak jauh-jauh, kalo nggak keliling Surabaya ya mentok-mentoknya pulang kampung. Itu kan sudah dinamakan travelling...hahaha


5. Menyisihkan untuk keperluan lain (tak terduga)
Keperluan tak terduga emang selalu ada-ada saja. Seperti pengeluaran kendaraan untuk ke bengkel seperti ban bocor, ganti oli, dan mogok. Selain itu adanya sumbangan perumahan dan ditempat kerja, biasanya sih seikhlasnya seperti sumbangan saat tetangga sakit/meninggal dunia. Atau saat dapat undangan nikah, paling nggak kita harus mempersiapkan uang saat datang ke acaranya, teman melahirkan dan lain-lain. Pengeluaran tak terduga ini selalu berubah-ubah setiap bulannya, oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu menyisihkan dana untuk kebutuhan yang tak terduga.



6. Sisihkan untuk orang tua
Sebanyak apapun pengeluaran kita hendaknya kita ingat kalau masih ada orangtua. Orangtua memang tidak meminta, tapi kita sebagai anak harus tau diri. Entah itu dikasih tiap bulan, atau disimpan dulu dan nantinya saat bertemu orang tua kita berikan. Memberikan surpise kecil-kecilan pada orang tua juga bisa. Tidak selamanya uang, memberikan barang juga bisa seperti membelikan baju, sepatu atau apa saja yang sekiranya orang tua dibutuhkan orang tua kita. Ridho orangtua sangat besar pengaruhnya terhadap rezeki kita.




7. Menabung
Setiap tanggal muda biasanya aku selalu memasukkan uang koinku ke celengan, uang koin sisa kembalian saat aku belanja pada bulan kemarin. Dengan cara ini pastinya lama-lama akan menjadi bukit. Setiap bulannya juga tak tentu berapa koin rupiah yang aku masukkan ke dalam celengan. Intinya setiap tanggal muda koin di dompetku di bulan kemarin akan aku masukkan ke celengan.

Sebenarnya banyak sih, ini masih belum keperluan anak. Dalam masa kehamilan ini dan mempersiapkan kelahiran yang tinggal beberapa bulan aku sudah mulai memikirkan apa saja yang akan aku beli nantinya untuk bayiku. Seperti keperluan dan kebutuhan bayi mulai dari pakaiannya, keperluan mandinya, keperluan menyusui, bla bla bla pokoknya. Belum lagi saat anak sekolah pastinya juga masih memikirkan biaya pendidikannya. Ternyata tanggal muda itu bener-bener wah ya, pastinya kita juga akan dibuat rempong dengan ini semua. Rempong boleh asal dengan catatan kita harus pandai mengatur urusan pengeluaran rumah tangga agar nantinya tidak besar pasak daripada tiang.

So, selamat datang tanggal muda...
Semoga semuanya berkah, intinya rezeki itu semuanya dari Allah...perbanyaklah sedekah agar Allah juga memberikan banyak rezeki pada kita.


Related Posts

Yang dilakukan saat tanggal muda
4/ 5
Oleh

48 komentar

beli kebutuhan bulanan penting juga ya, mba. daripada nyicil beli pritilannya, ntar bolak balik ke toko hehe

Tanggal mudaaaa .. traktirrr dong mbakk :D

kalau buat anak kost macam saya, hal sakral yang selalu dilakukan awal bulan adalah bayar uang kost sama beli mie buat paket sebulan. hehe

saya,kalau belanja bulanan emang kadang sering kalap,asal ambil gitu hahahaha....duh,ibu2 ya. Tapi nggak sampai kalap banget,yaa paling ambil camilan xixixi

yang tiap kali dilakukan pada saat tanggal muda dan wajib dilakukan adalah mencicil hutang-hutang yang bejibun, jadi kegiatan lainnya saat tanggal muda tidak sempat di lakukan, untuk menyenangkan diri sendiri juga ngga bisa...udah kehabisan sih tanggal mudanya..

tanggal muda selalu bahagia :D

Kalau menurutku, poin nomor 7 harus dprioritaskan...

kalau tanggal muda, uang cepat datang tapi cepat enguap juga wkwkw

SAMA...
awal gajian langsung bayar cicilan wkkwwk

Betul banget tiap tanggal muda jangan kalap, tapi harus bikin prioritas "babayar" ya :).

Cicilan ooooh, number one. :D
Btw, biaya kesehatan masuk dana lain2 juga, ya. Yg tak terduga.

Aku juga begitu.. Saat tanggal muda ingat kewajiban duluuu hehehehe.. Dan langsung diniatkan untuk disisihkan.. Kalau ngg abiiis ;)

setuju mak, sisihin dulu buat bayar cicilan dan pengeluaran bulanan plus zakat, nabung, abis itu baru abisin hihihi...biar dikit kalau bisa nabung itu lega juga rasanya...

Kalau nabung dan bayar2 ini itu nomer siji mbak, sisa ne baru dibagi2 lagi, nyalon dan lain2 nya 😍😍😍


Leg mlaku2 meluuu mbak e.

Menyisihkan untuk orangtua itu penting sekali, Mbak :)

kalau aku ngga mengenal tanggal muda dan tanggal tua Mba hihihi
iam freeman :D

iya mbak, kadang kalo diitung itung jg jauh lebih hemat soale dpat potongan harga :)

hahaha..traktir apaan ini...

hahaha..sama aku juga gitu dulu...

sama sih sepertinya mbak..kadang yo aku gitu juga kok...

hahaha..harus seimbang dong mang biar nggak stress :)

buahahaha..bener sekali mak...

hihihi...cicilan ya mbak :) sama

iya..biar nggak kena denda :)

iya mbak, masuk biaya nggak terduga sebenarnya kalo aku pribadi... :)

yupz bener sekali mak, kalo nggak gitu ya cepet abiz :)

iya..kalo udah emak2 pasti rempong ama cicilan ya mak :)

wih.. Niar nyalon rek... :)

iya kang..itu udah kewajiban :)

hahaha..kok bisa loh...

Postingannya inspiratif nih

jangan lupa ditabung mbak uangnya buat nikah :)

Belum semuanya saya lakukan. Hanya beberapa saja, termasuk jajan dluar. :)

Hyaahhaahh benerrr kabeh iki mba

Bayar hutang! Hahahaaa habis itu gamang mau ngapa2in, soalnya anak2ku sdh gede2, sering ada keperluan mendadak, takut nggak cukup.

Aku biasanya berlibur bareng keluarga, nyenengin suami sama anak. Tanggal muda selalu punya makna :D

Tanggal muda langsung sisihkan uang buat bayar spp anak2 dan cicilan sekolah anak :)

hahaha...aku suka jajan diluar juga kok...

hihihi..emak2 yg berkeluarga ya mbak...

yapz bener sekali mak Lus...

sama...pastinya kalau punya anak bakalan gitu juga :)

iya..pastinya bersedekah harus kapan saja ya mas...

bener..kalau udah punya anak mesti mikirin urusan mereka..hehe

Yuk berkomentar :)