Tuesday, April 26, 2016

9 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menyewa Apartemen

Gaes, kalian tau nggak? Mencari sewa apartemen yang bagus itu sebenarnya gampang-gampang susah. Eits... tapi jangan khawatir untuk masalah ini. Persiapan dan pengetahuan tentang mencari sewa apartemen pastinya menjadi kunci pertama agar tidak terjadi penyesalan nantinya. Pastinya banyak sekali pertimbangan untuk mencari sewa apartemen bukan? Selain masalah keuangan, pastinya juga apakah apartemen sewa itu harus memiliki servis yang nyaman.





Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa hal penting yang harus kita perhatikan saat menyewa apartemen.

1. Bernegosiasi dengan Pemilik

Kebanyakan pemilik apartemen memasang harga yang sangat tinggi dengan alasan bahwa si penyewa akan mencoba untuk melakukan tawar-menawar sehingga mereka akan mendapatkan sewa yang lebih rendah. Menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Mira Zaslove di Time, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk meyakinkan pemilik dalam mempertimbangkan menurunkan harga sewa. Hal ini kadang membuat pemilik mengabulkan harga yang Anda sepakati dan kadang tidak. Pemilik kadang tetap bertahan dengan harga yang mereka tawarkan tanpa ada tawar menawar lagi.

2. Pertimbangkan Berbagi Apartment dengan Teman Sekamar untuk Menghemat Uang Anda

Setidaknya jika ingin menghemat keuangan, lebih baiknya kita mengajak teman untuk menjadi partner teman sekamar kita. Dimana teman yang kita ajak juga satu misi dengan kita, yaitu ingin menghemat keuangan. Dengan mengajak teman maka kita dapat lebih berhemat lagi, kita bisa menabung untuk merencanakan kehidupan masa depan lainnya, seperti membeli apartemen. Setidaknya kita harus berhemat dan meninggalkan kebiasaan hidup boros.

3. Jangan Menilai Sebuah Apartemen Berdasarkan Penampilan Fisiknya 

Ini penting sekali, bagi penyewa apartemen jangan melihat luarnya saja. Misal kasurnya empuk, sofanya besar, lemarinya luas, TV nya LED. Tapi perhatikan hal yang paling penting seperti saluran air lancar atau tidak, adakah pipa yang bocor, apakah listrik sering mati, apakah langit-langit tidak rusak. Karena sebenarnya kita lupa masalah sepele seperti ini. Bisa saja penampilan luar bagus tapi dalamnya sangat mengecewakan.

4. Hindari Menyetujui Sewa Hanya Melalui Percakapan Lisan

Anda bisa saja percaya pada seseorang namun Anda harus selalu ber hati-hati dalam hal perjanjian keuangan. Sebisa mungkin, selalu miliki setiap detail dari sewa yang ditulis di atas kertas, dan kemudian telah ditandatangani oleh diri sendiri dan pemilik. Dengan cara itu, jika ada masalah yang terjadi, Anda memiliki satu bentuk pertahanan yang dapat digunakan jika pemilik Anda berbohong mengenai sesuatu dalam kontrak Anda.

5. Jujurlah Tentang Berapa Banyak yang Anda mampu untuk Membayar Iuran Sewa

Perhatikan baik-baik situasi keuangan Anda dan identifikasi setiap daerah di mana Anda mungkin bisa menghemat uang. Apakah Anda benar-benar membutuhkan langganan majalah dan TV tersebut atau Anda bisa pergi ke perpustakaan untuk membaca dan mendapatkan hiburan yang lain? Bisakah Anda memakai paket telepon murah yang hanya berfungsi untuk panggilan dan SMS penting, atau bisakah Anda melakukan tawar-menawar dengan operator seluler Anda untuk rencana bulanan yang lebih masuk akal? 

6. Lakukan Analisis Apakah Unit Apartment Bisa Anda Tinggali dalam Jangka Panjang

Melihat apartemen satu ke apartemen lain mungkin sangat melelahkan, terutama bila Anda telah melalui puluhan dari apartemen-apartemen tersebut hanya untuk menemukan apartemen yang cocok dan ternyata tidak ada yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Namun, tidak peduli seberapa tergoda Anda dengan apartemen yang layak berikutnya yang akan Anda temukan, Anda harus tegas tentang kesepakatan yang harus Anda miliki atau Anda mungkin berakhir dengan unit apartemen yang tidak membuat Anda betah. Mungkin akan lebih lama bagi Anda untuk menemukan unit yang sempurna, tapi setidaknya Anda tidak akan sengsara di tempat yang tidak kondusif untuk gaya hidup Anda.

7. Perhatikan Kepribadian dari Pemilik Masa Depan Anda

Menurut sebuah artikel di BusinessBalls, bahasa tubuh yang digunakan seseorang dapat mengirimkan pesan tentang kepribadian seseorang. Selain itu, orang yang Anda ajak bicara bahkan tidak akan menyadari bahwa mereka mengirimkan sinyal tersebut untuk Anda karena hal itu terjadi tanpa disengaja. Bahkan jika pemilik tidak menggunakan kata-kata yang tampaknya cukup berbahaya, sinyal-sinyal fisik bisa jadi jelas atau halus dan akan membantu Anda menguraikan tipe orang yang bagaimanakah dia.

8. Kelilingi Area Sekitar untuk Lebih Familiar dengan Lingkungan 

Sesekali, Anda harus pergi keluar untuk mendapatkan udara segar dan melakukan beberapa tugas penting. Saat-saat sebelum mencapai kesepakatan pada apartemen akan menjadi kesempatan yang baik bagi Anda untuk mengenal tetangga baru Anda. Apakah mereka baik, membantu, dan ramah, atau mereka menghindari Anda dan mengabaikan Anda? Ketika Anda berjalan di sekitar blok, apakah Anda merasa aman atau Anda merasa seperti Anda tidak pantas untuk berada di sana? Ketika Anda memasuki toko, jangan Anda merasa seolah-olah kondisi masing-masing normal dengan jenis pemeliharaan yang Anda harapkan, atau mereka begitu bobrok sehingga membuat membuat Anda takut untuk melakukan tugas-tugas harian Anda?

9. Periksa apakah Lokasi Apartment Dekat dengan Sarana Umum

Setidaknya memiliki kendaraan sendiri pastinya lebih menghemat keuangan jika dibandingkan dengan naik angkutan umum setiap harinya. Tapi lebih baiknya lagi jika sarana umum yang kita butuhkan tidak terlalu jauh dan bisa dijangkau. Karena Sarana Umum yang jauh akan berakhir dengan menghabiskan berjam-jam hanya untuk kuliah, pergi bekerja, berbelanja, dan bahkan mengisi ulang tangki bensin kendaraan Anda. Sebelum meloncat ke unit termurah yang dapat Anda temukan, pastikan untuk mengevaluasi apakah biaya sewa cukup murah.

Pada saat Anda mulai mencari situs seperti Rumah Dijual untuk sebuah apartemen di Bandung, pastinya Anda akan memikirkannya dan akan mencarinya. Setelah Anda memeriksa setiap item dalam daftar ini, Anda kemungkinan besar akan berakhir dengan sebuah apartemen yang berada dalam anggaran Anda, memiliki semua kualitas yang Anda inginkan, dan ditangani oleh pemilik yang menyenangkan dan masuk akal. Anda tidak akan memiliki masalah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang dihuni oleh orang-orang yang baik, dan akan merasa mudah untuk mendapatkan semua yang Anda butuhkan jika fasilitas mudah untuk diakses. Saat Anda memutuskan untuk pindah, itu akan menjadi langkah yang baik untuk mengingat segala sesuatu di daftar ini sehingga pengalaman berburu apartemen Anda akan bersifat lebih positif.



Related Posts

9 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menyewa Apartemen
4/ 5
Oleh

16 komentar

Saya penasaran jadinya sama apa yang perlu diperhatikan waktu mau menyewakan apartemennya. Huehehehe.tapi poin yang jangan pernah menyewa hanya berdasar percakapan lisan emang penting banget ya Mbak.

bener-bener harus melihat ke lokasi untuk memastikan bangunan dan lingkungan sekitarnya

jadi penasran sama apartemen,pingin banget lihat langsung...

Harganya harus sesuai ya Mbak :)

TFS untuk artikelnya yg bermanfaat
salam sehat dan semangat

Rata-rata orang cari apartemen yang dekat dengan kantor atau kampusnya ya, mba. Sayang ya udah sewa mahal tapi harus keluarkan ongkos transportasi lagi :)

Apartemen ini bisa jadi salah satu cara investasi masa depan :)

Iya mas bener banget

Yupz bener sekali mbak

Disini banyak mbak apartemennya

Iya, harus donk...hehehe

Salam hangat juga kang agung...

Iya mbak, soale enak nggak bingung mikir transportasi

Bener sekali mbak...

Intinya kalau mau sewa apartemen harus check and recheck yaaa

Yuhuuu...bener sekali mbak

Yuk berkomentar :)