Tips Menghemat Baterai HP

Sebagai pengguna dari banyak media sosial kadang mengharuskanku tak bisa jauh dari HP agar semua notif bisa aku baca satu persatu. Notif dari teman-teman sangat penting bagiku karena mereka selalu menginformasikan segala sesuatu untukku, seperti undangan event, lomba, kuis, acara blogger, pokoknya banyak deh. Tapi ada kalanya aku harus jauh dari HP karena ada tanggung jawab lainnya yaitu ngemong si kecil.

Aku aktif di sosmed lebih dari satu, tak heran jika notif tersebut selalu bikin berisik. Eh busyettt sudah bikin berisik dan baterai HPku cepat habis pula, jadinya sehari aku ngecharge berkali-kali.




Salah satu faktor baterai cepat habis karena notif tersebut. Agar baterai HPku nggak cepat habis biasanya aku terapkan tips berikut.
Tips menghemat baterai HP antara lain :
1. Matikan wifi atau data seluler kalau lagi sibuk.

Biasanya memang aku matikan wifi/ data seluler kalau lagi sibuk. Sibuk disini untuk aku sendiri banyak loh, misal saat beres-beres rumah, jika dalam perjalanan, sibuk ngobrol sampai 3 jam dengan teman, lagi nonton TV/film, sibuk ngurus si kecil, dan sibuk tidur. Dengan cara ini baterai HPku awet, jadi aku punya waktu sendiri kapan aku bisa bersama HPku dan melihat notif-notif tersebut.

2. Nggak pake wallpaper gerak

Awal beli HP baru emang rada alay diriku, pakenya wallpaper gerak. Jadi nggak nyampek 2 jam baterai HP ku sekarat. Jadi sekarang udah nggak lagi dech pake wallpaper gerak macam begitu. Emang sih keren, tapi nggak lagi dech. Yang ini bener-bener aku jauhi karena bener-bener menyedot daya baterai HP.

3. Matikan GPS

GPS emang penting, jadi kalau kemana-mana persentase untuk tersesat kecil banget. Kadang aku lupa mematikan GPSku, padahal salah satu yang bikin baterai HP lekas habis gegara ngidupin GPS. Nah untuk itu, jika GPS udah nggak dipakai matikan saja dan hidupkan lagi jika perlu.

4. Silent atau getar

Ternyata HP di silent atau di getar bisa menghemat baterai. Emang sih, kadang kalau ada panggilan masuk atau sms jadi nggak tau. Biasanya aku silent atau getar saat bener-bener butuh rileksasi dan ketenangan. Kalau kalian seperti aku juga nggak?



Agar baterai HP awet biasanya saat ngecharge aku selalu menonaktifkan HPku. Aku memberikan waktu tersendiri untuk HPku saat mengisi dayanya. Setelah penuh baru deh bisa aku gunakan seperti biasa.

Jadinya baterai HP Samsung Galaxy milikku awet sampai sekarang, belum pernah ganti dan nggak ganti. Akan aku rawat juga HPku agar selalu awet. Walaupun harga HP Samsungku ini kata teman-teman udah turun aku nggak peduli. HP ini memiliki banyak kenangan dan telah berjasa, salah satunya bisa menang lomba live tweet.
Pasti HP kalian juga menyimpan kenangan, iya kan?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)