Sunday, June 12, 2016

7 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Mahasiswa

Sebagai mantan mahasiswa/ mahasiswi yang pernah mengalami suka dan duka selama masa-masa itu, bolehlah aku share sedikit banyak tentang pekerjaan apa saja yang bisa mahasiswa kerjakan tanpa harus mengganggu aktifitas kuliahnya dan bisa juga sebagai tambahan uang jajan tanpa harus meminta uang jajan pada orangtuanya.

Yupz... dengan syarat pekerjaan ini memang benar-benar tidak menggangu aktifitas belajar dari para mahasiswa, selama mahasiswa enjoy dengan pekerjaan ini dan berharap membantu meringankan orang tua dalam segi keuangan Insyaallah penghasilannya barokah dan kuliahnya bakalan nggak terganggu. Berikut 7 pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa untuk tambahan uang jajan plus kalau bisa untuk biaya kuliah :)




1. Jualan Pulsa
Pekerjaan ini sungguh enak sekali. Modal nggak terlalu besar, cukup dengan uang 50ribu rupiah saja kalian para mahasiswa bisa jualan pulsa. Kini counter-counter sudah banyak yang menjadi agen jualan pulsa, kita tinggal datang dan daftar. Jika nggak mau repot dan ribet yang onlinepun juga ada, modalnya pun sangat minim sekali. Selain itu kita nggak dibikin repot tanpa harus keluar kamar kosan, panas-panasan, kehujanan, dll. Kita bisa daftar secara online untuk menjadi agen. Yakin deh, pulsa kalian bakalan laku keras :)


2. Jualan Online
Para mahasiswa bisa menerapkan pekerjaan ini walau kebanyakan pekerjaan ini dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan yang nggak perlu modal banyak yaitu dengan jualan online. Pastinya yang dijual beberapa kebutuhan mahasiswa, seperti : baju, kerudung, celana, gamis, rok, bros, sandal, sepatu, daster, wall stiker, pokoknya semuanya yang mahasiswa butuhkan.


3. Guru Privat
Untuk menjadi guru privat kita harus bisa menilai diri kita sendiri. Guru privat membutuhkan sosok pengajar yang telaten, sabar, bisa membawa keadaan saat belajar senyaman mungkin. Menurut pengalamanku saat menjadi guru privat saat si anak les sudah bosan dan jenuh dengan belajarnya, anak tersebut meminta aku bercerita yang lucu-lucu. Otomatis aku harus bisa melucu walau kadang kaku biar si anak nggak stres, intinya aku ingin si anak lesku bisa terhibur. Tapi nggak usah khawatir karena ada juga loh anak les yang kadang bawaannya serius jadi kita nggak perlu punya keahlian khusus untuk menghiburnya. Cukup dengam menjadi guru les privat yang provesional dengan mengajarinya sesuai tugas dan apa yang dia ingin pelajari.

4. Jaga Warnet
Jika tidak terlalu padat dengan jam kuliah bisa saja menjaga warnet yang sistemnya shift-shiftan. Dengan cara ini kita bisa memanage waktu kita antara kuliah, kerja, dan mengerjakan tugas. Keuntungan bekerja jaga warnet adalah kita bisa mencari tugas kuliah secara gratis di internet. Bebas download sepuasnya dan kadang juga titip ngeprint di warnet tersebut.

5. Ikut Proyekan Dosen
Kepoin dosen-dosen mana yang dapat banyak job. Biasanya dosen selalu memiliki job/ proyek dari lembaga, perusahaan, atau proyek dosen itu sendiri. Tak mungkin dosen bekerja sendiri dengan kesibukan yang mereka miliki. Pastinya dosen juga butuh para mahasiswanya untuk membantu pekerjaannya tersebut. Nah untuk itu kita harus aktif, rajin, dan ingin tahu agar mendapatkan proyekan dari dosen tersebut.

6. Asisten Dosen
Bagi yang punya otak cemerlang kemampuan lebih dalam suatu mata kuliah pastinya dosen akan merekomendasikan kita untuk membantunya mengajar. Selain itu kita bisa mengajukan sendiri pada dosen yang bersangkutan saat dosen tersebut membutuhkan asisten. Asisten dosen ini yang nantinya akan mengajar mahasiswa saat sang dosen berhalangan hadir. Selain itu asisten dosen juga membantu merekap nilai.

7. Jadi Blogger
Kalau dari ke 6 pekerjaan diatas nggak ada yang cocok, mendingan kalian jadi blogger. Jadi blogger juga kece loh untuk mahasiswa, insyaallah kalian bisa happy-happy dengam segambreng kegiatan kalian. Kalian bisa diundang event, bisa jalan-jalan, dapat job review, kenal dengan orang-orang baru, ah pokoknya sesuatu jadi blogger itu.

Sekarang tentukan sendiri passion kalian. Pastinya kerjakan semua pekerjaan dengan enjoy tanpa terpaksa. Pekerjaan yang dilakukan dengan hati hasilnya pasti maksimal. Yuk ah, jadi mahasiswa yang mandiri tanpa ngandalin kiriman dari orang tua. Karena aku yakin, kalian semuanya bisa.


Related Posts

7 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh

22 komentar

Wah...7 jenis pekerjaan tersebut memang pas banget untuk mahasiswa ya Mba.. Sambil belajar cari ilmu namun bisa berlatih jadi enterpreuner kecil2an mendapatkan rupiah.. Asal tekun ntar bisa sukses..

Iyupz....betul sekali mbak Rita, mulai dari masih muda agar terbiasa 😊

Pas kuliah dulu aq jg ngajar privat Mbak. Penghasilan pertama dibeliin flashdisk. Harganya yg 1GB masih mahal, ga kayak skrg, tapi seneeng bgt hehehe! Skrg udh ga bisa dipake, cma disimpen jd kenangan aja hehehehe

Aku dulu kuliah nggak mikir nyari tambahan. Sekarang anakku masih SMA udah ribut aja pengin kerja part time :))

Gw dulu sempet jadi guru privat buat tambah2an kost dan makan hehehe

dulu lagi jadi mahasiswa aku mah jadi asisten dosen , lumayan tipa tiga bulan sekali dapat honor

meski bukan mahasiswa, pilihan terakhir jadi opsi yg kupilih mbak :D

Jadi teringat waktu jadi mahasiswa dulu. Salam blogger ya!

Jadi blogger. Hihihi ... iya juga sih. Alhamdulillah manfaat ngeblog mulai terasa.

Jualan pulsa, sampai sekarang masih terjadi padaku. Hehehehe

Worth to try ya Mbak, dan banyak banget kerjaan freelance yang bisa dilakuin kapan dsn dimana aja ;)

Iya fd 1 gb dulu mahal banget

Hehehehe...aku pengen kerja parttime juga

Tuh kan lumayan banget

Enak emang opsi yg terakhir

Nggak sukses dulu aku mbak

Iya banyak banget yg bisa dilakui mahasiswa

Yuk berkomentar :)