Friday, June 03, 2016

Rencana Si Kecil dan Bunda

Sebagai ibu, kita tentu ingin melihat masa depan anak kita berhasil dan segala impiannya bisa terwujud. Namun, untuk mewujudkannya, kita tidak bisa menyerahkan semua hanya pada nasib maupun memasrahkan diri pada kemampuan Si Kecil.

Alasannya karena, aku percaya, membesarkan anak sebenarnya adalah tanggung jawab bagi setiap orangtua, begitu juga dengan menjamin masa depan anak. Tapi, hal ini tidak berarti bahwa anak kelak harus menjadi seperti keinginan orangtuanya.


Berdasarkan ilmu yang pernah aku dapat dari talkshow mengenai parenting, ada pola pengasuhan yang tepat untuk ibu masa kini yaitu, Positive Parenting.
“Positive Parenting merupakan pola pengasuhan yang menghargai sudut pandang anak dan menekankan pada sikap positif. Pola asuh ini bisa dilakukan dengan membantu anak merasa bangga atas dirinya dengan menunjukkan sikap positif dan penuh kasih sayang, juga memberi perhatian lebih saat anak mengikuti aturan, memberi bantuan dan menujukkan afeksi.” 

Berpola pada pola asuh tersebut dan juga open minded¸ nantinya aku ingin sekali bisa kompak sama anakku untuk membuat rencana bersama mewujudkan mimpinya. Untuk saat ini, dede memang belum bisa diajak komunikasi. Tapi aku punya cara tersendiri untuk mulai kompak membangun rencana bersama Si Kecil, diantaranya:

1. Bentuk citra positif
Sebagai orangtua aku harus memberi image yang positif dari semua aspek, sehingga anak juga dapat membentuk diri yang positif. Saat menemani ia bermain, aku juga memberi contoh untuk berani mencoba sesuatu untuk mengasah keterampilan Si Kecil.

2. Tetapkan target
Setiap menjalani rencana, berikan pengarahan, kasih sayang, nasihat dan kepercayaan pada anak. Biasakan anak untuk dapat menjalani target, misalnya seperti berlatih duduk secara teratur. Tapi ingat, tetapkan batas waktu sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak ya, Bu.

3. Mengenal dan mengembangkan potensi
Coba beri berbagai stimulasi pada anak, ketahui mana yang menjadi potensi bakatnya. Ciptakan pula kondisi yang membuat dia menyadari potensinya. Misal, jika ia pandai berhitung, maka pujilah dia, lalu ajak ia bereksplorasi dan berdiskusi. Setelah itu kita sebagai ibu bisa menyusun rencana seperti memberi fasilitas dan sarana yang mendukung minat dan potensinya.

4. Bentuk karakter
Biarkan Si Kecil menjadi dirinya sendiri, namun kita harus tetap membangun kepribadian yang baik dan positif. Kita bisa memberi inspirasi pada anak dengan membacakan biografi tokoh dunia, para penemu dan lainnya.

5. Penuhi nutrisi
Selain memberikan makanan yang bergizi, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan asupan nutrisi pendampingnya. Untuk ini, aku percayakan pada Nutrilon Royal yang dapat mendukung kemampuan otak Si Kecil, pertumbuhan fisik juga memberi sistem imun sehingga anakku bisa menjadi One Step Ahead Kids.

Nah.. Itulah yang selama ini aku terapkan pada diriku dan Si Kecil untuk membuat rencana bersama demi masa depannya.. Intinya, nikmati setiap momen tumbuh kembang Si Kecil dengan selalu berada disampingnya, membimbingnya dan mendukungnya.
Sumber : http://www.nutriclub.co.id/


Related Posts

Rencana Si Kecil dan Bunda
4/ 5
Oleh

18 komentar

Saya benar-benar mendukung, pembentukan karakter anak harus dimulai dari rumah. karena memang tidak bisa menyerahkan secara total pada sekolah ya Mba. Toh, sekolah pertama anak-anak itu ya di rumahnya.

Semoga tetap semangat mendidik anak-anak ya Mba.

Bunda yang baik, senantiasa punya rencana yang baik untuk si kecil.
Senantiasa terwujud ya mbak :)

Hi mba Dwi. Benar sekali. Menikmati setiap hari demi hari perkembangan anak memang sangat menyenangkan. Dari usia 3 mingguan hingga umur 5 tahun dan seterusnya. Melihat mereka tumbuh besar dan berkembang adalah hal yang luar biasa, dan betapa bangganya orang tua melihat anak anaknya menjadi manusia yang bauk, tangguh, sehat, pintar, taat kepda orang tuanya dan bertaqwa kepada Allah SWT

Betul sekali, pembentukan karakter anak dimulai dari rumah

Jadi anak juga di libatkan dalam pengambilan keputusan juga yaaaa

Lagi bayangin dik Ayman memegang tangan bunda Dwi dan berjalan cepat :)

Semangat...iya mbak...penanaman karakter dirumah, pastinya oleh yg ada dirumah itu...

Amiiin...iya mbak...ini juga belajar aku ttg pembentukan karakter anak...

Setuju kang asep...kadang aku merasa amazing bget saat melihat setiap kemajuan yg diberikan anakku...

Rumah memang tempat yg harus bener2 bisa menjadi tenang dan bahagia kalo gitu...hehehe

Iya mas cumi, biar adil dan bisa mengambil keputusan

Hahaha...suatu hari akan spt itu mbak...

Parenting itu berawal dari keluarga sendiri ya mbak :)

keren tipsnya mba...betul sekali, kita harus selalu membimbing anak-anak tanpa memaksakan kehendak

pembentukan karakter memang dimulai dari rumah, penting banget ini dimulai sejak dini. Duh lihat gambarnya itu jadi pingin anak-anak balik kecil lagi hahaha.

Iyupz, betul sekali...

Iya mbak, terlalu memaksa nggak baik juga mbak pd anak...

Iya mbak bener...hehehe...si bungsu udah gede ya mbak...mbak lianny udah lega skrg...tinggal aku yg msh rempong ama anak kecil...

Yuk berkomentar :)