Wednesday, June 15, 2016

Tidak Hanya Ada Pantai, Yuk Kenali Wisata Lain di Lombok Barat

Pulau Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan obyek wisata alam dan wisata budaya yang menarik dan unik. Sebagai pulau yang berdekatan dengan Pulau Bali, sebagian budaya dan keindahan Bali seperti membekas di pulau yang terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid ini. Mungkin keindahan tempat wisata di Bali bak surga dunia, namun keindahan tempat wisata di Pulau Lombok pun tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan tempat wisata di Pulau Bali. Oleh sebab itu, kadang bayak para wisatawan yang masih menyempatkan untuk berlibur ke Pulau Lombok.

Beberapa pantai cantik kini menjadi destinasi wisata baru seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta Lombok, Pantai Pink bahkan gili-gili atau pulau dalam bahasa setempat telah memikat wisatawan domestik dan mancanegara untuk dikunjungi. 

Namun, ternyata Lombok tidak hanya memiliki pantai dan pulau yang masih alami. Di pulau seluas 5.435 km persegi ini juga memiliki wisata alam lain seperti Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, air terjun Timponan, air terjun Benang Kelambu dan air terjun Benang Stokel yang tidak kalah indahnya.

Selain wisata alam yang telah disebutkan di atas, ada baiknya untuk mengenal jenis obyek wisata lain yang ada di Kabupaten Lombok Barat seperti disebutkan di bawah ini:
1. Bukit Malimbu
 
Bukit Malimbu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Bukit ini terbagi menjadi Bukit Malimbu 1 dan 2 yang berada di wilayah utara Pantai Senggigi, sekitar 45 menit dari pusat kota Mataram.

Yang menjadi favorit pengunjung adalah Bukit Malimbu 2 atau yang lebih sering disebut Bukit Malimbu saja oleh penduduk setempat, yang memiliki panorama yang sangat indah. Anda dapat melihat pasir putih Pantai Senggigi, laut biru  dan perbukitan hijau dari atas Bukit Malimbu ini. Menjelang sore, semburat kemerahan dari matahari terbenam menambah keindahan yang membuat pengunjung merasa sayang untuk tidak mengabadikan momen ini  dengan kamera mereka.

Photoright: sasakadie.blogspot.com

Untuk menuju ke puncak bukit, anda bisa menggunakan kendaraan bermotor karena akses jalan menuju tempat ini sudah baik. Anda tinggal menyusuri jalan raya di Senggigi dan Bukit Malimbu sendiri berada di tepi jalan sehingga anda harus memarkirkan kendaraan untuk selanjutnya berjalan kaki menuju puncaknya.


Photoright: titissoeparno.blogspot.com
2. Taman Narmada
 
Taman Narmada berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada Lombok Barat kurang lebih 10 km di sebelah timur Kota Mataram. Taman ini mempunyai luas hampir 2 hektar yang dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem yang ditujukan sebagai tempat upacara kurban (Pakelem) sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan pada musim kemarau.

Taman ini merupakan salah satu taman terbesar yang ada di Lombok Barat yang mengambil konsep Gunung Rinjani dengan hijaunya taman yang ditata dengan indah. Di bagian bawah taman terdapat tiga kolam yang yang jernih seperti halnya Danau Segara Anakan di puncak Gunung Rinjani


Photoright: wisatania.com

Di tengah taman terdapat sebuah pura yang bernama Pura Kalasa di mana anda harus menaiki puluhan anak tangga untuk dapat mencapai pura sebagai bentuk lain dari pendakian ke puncak Rinjani.

Di dalam taman terdapat dua bangunan Bale Agung sebagai tempat pertemuan raja dan Bale Loji sebagai tempat penyimpanan senjata di masa lalu. Yang paling menarik bagi wisatawan di taman ini adalah mata air awet muda yang dipercaya berasal dari Gunung Rinjani yang digunakan untuk sekedar mencuci muka atau diminum untuk mendapatkan khasiatnya.

Selepas berkeliling taman, anda dapat membeli aneka suvenir khas Lombok Barat atau mencicipi menu Sate Bulayak yang menjadi andalan kuliner kota ini.


Photoright: kotakruang.blogspot.com
3. Pura Batu Bolong

Tempat eksotis berikutnya adalah Pura Batu Bolong yang berada di kawasan Pantai Senggigi, Batu Layar di sebelah utara Kota Mataram. Sekilas pura ini mengingatkan wisatawan akan pura Tanah Lot di Bali.

Tidak salah jika pura ini disamakan dengan pura Tanah Lot, karena secara letak pura ini berada di atas karang di tepi pantai. Selain itu, pura ini juga menjadi tempat beribadah umat Hindu.
 
Photoright: wisatanegeri.com

Pura Batu Bolong berdiri kokoh di atas batu karang dengan lubang di tengahnya sehingga disebut batu bolong. Pura ini terdiri dari dua bangunan di mana pura pertama berada di pintu masuk sedangkan pura utama berada di atas batu karang dengan percikan ombak yang terkadang membasahi tubuh wisatawan. Kedua pura ini bisa dimasuki oleh siapa saja, dengan syarat harus berpakaian sopan. Di tempat ini disediakan penyewaan selendang untuk wanita sebelum memasuki kawasan pura.

Berdiri di atas batu karang dengan menatap gagahnya Gunung Agung di seberang lautan dan ombak yang menghempas yang memercik memberikan kedamaian tersendiri bagi wisatawan. Momen matahari terbenam juga menjadi momen yang selalu dinanti oleh pengunjung untuk menikmati keindahannya sekaligus mengabadikannya.


Photoright: wisatadirektori.com

Ingat! Jangan lupa membawa kamera untuk para wisatawan jika ingin berkunjung ke Lombok Barat. Karena di setiap sudut dari Pulau ini akan memberikan daya tarik dan pastinya kalian ingin memotret untuk mengabadikan keindahan alam yang dimilikinya.


Related Posts

Tidak Hanya Ada Pantai, Yuk Kenali Wisata Lain di Lombok Barat
4/ 5
Oleh

26 komentar

Wihhhh pantainya cakeppppp bangets yaaakkk duhhh jd pengen ke pantai hikzzzz

Lombok memang cantik...pernah kesana dan kepengin visit lagi mba..

Hooh, pantai di Lombok cakep2 mbak...

Secantik dirimu mbak 😊

Tempat wisata yg indah emang bikin kita kesana lg...

Insya alloh saya dan suami mau honeymoon ke Lombok aamiin

Pantainya masih asri dan bersih ya... Saya jadi pingin ke Lombok nih

Taman Marnada cocok juga nih buat wisata bareng keluarga...

Lombok itu sama terkenalnya dengan Bali ya Mba... Panoramanya indah pas banget dijadikan kawasan wisata yg menyenangkan..

jadi pengen ke lombok aku mbak^^

Mau dong kelombok juga, sapa tau bisa main ke sana buat menikmati indahnya pantaiiii need vitamin sea :D

Aw, jadi pengen ke Lombok mbak :" Pengen ke Taman Narmada

Setauku gambar terakhir itu bukan pura batu bolong yg di lombok.. aku sering ke sana soalnya, dulu sih, jd agak lupa, hehe.. tapi emang kalo digoogling yg banyak muncul foto yg terakhir.. gak tau deh itu batu bolong yg mana, :D

sudah lamaaa banget ngga ke Lombok nih mba...tambah kangen tanah air yang luar biasa cantiknya

Lombok itu ayam rarang atau ayam taliwang dan plecing kangkung hehehe

Wih enaknya...mau dong...

Ayo mbak pulang ke tanah air

Nah itu mbak, karena aku belum kesana jd aku nggak tau

Aku juga pengen sebenere...hehehe

Iya mbak, sama2 m3miliki pantai yg indah

Aku ingin sekali ke taman itu mas...

Yuk berkomentar :)