Monday, August 29, 2016

Lagu Anak, kok menghilang?

Diobok-obok airnya diobok-obok,
Ada ikannya kecil-kecil pada mabok.
Disemprot-semprot airnya disemprot-semprot,
Kena mukaku aku jadi mandi lagi.
Dingin dingin, dimandiin... nanti masuk angin


Penikmat Lagu Anak Tahun 90an

Sepenggal lirik lagu yang dinyanyikan Joshua Suherman yang berjudul Air. Lagu anak-anak ini sering sekali aku nyanyikan setiap kali ibu menyuruhku mandi. Lagu yang sempat ngehitz di eranya dan berhasil membuat anak-anak pada waktu itu menyanyikan lagu tersebut. Sekarang si penyanyi sudah bertransformasi menjadi penyanyi remaja, namun karyanya masih tetap diingat oleh para penikmat lagu itu dimasa dulu, termasuk aku.



Tidak hanya Joshua, namun masih banyak artis cilik yang lagunya sangat populer. Trio Kwek Kwek yang terdiri dari Dea Ananda, Leonny, dan Affandi, ada si Tasya Kamila yang wajahnya imut-imut saat menyanyikan lagu Libur Telah Tiba, dan si Tina Toon yang menggemaskan dengan lagu Bolo-Bolo nya.


Aku yang terlahir di zaman yang lagu anak-anak masih sangat populer mengaku sangat bangga. Memahami setiap lirik lagunya seperti sedang bercerita. Di masaku lagu anak-anak sangat populer dan selalu diputar di stasiun televisi. Mau tidak mau aku selalu mendengarkan dan menyanyikan lagu itu saat ibu menyuapiku makanan agar aku mau makan. Ketika ada tukang bakso lewat didepan rumah ibu mengajakku menyanyikan lagu abang tukang bakso. Ketika kakekku sedang mengembala kambingnya pun aku disuruh menyanyikan lagu anak gembala.





Tidak hanya lagu anak, tetapi lagu Islami juga untuk anakku


Sebagai seorang ibu yang memiliki anak berumur 8 bulan, aku tidak mau anakku menyanyikan lagu yang bukan lagu untuk seumurannya. Memang ada beberapa orang tua yang membatasi anaknya menonton televisi disebabkan siaran televisi sekarang lebih bebas dari yang dulu. Oleh sebab itu kontrol orang tua sangat perlu, menemani sang anak menonton acara televisi yang cocok dan mengarahkannya untuk menonton acara televisi yang lain jika tontonan tersebut kurang pantas.

Lagu anak-anak masih bisa aku nikmati, yaitu dengan membeli kaset DVD yang dijual di toko kaset. Ini aku lakukan agar anakku tetap bisa menikmati lagu anak-anak yang bahasanya mudah dimengerti si anak. Selain lagu anak, aku juga membelikan kaset DVD nyanyian Islami, seperti Rukun Islam dan Rukun Iman yang dilagukan. Anak-anak biasanya mudah menghapal jika dilagukan, untuk itu aku ingin mencobanya.



Sekarang zamannya mudah, tinggal mencari di internet. Salah satu lagu Islami untuk anak-anak yang aku ambil sumbernya dari Pinterest seperti ini.



Setidaknya lagu-lagu Islami yang aku nyanyikan kepada anakku bisa dia hafal dengan baik. Memberikan bekal ilmu agama sedini mungkin pada anak-anak. Lagu anak Islami akan memberikan bekal positif pada mereka daripada lagu-lagu yang populer di zaman sekarang. Tidak pantas sekali jika lagu orang dewasa dinyanyikan untuk anak-anak. Semoga para orang tua bijak dalam menyikapi ini semua.



Lagu anak, kok menghilang?

Dan... kemanakah nasib lagu anak-anak di masa sekarang, apakah lagu untuk anak-anak sudah menghilang?
Tentunya lagu anak-anak dizaman sekarang tetap ada, namun tidak disiarkan di stasiun televisi. Yach walaupun disiarkan tidak seperti zamanku dulu. Yang memang khusus ada setiap hari dan kadang bisa setiap waktu aku bisa menonton dan menyanyikannya. Memang sangat disayangkan, lagu anak-anak kini semakin minim. Anak-anak zaman sekarang cenderung menyanyikan lagu orang dewasa yang belum pas untuk mereka.
Salah satu cara menyelamatkan hak anak-anak untuk mendapatkan lagu-lagu yang berkualitas adalah mempopulerkan kembali lagu anak-anak tersebut kepada anak-anak kita serta mendukung kembali gerakan #SaveLaguAnak yang diprakarsai Leonny dan mantan artis-artis cilik lainnya.

 
Caranya yaitu dengan mengajari dan menyanyikan lagu-lagu tersebut pada anak-anak kita. Para Ayah dan Bundapun pastinya dituntut menemani dan ikut bernyanyi. Kini lagu-lagu di era Ayah Bunda bisa populer lagi di era anak-anak kita. Mari kita berikan yang terbaik untuk mereka, karena lagu-lagu tersebut juga bisa merangsang perkembangan otaknya.

Mari populerkan lagu anak-anak yang bisa memberikan energi positif pada anak-anak kita. #SaveLaguAnak



Related Posts

Lagu Anak, kok menghilang?
4/ 5
Oleh

29 komentar

Miris ya mbak liat kondisi sekarang. Sebagai emak-emak harus kreatif cari lagu-lagu yang sesuai buat anak-anak :)

jav jg denger2nya lg2 anak jmn saya kecil...

Lagunya Afif saat Balita itu, Diobok-obok.
Sekarang kalau ngajari ponakan yg balita tinggal lihat di internet. Mereka lagi seneng lau Kangguru...lompat-lompat.:0

Anak-anak harus bisa menikmati masa kanak-kanaknya, termasuk menyanyi dan menikmati lagu anak-anak karya orang lain.
Salam hangat dari Jombang

Kalo sekarang lebih sering dendangin lagu dari film2 Disney. Kalau yang bahasa Indonesia yang jaman2 Pak Kasur kaya Bintang Kejora, tukang kayu, dll.

Anak-anakku dulu beruntung lahir jaman Joshua kecil, juga nonton film Sherina yang banyak banget lagunya. Tapi kalo di rumah, aku suka ngajari anak-anak nyanyi lagu jaman aku kecil dulu, seperti naik delman atau naik-naik ke puncak gunung.

Lagu anak-anak seharusnya bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak dan benar sekali yang mbak katakan bahwa anak-anak sekarang itu menyanyikan lagunya orang dewasa fasih bangettttt #SaveLaguAnak

Lagu diobok-obok nya Joshua memang ngeHits banget ya. Anakku pas balita dulu kalau mandi sambil nyanyi lagu diobok-obok mandinya jadi semangat :D

lagu2 islami yg disebutkan di atas, fayda dpt dr sekolahnya. kalo saya skrg ini lebih mengenalkan lagu2 nasional pada fayda. di saat teman2nya blm bisa lagu terima kasihku cipt ibu sud, fayda sdh dgn pedenya menyanyikannya di depan kelas hehe...

Ayuuuk ciptakan lagu yang anak-anak dan populerkan kembali dengan lebih sering memperdengarkan lagu anak-anak kepada anak, daripada lagu lagu dewasa ;)

saya ngesave lagu anak2 jaman dulu dlm satu CD dan diputer2 ulang di mobil
liriknya sederhana dan penuh makna, long lasting juga

Saya jagain si kecil dari lagu-lagu gak mutu, apalagi lagu macam 'Lelaki Kardus', nyata banget bener-bener gak mutu. :(

kangen memang dengan lagu anak-anak..yang dulu cakep-cakep yaaah

Sampe sekarang aku jhuga msih suka sma lagu Air ini, mbak :D
pdhal udh aja kpala 2 :D

Iya mbak, si emak emang hrus kreatif nyari lagu...

Lagu anak zaman dulu memang mendidik mbak

Iya mbak, sekarang kudu nyari di internet

Iya pakde, termasuk anak saya harus bisa mendengarkan lagu2 zaman emaknya waktu kecil

Iya, bintang kejora aku sudah lupa liriknya...hehehehe

Lirik lagu bintang kejora aku lupa2 ingat mbak...hehhehe

Iya mbak sama, rencana kalo anakku gede lagu emaknya zamn kecil mau dinyanyikan lagi..,hehehe

Iya, fasih bget anak2 skrg nyanyiin lagu orang dewasa

Iya mbak, aku dulu berasa ikutan mandi kalo dengerin lagu diobok obok

Wah keren dikau mbak santi... aku harus belajar lagu lagu2 nasional, soale ada beberapa yg lupa liriknya

Ayo mbak....mari kita populerkan

Wih...keren mbak...pengen juga ngikut

Hehehhe...iya mbak...bener sekali

Iya mbak, lagu anak zaman dulu cakep2...

Lagu anak zaman dulu selain liriknya enak mudah dihafal dan nambah kosakata baru lagi baik

Yuk berkomentar :)