Sunday, September 04, 2016

Camilan Masa Lalu

Hasrat nyomal-nyamil kini tak bisa aku kurangi, apalagi bawaan cuaca dingin disambi nonton film yang cihuy. Duh, jadi sensasi yang berbeda bukan jika ada camilan dan tontonan yang oke. Memang tak bisa dipungkuri cewe gendut memang karena gaya hidup yang kurang oke juga. Ngemil yang nggak bisa dikontrol dan kurangnya olahraga.



Terlepas dari itu semua, aku mempunyai kenangan tersendiri dengan segala camilan. Hai kalian semua, yang suka jajan di era 90an pasti kalian ingan makanan ringan yang ngehitz dizamannya dulu. Siapa sih yang nggak kenal dengan krip-krip? Camilan yang diera 90an menjadi jajanan terngehitz saat masih menggunakan seragam merah putih. Duduk termangu didepan ruang kelas sambil nyemil makanan ini menggunakan sumpit dua jari. Menikmati anak-anak lainnya bermain engkle, slodor, dan petak umpet. Camilan mie yang bener-bener bisa bikin kalian ketagihan.



Sekali-kali nyemil krip-krip sekali-kali ngisep es. Aduhai enak sekali rasanya. Es uang harganya 25 rupiah benar-benar bikin puas. Jika ada uang lebih, sekali-kali ngelirik es wawan, es yang paling populer pada zamannya. 100 rupiah sudah dapat sebuah, kadang joinan sama teman 50 rupiah lalu es wawannya dibagi dua. Ah... bener-bener masa lalu yang sangat manis. Semanis es wawan 😊

Lepas dari krip-krip ada jajanan ngehitz juga, coklat yang cara memakannya pake sendok plastik super kecil. Maemnyapun sedikit-dikit, pelan-pelan, dan dijilati cokelatnya hingga tetes terakhir. Iya nggak? Sambil menunggu bapak-bapak penjual permen gula segala bentuk. Ingin bentuk bunga ada, bentuk ayam ada, bentuk boneka ada, bentuk pistol ada, bentuk buah anggur juga ada, pokoknya serba lengkap. Dengan modal duit 50 rupiah kita bisa request permen gula mau-mau kita.



Kembali lagi ke zaman sekolah, zaman di era 90an yang banyak kenangannya itu. Selain krip-krip, jajanan yang ngehitz adalah kue potong pie Putra Bali. Alamak, kue ini padat berisi. Lumayan kenyang dan tak puas bagiku karena hap langsung habis. Maunya segala macam camilan diirit agar lama habisnya. Inilah yang bikin perutku kenyang untuk sementara waktu. Jajanan lainnya adalah si anak mas, mie dengan bumbu sedepnya yang harus dicampurkan ke dalam mienya seteleh diremes. Jajanan yang agak mahal jika dibandingkan dengan krip-krip, tapi isinya lumayan banyak.




Lepas dari jajanan mie si anak mas, muncullah mie gemez yang nggak jauh beda seperti anak mas. Jajanan ngetrend dikalangan anak-anak berseragam merah putih.

Selain itu, ada snack yang istimewa banget buat aku. Namanya "istimewa", snack yang cari makannya dihisap dulu untuk diambil sari pati sedepnya. Baru setelah rasanya hambar, dikunyahlah secara bergantian. Nikmatnya nggak akan terganti dengan yang lain, rasa sedepnya yang asik buat memanjakan duit 100 rupiah dapat 4 snack istimewa. Biasanya, selain beli snack istimewa ini, aku beli wafer dengan gambar super man terbang. Harganya pun di masa itu 100 rupiah dapat 2 snack istimewa dan 2 wafer super man.




Bener-bener camilan yang asik buat dikenang, 100 rupiah dapat 4 biji. Entah itu krip-krip, istimewa, dan mie lidi. Mie lidi yang sampai zaman sekarang menjadi snack yang fenomenal. Snack yang masih bisa aku beli ditoko. Rasa asin pedasnya yang nggak nahan, selain itu cara makannya yang satu-satu. 

Camilan masa lalu yang sungguh indah untuk dikenang. Camilan yang bener-bener sahabat setia disaat jam istirahat sekolah. Camilan dengan sejuta kenangan di zaman modern seperti sekarang ini.


Related Posts

Camilan Masa Lalu
4/ 5
Oleh

10 komentar

Camilan dulu ama yang sekarang beda banget ya mbak :) enakan dulu hehe

duh jadi inget cemilan2 ini. saya dulu suka banget sama coklat ayam sama mamee, hehehe..

Hahaha, iya...aku jadi kangen nih ama krip2

Mamee...aku juga suka mbak...sedep

Yang lidi-lidian masih ada tuh sampai sekarang Mbak, bahkan dengan kemasan yang lebih modern hihi

kanngen sama jajanan2 zaman dulu.

Wahahaha ada krip krip, mauuu. Camilan jadul enak-enak menurutku, jadi kangen makanan jadul :D

Iya sama, jajanan masa dulu bikin kangen

Iya mbak, enak2...krip2 favoritku

Yuk berkomentar :)