Inspirasi Menu Masakan di Hari Raya Idul Adha

Idul Adha sebentar lagi, hari raya ini identik dengan hari raya kurban dan hari raya haji. Hari Raya Kurban karena sebagian dari umat muslim yang merasa dirinya mampu diwajibkan untuk berkurban, membersihkan atau mensucikan harta mereka. Disebut Hari Raya Haji karena di bulan ini umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Semua umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya ini pada tanggal 10 Dzulhijah dengan rasa syukur.

Aku bahagia, aku masih bisa berhari raya dengan keluargaku. Aku punya janji, janji pada diriku sendiri. Janji pada kesehatan tubuhku agar lebih baik. Walaupun hari raya dan banyak makanan aku harus menepati janjiku. Berat sih sebenarnya. Berat banget. Antara bisa dan tak bisa melakukannya tapi aku harus bisa. Kalau nggak... pasti aku bakalan menyesal selamanya.

Baca juga : Janjiku Kepada Tubuhku

Sebenarnya, banyak sekali makanan favorit di hari raya. Mulai dari kikil, kokit, dan sate. Aku doyan banget, kadang sampe lupa dengan kesehatanku. Menyesallah pastinya setelah menghabiskan semua makanan enak itu. Gimana nggak enak la wong makanan itu favorit aku. Selain bakso yang menjadi menu favorit pun makanan dengan lemak tinggi menjadi makanan yang aku idamkan setiap kali pulang kampung.



Baca juga : Menu Favorit di Hari Raya Lebaran dan Tradisi Lebaran Lainnya

Hari Raya Idul Adha juga seperti Hari Raya Idul Fitri, yaitu sama-sama dinanti oleh umat muslim. Sebelum Hari Raya Idul Adha di sunnahkan puasa pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijah. Puasa pada tanggal 8 Dzulhijah dinamakan puasa Tarwiyah sedangkan pada tanggal 9 Dzulhijah dinamakan puasa Arafah.

Keutamaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa 1 tahun uang lalu dan keutamaan puasa Arafah adalah menghapus dosa 2 tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang). Subhanallah... Yuk ah berlomba-lomba puasa sunnah 2 hari itu, semoga kita ikhlas menjalankannya karena Allah. Semoga amal perbuatan baik kita diterima Allah dan terhindar dari segala macam musibah. Amiiin.

Umat muslim berkurban dengan hewan-hewan yang ditetapkan antara lain : domba, sapi, unta, kambing, dan kerbau. Biasanya ditempatku yang menjadi hewan kurban adalah sapi dan kambing. Beraneka macam olahan daging kambing dan sapi di Hari Raya Idul Adha. Antara lain :



1. Sate Kambing
2. Tongseng Kambing
3. Gulai Kambing
4. Kambing Rica-Rica
5. Nasi Goreng Kambing
6. Bistik Kambing
7. Sate Goreng Kambing
8. Iga Bakar Kambing



Baca juga : No Ayam No Unggas


9. Iga Bakar Sapi
10. Sate Sapi
11. Semur Daging Sapi
12. Sop Buntut
13. Sop Iga
14. Sapi Lada Hitam
15. Tumis Sapi Kecap Pedas
16. Sapi DagingnTumis



Inspirasi menu masakan diatas bisa dijadikan referensi untuk Hari Raya Idul Adha. Biasanya menu masakan yang paling banyak menjadi favorit adalah sate. Selain mudah mengolahnya (tak perlu bumbu khusus) pun cepat masaknya. Tinggal cuci bersih daging, potong dadu (atau sesuai selera) dan tinggal siapkan tusuk satenya terus dibakar dech. Selagi hangat bisa kita nikmati sajian lezat ini.


Eits...tapi ingat. Makan berlebihan juga tak baik ya... ingat kesehatan. Imbangi dengan olahraga agar tubuh tetap bugar baik sebelum atau sesudah Hari Raya Idul Adha. Gaya hidup dan pola makan yang tak teratur juga bisa menimbulkan penyakit loh gaes.


Baca juga : Agar Terhindar Dari Kolesterol

Selamat Hari Raya Idul Adha.

2 comments:

  1. Saya pilih tongseng pastinya.
    Besok puasa nih, jangan sampai lupa bagi yang ingin puasa sunat

    ReplyDelete
  2. Sejak resign dr kantor, aku jadi rutin workout mba. Tapi tetep aja kadang blm bisa ngontrol makanan :D.

    Apalagi sdg hari raya begini. Dengan makanan banyak dan mostly high cholesterol, aku sering nyeseeel sih begitu ngabisin seporsi. Rasanya jd kayak dosa bangetttt hahahahah. Keinget workout yg sia-sia jadinya :D.

    Keluargaku biasanya masak gulai kambing tiap idul adha gini. Tp kalo keluarga dr pihak suami lebih suka sate :D. Baguslah jadi banyak variasi hihihi... Yg ptg inget lagi, makannya dibatasiii :D. Inget umur :D

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)