Sunday, November 06, 2016

Olahan Lorjuk Membuat Lidah Bergoyang

Namanya campor lorjuk, bahan utamanya dari hewan laut bernama lorjuk. Lorjuk merupakan hewan laut yang memiliki protein tinggi. Membuat campor lorjuk mudah sekali, resepnya mudah sekali kita jumpai didapur. Cara memasaknya terbilang cepat dan nggak ribet.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat campor lorjuk? Pastinya bumbu dan bahan utamanya harus disediakan .

Bumbunya terdiri dari :

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 1 butir kemiri
  • 7 bh cabe merah buang bijinya
  • 1/2 sdt merica atau bisa memakai lada bubuk
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan-bahan

  • 250 gram lorjuk segar kupas
  • Tahu secukupnya
  • 100 gram bihun
  • taoge/kecambah
  • daun bawang iris tipis-tipis

Cara memasak
  • Daun bawang dipotong dan digoreng, sisihkan
  • Haluskan semua bumbu halus bisa pakai cobek ataupun diblender. Katanya sih rasa bumbu yang diblender dengan diulek sangat beda rasanya, lebih enak yang diulek.
  • Kemudian bumbu halus tersebut ditumis hingga matang yaitu dengan aroma khas
  • Masak air di panci sampai mendidih, masukkan lorjuk, tahu goreng, taoge dan tumisan bumbu tambahkan gula, garam, daun bawang goreng tes rasa dan masak sampai lorjuk matang dan bumbu meresap. Hidangkan dengan lontong dan sambel dan tambahkan keripik tette yaitu keripik khas Madura

Yippi... campor lorjuk sudah siap dinikmati. Biasanya untuk 5 porsi, keluarga kecil bahagia cucok deh membuat menu makanan laut ini. Gurih dan nikmat pasti komen pertama yang akan kalian ucapkan.

Dokumen Pribadi


Kalian harus tahu bahwa lorjuk memiliki 18 asam amino diantaranya  aspartat, treonin, serin, glutamat, prolin, glisin, alanin, sistin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, lisin, histidin, triptofan dan arginin.

Karena proteinnya yang terlalu tinggi, bagi seseorang yang sudah menderita penyakit kolesterol disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan ini. Kalau dipaksa bakalan cenut-cenut deh kaki, mulai dari betis hingga telapak kaki.

Asam amino merupakan penyusun protein yang penting bagi proses pertumbuhan dan sumber energi mahluk hidup termasuk manusia. Lorjuk sendiri adalah hewan laut yang hidup di pasang surut pantai.

Dokumen Pribadi


Campor lorjuk siap dihidangkan. Taburan lorjuk di atas beberapa irisan lontong dan kuah merahnya sudah menyambut kami. Rasanya gurih dan bikin nagih. Nggak bosen membuat menu masakan ini untuk keluarga, cara membuatnya yang mudah dan rasa yang bikin nagih selalu membuatku bersemangat membuat masakan ini.


Gimana nggak nagih, dengan rasa per gigitan yang aduhai itu bikin harga lorjuk perkilonya mahal. Jadi jangan heran jika mereka tergila-gila karena lorjuk, rasanya memang bener-bener endes banget.


Bumbu yang dipakaipun untuk meracik sajian lezat ini cukup sederhana. Bawang merah dan bawang putih pastinya harus ada dalam komposisi membuat bumbu ini. Kalau nggak pasti deh rasanya nggak mungkin senagih ini karena bawang merah dan bawang putih menjadi pelengkap agar masakan menjadi nikmat dan endes.


Dokumen Pribadi


Selain itu, lorjuk bisa dijadikan campuran rengginang. Namanya rengginang lorjuk. Citarasa yang tak terkalahkan dengan camilan lainnya. Benar-benar nikmat buat camilan ditemani secangkir teh atau kopi sambil menikmati rintik hujan. Cara membuat rengginang lorjuk pun sangat mudah. Hanya perlu beras ketan 1 kilogram, lorjuk 500 gram, dan bumbu pelengkap.





Bumbu pelengkapnya biasanya hanya menggunakan bawang putih, bawang merah, dan garam secukupnya.


Rebusan air lorjuk kemudian disiram ke beras ketan yang sudah dimasak. Campur bumbu dan diaduk rata. Bentuk sesuai selera. Biasanya dibentuk seperti bentuk mangkok dan setelah itu jemur sampai bener-bener kering. Baru deh bisa digoreng. Mudah kan :)





Related Posts

Olahan Lorjuk Membuat Lidah Bergoyang
4/ 5
Oleh

23 komentar

aduh aku suak abnget lorjuk , saat kecil sering dibaawin oleh2 sama nenekku yang orang surabaya

Saya tahunya rengginang loruk...enak memang, gurih dan renyah...he3...salam kenal mb dwi puspita...

Kalau lorjuk biasanya saya makan yang digoreng kering itu mbak...tyt bisa dimasak gini juga yaa...kelhatannya yummy

usul, mba.. tambahin penampakan bahan-bahan sebelum diolahnya dong
penasaran bentuk asli lorjuk

Aku baru beberapa kali makan lorjuk, dan suka banget. Enak

Lgs penasaran ama rasanya tp aku blank samasekali ama bntuk utuh si lorjuk :D. Abis ini mau googling dulu ah. Blm prnh dgr soalnya mba ttg lorjuk. Kalo dr foto di atas mirip teri ya?

Akut belom pernah lo mak nyobain lorjuk ini penasaran deh

astagaaaa...aku jadi pengen nyicipiiin :)

Lurjon sejenis cumi kali ya mbak, kalu susah carinya bisa diganti apa. Enak bnget kyknya ihhh sedeeep deh

lorjuk emang enak mbak, rasanya gurih2 gimana gitu

mantap emang rasanya...super sekali gurihnya

iya, yang digoeng tambah uenak mbak Ren

iya, nanti aku tambahin :)

enak sekali, gurih rasanya

wah,,,mantap deh lorjuk ini...uasli uenakkkkk

sini2 mbak,,,aku kasih deh kalo main kekampungku

hahahaha...uenak ini mak indah

sejenis udang mbak :)

Mbak Dwi, lihat kuahnya kyk maknyuzz bgt ya. palagi dagingnya :D

Hehehe...maknyuzzz bget mbak, dagingnya gurih bget

ondeeh ngiler kali haaa...
ooh lurjuk sejenis udang..sedpalah ini gurih2 nyoi

iya, sejenis udang Mut...uenakkkk

Aku taunya ya rengginang lorjuk yang dikasih mbak Dwi, enaaak :)

Yuk berkomentar :)