Wednesday, February 01, 2017

Pengalaman Membeli Rumah Dengan Cara Pengajuan KPR

Memiliki rumah pasti dambaan setiap orang, apalagi rumah sendiri, dibeli sendiri dengan usaha sendiri pula. Kalian pasti ingin memiliki hunian yang layak dan pas dengan penghasilan bukan? Pun demikian dengan kami. Kami ingin memiliki rumah idaman untuk keluarga kami. Inilah pengalaman kami, pengalaman membeli rumah dengan cara pengajuan KPR.







Akhirnya diskusipun berakhir dengan kesepakatan hunting perumahan murah yang sesuai dengan budget. Tak sengaja pula ada Pameran Property di Dyandra Convention Hall Jalan Basuki Rachmat Surabaya. Pilihan perumahan yang ingin kami beli yaitu diantara 2 pilihan. Perumahan dengan lokasi di Sidoarjo atau Gresik. Dan... perumahan dengan lokasi di Gresik menjadi pilihan kami. Rumah tapak dengan tipe 30/72 yang berhasil memikat hati. Kami membeli rumah tersebut dengan mengajukan KPR BTN Subsidi. 


KPR BTN Subsidi adalah kredit pemilikan rumah program kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan dan tetap sepanjang jangka waktu kredit, terdiri atas KPR untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun. 




Jujur nih ya sekarang mau beli rumah itu mudah banget, semuanya serba online dan nggak pakai ribet. Walaupun kalian nggak datang ke acara pameran property, kalian bisa juga memilih opsi rumah murah, nyaman dan pastinya terjangkau di website BTNProperti (https://www.btnproperti.co.id/perumahan.html). 




Bagi kalian yang ingin punya rumah seperti aku, saran aja nih... survey dulu rumah yang ingin kalian beli agar kita tahu letak dan kondisi rumah secara real. Setelah rumah itu dirasa cocok langkah selanjutnya adalah mengajukan KPR secara online di website BTNProperti



Suamiku lagi survey perumahan 


Sebelumnya kita harus registrasi terlebih dulu di https://www.btnproperti.co.id/login.html Isi dengan nama yang benar agar proses pengajuan maupun pengurusan hal lain mudah nantinya. 





Langkah selanjutnya adalah klik Simulasi Pengajuan KPR. 


Dengan adanya simulasi pengajuan KPR yang ada di website www.btnproperty.co.id sangat membantu sekali bagi pemohon yang memang ingin segera memiliki hunian. Mereka (pemohon) bisa mengira-ngira pengajuan pinjaman yang akan diambil untuk membeli rumah sesuai dengan penghasilannya. Contohnya aku dan suami dengan total penghasilan kira-kira 6 juta per bulan. 


Simulasi Pengajuan KPR ada 2 pilihan, kita bebas menentukan pilihan antara pengajuan KPR Konvensional ataupun pengajuan KPR Syariah


Berikut simulasi pengajuan KPR Konvensional dan Syariah sesuai dengan harga perumahan di daerah tempatku tinggal. 

Contoh Perhitungan Simulasi Pengajuan KPR Konvensional dengan harga rumah 350 juta, suku bunga flat, jenis subsidi, uang muka 15 % dari harga jual rumah, lama pinjaman 25 tahun, maka akan diperoleh perhitungan sebagai berikut. 





Catatan: Perhitungan ini adalah hasil perkiraaan aplikasi KPR secara umum. Data perhitungan di atas dapat berbeda dengan perhitungan bank. Untuk perhitungan yang akurat, silahkan hubungi bank penyedia pinjaman KPR. 


Contoh Perhitungan Simulasi Pengajuan KPR Syariah dengan harga rumah 350 juta, uang muka 15 % dari harga jual rumah, lama pinjaman 25 tahun, maka akan diperoleh perhitungan sebagai berikut. 




Setelah hitung-hitungan dan angsuran perbulannya diketahui maka pilihanku jatuh pada KPR Konvensional. Karena menurut aku dan suamiku, jumlang angsuran per bulan dari KPR secara konvensional sepertinya masuk dalam budget kredit kami. 


Namun alangkah baiknya jika kita membaca beberapa artikel tentang Pengajuan KPR disini https://www.btnproperti.co.id/tags/tips-pengajuan-kpr-12.html agar proses pengajuan KPR menjadi mudah dan cepat diproses. 


Jika kalian belum puas dengan artikel-artikel tersebut kita bisa juga Konsultasi KPR secara online di website BTNProperti. Segala pertanyaan tentang KPR akan dijawab dengan solusi-solusi yang nantinya akan membantu para pemohon. 


Setelah oke semua, langsung saja ajukan secara online. Tinggal pilih menu Pengajuan Online dan pilih Ajukan sekarang. 



Akan ada 2 pilihan Pengajuan, yaitu pengajuan secara Konvensional dan Syariah. 


Seperti biasa, aku harus mengisi data antara lain : 

1. Kantor Cabang Bank BTN terdekat. 

2. Jenis Kredit (Konvensional) dan Jenis Pembiayaan (Syariah) 




3. Nilai Pengajuan (sesuai harga rumah) 

4. Data Pemohon meliputi Nama, Alamat lengkap, No. KTP,dll 

5. Data Pekerjaan meliputi jenis pekerjaan, nama perusahaan, penghasilan per bulan, biaya hidup per bulan, dan biaya-biaya lain. 

6. Upload dokumen yaitu KTP dan Slip Penghasilan untuk mendapat persetujuan seketika. 


Mudah, Murah, dan Cepat bukan? 





Kini Pengajuan KPR Bank BTN sangat memberikan kemudahan kepada semua orang. Program sejuta rumah untuk rakyat dalam mensejahterakan rakyat Indonesia memang terbukti. Semua orang bisa memiliki rumah dengan proses yang mudah, cepat, dan murah dengan pengajuan KPR BTN Subsidi. 


Keunggulan dari KPR BTN Subsidi antara lain : 

1. Suku bunga 5% fixed sepanjang jangka waktu kredit 

2. Proses cepat dan mudah 

3. Uang muka mulai dari 1% 

4. Jangka waktu maksimal s/d 25 tahun 

5. Perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran 

6. Memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan developer di seluruh wilayah Indonesia. 




Syarat-syarat Pemohon untuk Pengajuan KPR BTN Subsidi antara lain: 

1. WNI dan berdomisili di Indonesia 

2. Telah berusia 21 tahun atau telah menikah 

3. Pemohon maupun pasangan (suami/istri) belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah 

4. Gaji/penghasilan pokok tidak melebihi : 
· 4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak 
· 7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun 
· Atau maksimal gaji/penghasilan pokok sesuai ketentuan pemerintah 

5. Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun 

6. Memiliki NPWP dan SPT tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku 

7. Menandatangani Surat Pernyataan diatas materai. 


Akta Notaris 


Fitur lain yang ada di BTNProperti tidak hanya Konsultasi KPR, Simulasi KPR namun juga adanya Fitur Edukasi Masyarakat berisi informasi terkai properti, Peraturan Pemerintah, Peraturan Bank Indonesia, dan Peraturan Bank Tabungan Negara. Fitur Berita Terkini berisi tentang artikel-artikel properti yang akan menambah wawasan yang selalu update setiap saat. Adanya Customer Service Live Chat yang akan selalu membantu dan menjawab pertanyaan selama 24 jan nonstop. 

Adapun Fitur baru dari BTN Properti antara lain : 

1. Komunitas Properti 

Sebuah fitur marketplace yang berisi kategori yang berhubungan dengan kebutuhan rumah seperti: Tukang Listrik, Tukang Bangunan, Pengendali Hama, Tukang Kebun, Tukang Cat hingga Notaris. 



2. Menjadi member / agen rumah 

Siapapun bisa menjadi agen di portal BTNProperti dan memasarkan rumah yang dijualnya, hanya dengan mendaftarkan diri pada form registrasi 

3. Harga Pasar 

Sebelum audience membeli rumah, mereka bisa mencek harga pasar dari tahun ke tahun di daerah yang mereka inginkan sesuai luas tanah / luas bangunan.


Rumah mungil dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 ruang tamu yang hanya memiliki luas 30 meter persegi. Kami bahagia, dengan usaha dan hasil keringat sendiri serta kemudahan yang Allah berikan kepada kami untuk memiliki rumah. 


Alhamdulillah kami bahagia tinggal dirumah mungil ini. KPR BTN Subsidi membantu para karyawan yang memiliki penghasilan pas-pasan seperti kami. Prosesnya mudah, cepat dan murah. Ini hanya pengalaman kami, pengalaman membeli rumah dengan cara mengajukan KPR untuk mendapatkan rumah impian. 




FYI saja, buat kalian yang ingin cari rumah pertimbangkan hal-hal berikut ini agar nantinya tak kecewa setelah membeli dan menempati rumah baru kalian. 

1. Lokasi perumahan yang sangat strategis. Yuhuuu ini penting banget, kalau lokasinya berada di tengah sawah duh... jangan deh. Walaupun indah dipandang hanya sesaat melihat hamparan padi tapi untuk jangka panjang No Way kali ya. Setidaknya akses jalan oke, kendaraan roda 4 bisa masuk, lokasi yang anti banjir, lokasi yang aman dan tentram. 

2. Sarana dan prasarana yang memadai, seperti dekat dengan Rumah Sakit, pasar, sekolah, dan tempat umum lainnya seperti (swalayan, ATM, tempat ibadah). Ini menjadi hal wajib yang harus dipertimbangkan bagi calon pembeli. 

3. Harga yang cocok. Harga yang cocok dengan gaji pemohon/pasangan. Jangan sampai kredit macet ditengah jalan gara-gara nggak kelar bayar kredit. 

4. Pengembang. Sebelum membeli rumah hendaknya lihat track record dari pengembang, apakah pengembang ini memiliki track record yang baik. Apakah tidak asal-asalan membangun perumahan rakyat. Tanah yang dibangun perumahan jelas atau tidak. 

5. Fasilitas perumahan itu sendiri, seperti adanya taman, jogging track, tempat ibadah, dll. 

6. Cara membayar. 

Baiklah itu dulu cerita pengalaman membeli rumahku, semoga kalian bijak dalam menentukan pilihan khususnya pilihan membeli rumah. Kalau ada yang mudah mengapa harus dipersulit, kalau ada yang cepat mengapa harus berlama-lama, kalau ada yang murah segera beli saja. 



Salam, 
Dwi Puspita


Related Posts

Pengalaman Membeli Rumah Dengan Cara Pengajuan KPR
4/ 5
Oleh

15 komentar

Point ke 4 itu penting banget ya mbak, biar nggak menyesal kemudian.

banyak banget ya keuntungannya membeli rumah dengan cara kpr ini,.. sangat mudah...

Kadang pengen ngajuin KPR, tapi masih ngeri bayangin cicilan tiap bulannya mbak. Hehe

iya mbak, bener...harus lihat2 pengembangnya beneran apa nggak...

iya, murah, mudah dan cepat pastinya....

iya mbak, ambil harga rumah yg sesuai mbak ...ntar dipikul bersama dgn suami :)

kita sama2 pake KPR ya mbak :)

Isi kamarnya 1 atau 2 mbak?

Saya juga pakai BTN Mbak, tapi dulu belum tahu kalau ada BTN Property. Dulu dibantu sama marketing perumahannya ngitung-ngitung giniannya. Kalau sekarang sudah ada malah jadi lebih mudah ya urusan membeli rumah.

Iya mbak, sekarang lebih mudah. Kita bisa itung2an sendiri, jd tau budget yg dibutuhkan brp...

Mbak dwi, bagi pengalamannya lagi dong,
saya mw ambil rumah ceritanya, perumahan bersubsidi,
terus ke marketingnya banyak banget yg harus dibayar,
nah yg saya bingungkan itu bs gak sih kita langsung tunjuk rumah yang mau dibeli trs kita pakai KPR BTN misalnya tanpa harus bayar DP dll ke marketingnya perumahan itu?

Hai mbak eka, terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Menurut pengalaman saya nih, langsung tunjuk rumah sesuai keinginan kita itu bisa kok. Asalkan rumah yg akan kita tunjuk belum di booking orang lain. Nah untuk masalah DP sih biasanya ini kesepakatan antara marketing perumahannya dgn kita. Soalnya ada tetanggaku yg DP perumahannya dicicil ( ini tergantung dari developer perumahan). Tapi lebih jelasnya dan lebih pasti mbak eka langsung tanya ke bank BTN ( sekarang tanya2 bisa via online 24 jam) langsung ke web nya yg saya tuliskan di blog ya. Dan juga mbak eka harus tanya2 juga dgn marketing perumahannya tentang masalah DP itu. Semoga membantu

DP brp persen mbak? dan tenornya ambil brp tahun?

Yuk berkomentar :)