Thursday, June 15, 2017

Bau Mulut Saat Berpuasa

Assalamualaikum...masih puasa kan gaes? Alhamdulillah ya, bentar lagi lebaran. Semua umat muslim akan menyambut hari kemenangan ini dengan bahagia. Ouh iya... selama puasa Ramadhan kalian ada kendala nggak? Pasti kendalanya adalah bau mulut. Iya kan?
Kadang saat akan berbicara dengan lawan kita selalu menjauh atau menutup mulut kita agar hawa mulut kita tidak sampai tercium oleh lawan. Nyatanya tetap saja tercium dan kadang membuat lawan mengendus-ngendus hidungnya mencari sumber asal bau tersebut. Hehehe...


Tenang... semua orang berpuasa pasti bau mulut kok. Apalagi mereka yang tak pernah merawat kesehatan dan kebersihan mulutnya. Usahan kita sikat gigi sehari 2 kali, saat pagi hari dan saat akan mau tidur agar kuman dan bakteri tidak berkembang yang pada akhirnya bisa menyebabkan bau mulut.




Selain itu, orang berpuasa mengapa cepat sekali bau mulut. Ini disebabkan mulut tidak melakukan aktifitas seperti makan ataupun berbicara. Jadi orang berpuasa mengapa cepat sekali bau mulut karena mereka banyak diamnya dan menyebabkan kadar air liur berkurang sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut.

Kita bisa memakai obat herbal yaitu dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih. Secara rutin setiap pagi dan malam. Daun sirih bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Mulut pastinya akan terjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun jangan khawatir karena bau mulut orang yang berpuasa ternyata lebih harum. Ini dibuktikan dengan Hadist berikut :

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk (H.R Bukhori dan H.R Muslim)

Subhanallah... padahal minyak misk sudah sangat harum tapi ternyata bau mulut orang berpuasa lebih harum darinya di akhirat nanti. Jadi ingin lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di bulan Ramadhan ini dengan amalan positif. Umur manusia tidak ada yang tahu semoga nantinya keimanan dan ketaqwaan kita menjadi bekal di akhirat.

Bau mulut yang tidak enak umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Namun pada saat berpuasa bau mulut tersebut muncul karena terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang.

Ada baiknya jika kita ingin sikat gigi sebelum adzan Shubuh atau setelah berbuka puasa. Melihat berbagai pendapat yang berbeda-beda dari para ulama dan kadang kita bingung mau memilih yang mana maka memang lebih baiknya adalah berhati-hati, yaitu sikat gigi sebelum adzan Shubuh atau setelah berbuka puasa.

Jangan menjadi penghalang untuk beraktifitas di bulan Ramadhan, walaupun bau mulut usahakan aktifitas terutama aktifitas ibadah semakin ditingkatkan. Umur semakin dekat, berlomba-lombalah mendapatkan pahala yang banyak dari Allah. Mumpung sekarang bulan Ramadhan yuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.



Related Posts

Bau Mulut Saat Berpuasa
4/ 5
Oleh

Yuk berkomentar :)