Friday, June 16, 2017

Olahraga Saat Puasa

Puasa bawaannya untuk sebagian orang adalah mager alias malas gerak takut tambah lapar dan haus. Padahal tidak demikian, jika puasa kita ikhlas dan niat beribadah kepada Allah tidak akan ada kata mager. Salah satunya adalah para pekerja yang tetap berangkat pagi pulang malam dengan kesibukannya namun tetap berpuasa. Tak ada alasan karena berpuasa kita menjadi malas-malasan. Boleh jadi sih memang tenaga lebih lemah tapi sebenarnya bukan hal itu yang menjadi alasan utama.

Pastinya agar badan tetap fit selama berpuasa kita harus bisa menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Salah satunya adalah olahraga dan makan makanan yang bergizi. Olahraga saat puasa pastinya yang tidak terlalu berat namun tetap harus menggerakkan anggota badan agar otot kuat dan saluran darah lancar serta tetap segar.

Olahraga saat puasa bisa dilakukan saat pagi hari. Jalan cepat selama 10-15 menit di waktu Shubuh saat udara masih sejuk dan segar. Meregangkan otot-otot yang kaku dan memperlancar peredaran darah. Jika tak kuat jalan cepat lebih baik jalan santai saja. Yang penting anggota tubuh bergerak. Syukur-syukur jika mengeluarkan keringat pertanda tubuh sehat.

Jalan cepat dan jalan santai termasuk olahraga yang rutin aku lakukan. Selain murah meriah, olahraga ini termasuk olahraga murah meriah. Bisa dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda. Jalan cepat yang biasanya aku lakukan setiap pagi mengelilingi komplek perumahan sembari mendengarkan beberapa lagu yang memang sengaja aku putar agar membuncah semangatku. Dengan mendengarkan lagu yang berekspresi maka semakin cepat pula kakiku melangkah sebagai tanda semangat.




Bagi yang tidak bisa jalan cepat atau jalan santai karena terkendala lahan dan lokasi kalian bisa olahraga didalam rumah. Lakukan gerakkan sederhana seperti jalan ditempat untuk melakukan pemanasan dan lakukanlah senam seperti biasa dengan menggerakkan anggota tubuh seperti bagian tangan dan kaki. Senam yang dilakukan pada umumnya sama seperti senam-senam saat disekolah. Jika ingin lebih ekspresif ada baiknya jika musik sebagai teman berolahraga.

Oh ya... apapun kegiatan olah tubuh yang kalian lakukan saat berpuasa jangan sampai melebihi batas ya. Sebentar saja, cukup 10-15 menit setiap hari InsyaAllah tidak akan mengganggu puasa kalian. Intinya olah tubuh, bawa tubuh bergerak dan melakukan aktivitas lainnya. Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga kegiatan seperti menyapu, mengepel lantai, menyetrika baju, mencuci baju, mencuci piring, dan berkebun bisa menjadi alternatif olah tubuh.

Yuk ah jangan malas-malas untuk menggerakkan badan walaupun puasa. Justru dengan berpuasa kita harus sehat karena secara tidak langsung kita telah mengistirahatkan tubuh dari makanan-makanan yang sebenarnya bisa membahayakan tubuh. Orang berpuasa itu sehat, orang berpuasa itu pasti semangat.



Related Posts

Olahraga Saat Puasa
4/ 5
Oleh

3 komentar

kangennnn banget olahraga lagi, etapi pagi2 sekarang saya basmi rumput tergolong olahraga juga kan ya

Iya mba puasaan ini kedodoran bgt olahhragaku.
Mau workout lagi.. biar kuyuuusss kayak mba dwi #ahseek
Bukanbocahbiasa(dot)com

Biasanya kalau puasa jarang banget olahraga...

Yuk berkomentar :)