Tuesday, June 20, 2017

Surabaya dan Industri Kreatif Yang Dimilikinya

Mendengar nama Surabaya bikin aku jatuh cinta karena kota ini salah satu mimpiku untuk menjadi bagian didalamnya (*baca : penduduk). Entah mengapa, padahal kota yang hampir menjadi kota metropolitan seperti Jakarta ini sudah mulai sesak dengan para pendatang dari penjuru daerah. Terhitung sejak 2007 aku tinggal di Kota Surabaya dan pada tahun 2012 resmi menjadi penduduk Kota Pahlawan ini.

Surabaya yang indah terkenal dengan banyak taman di berbagai tempat sehingga tak bosan dan sangat mudah sekali untuk mencari suasana hijau di Surabaya. Tatanan Taman yang apik dengan segala macam aneka permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan dan lainnya. Taman yang memang sengaja dibuat untuk semua penduduk Surabaya dari yang anak-anak hingga orang tua. Tak hanya penduduk Surabaya namun semua orang dari penjuri daerah bisa menikmatinya ketika mereka pergi berlibur ke Kota Pahlawan ini. Mulai dari anak-anak hingga para orang tua laki-laki dan perempuan bisa ke taman-taman yang menyebar di Kota ini. Taman yang memang sengaja di buat agar warga Surabaya mempunyai tempat yang asyik dan berkumpul dengan keluarga.





Surabaya adalah kota yang teratur dibuktikan dengan berkurangnya para pedagang kaki lima yang dulunya sembarangan berjualan dipinggir jalan. Kini sudah ditertibkan dan dibuatkan Sentra Kuliner khusus untuk para pedagang kaki lima tersebut. Yah walaupun masih ada beberapa yang mangkal berjualan dipinggir jalan di daerah-daerah tertentu mungkin karena belum teridentifikasi keberadaannya atau kemurahan hati dari pak Satpolnya sehingga memang belum terkena penertiban. Penertiban ini dilakukan agar jalanan teratur dimana bahu jalan bisa digunakan para pengendara sebagai mestinya. Selain itu penertiban tuna susila dan tuna wisma di traffic light hampir tidak terlihat. Semuanya sudah mulai ditertibkan untuk mendapatkan suasana kota yang bersih, tertib, dan nyaman.



Tidak hanya itu, Surabaya pun memiliki industri-industri kreatif dari para masyarakat yaitu UKM dan UMKM yang mulai berkembang pesat dan sudah tak terhitung banyaknya. Mulai dari skala kecil, menengah, dan atas semuanya ada. Produk yang ditawarkan juga banyak, mulai dari kerajinan, aksesoris, batik, sepatu, tas, camilan, makanan, minuman, pertanian, dan masih banyak lainnya. UKM dan UMKM ini bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah Kota Surabaya dan untuk mendaftarnya pun UKM dan UMKM ini bebas mendaftarkan dirinya alias gratis tanpa dipungut biaya sepersepun. Asalkan pelaku usaha adalah asli penduduk Kota Surabaya dan memiliki KTP Surabaya. Pendaftarannyapun melalui salah satu instansi Kota Surabaya yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya.

Dibuktikan dengan selalu adanya peningkatan jumlah pelaku usaha setiap tahunnya yang sudah mulai mendaftarkan nama merek usahanya di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya.




Industri-industri kreatif itu sangat mengharumkan Kota Surabaya, dibuktikan dari beberapa UKM dan UMKM yang go internasional dengan hasil karyanya. Tak lepas dari dukungan Walikotanya yaitu Ibu Risma yang selalu ingin memajukan UMKM Kota Surabaya. Ibu Risma ingin masyarakat Surabaya bisa menciptakan peluang dan menjadi pengusaha agar dapat membuka lapangan usaha bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini akan mengurangi pengangguran sehingga roda perekonomian masyarakat Surabaya stabil.



Bu Risma yang memang sangat mencintai produk Indonesia ini memang acapkali pernah aku lihat diberbagai pameran. Beliau suka sekali dengan produk hasil UKM dan UMKM. Tak jarang beliau membeli barang-barang hand made tersebut langsung kepada pelaku usaha. Bu Risma memang mendukung sekali program UKM dan UMKM Kota Surabaya beliau ingin menciptakan insan yang mandiri dan kreatif.



Salah satu contohnya adalah daerah Putat yang terkenal dengan bisnis prostitusinya pun kini menjadi daerah yang mandiri. Para pekerja "malam" pun banyak yang dipulangkan ke daerah asalnya. Namun ada beberapa yang dibina untuk berwirausaha. Membuat kue kering dan sejenisnya kemudian dijual kepada tetangga dan dipasarkan melalui mulut ke mulut hingga bisnis ini semakin banyak dan laris. Beberapa produksinya sudah bisa kita dapatkan di Sentra UKM Kota Surabaya yang terdapat di  4 Sentra UKM antara lain :

1. Sentra UKM Merr Jalan Ir. H. Soekarno No. 11 Surabaya
2. Sentra UKM Tunjungan City, Jalan Tunjungan No. 1-3 Surabaya
3. Sentra UKM ITC,  Lantai 1 blok P5/001 ITC Jalan Gembong No. 20-30 Surabaya
4. Sentra UKM CITO, Lantai Dasar GC-07 CITO, Jalan A. Yani No. 288 Surabaya


Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

Cocok sekali industri kreatif semacam UKM dan UMKM Kota Surabaya ini mendapat dukungan dari Astra untuk meningkatkan edukasi masyarakat dan pastinya menjadi semakin kreatif. Para pelaku usaha mendapat pembinaan lebih dan dapat ilmu tentang usaha kreatif ini. Masyarakat Surabaya juga dapat mendukung dan memajukan industri-industri kreatifnya dengan banyak cara, salah satunya adalah pembinaan dan pelatihan untuk mereka yang ingin belajar berwirausaha.

Pada tahun 2014 Grup Astra wilayah Surabaya tertarik untuk menjadikan kampung Keputih Tegal sebagai salah satu Kampung Berseri Astra. 
Kampung Keputih Tegal Timur terpilih karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata lingkungan kampung baik, warga kampung memiliki sifat gotong royong serta memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan progam tanggung jawab sosial.

Program pembinaan Kampung Berseri Astra ini merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.



Di ulang tahun Astra yang ke 60 ini, Astra ingin terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dan selalu ingin membangun 4 pilar CSR yaitu :
1.Astra Kreatif
2. Astra Hijau
3. Astra Cerdas
4. Astra Sehat

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” 

Yuk bangun Indonesia bersama karena kita SATU INDONESIA. Satu Indonesia Berbagi Bersama.




Related Posts

Surabaya dan Industri Kreatif Yang Dimilikinya
4/ 5
Oleh

3 komentar

Makin BANGGA jadi warga Surabaya yo mbaaa
Inovasi Bu Risma and team sungguh membanggakan
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Udah pernah ke Surabaya dari yang 7 tahun lalu aja ampe sekarang, banyak bedanya. Lebih maju dan inovatif. Salam dari yg kangen jalan2 di Surabaya lagi

Pas saya berkunjung ke Surabaya, yang paling terasa itu gak banyak sampah bertebaran. Apalagi tempat-tempat rekreasinya, teratur banget.

Yuk berkomentar :)