Sunday, July 16, 2017

Belajar Bahasa Inggris, Pentingkah?

Salah satu mimpi terbesarku adalah travelling ke luar negeri. Asyik kali ya bisa jalan-jalan dan liburan bareng suami dan anak kesana. Salah satu yang menjadi list adalah Paris, Perancis. Sejak nonton film Eiffel I'm in Love disitulah keinginan untuk pergi ke tempat romantis itu semakin membuncah. Uwowowow....


Modal utama pergi kesana selain duit dan kesehatan jasmani pastinya juga kemampuan berbahasa. Pastinya bahasa Inggris yang digunakan karena bahasa Inggris adalah bahasa universal. Jangan mengandalkan travel guide terus donk. Misal tiba-tiba ada bule yang ingin ngajak ngobrol kita sebagai turis Asia, masak kita plonga-plongo dan masih harus buka kamus. Hehehe...

Iya sih bener, gimana ya kalau tiba-tiba ada bule yang tanya atau ngajak ngobrol ama aku? Masak sih cuma jawab Yes No aja. Hihihi...
Situ emang mau plonga plongo melihat mereka yang cas cis cus ngomong English. Zaman sekarang mah... English very important guys.

Dunia kerja sekarang sepertinya diwajibkan berbahasa Inggris, minimal pasif lah. Bahasa Inggris sepertinya emang bahasa dunia yang semua orang harus menguasainya. Negara tetangga saja sudah menggunakan bahasa Inggris, yah minimal kita bisa menguasainya dan mengerti saat diajak ngobrol dan tidak harus meninggalkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Waktu tes kerja aja sekitar 6 tahun yang lalu aku wawancara pake bahasa Inggris, apalagi sekarang zaman yang sudah serba modern dan canggih. Bahasa Inggris pasti sudah banyak digunakan oleh setiap perusahaan saat akan menyeleksi pegawai barunya. Dan sepertinya memang bener, belajar bahasa Inggris memang harus dimulai sejak dini.

Iyupz...beruntung banget sih aku bisa datang ke acara Talk Show English First, Sabtu 15 Juli 2017 kemarin. Acara yang diadakan Food Society Pakuwon Mall Surabaya ini membuka pikiran kita seberapa pentingnya bahasa Inggris. Ternyata bahasa Inggris penting banget dan harus diterapkan sejak usia dini. Pembicaranya mah keren banget, Donna Agnesia dan Darius Sinathrya yang memang jadi ambassador EF. Selain itu ada psikolog ternama, Roslina Verauli yang buka-bukaan tentang psikolog anak, sejak kapan sih mereka harus mulai belajar.

Mbak Vera menjelaskan panjang lebar tentang pikiran anak, sejak kapan anak harus belajar. Ternyata sejak dalam kandungan anak sudah mulai belajar, hal ini dibuktikan dengan para ibu yang sejak mengandung sudah mulai mendengarkan bunyi-bunyian pada si janin yang masih ada di dalam rahim. Entah itu murotal, musik, ataupun dibacakan buku.


Penyerapan bahasa asing pada anak harus dioptimalkan dan ini memang dibutuhkan komitmen, konsistensi, dan system support di sekitar anak. Lingkungan yang mendukung itu pastinya dimulai dari orang tua terlebih dahulu untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asingnya dan stimulasi. Stimulasi merupakan hal mendasar dalam merangsang kecakapan berbahasa asing anak. Adapun stimulasi tersebut adalah :
  1. Merespon bunyi-bunyi dari bayi dengan bunyi/kata.
  2. Memberi perhatian dan komentar pada apa yang anak lihat.
  3. Bermain social games.
  4. Melibatkan anak dalam bermain pura-pura.
  5. Melibatkan anak dalam percakapan sehari-hari.

Stimulasi sekecil apapun penting dalam mengenalkan anak pada bahasa asing. Lingkungan sekitar tetap menjadi support utama anak agar mereka percaya diri. Adapun golden moment pada setiap anak adalah pada usia 6 tahun pertama dengan puncaknya 1 tahun pertama di usia kehidupan sang bayi. Jadi sangat wajar jika ibu-ibu mengenalkan bunyi atau suara sejak janin masih dalam kandungan.


Untuk anak bilingual ataupun multilingual sebenarnya tidak ada masalah, walaupun mereka sedikit bingung namun dengan bertambahnya usia, mereka akan mengerti dengan sendirinya. So, ibu-ibu nggak usah bingung dan khawatir lagi ya. Mari kita ajak belajar dan berbicara anak dengan bahasa Indonesia, Inggris, maupun bahasa daerah.

Darius dan Donna pun sudah menjadi keluarga EF sejak tahun 2012. Mereka memilih EF sebagai media partner terbaik untuk ketiga anaknya dalam belajar berbahasa Inggris. Di tengah kesibukannya sebagai aktor dan aktris mereka sadar betul bahwa anak-anaknya juga butuh belajar dan mereka kerap kali tidak bisa karena keterbatasan waktu.
Selain itu, ketiga anaknya terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Inggris walaupun mereka bertiga sekolah di sekolah nasional. Komunikasi sehari-harinya juga menggunakan bahasa Inggris agar mereka terbiasa nantinya.



EF Talk Show ini memberikan ilmu dan pencerahan kepada para orang tua yang masih bingung untuk memberikan kursus berbahasa, khusunya bahasa Inggris. Disini kita tahu, sejak usia kapan anak harus dilatih dan diajak berbicara menggunakan bahasa asing. Bukan menjadi hal yang langka lagi karena memang bahasa Inggris adalah bahasa dunia dan kita harus bisa menguasainya.


Nah...kebetulan juga EF membuka kelas baru dari tanggal 10-16 Juli 2017 di EF Expo yang bertempat di Galaxy Mall Surabaya. Menyambut tahun ajaran baru bagi para siswa dan siswi untuk lebih mahir berbahasa Inggris.
Pada kesempatan ini pula setelah acara Talk Show EF kami diajak jalan-jalan melihat kelas EF yang ada di Pakuwon Trade Center.



Sebagai penyedia jasa kursus bahasa Inggris, EF English First menjadi pilihan para orangtua dalam mendidik anak-anak menjadi generasi multilingual. EF menekankan kurikulum yang berfokus pada perkembangan anak secara individu dengan melibatkan kegiatan belajar mengajar yang menstimulasi kemampuan anak berbahasa Inggris baik secara lisan, tulisan, maupun kemapuan mendengarkan.




Kurikulum dan guru-guru di EF mengakomodir semua kebutuhan anak sesuai usia melalui cara yang menyenangkan sehingga anak-anak tidak merasa bosan belajar bahasa Inggris. Selain itu anak-anak bisa lebih percaya diri.


Suasana yang menyenangkan dimana setiap kelas akan diberikan tutor yang sudah ahli dan pastinya berstandart internasional. Di EF banyak sekali program yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Misal kita ingin belajar TOEFL untuk tes 3 bulan kedepan. Nantinya kita diarahkan oleh tutor, di kelas mana dan sistem belajar seperti apa yang cocok dan pas untuk kita. Untuk persiapan kerja juga bisa loh, jadi belajar bahasa Inggris di EF sangat menyenangkan menurutku.

Fasilitas di EF English First antara lain :
1. Program untuk segala usia.
2. Sistem belajar yang interaktif.
3. Guru berstandar Internasional.
4. Fasilitas belajar terkini.

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih EF English First
  1. 50 tahun sebagai ahli dalam pendidikan internasional. Di Indonesia sendiri EF berdiri sejak tahun 1995.
  2. Pengajar yang berdedikasim berkualitas, dan bertalenta.
  3. Kolaborasi dengan Cambridge University dan Havard Graduate School of Education.
  4. Terbukti. 95 % orang tua merekomendasikan EF. Terpercaya. EF adalah Official Language Supplier untuk Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade Sochi 2014, dan Olimpiade Rio 2016.
  5. Selalu berinovasi dengan desain sekolah yang modern dan sertifikat yang diakui secara internasional.


Cabang EF English First di Kota Surabaya

1. Plaza 031 548 4000
2. Kayun 031 534 0071
3. Klampis 031 599 8800
4. Bukit Mas 031 567 7600
5. Jemursari 031 849 9900
6. PTC 031 739 2255

Atau bisa kunjungi sosial media EF English First
Facebook : EF Surabaya
Twitter : @efsurabaya
Instagram : @efsurabaya
Website : www.ef.co.id



Related Posts

Belajar Bahasa Inggris, Pentingkah?
4/ 5
Oleh

2 komentar

sangat penting sekali mba belajar bahasa inggris itu, karena bahasa inggris merapakan salah satu bahasa nasional yang kerap dipakai di seluruh dunia mba.

Yup betul, bahasa Inggris termasuk bahasa dunia, mau nggak mau anak harus belajar bahasa Inggris, lebih bagus lagi sejak kecil ya. Jadi inget nih zaman aku kuliah, buku2 pakai bahasa Inggris, jadi mumet bacanya hahaha.

Yuk berkomentar :)