Monday, July 31, 2017

Terbaik Untuk Yang Teristimewa - Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017

Senang sekali rasanya mendengar teman yang baru 2 bulan menikah sudah diberi amanah oleh Allah untuk menjaga janin didalam rahimnya hingga siap terlahir ke dunia. Tidak seperti aku dulu yang harus sabar menanti si kecil 2 tahun 9 bulan lamanya. Berbagai usaha sudah aku lakukan mulai dari cek kesehatanku dan kesehatan suami ke Lab, mengkonsumsi makanan bergizi dan pastinya juga minum susu pra kehamilan. Dan Alhamdulillah dengan usaha yang maksimal akhirnya amanah itu diberikan juga oleh Allah.



Susu pra hamil memang sangat penting bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki keturunan. Aku mengkonsumsi Prenagen esensis selama masa penantian itu. Kandungan Asam Folat, Zink, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Vitamin D, Protein, Mikroenkapsulasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3 dan 6. Susu ini rendah lemak dan tinggi nutrisi jadi tak perlu khawatir takut gemuk.



Karena sudah mengetahui bahwa aku hamil akhirnya aku mencari berbagai informasi tentang kehamilan. Mulai mencari informasi di internet, baca buku tentang kehamilan, dan bertanya pada teman yang sudah berpengalaman. Hal ini bisa menambah wawasan ilmuku tentang hamil dan mengetahui antara fakta dan mitos yang tidak boleh aku lakukan selama hamil. Kurang puas sih sebenarnya tapi... Alhamdulillah waktu itu ada info Prenagen Pregnancy Educational Journey 2015 (PPEJ 2015) yang diselenggarakan di Dyandra Convention Centre. Happy banget pastinya aku, demi si janin agar si ibu tidak salah melangkah dalam merawatnya.

Yuk baca ceritaku di PPEJ 2015 disini dan disini.

Dari PPEJ tersebut aku mendapatkan banyak ilmu. Alhamdulillah selama kehamilan kandunganku baik-baik saja hingga melahirkan. Selama masa kehamilan aku sangat rajin sekali mengkonsumsi susu kehamilan dari Prenangen (Prenagen Mommy). Susu kehamilan juga sangat penting bagi ibu-ibu yang kurang memperhatikan nutrisi makanannya. Karena didalam susu hamil mengandung berbagi nutrisi penting untuk si janin antara lain Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak, Mikroenkapsulasi zat besi, Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, sumber serat, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang ibu. Omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak fungsi otak, dan tumbuh kembang janin.

Prenagen Mommy juga tersedia dalam bentuk UHT. Dapat dinikmati secara langsung loh dan mudah dibawa kemana saja dan kapan saja.



Akhirnya setelah menunggu beberapa minggu si kecil terlahir ke dunia. Kami menyambut dengan tangisan bahagia, haru, dan tak percaya. Akhirnya kami mendapatkan titel sebagai orang tua juga. Dalam merawat si kecil sebenarnya susah-susah gampang sih. Tapi semunya juga butuh ilmu dan aku butuh ilmu itu lagi. Alhamdulillah... di tahun itu ketika si kecilku masih berumur 4 bulan seminar Prenagen Pregnancy Educational Journey ada lagi. PPEJ di tahun 2016 mengambil tema 1000 Hari Pertama Kehidupan. Cocok banget dengan kondisiku dan si kecil saat itu.

Yuk baca ceritaku di PPEJ 2016 disini.




Yang bikin happy di Tahun 2017 ini adalah event Prenagen Pregnancy Educational Journey ada lagi. Hari Minggu tanggal 30 Juli 2017 bertempat di Dyandra Convention Centre Jalan Basuki Rahmat Surabaya para suami istri yang ingin merencanakan kehamilan, ibu hamil dan menyusui bisa mengikuti seminar ini. Pastinya banyak ilmu yang didapatkan setelah mengikuti seminar PPEJ. Dalam seminar PPEJ 2017 ini banyak sekali manfaat yang akan didapatkan, khususnya bagi pasangan suami istri yang memang sedang menanti si kecil.

Sebelum acara dimulai para peserta bisa keliling booth untuk mendapatkan berbagai informasi. Antara lain :

  1. Konsultasi bagaimana cara memandikan dan memijat bayi dengan benar agar bayi tetap merasa nyaman dan tidak kesakitan. 
  2. Melihat dan dapat mencicipi langsung smoothis yang dibuat oleh Chef Eddrian Tjhia. 
  3. Photo Booth bisa sendiri ataupun bersama pasangan. 
  4. Sesi konsultasi dengan para dokter dan cek darah gratis. 
  5. Dapat mencoba merasakan berbagai varian susu hamil dengan mengisi survey dan akan mendapatkan hadiah menarik setelah mengisi survey. 


Setelah puas berkeliling di beberapa booth dan mendapatkan ilmu disana para peserta dipersilahkan masuk untuk mendapatkan materi selanjutnya. PPEJ 2017 mengambil tema "Terbaik Untuk Yang Teristimewa" dengan menampilkan Andien Aisyah yang juga sebagai Brand Ambassador Prenagen tahun 2017. Mona Ratuliu yang menjadi moderator seminar ini dan sebelumnya juga pernah menjadi Brand Ambassador Prenagen tampak anggun dan cantik dengan pakaian berwarna ungu.


Acara PPEJ 2017 inipun didukung oleh Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur yaitu Gus Ipul serta dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Pemerintah Jawa Timur sangat mendukung sekali acara bertajuk seperti ini karena banyak sekali ilmu yang didapat oleh para calon orang tua. Dengan edukasi seperti ini mereka paham betul bagaimana cara mendapatkan calon anak yang mereka harapkan. Pastinya anak yang sehat dan cerdas.


Kita tahu sendiri bahwa Andien sangat sayang sekali kepada si kecil Kawa dibuktikan dengan cara pengasuhan Andien yang kadang berbeda dengan ibu-ibu lainnya namun tetap menunjukkan rasa cinta dan pedulinya kepada Kawa.

Andien juga mendapat support yang luar biasa dari sang suami dari masa kehamilan, melahirkan, hingga menyusui. Mas Ippe panggilan suami Andien mengaku sangat mendukung penuh proses breast feeding istrinya dimana saja dan kapan saja.
Selain itu Andien menjaga kehamilannya dengan memberikan nutrisi dan makanan bergizi. Andien selalu minum air putih biasa atau air hangat, jadi dia tidak pernah minum air es sejak kecil dan sudah terbiasa dengan air putih biasa atau air putih dalam kondisi hangat.


Selain Andien, pembicara lainnya adalah dokter Boy Abidin SpOG.(K) dan dokter Herbowo AF Soetomenggolo, SpA.(K). Kedua dokter tersebut menjelaskan peran penting plasenta, nutrisi ibu hamil, hingga tumbuh kembang si kecil.

Dokter Boy menjelaskan dampak penting kesehatan plasenta untuk perjalanan kehidupan si kecil. Plasenta merupakan penghubung janin dengan ibu. Perlu dijaga dan diperhatikan kesehatan plasenta karena memberikan dampak jangka panjang terhadap si kecil. Plasenta adalah nutrisi si janin itu sendiri, sebagai organ nutrisi maka plasenta harus mendapatkan nutrisi dalam kehamilan. Ibu hamil pastinya butuh nutrisi, dengan makanan yang bergizi dan cukup vitamin serta mineral dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan dipastikan nutrisi untuk si janin mencukupi. Nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil tersebut akan melewati plasenta dan akan dialirkan ke tubuh janin sehingga pemilihan nutrisi yang spesifik buat ibu dan janin harus diperhatikan selama hamil. Ternyata vitamin dan mineral saja tidak cukup untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi susu kehamilan karena didalam susu kehamilan terkandung zat nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan si janin. Peran plasenta dalam kehamilan antara lain :

  1. Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
  2. Membuang zat beracun
  3. Mekanisme imunologi (kekebalan tubuh)
  4. Produksi hormon untuk perkembangan janin

Dilanjutkan penjelasan dokter Herbowo mengenai pengaruh nutrisi terhadap pembentukan sistem saraf si kecil. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Definisi tumbuh adalah bertambahnya ukuran fisik, kuantitatif, ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Definisi kembang menyangkut bertambahnya stuktur dan fungsi tubuh, kualitatif, motorik kasar dan motorik halus serta bahasa.


Faktor tumbuh kembang bisa secara internal dan eksternal. Internal mencakup genetik, ras, usia, dan jenis kelamin. Faktor eksternal mencakup nutrisi, lingkungan, penyakit, dan stimulasi.  Nutrisi penting sekali untuk ibu hamil dan si janin karena akan berdampak terhadap kondisi kesehatan janin. Nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir adalah ASI yang mana nutrisi ASI sangat mempengaruhi pembentukan  sistem syaraf pusat.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dwi Puspita (@dwi__puspita) pada


Pada ASI terkandung laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. Kolestrum pada ASI mengandung tinggi kolesterol penunjang pembentukan mielin (selubung penghantar impuls). Zat besi juga sangat penting untuk perkembangan otak, jika seorang anak kekurangan zat besi pada umur di bawah 6 bulan maka akan memperlihatkan mielin yang kurang sempurna sehingga perkembangan anak terlambat. Untuk mendapatkan anak yang sehat dan cerdas maka harus di mulai dari masa kehamilan dan menyusui.

Olahraga dimasa kehamilan sangat penting bagi ibu hamil dan merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan janin. Selain itu olahraga bisa berdampak dengan persalinan yang lancar. Kehamilan adalah proses kerja keras bagi seorang ibu dan persalinan merupakan usaha yang sangat membutuhkan kemampuan fisik yang sangat hebat tetapi masa pemulihan pada paska kelahiran berjalan bersamaan dengan mengurus bayinya.


Senam PRENAFit merupakan senam khusus untuk ibu hamil dan ibu pasca melahirkan yang memberikan manfaat untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh ibu saat dan pasca melahirkan. Senam ini praktis dan bisa dilakukan dirumah sesuai dengan petunjuk dokter.

Selain itu beberapa manfaat yang bisa didapat oleh ibu hamil jika melakukan senam PRENAFit adalah  membantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalani proses persalinan. Kemungkinan mengurangi resiko terjadinya diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi pada saat hamil, dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata-rata.

Manfaat bagi si bayi sendiri jika si ibu melakukan senam PRENAFit adalah menurunkan resiko obesitas pada bayi, bayi lebih tenang, memiliki skor kecerdasan umum yang lebih tinggi dan kemampuan bahasa lisan yang lebih baik.


Zaman sekarang ibu hamil tidak perlu khawatir. Dengan kemajuan teknologi kini ada aplikasi terbaru yang bisa membantu para ibu hamil. Aplikasi HALLO BUMIL merupakan aplikasi pendamping kehamilan  pertama di Indonesia yang interaktif dan memberikan informasi kepada ibu yang sedang hamil tepat pada waktunya dengan fitur yang dapat membantu para ibu hamil.


Berdasarkan riset yang diadakan divisi digital PT Cakra Radha Mustika Tbk kepada 1000 responden, lebih dari 90% calon ibu membutuhkan informasi mengenai perkembangan janin. Perkembangan janin disini adalah proses pertumbuhan janin dari minggu ke minggu. Dari awal hingga terbentuknya janin atau bayi dengan organ sempurna.

Selain mengawasi pertumbuhan janin, para calon ibu juga membutuhkan informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan mereka. Kedua informasi mengenai nilai gizi dan nutrisi kini tersedia di aplikasi HALLO BUMIL, yaitu Fitur Timeline Kehamilan dimana calon ibu bisa memonitor perkembangan janin dari minggu ke minggu dan Fitur Artikel untuk membaca informasi mengenai kebutuhan nutrisi ibu dan bayi sepanjang usia kehamilan.


Nah para bumil yuk download aplikasi HALLO BUMIL sekarang juga untuk segala informasi tentang kehamilan. Sudah tersedia di Google Play Store.

Banyak manfaat yang aku dapat dari Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017 (PPEJ 2017). PPEJ setiap tahunnya memang bikin nagih dengan ilmu dan sharing dari para pakar. Semua tentang kehamilan dibahas tuntas sehingga para calon orang tua bisa menyiapkan secara matang untuk buah hatinya. Tahun depan datang lagi donk... siapa tahu hamil lagi #eh.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dwi Puspita (@dwi__puspita) pada


Related Posts

Terbaik Untuk Yang Teristimewa - Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017
4/ 5
Oleh

8 komentar

Udah berencana hamiL lagi? Mulai lagi minum prenagen esensis :)

Wiiii beruntungnya udah tau PPEJ dr dulu.. Banyak ilmunya

wah serunya...udah sering ikut PPEJ nih. Saya baru sekali euy, yang PPEJ 2016 di Bandung :)

Wow Mama Ayman rutin datang ke PPEJ 3 thn berturut-turut ya...smg promilnya sukses aamiin 😊

akudulujugapakaiprenagen,karenamemangduluahnyaadaitu

Tahun ini aq ga maksimal karena ga bisa ambil foto yang maksimal. Lupa bawa DSLR juga.
Hiks

Senoga tahun depan bisa

Booth nya seru-seru ya mbak, dan acara PPEJ dari tahun ke tahun selalu penuh

Gimana mbak Dwi, sudah siap-siap adik buat Aiman... susunya prenagen ajaa hehehe

aku doyan yg versi UHT itu mbak. cuma emang di awal awal hamil ogah banget minum susu. yuuuk..insyaallah taun depan kita bisa ketemu lagi di PPEJ :D

Yuk berkomentar :)