60 Tahun Dari Perjalanan Penuh Inspirasi

Aku melihat bapakku duduk-duduk santai di teras rumah sambil menyeruput kopi hitam dengan asapnya yang masih mengebul. Kopi hitam yang setiap pagi ibu buatkan untuk Bapak. Setelah ngopi biasanya bapak siap-siap berangkat mengajar di salah satu Sekolah Dasar yang ada di kampungku. Walaupun Bapak sebagai Kepala Sekolah namun terkadang diwaktu luangnya jika tidak ada rapat beliau memilih mengajar menggatikan beberapa guru yang izin tidak masuk pada hari itu.

Namun, sekarang tidak. Bapak sudah bebas untuk menikmati kopi hitam itu berjam-jam di teras rumah. Pertengahan tahun 2017 kemarin bapak sudah mengakhiri masa jabatannya sebagai Kepala Sekolah alias pensiun. Umur beliau yang sudah 60 tahun memang harus menyudahi karirnya di dunia pendidikan. Bapakku adalah salah satu guru pengajar yang ada di kampungku. Selama pensiun, Bapak memang kurang produktif. Beliau terlalu banyak menikmati kebebasannya dirumah bersama cucu-cucunya. Dulunya selain sebagai Kepala Sekolah yang wira-wiri rapat pun Bapak suka mengajar para murid-muridnya. Beliau memang menyukai dunia mengajar dan anak-anak.

Berbeda sekali dengan Astra, di usianya yang ke 60 tahun terus berbenah. Tidak tinggal diam, Astra terus terpacu untuk memberikan kontribusi yang lebih untuk masyarakat dan negara. Astra terus meningkatkan mutu dan kualitasnya di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan kemajuan pada negeri ini.

Pertama kali aku mengetahui tentang Astra saat melihat simbol di sepeda motor Bapak. Kejadian ini sudah 14 tahun yang lalu saat aku masih SMA.

"Loh Pak, merek sepeda motor Bapak ini Honda atau Astra sih?", tanyaku pada Bapak.



Waktu itu aku memang bener-bener nggak tahu. Bapakku pun menjelaskan bahwa sepeda motor ini dibuat di pabrikan Astra. Pabrikan Astra sudah banyak dan berkembang, tidak hanya sepeda motor, mobilpun ada.

Dan sejak itu aku baru mengerti tentang Astra, sebuah perusahaan besar yang terus maju dan melesat terbang bagaikan burung di negeri tercinta ini.

Sepeda motor yang aku pakai sekarang ada simbol Astranya loh. Ini membuktikan Astra terus maju dan ada untuk kita semua.

"Bapak kalah sama Astra ya…", candaku pada Bapak.

"Padahal usianya sama loh, sama-sama 60 tahun. Hehehe… Astra loh masih tetap berdiri dan terus maju.", celetukku lagi pada Bapak.

Bapakku pun tertawa, dan membalas candaanku dengan kata Iya, iya, dan iya.

"Tapi aku sayang Bapak kok, Bapak sudah cukup produktif untuk keluarga kita sehingga aku mampu kuliah. Terima kasih ya Pak.", akupun memeluk Bapak.


Sumber : www.astra-honda.com



PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.




Sudah tidak asing lagi dengan nama PT Astra Honda Motor, ternyata dari dulu keluarga kami sudah kenal dengan Astra dan memakai salah satu produk pabrikan Astra. Sepeda motor yang aku pakai sehari-hari dari pabrik Astra tepatnya PT Astra Honda Motor.




Tidak hanya sepeda motor ternyata kendaraan roda empat kamipun dari pabrik perakitan Astra, yaitu PT Astra Daihatsu Motor. Jadi, selama ini saya sudah bersahabat dengan Astra hanya dengan menggunakan beberapa produk unggulannya.
Setiap pulang kampung ataupun mudik kami selalu bersamanya. Bengkel resminya dimana-mana, jadi sangat memudahkan kami saat akan melakukan service berkala.






PT Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah agen tunggal mobil Daihatsu di Indonesia, yang didukung oleh jaringan distribusi di seluruh Indonesia dibawah pengelolaan Daihatsu Sales Operation (DSO). Sesuai dengan slogan “Daihatsu Sahabatku”, Daihatsu di Indonesia terus mengedepankan pelayanan dan inovasi untuk memanjakan dan memudahkan pelanggan layaknya sahabat yang handal dan terpercaya.


Sumber : www.astra.co.id

Astra menawarkan ragam pilihan dan model terbaru kendaraan bermotor sesuai kebutuhan konsumen, mulai dari sepeda motor Honda hingga berbagai ukuran mobil dan truk bermerek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot dan UD Trucks.

Astra juga memastikan kemudahan jangkauan bagi konsumen untuk pembelian, pemeliharaan dan perawatan kendaraan dengan jaringan distribusi dan layanan terluas di Indonesia, didukung oleh jajaran perusahaan pembiayaan Astra yang menawarkan kredit konvensional dan syariah yang terjangkau serta variasi jenis suku cadang dan aksesoris otomotif hasil produksi Astra Otoparts.

Komitmen untuk memaksimalkan kepuasan dan loyalitas pelanggan pada setiap tahap pembelian dan kepemilikan kendaraan dilengkapi dengan berbagai layanan, mulai dari bantuan konsultasi, penawaran fasilitas pinjaman pembelian, perlindungan asuransi serta akses layanan darurat dan keluhan pelanggan yang tersedia melalui AstraWorld.

Sumber : www.astra.co.id

Astra adalah salah satu perusahan besar yang ada di Indonesia. Produktif disegala bidang, baik itu SDM, lingkungan, sosial serta produk dan layanan.

Sumber Daya Manusia sangat penting bagi Astra karena merupakan aset utama yang memegang perang penting bagi pencapaian kerja perusahaan yang berkelanjutan. Sudah 33 tahun Astra memberikan penghargaan kepada insan yang berkompeten dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh insan Astra dalam program InnovAstra. Pantes saja Astra selalu ingin maju karena didukung pula dengan SDM yang berkompeten.

Mewujudkan mimpi bangsa untuk selalu memajukan SDM di segala bidang dan membentuk masyarakat yang mandiri.


Sumber : www.astra.co.id

Tujuan bisnis Astra adalah agar dapat sejahtera bersama bangsa, yang didasarkan pada filosofi para pendiri perusahaan. Karena pelanggan adalah pemangku kepentingan utama, maka demi menghasilkan produk yang berkualitas, bisnis Astra tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, sebagai bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan. Pelanggan adalah hal yang paling penting bagi semua bisnis, tanpa mereka bisnis apapun tidak akan berjalan. Oleh sebab itu, pelanggan akan dinomersatukan dengan segala pelayanan yang maksimal agar mereka selalu puas.


Hal ini sejalan dengan butir kedua Catur Dharma, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Astra juga berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan, dan bertanggung jawab kepada karyawan, dengan menciptakan keseimbangan antara kepentingan bisnis, sosial, dan lingkungan. Tidak hanya memikirkan urusan perusahaan saja, namun memikirkan kepentingan lain yang masuk dalam hajat hidup banyak orang. Membantu memajukan UMKM seperti memberikan pelatihan-pelatihan untuk UMKM bengkel agar lebih profesional dalam menangani pelanggan.

Dengan pendekatan yang terintegrasi dari 4 pilar tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) Astra (Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, Astra Untuk Indonesia Kreatif), Astra berinisiatif untuk memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Astra juga melaksanakan SATU Indonesia Awards sebagai ajang untuk mencari pemuda-pemudi Indonesia berbakat yang memiliki semangat sejalan dengan Astra untuk senantiasa berkarya dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Catur Darma Astra selalu menjadi pedoman, agar Astra bisa terus memberikan inspirasi kepada masyarakat.



Sumber : www.astra.co.id


Astra tidak tinggal diam, melalui yayasan yang dimilikinya terus memberikan pelatihan kepada masyarakat. Pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada seluruh UKMK di Indonesia. Sehingga dengan adanya pelatihan ini para UMKM bisa belajar lebih dalam lagi dan lebih terampil dalam menjalankan bisnisnya.

Sampai sekarang 60 tahun perjalanannya yang penuh inspirasi Astra terus memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi banyak orang. Sesuatu hal yang tidak pernah disangka sebelumnya, sebuah perusahaan besar yang terus ingin memajukan bangsa dengan memberikan keterampilan-keterampikan untuk masyarakat agar bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya untuk terus berkembang layaknya Astra.

Salam,
Dwi Puspita


2 comments:

  1. waktu kecil, aku dulu juga bingung mbak, antara honda, astra sama astrea hihihi

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)