Thursday, December 21, 2017

Rencana Liburan Akhir Tahunku Bersama Keluarga

Liburan akhir tahun? Hmmm... kemana ya enaknya.
Gegoleran di kasur... ah nggak seru. Nggak bisa melihat kembang api dan mendengar saut-sautan terompet.
Bakar jagung, tapi dimana? Harus di lahan luas biar asapnya terbang bebas di udara.
Atau... jalan-jalan ala traveller yang sedang berada di Kota orang. Capek tinggal mampir dihotel lalu gegoleran di kasur empuk. Ide bagus tuch.
Tapiiii....
Enaknya kemana ya liburan akhir tahun ini?
.
.
.
Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan.
Rek ayo rek rame-rame bebarengan.

Liburan akhir tahun nggak perlu jauh-jauh. Cukup kota sendiri saja yang dijelajahi. Banyak sekali tempat wisata yang belum aku jamah di Kota Pahlawan yang terkenal dengan banyak Taman asrinya ini.

Rencana liburan akhir tahunku bersama keluarga di Kota Pahlawan adalah pantai. Yach Surabaya punya pantai loh. Sekarang sudah bagus dan indah dipandang mata agar para wisatawan betah dengan satu-satunya wisata pantai yang ada di Surabaya. Terdapat Jembatan yang keren dan gagah banget, jembatannya layaknya negara sebelah, keren abiz buat foto-foto. Disana para pengunjung bisa melihat kampung warna-warni yang indah ditemani semilir angin dari atas Jembatan Kenjeran. Yach... namanya Jembatan Kenjeran atau Jembatan Suroboyo.





Tak perlu bingung dengan kuliner, disekitar wisata ini cukup banyak kuliner seperti lontong kupang yang ngehitz. Ada juga sate kerang yang maknyuzzz banget rasanya. Sedappp deh pokoknya.

Kalau perlu ikan bakar atau ikan asap dengan berbagai jenis ikan, Kenjeranlah tempatnya. Banyak para wisatawan yang mampir dan membeli ikan asap ini loh. Selain harganya sangat terjangkaupun rasanya endes banget. Cocok banget dicocol dengan sambel. Rugi deh ketempat ini tapi nggak beli ikan asapnya.


Untuk main-main ke Jembatan Kenjeran ini pengunjung tidak dipungut biaya, alias gratisss. Seru kan... puas-puasin menikmati Selat Madura, puas-puasin melihat Jembatan Suramadu dari Jembatan Kenjeran ini.

Nah kalau mau ke Taman Hiburan "Atlantis Land Surabaya" yang termasuk tempat wisata keluarga baru di Surabaya ini para pengunjung harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Wahana ini hampir sama dengan Dunia Fantasi, Ancol yang ada di Jakarta.
Oh ya, jangan lupa main ke Jembatan Suramadu ya. Jembatan yang paking panjang se Asia Tenggara.




Selanjutnya rencana liburan akhir tahunku yang kedua, aku dan keluarga mau bermain ke Monkasel. Museum Kapal Selam ini menyimpan berbagai pengetahuan tentang seluk beluk kapal selam. Disini kita juga dapat menyaksikan Kali Mas yang bersih tanpa sampah. Jujur, walaupun sudah bolak balik keluyuran Surabaya tapi aku belum pernah masuk ke dalam Museum Kapal Selam ini. Terakhir cuma foto-foto di luar museum ini mengambil latar Kapal Selam.
Nah, mumpung liburan akhir tahun bareng keluarga sepertinya menjadi waktu yang tepat buat melihat isi didalamnya.



Selain mendapat pengetahuan baru tentang apa saja yang dimiliki oleh Kapal Selam pun bisa mengajak keluarga senang-senang. Letak dari Monumen Kapal Selam ini di tengah Kota, jadi hanya tinggal jalan saja ke pusat perbelanjaan yang ada disebelahnya. Itupun kalau kita ingin shopping ngabisin duit di liburan akhir tahun ini. Hehehe...


Destinasi selanjutnya adalah Kebun Binatang Surabaya.
Letaknya berada di tengah Kota, sangat mudah sekali menemukan tempat ini. Tempat ini dilewati berbagai angkutan umum dan tak perku bingung lagi karena sudah ada berbagai jasa kendaraan online yang dapat mengantarkan para traveller ke tempat ini. Layaknya Kebun Binatang pada umumnya yang banyak sekali macam satwa didalamnya. Cocok sekali untuk liburan keluarga dengan mengajak anak. Memperkenalkan aneka jenis dan nama hewan kepada si kecil untuk menambah pengetahuannya.
Aku belum pernah masuk ke dalam Kebun Binatang ini, jadi penasaran aja didalamnya seperti apa. Maklum... dulu belum ada si kecil jadi minat untuk melihat hewan-hewan tersebut masih belum ada. Semenjak ada si kecil hasrat untuk mengenalkan satwa padanya seketika tumbuh begitu saja. Aku sangat semangat sekali untuk liburan akhir tahun bersama keluarga di Kebun Binatang Surabaya.


Selanjutanya ke Taman Flora, taman ini hampir sama dengan Kebun Binatang sebenarnya, tapi macam satwanya kurang lengkap. Di Taman Flora para pengunjung akan dimanja, karena ditempat ini selain memiliki tempat yang sangat rimbun dan kaya akan oksigen pun banyak sekali aneka macam permainan untuk anak-anak. Mulai dari jungkat-jungkit, perosotan, dan macam permainan lainnya. Tempat ini selalu digunakan untuk outbond anak-anak TK ataupun playgroup.




Tak perlu bingung, karena tiket masuknya gratis hanya saja pengunjung perlu membayar uang parkir kendaraan.
Untuk masalah kuliner tempat ini dekat banget dengan Sentra Kuliner. Jadi setelah puas bermain tinggal melipir saja. Beres kan.


Selanjutnya naik perahu di Wisata Perahu Kali Mas di Taman Prestasi SurabayaMungkin sebagian warga Kota Surabaya sudah banyak mengetahui tentang Taman Prestasi ini, mungkin juga ada yang belum mengetahuinya. Taman yang menjadi tempat bersantai dan berkumpulnya warga Surabaya di akhir pekan ini memang sangat recomended untuk para keluarga. Di taman ini terdapat Monumen Pesawat Bomber B - 26 Intruder yang diresmikan walikota Surabaya waktu itu, yaitu Bapak Bambang Dwi Hartono di Surabaya pada tanggal 19 Juli 2006. Wow... sudah 10 tahun rupanya.




Disini juga ada wisata perahu menyusuri Kali Mas. Biaya perorang dikenakan 4ribu rupiah. Untuk anak dibawah 2 tahun nggak usah bayar. Jam operasionalnya sore hari atau setelah maghrib, so kalau mau wisata perahu di Kali Mas datang saja saat sore hari habis sholat Ashar. Sholat Maghribnya di Musholla disamping food court. Walau Mushollanya kecil tapi syukur-syukur ada tempat ibadah, dari pada tidak ada. Namun alangkah baiknnya jika Musholla di taman ini lebih diperindah lagi. Insyaallah bikin betah. Liburan akhir tahun ini aku ingin mengajak Ayman naik perahu lagi, soalnya Ayman sangat exited dengan air.



Traveller dari luar daerah kayaknya belum lengkap kalo lagi travelling ke Surabaya belum mampir ke Tugu Pahlawan. Salah satu icon Kota Pahlawan selain ikan Suro dan Boyo. Tugu Pahlawan menjadi ciri sendiri dari tugu-tugu di Indonesia. Menyimpan banyak sejarah dan pastinya di tempat ini juga ada museum tentang barang-barang serta dokumen-dokumen pada saat zaman kemerdekaan dulu. Untuk masuk meseum wajib bayar tiket, namun jika kita hanya ingin foto-foto di Tugu Pahlawan saja sembari menikmati hijaunya rumput kalian tidak akan dikenakan tiket masuk. Hanya saja yang membawa kendaraan wajib bayar parkir ya. Yah... liburan akhir tahun kira-kira rame nggak ya. Mau ke tempat ini lagi ah.





Capek muter-muter Surabaya sepertinya aku dan keluargaku butuh penginapan yang sangat recomended dan nyaman. Maunya sih yang berada di tengah kota biar bisa jalan-jakan malam menikmati keindahan Kota Surabaya. Aku ingin mengajak anak dan suami menikmati kerlap kerlip lampu di malam hari. Maklumlah, tinggal di perbatasan Surabaya hampir tiap hari kami tidak menjumpainya.

Rasanya aku akan memilih penginapan di RedDoorz near Tunjungan Plaza yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman No. 43-45, Embong Kaliasin, Panglima Sudirman, Surabaya.

Oke deh... itu adalah rencana liburan akhir tahunku yang tinggal beberapa hari lagi. Menikmati Kota Surabaya dengan segala hiruk pikuknya dan tidur nyaman di penginapan RedDoorz.

Salam,
Dwi Puspita



Related Posts

Rencana Liburan Akhir Tahunku Bersama Keluarga
4/ 5
Oleh

3 komentar

Huwoow destinasi nya layak dikunjungi banget, happy holiday yak :)

Ternyata banyak juga ya tempat wisata dan kuliner di Surabaya. Jalan-jalan bareng keluarga pasti jadi lebih seru ya mba, salam kenal mba. BTW saya juga ikutan loh, KUYlah mampir dan berkunjung sejenak ke blog Ndeso saya....

Wah Surabaya kota besar ya, mirip Jakarta, ramai pastinya dan wisatanya banyak

Yuk berkomentar :)