Friday, December 08, 2017

Semangat UMKM Untuk Maju Bersama Astra

Mendengar UMKM mungkin yang terlintas dipikiran banyak orang adalah wirausaha sederhana yang bergerak di rumah-rumah. Biasanya dilakukan oleh seorang bapak atau ibu yang ingin menekuni keahliannya.

Jika seorang bapak yang menjalankan usaha rumahan ini tak lain usahanya bergerak dibidang mebel, barang kerajinan yang terbuat dari kayu, bengkel dan pengolahan barang-barang bekas seperti logam yang diberdayakan menjadi nilai jual yang tinggi. Sedangkan jika seorang ibu yang menjalankan usahanya tak luput usahanya berupa membuat kue kering, bros handmade, tas handmade, dan macam aksesoris lainnya.

Seperti itulah usaha yang mereka lakukan agar tetap bisa bertahan hidup dengan memperdayakan kemampuan dan ilmu yang dimilikinya. Terlebih lebih jika ada para tetangga yang menganggur kemudian bisa mereka ajak kerjasama alias bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya juga. Intinya selain mereka pelaku usaha ingin mendapat keuntungan dari bisnisnya mereka juga ingin membantu para tetangga yang tidak memiliki pekerjaan.




Banyak sekali para UMKM yang merintis dari modal kecil hingga menjadi usaha yang maju dan berkembang. Dengan sedikit ketekunan yang mereka miliki agar usahanya bisa terkenal dan disukai banyak orang. Yah... sudah pasti semuanya butuh proses untuk mencapai itu semua.




Proses itu sangat mudah jika kita memiliki keinginan yang kuat dalam mengembangkan usaha dan bisnis yang kita miliki. Apalagi sekarang Astra siap membantu para pelaku usaha yang ingin sukses seperti pebisnis lainnya. Perusahaan besar seperti PT Astra Internasional melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra sangat peduli terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah yang ada di Indonesia.


Salah satu program pengembangan UMKM yang dilakukan YDBA, yaitu pelatihan. Proses pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan public training dan in house training. Hingga saat ini YDBA telah memiliki 14 modul pelatihan yang diberikan kepada UMKM mitra YDBA. Keempat belas modul tersebut, yaitu :

1. Mentalitas Dasar bagi Karyawan (Basic Mentality)
2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L)
3. Manajemen Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin (5R) 
4. Manajemen Supervisi
5. Quality Control Circle (QCC)
6. Sistem Manajemen Mutu Pengantar ISO 9001
7. Total Productive Maintenance (TPM)
8. Cost Reduction Program (CRP)
9. Human Resource Officer Development Program (HRODP)
10. Product Planning Inventory Control (PPIC)
11. Lean Production System (LPS)
12. Value Analysis Value Engineering (VAVE)
13. Perpajakan untuk UKM
14. Astra Management System (AMS)



Surabaya salah satunya, banyak para pelaku UMKM yang telah maju bersama Astra. Untuk menjadi mitra Astra sangat mudah syaratnya asalkan pemilik bisnis/usaha memiliki kemauan kuat untuk berkembang, meskipun mereka baru saja memulai bisnisnya. Tak perlu takut untuk mencoba hal baru seperti ini, apapun usaha yang kita miliki jika kita memiliki keyakinan bahwa usaha kita akan berkembang maka segera bergabung dengan perusahaan yang sudah memiliki nama besar untuk menjalin kerjasama.

Mereka para pelaku bisnis bisa mendaftarkan langsung usahanya ke Yayasan Dharma Bhakti Astra atau melalui Lembaga Pengembangan Bisnis milik Astra yang tersebar di 12 kota di Indonesia termasuk Kota Surabaya ini.

Nantinya para pelaku usaha akan mendapatkan bekal ilmu seperti pelatihan. Tidak lepas begitu saja, Astra akan selalu melihat konsistensi para pelaku usaha apakah mereka akan terus maju atau tidak.

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

Cocok sekali industri kreatif semacam UKM dan UMKM Kota Surabaya ini mendapat dukungan dari Astra untuk meningkatkan edukasi masyarakat dan pastinya menjadi semakin kreatif. Para pelaku usaha mendapat pembinaan lebih dan dapat ilmu tentang usaha kreatif ini. Masyarakat Surabaya juga dapat mendukung dan memajukan industri-industri kreatifnya dengan banyak cara, salah satunya adalah pembinaan dan pelatihan untuk mereka yang ingin belajar berwirausaha.

Pada tahun 2014 Grup Astra wilayah Surabaya tertarik untuk menjadikan kampung Keputih Tegal sebagai salah satu Kampung Berseri Astra. Kampung Keputih Tegal Timur terpilih karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata lingkungan kampung baik, warga kampung memiliki sifat gotong royong serta memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan progam tanggung jawab sosial.

Program pembinaan Kampung Berseri Astra ini merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia, yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.




Di ulang tahun Astra yang ke 60 ini, Astra ingin terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dan selalu ingin membangun 4 pilar CSR yaitu :

1. Astra Kreatif
2. Astra Hijau
3. Astra Cerdas
4. Astra Sehat


Tidak mudah memang membangun perusahaan selama 60 tahun hingga tetap kokoh seperti Astra. Menebar kegiatan positif kepada masyarakat dan mengajak maju bersama.
Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” 

Perjalanan penuh inspirasi Astra ini semoga berlanjut hingga nanti yang akan memberikan berbagai dampak positif untuk seluruh bangsa Indonesia. Memberikan peluang-peluang baru pada penerus bangsa untuk tetap maju dan tak mudah putus asa.



Related Posts

Semangat UMKM Untuk Maju Bersama Astra
4/ 5
Oleh

2 komentar

ASTRA emang luar biasa ya mba
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Semanga terus ya semoga ke depan lebih baik lagi UMKM ini :)

Yuk berkomentar :)