Sunday, January 21, 2018

Serunya Finna Foodies Cooking Competition di Food Junction Grand Pakuwon

Minggu, 21 Januari 2018 bertempat di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya kami para blogger, youtuber, vlogger, selebgram, foodblogger berkumpul untuk mengikuti Finna Foodies Cooking Competition. Sebanyak 30 peserta dan pasangannya pastinya sudah mempersiapkan untuk kerjasama dalam lomba memasak ini. Aku sendiri berpasangan dengan suamiku untuk memasak menu yang masih menjadi rahasia ini. Jurinya maknyesss banget loh, Chef Ken dan Inijie yang memang jago dalam masalah makanan.



Para peserta yang nantinya memenangkan kompetisi Cooking ini akan mendapatkan hadiah berupa :

Juara I : Rp. 2 juta + Goody Bag Finna

Juara II : Rp. 1,5 juta + Goody Bag Finna

Juara III : Rp. 1 juta + Goody Bag Finna

Best Photo : Rp 500 ribu + Goody Bag Finna

Dan akan dipilih 2 team (kelompok) terbaik oleh juri yaitu Inijie dan Chef Ken.

Dalam perlombaan ini yang terdiri dari 30 kelompok peserta, 1 kelompok peserta terdiri dari 2 orang. 2 orang ini bisa siapa saja, boleh ngajak suami, teman, gebetan, ataupun soulmate. Pokoknya boleh bawa siapa saja.



Sebelum lomba dimulai, dari masing-masing kelompok maju untuk tasting semua varian dan nantinya harus memilih 2 varian Sambal Uleg Finna dan kerupuk yang akan dipilih untuk masakan yang akan dilombakan nanti.

Ada 4 macam varian Sambal Uleg Finna, antara lain :

  • Sambal Uleg Terasi
  • Sambal Uleg Bawang
  • Sambal Uleg Pedas
  • Sambal Uleg Ijo

Untuk kerupuknya ada 2 pilihan kerupuk yaitu kerupuk rasa udang dan rasa bawang, semuanya by Finna. Aku memilih Sambal Uleg Terasi dan Sambal bawang, sedangkan kerupuknya memilih kerupuk rasa udang.

Semua varian Sambal Uleg Finna enak banget, bingung sih sebenarnya. Tapi karena maksimal harus memilih 2 ya sudah, pilihan jatuh pada Sambal Uleg Terasi dan Sambal Uleg Bawang.



Di meja masing-masing peserta lomba sudah siap kompor, trash bin, frying pan, spatula, pisau, garpu, sendok, dinner plate, mangkok, 2 botol air, garam, gula, dan minyak goreng.





Jujur saja, aku dan suamiku agak riweuh dalam cooking competition ini, masalahnya kami bingung mau masak apa setelah melihat beberapa bahan yang ada di dalam mistery box. Para peserta memang belum tahu, menu apa yang harus mereka masak nantinya, semacam surprise gitu setelah membuka Mistery Box.



Mistery Box milik kami berisi jagung manis, lobak putih, daun bawang, bawang Bombay, bawang putih, timun, kecap asin, sawi, ikan tuna dalam kemasan, cabe merah, Finna Saus Sambal Ekstra Pedas, Finna Innasuki Sauce. Garnish package nya ada tomat cherry, alfalfa, peterseli, bawang goreng, daun bawang, dan jeruk limau.



Dalam lomba ini nantinya para peserta wajib untuk menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban dan sikap saling menghargai antar peserta dan panitia lain. Soalnya masuk dalam penilaian gaes.

Waktu yang disediakan juga cukup singkat, yaitu 90 menit dimana para peserta akan membuat kreasi makanan sesuai bahan yang ada di Mistery Box. Akupun bekerjasama sebaik mungkin dengan suami, saat suami membuka bungkusan dari bahan-bahan tersebut, aku sibuk mencuci dan mengiris bahan-bahannya. Yach, tetep ajariweuh hahaha. Tapi kami happy.

Di acara kompetisi ini kami merasakan quality time bareng suami, memasak bareng. Jarang-jarang memasak bareng dan diburu waktu seperti ini. Seru banget pokoknya.



Tidak sampai 90 menit hasil kreasi masakan kami selesai. Segera kami menuju Photo Station yang telah disiapkan panitia untuk memoto dan menguploadnya di Instagram. Yach, itu adalah syarat dalam perlombaan ini juga untuk menjadi calon pemenang. Yang jago photo pasti cetar deh hasil fotonya, sayangnya hasil fotoku pas-pasan dan hanya bisa dinikmati oleh aku sendiri. Hehehe

Setelah difoto baru bisa diupload dengan menggunakan hastag #FinnaFoodiesCokkingCompetition untuk dijadikan penilaian lomba foto.

Taraaaa... Inilah hasil masakan team kami, aku dan suami. Namanya Oseng Jagung Manis a la Sambal Uleg Finna.



Jagung manis, sawi, lobak putih dicampur menjadi satu dengan tuna yang sudah di oseng sebelumnya. Hmmm rasanya mantab menurutku, menurutku loh yaaaa bukan menurut juri. Bumbu yang dipakai adalah bawang putih, bawang Bombay, dan daun bawang yang di oseng menjadi satu dengan ikan tuna dalam kemasan kaleng. Baunya menggoda banget, bener-bener bikin lapar. Sedikit-sedikit aku mencoba mencicipi hasil masakan team kami ini. Enak deh pokoknya.


Chef Ken dan Inijie pun datang ke meja kami untuk menilai tampilan masakan dan rasa dari masakn kami. Tidak jelek-jelek banget kan kreasi masakan kami Chef? Hehehe




Sepertinya semua peserta sudah menciptakan hasil masakannya tak lebih dari 90 menit. Sehingga Chef Ken dan Inijie pun bergerilya dating ke meja satu ke meja lainnya untuk memberikan penilaian. 


Yang ditunggu akhirnya tiba, yaitu pengumuman pemenang. Sayang, team kami belum beruntung, tapi Alhamdulillah masih bisa membawa Goody Bag Fiinna. Isinya lengkap, cukuplah untuk perlengkapan masak selama sebulan.


Related Posts

Serunya Finna Foodies Cooking Competition di Food Junction Grand Pakuwon
4/ 5
Oleh

8 komentar

Waww cooking class ya. Hiehiehiee Asyiik acaranya secara saya suka makan soalnya mbakyu Hiheiheiiee. Endorse nih kayaknya

Wah saya baru tau mba, Finna punya sambal uleg. Seru juga ya masak dg bahan2 yg masih misteri. Ga ada persiapan apa2 jadinya 😁

Aiman ikut masak jugakah mbaaa?
Seruuuu!
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Punyamu ada lobak nya, Wik? Punyaku ada bengkuang sama gambas rasa timun. Mbuh buah apa namanya itu. Pokoke tak kupas, tak potong, sebar ke atas wajan haha..
Masakanku juga enak, Wik. Sayang kemarin gak bawa kotak buat bungkus diicipin orang rumah hehe

Coba disediakan plastik ato apa ya buat bungkus hasil masakannya heheh lumayan olahan daging pake mete

Alhamdulillah... Seru banget yaaa.. plus dapat banyak ilmu.. 😁

waahh kita sempet foto bareng tapi gak icip2..

Asyik bgt ya, seru acaranya... Saya suka beli kerupuknya, br tau tnyt ada sambel jg

Yuk berkomentar :)