Thursday, March 08, 2018

Lakukan 6 Cara Ini Agar Kamu Terhindar Dari Anyang-Anyangan

Sudah pernah dengar anyang-anyangan? Anyang-anyangan adalah kondisi dimana keadaan kebelet pipis tapi saat pipis yang keluar hanya sedikit dan itupun sangat perih disertai dengan kondisi sakit dan panas. Siapapun tidak ingin mengalaminya, tapi ternyata banyak sekali yang menderita anyang-anyangan.

Saya pernah mengalaminya, saat saya hamil beberapa tahun yang lalu. Ternyata anyang-anyangan tidak hanya diderita oleh ibu hamil, namun semuanya bisa mengalaminya. Baik itu anak kecil, orang dewasa, maupun orang tua dengan tidak melihat gender pria ataupun wanita.



Penyakit yang bisa diderita pria maupun wanita, namun kenyataannya menurut survey, 50 persen resiko penderitanya adalah wanita. Hal ini dikarenakan jarak saluran kemih ke saluran pembuangan air besar wanita lebih dekat (pendek) jika dibandingkan dengan saluran pria.


Lakukan 6 cara ini agar kamu terhindar dari anyang-anyangan.

1. Ganti celana dalam sesering mungkin

Biasanya kalau kita sering BAK pasti celana dalam yang kita pakai lembab atau basah. Ternyata celana lembab dan basah ini bisa menyebabkan awal mula anyang-anyangan. Disebabkan adanya kuman, bakeri maupun sejenisnya yang nantinya akan beresiko munculnya anyang-anyangan. Untuk mencegahnya rajinlah mengganti celana dalam 3-5 kali sehari atau saat celana dalam lembab. Usahakan menjaga kebersihan area sendiri maupun celana dalam.

2. Pastikan toilet saat kamu BAK bersih

Toilet bersih pastinya mengurangi resiko bakteri menempel di area toilet tersebut. Karena jika toilet kotor, sadar atau tidak disadari toilet tersebut termasuk sumber penyakit. Toilet kotor adalah sarang bakteri dan kuman. Jadi hati-hati jika BAK maupun BAB di toilet yang kotor. Toilet kotor awal mula timbulnya penyakit anyang-anyangan. Jadi pastikan kalau ke toilet, toiletnya bersih dan kering.

3. Jangan pernah menunda BAK

Jangan pernah menunda BAK, kalau kebelet pipis segera saja dikeluakan agar tidak berampak penyakit ini lebih parah. Justru dengan menahan BAK maka resiko penyakit anyang-anyangan akan semakin nyata. Nggak mau kan penyakit anyang-anyangan menghampiri. 

4. Membasuh tangan dengan benar

Membasuh tangan dengan benar menggunakan cairan pembersih tangan/ sabun cuci setelah BAB maupun BAK agar bakteri e-coli tidak menempel pada saluran kemih.

5. Olahraga, istirahat yang cukup dan rajin mengkonsumsi air putih

Hidup sehat itu perlu. Salah satunya adalah rajin berolahraga, hidup sehat dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan pastinya mengkonsumsi air putih. Semua kegiatan tersebut pastinya akan berdampak sekali pada kesehatan tubuh dimana organ lainnya akan saling mengikuti. Namun ternyata minum air putih saja tidak cukup untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 



6. Rajin mengkonsumsi Uri-Cran

Air putih saja tidak cukup untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Kita perlu mengkonsumsi ekstrak cranberry yang sangat baik untuk anyang-anyangan. Ekstrak Cranberry mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. Ekstrak Cranberry ini aku dapatkan pada sebungkus Uri-Cran, Uri-Cran tersedia dalam bentuk kapsul dan powder (bubuk) sachet yang dapat membantu mengatasi anyang-anyangan. 




Setiap hari aku selalu mengkonsumsi Uri-Cran bubuk yang aku campur dengan air kemudian aku aduk dan tinggal meminumnya. Rasanya segar dan ada manis-manisnya, aku sangat menyukainya. Kini tak perlu repot-repot lagi mencari buahnya dan mengolahnya menjadi minuman sebagai obat karena sudah ada Uri-Cran.




Cranberry merupakan tanaman jenis berry yang termasuk tanaman yang tumbuh liar dan memiliki banyak kesamaan dengan blueberry. Perbedaannya hanya pada cranberry mempunyai warna merah tua. Buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah.


Cranberry bisa juga digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.




Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.

Nah, dengan adanya Uri-Cran udah nggak takut lagi anyang-anyangan datang. Kamu juga bisa mencegah anyang-anyangan dengan 6 cara yang sudah saya jelaskan di atas.


Salam,
Dwi Puspita


Related Posts

Lakukan 6 Cara Ini Agar Kamu Terhindar Dari Anyang-Anyangan
4/ 5
Oleh

7 komentar

Aku minum iniii, terutama saat mudik. Tahu sendiri toilet di rest area gak dijamin kebersihannya. Khawatir ada kuman nempel.

Aku pernah kena anyang-anyangan lumayan parah, Mba Dwi. Sampai harus ketemu dokter. Makanya habis itu kapok, dan berusaha banget jaga kebersihan area intim. Yang ganti celana dalam itu iya banget, Mba. Sama banyak minum air putih.

Anyang2an itu gak enak banget,udah selasai pipis mau pipis lagi. Sampai lama di toilet huhu

Pas sempet kena anyang-anyangan, daku minum ini. Enak rasanya dan khasiatnya tokcer.

Solusinya praktis banget, ya :)

Aku kalo pas anyang-anyangan mesti rajin minum air putih hangat

ada masa-masanya saya sering nunda mbak.
Dan hasilnya.... ah sudahlah

Yuk berkomentar :)