Rencanakan Jaminan Pengobatan Sebelum Sakit Tiba

Ini cerita saya tentang mengurus BPJS Kesehatan. Saya mendaftar secara mandiri setelah saya resign dari tempat kerja saya. Dulunya saya ikut asuransi suami, katanya sih kantor suami yang bayar. Tapi semenjak suami pindah kerja akhirnya asuransi kesehatan itu tidak bisa dipakai lagi. Ya sudah, akhirnya saya mendaftar lewat online saja.

Alasan saya mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri salah satunya adalah saya menyiapkan bekal, jika suatu hari saya sakit dan butuh biaya banyak maka saya dan pihak keluarga tidak perlu khawatir dengan masalah biaya.

Kesehatan merupakan hal yang begitu penting yang harus dimiliki dalam hidup. Tidak hanya saya, namun seorang baik tua, muda, ataupun yang masih bayi.

Sehat menjadi modal utama untuk menikmati hidup. Sebab, sebanyak apa pun kekayaan yang dimiliki, seindah apa pun hidup yang dijalani, selama apa pun usia, akan terasa sia-sia jika hidup dalam penderitaan penyakit tertentu.




Kondisi seperti ini tidak mudah, untuk tetap sehat pastinya kita butuh pola hidup sehat. Tak jarang jika kesehatan banyak dihiraukan oleh sebagian masyarakat. Gaya hidup yang dijalani sebagian masyarakat pun cenderung tidak sehat. Konsumsi makanan sembarangan, minimnya olahraga, atau kurangnya kesadaran untuk hidup sehat menjadi kondisi yang begitu mudah ditemukan.

Kesadaran biasanya baru muncul kemudian, ketika sudah benar-benar terserang penyakit yang mematikan. Tak hanya berbahaya dari segi kesehatan, kondisi terserang penyakit tersebut juga harus dipersiapkan dengan baik dari segi keuangan.Tidak mudah memang, tapi faktanya kita butuh uang untuk berobat.

Pemerintah tahu betul akan kondisi ini dengan menghadirkan program BPJS Kesehatan. Dengan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan secara rutin setiap bulannya, seseorang dapat memperoleh jaminan pengobatan penyakit dengan biaya yang lebih bersahabat.


Cara mendaftarnya sangat mudah, buka saja website https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ dan carilah "pendaftaran online" pada menu.

Nantinya akan muncul dialog seperti ini. Diharap para peserta yang akan mendaftar membaca dengan seksama agar tidak ada pihak yang dirugikan dikemudian hari.

_________________________________________________________

MOHON MEMBACA DENGAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN SITUS INI

Pernyataan menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan :

Penggunaan Website Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan dilakukan oleh pengguna yang menyatakan setuju dan menerima syarat dan ketentuan Pendaftaran
Peserta BPJS Kesehatan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. Jika Peserta tidak menyetujui syarat ketentuan ini, Peserta tidak diperkenankan menggunakan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan kapan pun dapat mengubah syarat dan ketentuan penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan yang akan berlaku kepada seluruh pengguna Website Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan.

Syarat dan Ketentuan :

1. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus memiliki usia yang cukup secara hukum untuk melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan

2. Mengisi dan memberikan data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan,

3. Mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

4. Membayar iuran setiap bulan selambat-lambatnya tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan

5. Melaporkan perubahan status data peserta dan anggota keluarga, perubahan yang dimaksud adalah perubahan fasilitas kesehatan, susunan keluarga/jumlah peserta, dan anggota keluarga tambahan

6. Menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaat oleh orang yang tidak berhak

7. Melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan

8. Menyetujui membayar iuran pertama paling cepat 14 (empat belas) hari kalender dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan

9. Menyetujui mengulang proses pendaftaran apabila :

a) Belum melakukan pembayaran iuran pertama sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kalender sejak virtual account diterima; atau

b) Melakukan perubahan data setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak virtual account diterima dan belum melakukan pembayaran iuran pertama


10. Menyetujui melakukan pencetakan e-id sebagai identitas peserta

11. Perubahan susunan keluarga dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat


__________________________________________________________________


Syarat dan ketentuan tersebut saya copy paste dari website BPJS. Kalau pengalaman saya saat saya mengisi formulir tersebut tidak ada kendala apa-apa. Isi sesuai dengan data kita. Isi data dengan benar. Baik itu huruf, angka. Seperti nama dan spasinya atapun tanggal lahir. Sebelum saya submit saya pastikan data yang akan saya setor benar dengan cara mengeceknya berkali-kali.


Sampai saat ini, Alhamdulillah saya masih diberikan kesehatan. Saya tidak berharap sakit saya tetap ingin sehat. Tapi saya hanya jaga-jaga saja agar nantinya saya tidak merepotkan suami, orang tua, ataupun saudara karena kendala biaya. Tiap bulan memang kudu rajin bayar iuran BPJS Kesehatan ini, paling lambat tiap bulannya tanggal 10.



Penyakit bisa datang kapan saja, tak ada yang tahu. Walau saya sudah membiasakan pola hidup sehat namun saya tidak tahu dengan keadaan saya nantinya. Intinya disini saya sudah memaksimalkan pelayanan dari pemerintah untuk selalu siaga sebelum sesuatu terjadi.

Biaya pengobatan semakin hari semakin mahal. Apalagi jika yang diderita penyakit yang dikenal menghabiskan biaya pengobatan yang banyak. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, penting untuk menjalani program BPJS Kesehatan bagi saya dan keluarga.



Tak bisa dipungkiri memang, penyakit itu ada dan usia begitu menentukan. Semakin tua usia seseorang akan semakin mudah seseorang terserang berbagai penyakit. 

Tidak hanya saya saja yang butuh perhatian namun orang tua juga. Sosok yang begitu berharga dalam hidup para anak tak boleh terlupakan begitu saja.

Orang tua begitu rentan terserang penyakit dan apabila terserang penyakit tertentu, tentu harus segera dilakukan tindakan pengobatan, seperti membawa orang tua ke klinik atau rumah sakit tertentu. Yang menjadi masalah kemudian ketika orang tua tinggal jauh dari anaknya. Untuk itulah penting bagi seorang anak untuk mendaftarkan orang tua dalam program BPJS Kesehatan. Apalagi, pembayaran tagihan BPJS Kesehatan kini terasa semakin mudah. Bisa di counter mana saja ataupun di e-commerce. Tak ada alasan untuk kalian menunda pembayaran karena sekarang zamannya serba mudah.

Yuk... segera daftar dan jangan lupa untuk rajin bayar BPJS setiap bulannya ya.


No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)