Morinaga Chil Kid Soya, Solusi Terbaik Untuk Si Kecil Yang Alergi Susu Sapi

Menjadi orang tua sebenarnya susah-susah gampang. Saya sendiri kadang perlu belajar banyak pada para orang tua lainnya untuk mengetahui segala pertumbuhan dan perkembangan si kecil selain rutin cek ke dokter anak langganan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak saya. Memang sekarang serba mudah, mencari informasi bisa langsung lewat internet dan seketika itu pula apa yang dicari akan terjawab dengan cepat.



Tapi, tidak pada alergi anak. Alergi anak bisa bermacam-macam jenisnya dan faktor-faktor yang mempengaruhi juga berbeda. Bisa dari lingkungan, keturunan, makanan yang anak makan seperti dari susu yang dikonsumsi. Untuk itu orang tua harus lebih peka terhadap alergi anak karena akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Sebagai seorang ibu yang mempunyai anak kecil saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya. Seperti pola asuh yang benar, menjaga asupan gizi, serta upaya mencegah berbagai macam penyakit atau alergi yang datang. Berbicara soal alergi, dulu saya sempat khawatir karena anak saya pernah gatal-gatal kaki dan tangannya, setelah saya cek ke dokter, Alhamdulillah bukan alergi jadi saya tidak perlu khawatir. 

Beberapa jenis alergi yang terjadi pada anak yang saya tahu dan pernah saya baca di beberapa artikel antara lain :

1. Alergi pada kulit
Alergi pada kulit biasanya mempunyai gejala seperti adanya benjolan, gatal, kemerahan, ruam dan kondisi kulit lainnya yang sangat umum.

2. Alergi debu
Alergi debu mempunyai gejala umum selalu bersin saat berada pada daerah yang kotor, banyak debu, atau di ruangan yang lama tak berpenghuni. Selain itu, buku dan baju yang sudah lama disimpan juga bisa menjadi awal mula kambuhnya alergi anak.

3. Alergi hewan peliharaan
Tanda-tanda alergi hewan peliharaan termasuk yang umum, seperti bersin, pilek, batuk dan sesak. Tidak hanya pada anak, beberapa orang dewasa bisa mengalami gejala asma, seperti sesak nafas dan bengek.  Alergi pada hewan peliharaan adalah reaksi alergi terhadap protein yang ditemukan di sel kulit, air liur, ataupun air seni hewan. Alergi karena hewan peliharaan yang paling sering terjadi dipicu oleh paparan serpih kulit mati atau bulu hewan peliharaan.

4. Alergi pada mata
Gangguan mata yang bisa terjadi karena alergi, misalnya bintitan atau hordeolum, mata merah dan konjungtivitis alergi.

5. Alergi obat
Alergi obat adalah reaksi alergi di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh seseorang. Beberapa jenis obat, termasuk obat yang dijual bebas ataupun obat yang menggunakan resep dokter, berpotensi menimbulkan alergi terhadap orang yang sensitif terhadap obat tersebut.

6. Alergi serangga
Gejala yang bisa ditimbulkan akibat alergi serangga ini bisa ringan, sedang, ataupun berat. Reaksi alergi akibat serangga berbeda pada setiap anak, tergantung dari banyaknya zat alergen yang terkandung dalam serangga tersebut, dan reaksi tubuh anak. 

7. Alergi makanan
Alergi makanan adalah reaksi hipersensitivitas pada sistem kekebalan tubuh terhadap makanan tertentu. Makanan yang sering menyebabkan alergi adalah susu sapi, sereal, kacang-kacangan, putih telur, udang, dan ikan. Selain itu, alergi juga dapat disebabkan oleh sulfide atau salisilat yang terkandung di dalam makanan, obat-obatan, penyedap makanan, zat pengawet dan pewarna sintetis.

Tidak semua anak baik-baik saja mengkonsumsi susu sapi, karena ada dari mereka yang intoleransi terhadap laktosa atau protein susu sapi. Kadang orang tua bingung terutama Ibu ketika anaknya intoleransi terhadap susu sapi karena hanya dari susu sapi tersebut nutrsi yang diperoleh jika si anak susah makan.


Tapi sekarang para orang tua tidak perlu bingung lagi karena ada Morinaga Chil Kid Soya dari Kalbe Nutritionals dengan MoriCare+ dan Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang alergi susu sapi. Chil Kid Soya mengandung 100 % protein soya yang kualitas proteinnya setara dengan susu sapi. Selain itu Chil Kid Soya diperkaya L-Metionin, Karnitin, Asam Amino Esensial, serta Vitamin dan Mineral.

MoriCare+ dan Prodiges nya untuk tetap mendukung faktor pertumbuhan dan perkembangan anak, antara lain :

1. Faktor Kecerdasan Multitalenta
Kecerdasan Multitalenta pada seorang anak membutuhkan protein sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin B12 sebagai koenzim dalam pembentukan asam nukleat misalnya pembentukan sel darah merah, dan Zat Besi sebagai komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh bagian tubuh. Berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar si kecil dalam menyimak sehingga mendukung proses belajar si kecil.

Faktor Kecerdasan Multitalenta salah satunya harus cukup antara lain :
Omega 6/Asam Linoleat (AL) dan Omega 3/ Asam Alfa Linolenat (AAL) yang merupakan asam lemak esensial yang berfungsi meneruskan rangsangan antar sel syaraf untuk mempercepat daya tangkap.


Alfa Laktalbumin membantu perkembangan dan memperbaiki jaringan tubuh yang juga merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang otak. Kolin membantu penyimpanan memori/daya ingat, kemampuan berpikir, bergerak serta berbicara si kecil.

Kolin, DHA, AA, AL, AAL, dan zat besi untuk mendukung fungsi otak dan perkembangan sistem saraf, penglihatan.16 asam amino dengan komposisi seimbang dan difortifikasi dengan L-Metionin, Sistein, dan Taurin yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.

Orang tua perlu mengetahui bahwa :

  • setiap anak berkesempatan mempunyai otak cerdas
  • nutrisi pembentuk struktur otak anak cerdas sejak dini
  • stimulasi untuk memperkaya koneksi sirkuit otak anak
  • memantau pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil


2. Faktor Pertahanan Tubuh Ganda
Pertahanan Tubuh Ganda membutuhkan Zink dan Vitamin A, dimana peran vitamin A adalah membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan saluran pencernaan. Selain itu faktor pertahanan tubuh ganda membutuhkan Nukleotida, Laktoferin, Prebiotik (Laktulosa), dan Probiotik.

Nukleotida berfungsi dalam meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi. Laktoferin merupakan salah satu komponen yang ada di ASI yang berperan untuk melawan infeksi dalam tubuh sehingga si kecil tidak mudah sakit seperti demam, batuk, dan pilek.

Prebiotik (Laktulosa) merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna. Probiotik Bifidobacterium Longum 536 & Bifidubacterium Breve 16V merupakan bakteri baik di saluran cerna. Kombinasi Prebiotik dan Probiotik berfungsi agar si kecil tidak mudah diare dan konstipasi (sembelit) sehingga nutrisi dapat diserap lebih baik.

Para orang tua harus tahu bahwa dengan adanya faktor ketahanan tubuh tersebut akan memberikan beberapa manfaat untuk anak antara lain :

  • nutrisi pembentuk ketahanan tubuh anak
  • agar anak tidak mudah sakit
  • mengoptimalkan ketahanan tubuh anak
  • mengenal berbagai gangguan ketahanan tubuh anak
Kombinasi Probiotik Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V, serta Prebiotik FOS membantu meningkatkan populasi Bifidobacteria dalam saluran cerna, dan mendukung kesehatan saluran cerna. Nukleotida untuk mendukung maturasi saluran cerna.

3. Faktor Tumbuh Kembang Optimal
Pertumbuhan adalah bertambah banyak dan besarnya sel-sel tubuh yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur, sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi dari organ tubuh. Beberapa faktor tumbuh kembang optimal harus cukup Vitamin dan Mineral yang berperan dalam tumbuh kembang si kecil dan juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

Whey Protein merupakan sumber protein yang bermanfaat dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Dengan tinggi kalsium dan vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Para orang tua juga perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  • mengenali ciri-ciri tumbuh kembang anak normal
  • nutrisi dini pembentuk tumbuh kembang optimal
  • stimulasi dini pembentuk tumbuh kembang optimal
  • memantau perjalanan tumbuh kembang anak
Kalsium merupakan salah satu komponen untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Pendukung tumbuh kembang anak sejak awal kehidupannya. Vitamin D memiliki fungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh dengan membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

4. Faktor Prodiges (Kesehatan Saluran Cerna)
Bifidobacterium Longum 536 & Bifidubacterium Breve 16V adalah hasil penelitian Morinaga Research Center Japan yang teruji klinis sebagai bakteri baik di saluran cerna. Saluran cerna anak merupakan pondasi tumbuh kembang anak jangka panjang.

Dari ke empat faktor tesebut, semuanya sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di usia emasnya. Ayah dan Bunda jangan sampai salah dalam memberikan dan memilih nutrisi untuk anak agar tumbuh kembang mereka optimal khusunya pada anak yang alergi susu sapi.



Alergi anak bisa diatasi asalkan para orang tua selalu peka terhadap alergi yang diderita oleh anak dan mencarikan solusi terbaik untuk mencegah alergi tersebut. 9 dari 10 Ibu puas dan merekomendasikan Chil Kid Soya solusi terbaik alergi. 

Anak yang menderita alergi bisa mengkonsumsi susu protein yang terhidrolis/susu soya/susu asam amino. Dengan Morinaga Allergy Total Solution yang mengandung MoriCare+ dan Prodiges yang punya 3 keunggulan :

  • Solusi nutrisi total untuk mencegah alergi
  • Tersedia produk nutrisi lengkap sampai anak usia 12 tahun
  • Terdapat Brain Care, Body Defense, dan Body Growth.
Berkat kerjasama yang baik dari PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang untuk memformulasi, memproduksi dan menjual produk Morinaga di Indonesia dengan fokus pada Air Susu Ibu (ASI) sebagai sumber ideal nutrisi.


Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas. Inovasi unggulan dari Morinaga yaitu Formula Platinum, dengan sinergi nutrisi lengkap yaitu untuk Kecerdasan Multi Talenta dan Pertahanan Tubuh Ganda, untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak-anak Indonesia menjadi Generasi Platinum.



Nourishing the Platinum Generation for Platinum Nation merupakan visi Morinaga yang bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas dan terbaik, dan memiliki komitmen tinggi untuk secara berkelanjutan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi yang unggul, generasi platinum. Dalam wadah Platinum Generation Center for Development, peran Morinaga bukan sekedar berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan diseminasi yang terkait peningkatan kualitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang dilaksanakan secara multi-peran yaitu orang tua, guru dan tenaga medis (perawat, bidan dan dokter), untuk mewujudkan Indonesia Sehat menuju kehidupan yang lebih baik.




Dengan adanya Morinaga Allergy Week yang rutin dikampanyekan oleh Morinaga pastinya memberikan dampak positif baik terhadap orang tua dan anak. Mereka lebih tahu tentang alergi anak ini. Beberapa hal yang patut orang tua ketahui bagaimana menangani alergi pada anak, caranya melalui 3 langkah penting yaitu Tahu, Cegah dan Atasi, Sebar. 

Sebelumnya sudah saya jelaskan tentang macam-macam alergi, namun orang tua juga harus cari tahu sumber dari alergi itu sendiri. Contohnya saja saat anak memegang sesuatu dia akan bersin-bersin, saat anak memakan sesuatu dia akan menangis. Intinya orang tua harus peka pada anaknya.

Pencegahan alergi pada anak sebenarnya bisa dimulai sejak dini, antara lain :
  • Menghindari rokok saat hamil dan bayi lahir
  • Selama hamil tidak menghindari makanan beralergi tinggi
  • Pemberian ASI ekslusif sampai 6 bulan pertama
  • Mengenalkan makanan padat sejak umur 6 bulan
  • Tidak menunda memberikan makanan berprotein tinggi
  • Pemberian susu protein hidrolisat parsial (P-HP) dan protein hidrolisat penuh
Mengatasi anak alergi minum susu berprotein tinggi maka Morinaga punya solusi untuk orang tua yang anaknya terkena alergi mengkonsumsi susu sapi, yaitu dengan Morinaga Allergy Total Solution yang mengandung MoriCare+ dan Prodiges seperti Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya.
Menyebar berbagai informasi tentang masalah alergi pada orang tua agar mereka mengetahui dan memahami tentang alergi pada anak. Morinaga Allergy Week merupakan salah satu kampanye dari Morinaga untuk para orang tua di Indonesia.





Jangan biarkan kreativitas dan keaktifan anak terganggu. Alergi bukan alasan satu-satunya anak tidak berprestasi, berikan yang terbaik untuk anak karena  karena mereka juga berhak meraih prestasi, Alergi Tetap Berprestasi.




Info lebih lengkap mengenai alergi serta nutrisi tepat untuk anak bisa akses media sosial di :


FB: Morinaga Platinum
Twitter: @MorinagaID
IG: @Morinagaplatinum
Youtube : Morinaga Platinum
Web: MORINAGAPLATINUM.COM
Email : customer@kalbenutritionals.com


Salam,
Dwi Puspita


1 comment:

  1. Alhamdulillah. Barakallah Mba Dwi
    Piye Kabare mbakyu
    Wihhhhhhhhhh lama sekali saya nda mampir dimari
    Hihihihihi

    Saya sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat juga turut mengucapkan
    "Taqaballahu Minna Waminkum Taqaball Ya Karim"

    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah
    Minal Aidzin Walfaidin
    Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

    Asep Haryono
    WA : 089-777-49155
    Pontianak
    Kalimantan Barat

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)