Cerita Malam 1 Ramadan 1444 H

Assalamualaikum...
Ini cerita malam 1 Ramadan 1444 H dikeluarga saya. Alhamdulillah, siang tadi sudah bikin sambal suwir tongkol untuk persiapan sahur. Maklumlah, bawaan sahur kadang masih malas, ngantuk dan belum terbiasa. Berharap di hari pertama puasa Ramadan ini saya terutama keluarga saya yang menjalankan ibadah puasa selalu semangat. Tidak hanya di hari pertama tapi seterusnya hingga akhir Ramadan.

Sehabis Maghrib seperti biasa ritual keluarga kami adalah mengaji. Pokoknya ngaji, buka Al Qur'an mau baca 1 ayat, 2 ayat, 1 lembar, 1 juz terserah. Intinya ngaji agar terbiasa dan membiasakan anak-anak. Betapa indah jika rumah selalu dilantunkan ayat Al Qur'an bukan?

Saya sendiri belum bisa menjalankan sholat Tarawih di masjid karena masih ada si kecil yang pastinya nggak bisa ditinggal. Pasti nggak akan fokus saat sholat Tarawih, jadinya saya pilih di rumah saja. Suami, anak pertama dan anak kedua sudah pasti sholat Tarawih di masjid. Sayangnya, ada aja cobaan saat sholat Tarawih. Si anak kedua rewel dan minta pulang sebelum sholat Tarawih selesai. MasyaAllah, ada aja ya gangguan kalau punya bocil. Tak apa, karena kenangan ini tak akan terulang lagi. Ketika mereka sudah besar nanti, pasti kami sebagai orang tuanya akan merindukan hal-hal seperti ini.

Cerita malam 1 ramadan 1444 h


Tapi beneran loh, dirumah itu selalu ada dramanya dan bikin senewen. Asli deh, kesabaran bener-bener diuji, mulai dari sabar menghadapi anak-anak dan suami. Iya nggak sih buibu?

Anak pertama pastinya sudah dibriefing tentang puasa. Yapz, kita sebagai orang tua tidak mau memaksa anak harus puasa full sampai adzan Maghrib. Yah, pokoknya sebisa dan semampunya si anak, agar si anak enjoy dan memahami makna puasa sesungguhnya.

Bahagia sudah pasti, karena rumah ramai dengan tiga anak. Tahun kemarin juga ramai, tapi posisi saya masih hamil trisemester ketiga dan deg-degan karena mau lahiran setelah Lebaran. Alhamdulillah, tahun kemarin kuat puasa, cuma bolong sehari di akhir Ramadan karena sakit gigi parah. Bismillah, semoga puasa Ramadan tahun ini bisa melaksanakan puasa dengan hati ikhlas, bahagia, dan juga Lillahi ta'ala.

Maunya Ramadhan tahun ini lebih produktif lagi, one day one juz dan one day one post. Semangat ya buat diri sendiri.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)