Serunya berpetualang di Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure Royal Plaza Surabaya

Allow semua...
Setelah senam hamil di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran Surabaya lanjut deh aku ke Royal Plaza. Disana ada acara keren dari Nestle Dancow yang bertema Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure, yang punya anak bisa menjadi kesempatan bagus para orangtua karena si kecil bisa berpetualang dan bereksplorasi sebebas-bebasnya disana. Waktunya sebentar banget cuma 2 hari doang sih sebenarnya tanggal 28-29 November 2015, makanya kesempatan emas nih buat orang tua yang sudah mengetahui event ini jauh-jauh hari dan Surabaya menjadi kota ke enam loh dalam acara ini, sebelumnya acara ini diselenggarakan di kota Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Makassar, dan Medan. Beruntung banget deh buat Ayah Bunda yang tinggal di Surabaya :)

 


Kegiatan yang bekerjasama dengan Hypermart dan diselenggarakan di Royal Plaza ini memiliki area permainan sebesar 400 meter persegi. Gimana nggak keren, la wong disana ada hewan beneran bukan hewan asal-asalan. Seumur hidup aja aku bisa melihat dan memegang kuda poni di acara ini, selain kuda poni ada juga kelinci, dan ikan. Banyak sekali permainan yang ada disana, ada permainan labirin, memerah susu sapi (sapinya dari patung loh ya), menanam bibit tanaman, konsultasi gratis, photo booth, pokoknya banyak deh. Sayang sekali anakku masih ada dalam perut, jadi yang kegirangan hanya emaknya doank :) Coba dia udah lahir pasti jingkrak-jingkrak nggak karuan juga seperti emaknya.



Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure merupakan sebuah area bermain berbentuk peternakan pertama dan terbesar di Surabaya yang di desain memberikan stimulasi pada semua panca indera (melihat, mendengar, menyentuh, mencium, dan merasakan). Hal ini mendukung keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreatifitas si kecil.

Sebelumnya para blogger dan media mendapatkan kesempatan untuk meliput acara ini, kami di berikan kesempatan dalam Media Gathering dan Talk Show oleh beberapa pakar ahli nutrisi dari berbagai kalangan dan profesi. Bertempat di Restorant D'Cost Surabaya kami semua berkumpul, sebelum acara dimulai kami dipersilahkan makan siang sepuas-puasnya dengan berbagai menu pilihan yang tersedia di atas meja.


Lanjut, setelah selesai makan-makan Meisya Siregar selaku pembawa acara membuka acara ini. Kemudian satu persatu pakar menjelaskan tentang masalah tumbuh kembang anak. Pakar-pakar tersebut antara lain Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K), Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, dr. Sari Sunda Bulan, AMG, Vera Itabiliana H, Psi, dan Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ Nestle Indonesia.



Menurut Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) menjelaskan bahwa periode emas dalam kehidupan si kecil yang dimulai dari masa kehamilan adalah periode terpenting karena hal tersebut kritis, sensitif dan tidak dapat diulang kembali. Pada periode ini, apa yang telah ditanam pada si kecil secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai ia dewasa nanti.


Sementara Dokter Ahli Gizi Klinik Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc menjelaskan, dalam periode emas salah satu yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang optimal. Salah satu caranya adalah memberikan perlindungan pada si kecil dengan menjaga saluran cerna. Karena 80 persen sistem daya tahan tubuh terletak di saluran cerna sehingga organ ini memiliki peran penting untuk perlindungan. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna, dibutuhkan keberadaan probiotik agar keseimbangan mikrobiota di saluran cerna dapat terjaga. Saluran cerna yang sehat ini penting selain untuk penyerapan zat gizi dan cairan yang baik juga untuk toleransi imun dan perlindungan terhadap infeksi.


dr. Sari Sunda Bulan, AMG memaparkan bagaimana asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh si kecil. Salah satu asupan nutrisi yang penting untuk perlindungan si kecil bisa didapatkan dari bakteri baik Lactobacillusrhamnosus, Bifidobacterium Iongum, serat pangan inulin, Vitamin A, C, E serta Mineral Selenium dan Zink. Dukung perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya dengan minyak ikan, protein, kalsium serta nutrisi penting lainnya yang dapat membantu melindungi si kecil, sehingga ia dapat belajar dan bereksplorasi.

Ketika si kecil memasuki usia 1 tahun maka kebutuhan nutrisi bisa didapatkan dengan mengikuti piramida makanan yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, buah, sayur, dan bisa dilengkapi dengan susu pertumbuhan (susu bayi berkualitas) yang mengandung probiotik yang juga dapat membantu fungsi saluran cerna. Disamping memberikan asupan nutrisi, orangtua juga harus berani melepaskan si kecil yang telah memasuki usia 1 tahun untuk belajar dan bereksplorasi karena stimulasi yang tepat serta berkelanjutan dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal si kecil. Selain itu perlu juga diperhatikan aspek penting lainnya seperti kasih sayang dengan mengajak anak bermain. Hai ini dapat membantu membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri.


Menurut Psikolog Vera Itabiliana H, Psi ketika si kecil memasuki usia 1 tahun, terdapat perubahan psikologis baik dari sisi orangtua maupun si kecil. Dari sisi orangtua muncul rasa dilema untuk melepaskan si kecil berekplorasi karena kekhawatiran ia akan jatuh atau memegang segala yang ada disekitarnya. Sementara pada fase 1 tahun, si kecil memasuki tahapan dimana rasa ingin tahu mengenal sekelilingnya menjadi lebih tinggi sehingga si kecil mulai banyak belajar dan berekplorasi. Melihat kondisi tersebut maka bunda memiliki peran penting dalam proses stimulasi tumbuh kembang si kecil yaitu dengan berani melepaskan dan memberi si kecil kepercayaan serta kemandirian untuk bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru sehingga ia menjadi anak yang tangguh.


Riza Nopalas selaku Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ Nestle Indonesia memaparkan bahwa Nestle Dancow percaya bahwa perkembangan si kecil harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting nutrisi inilah yang melatarbelakangi peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+. Nestle Dancow terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si kecil dan memastikan anak Indonesia dapat bereksplorasi dan siap berpetualang tanpa perlu khawatir karena adanya asupan nutrisi yang seimbang untuk melindungi mereka.


Acara pembukaan pada hari Sabtu tanggal 28 November 2015 ini sangat meriah. Balon dan kertas berjatuhan dari atas, semuanya happy apalagi anak-anak. Selamat Datang Dancow Excelnutri+ Ranch Adventure di Surabaya, semoga event ini akan ada setiap tahunnya.

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)