7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Alhamdulillah... bagaimana dengan puasanya. Lancar sampai adzan maghrib berkumandang kan gaes. Pasti yang dicari pertama kali adalah minuman, entah itu minum air putih terlebih dahulu dan setelah itu minum yang manis-manis seperti teh hangat. Tau nggak, ternyata kebanyakan orang lebih suka minuman yang segar alias minuman dingin. Dengan minuman dingin tersebut mereka mengaku lega setelah meminum habis tak tersisa. Nah... minuman segar apa sih yang biasanya ada selama bulan Ramadhan.

Baca juga : Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa


1. Es Cao

Kalau ditempatku ada yang menyebutnya es cao kadang ada juga yang menyebutnya es goder. Bentuknya macem-macem, ada yang dibentuk/dipotong dadu atau diiris tipis-tipis memanjang. Campurannya juga macem-macem, ada yang dikasih sirup dengan warna merah yang khas, ada yang diberi campuran gula merah dan santan yang terpenting minuman ini paling nikmat dihidangkan saat masih dingin dengan es batunya.


2. Es Dawet

Es dawet ini juga beraneka macam warnanya. Ada yang warna hijau biasanya dan es dawet yang pernah aku coba di jalanan Mayjend Sungkono Surabaya ini berwarna pink. Campuran santan, gula merah, dan es batu yang diserut bener-bener melampiaskan dahagaku. Nikmat sekali sepertinya jika diminum saat berbuka puasa. Di tempat kalian ada nggak es dawet warna pink seperti ini? Namanya es dawet apa es cendol gaes?

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa


Baca juga : Ngabuburit Asyik di Bulan Ramadhan


3. Es Bubur Kacang Hijau

Es Bubur Kacang Hijau menjadi primadona juga saat berbuka puasa. Selain memiliki protein yang tinggi, kacang hijau ini memang enak sekali jika sudah berkolaborasi dengan santan dan pemanis. Buka puasa akan menjadi lebih nikmat jika ditambah es, namun ada sebagian yang memilih dihidangkan dan dinikmati selagi hangat. Yang terpenting bubur kacang hijau ini bener-bener ajib.


4. Es Buah

Hmmm... es buah. Siapa yang nggak doyan dengan buah? Rugi loh... nggak doyan buah. Buah itu menyehatkan, bikin tubuh sehat dan banyak manfaat lainnya. Es buah neda dengan jus buah. Es buah disini tidak diblender seperti jus melainkan dipotong kecil-kecil seperti ukuran dadu. Buahnya juga macam-macam, mau-mau kita. Bisa pisang, semangka, apel, anggur, kiwi, melon, pepaya, pir, buah naga, alpukat, dan buah-buahan lainnya. Setelah dicampur menjadi satu didalam mangkok bisa ditambahkan dengan toping keju yg telah diparut dan bisa ditambahkan susu kental manis bagi yang suka manis.

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa



Baca juga : Menu Sahur Favorit Keluarga


5. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda atau es degan bener-bener menjadi favorit. Dengan air alaminya tanpa tambahan pemanis memberikan daya tarik sendiri bagi mereka yang memang anti pemanis. Es kelapa muda bener-bener sangat nikmat dan menyegarkan. Cocok sekali menjadi minuman saat berbuka puasa. Kalau aku suka sekali jika diminum dalam keadaan dingin

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa


6. Es Kolak

Es kolak, beneran nih kalian belum pernah menikmati es kolak. Es kolak ini sebenarnya kolak yang ditambah dengan es batu agar lebih nikmat karena dingin. Kolaknya pun bisa menggunakan kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi, kolak labu, ataupun kolak kacang hijau. Es kolak menjadi favoritku saat aku mencari takjil di masjid saat masih sekolah madrasah dulu. Es kolak pisang ini kadang memberikan kenangan tersendiri untukku.

7. Es Teh

Hayoooo... siapa yang nggak pernah meminum minuman ini. Pasti deh semuanya pernah merasakan minuman murah meriah ini. Di siang hari kadang minuman ini menjadi primadona, kadang demi membalas hasrat yang terpendam buka puasanya sampe dibela-belain untuk minum es teh ini. Es teh memang menjadi teman makan kita dan di bulan puasa ini kadang menjadi iming-iming tersendiri.

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa


Baca juga : 7 Menu Hidangan Buka Puasa Favorit Keluarga


Sebenarnya masih banyak sekali minuman favorit saat berbuka puasa, namun 7 minuman di atas adalah minuman yang biasanya nongkrong di meja atau paling banyak menjadi pilihan saat berbuka puasa. Atau mungkin kalian memiliki minuman favorit sendiri yang belum akumsebutkan di atas. Yuk share gaes minuman favorit kalian. Siapa tahu minuman favorit kalian termasuk minuman favoritku namun belum aku sebutkan pada poin di atas.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)