Rencana Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Liburan akhir tahun? Hmmm... kemana ya enaknya. Gegoleran di kasur... ah nggak seru. Nggak bisa melihat kembang api dan mendengar saut-sautan terompet. Bakar jagung, tapi dimana? Harus di lahan luas biar asapnya terbang bebas di udara. Atau... jalan-jalan ala traveller yang sedang berada di Kota orang. Capek tinggal mampir dihotel lalu gegoleran di kasur empuk. Ide bagus tuch. Tapiiii... enaknya kemana ya liburan akhir tahun ini?

Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan.
Rek ayo rek rame-rame bebarengan.


Liburan akhir tahun nggak perlu jauh-jauh. Cukup kota sendiri saja yang dijelajahi. Banyak sekali tempat wisata yang belum aku jamah di Kota Pahlawan yang terkenal dengan banyak Taman asrinya ini.

Jembatan Kenjeran Surabaya
Rencana liburan akhir tahun saya bersama keluarga di Kota Pahlawan adalah pantai. Fyi, Kota Surabaya punya pantai loh. Sekarang sudah bagus dan indah dipandang mata dan tujuan utamanya agar para wisatawan terkesan dengan wisata pantai yang ada di Kota Surabaya.

Terdapat jembatan yang keren dan gagah banget, jembatan yang hampir sama dengan negara sebelah. Cocok sekali dan keren buat foto-foto. Disana para pengunjung bisa melihat kampung warna-warni yang indah ditemani semilir angin dari atas Jembatan Kenjeran. Namanya Jembatan Kenjeran atau Jembatan Suroboyo.

Baca juga : Jalan-Jalan Ke Jembatan Kenjeran Surabaya



Selain jembatan yang megah pun wisatawan dapat menikmati kampung warna-warni yang bisa dinikmati dari atas Jembatan Kenjeran Surabaya. Kampung warna-warni ini hampir sama dengan kampung warna-warni Jodipan di Malang.


Tak perlu bingung dengan kuliner, disekitar wisata ini cukup banyak kuliner seperti lontong kupang yang ngehitz. Ada juga sate kerang yang maknyus banget rasanya. Sedap deh rasanya serta harganya nggak bikin dompet bolong.

Selain itu disana banyak sekali penjual ikan asap dengan berbagai jenis ikan. Banyak para wisatawan yang mampir dan membeli ikan asap ini loh. Selain harganya yang sangat terjangkau, rasanya endes banget. Cocok banget dicocol dengan sambel. Rugi deh ketempat ini tapi nggak beli ikan asapnya.

Untuk mengunjungi Jembatan Kenjeran Surabaya, pengunjung tidak dipungut biaya, alias gratis. Seru kan... puas-puasin menikmati Selat Madura, puas-puasin melihat Jembatan Suramadu dari Jembatan Kenjeran Surabaya ini.

Nah kalau mau ke Taman Hiburan "Atlantis Land Surabaya" yang termasuk tempat wisata keluarga baru di Surabaya ini para pengunjung harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu. Wahana ini hampir sama dengan Dunia Fantasi, Ancol yang ada di Jakarta. Oh ya, jangan lupa main ke Jembatan Suramadu ya. Jembatan yang paling panjang se Asia Tenggara.



Monumen Kapal Selam
Selanjutnya rencana liburan akhir tahun saya yang kedua ke Monkasel. Museum Kapal Selam ini menyimpan berbagai pengetahuan tentang seluk beluk kapal selam. Disini kita juga dapat menyaksikan Kali Mas yang bersih tanpa sampah. Jujur, walaupun sudah bolak balik keluyuran Surabaya tapi saya belum pernah masuk ke dalam Museum Kapal Selam ini. Terakhir cuma foto-foto di luar museum ini mengambil background Kapal Selam.
Nah, mumpung liburan akhir tahun bareng keluarga sepertinya menjadi waktu yang tepat buat melihat isi didalamnya.

Selain mendapat pengetahuan baru tentang apa saja yang dimiliki oleh Kapal Selam pun bisa mengajak keluarga senang-senang. Letak dari Monumen Kapal Selam ini di tengah Kota, jadi hanya tinggal jalan kaki saja ke pusat perbelanjaan yang ada disebelahnya. Itupun kalau kita ingin shopping ngabisin duit di liburan akhir tahun ini. Hehehe...

Kebun Binatang Surabaya
Destinasi selanjutnya adalah Kebun Binatang SurabayaLetaknya berada di tengah Kota, sangat mudah sekali menemukan tempat ini. Tempat ini dilewati berbagai angkutan umum dan tak perlu bingung lagi karena sudah ada berbagai jasa ojek online yang dapat mengantarkan para traveller ke tempat ini.

Layaknya Kebun Binatang pada umumnya yang banyak macam satwa didalamnya. Cocok sekali untuk liburan keluarga dengan mengajak anak. Memperkenalkan aneka jenis dan nama hewan kepada si kecil untuk menambah pengetahuannya.

Saya belum pernah mengunjungi  Kebun Binatang Surabaya ini, jadi penasaran didalamnya seperti apa. Maklum... dulu belum ada si kecil jadi minat untuk melihat hewan-hewan tersebut masih belum ada. Semenjak ada si kecil hasrat untuk mengenalkan satwa padanya seketika tumbuh begitu saja. Saya sangat semangat sekali untuk liburan akhir tahun bersama keluarga ke Kebun Binatang Surabaya.

Taman Flora
Selanjutanya ke Taman Flora, taman ini hampir sama dengan Kebun Binatang sebenarnya, tapi macam satwanya kurang lengkap. Di Taman Flora para pengunjung akan dimanja, karena ditempat ini selain memiliki tempat yang sangat rimbun dan kaya akan oksigen pun banyak sekali aneka macam permainan untuk anak-anak. Mulai dari jungkat-jungkit, perosotan, dan macam permainan lainnya. Tempat ini selalu digunakan untuk outbond anak-anak TK ataupun playgroup.



Tak perlu bingung, karena tiket masuknya gratis hanya saja pengunjung perlu membayar uang parkir kendaraan. Untuk masalah kuliner tempat ini dekat banget dengan Sentra Kuliner. Jadi setelah puas bermain tinggal melipir saja buat kulineran.

Wisata Perahu Kali Mas
Selanjutnya naik perahu di Wisata Perahu Kali Mas di Taman Prestasi SurabayaMungkin sebagian warga Kota Surabaya sudah banyak mengetahui tentang Taman Prestasi ini, mungkin juga ada yang belum mengetahuinya. Taman yang menjadi tempat bersantai dan berkumpulnya warga Surabaya di akhir pekan ini memang sangat recomended untuk para keluarga. Di taman ini terdapat Monumen Pesawat Bomber B - 26 Intruder yang diresmikan walikota Surabaya waktu itu, yaitu Bapak Bambang Dwi Hartono di Surabaya pada tanggal 19 Juli 2006. Wow... sudah 10 tahun rupanya.

Baca juga : Wisata Perahu Kali Mas di Taman Prestasi Surabaya

Disini juga ada wisata perahu menyusuri Kali Mas. Biaya perorang dikenakan 4 ribu rupiah. Untuk anak dibawah 2 tahun nggak perlu bayar. Jam operasionalnya sore hari atau setelah maghrib, so kalau mau wisata perahu di Kali Mas datang saja saat sore hari habis sholat Ashar. Sholat Maghribnya di Musholla disamping food court.

Walau Mushollanya kecil tapi syukur-syukur ada tempat ibadah, dari pada tidak ada. Namun alangkah baiknnya jika Musholla di taman ini lebih diperindah lagi. Insyaallah bikin betah. Liburan akhir tahun ini saya ingin mengajak anak saya naik perahu lagi, soalnya anak saya suka banget melihat air.

Tugu Pahlawan Surabaya
Traveller dari luar daerah kayaknya belum lengkap kalo lagi travelling ke Surabaya belum mampir ke Tugu Pahlawan. Salah satu icon Kota Pahlawan selain ikan Suro dan Boyo. Tugu Pahlawan menjadi ciri sendiri dari tugu-tugu di Indonesia. Menyimpan banyak sejarah dan pastinya di tempat ini juga ada museum tentang barang-barang serta dokumen-dokumen pada saat zaman kemerdekaan dulu. 

Untuk masuk ke dalam meseum setiap orang wajib membayar tiket, namun jika kita hanya ingin foto-foto di Tugu Pahlawan sembari menikmati hijaunya rumput kalian tidak akan dikenakan tiket masuk. Hanya saja yang membawa kendaraan wajib bayar parkir ya. Yah... liburan akhir tahun kira-kira rame nggak ya. Mau ke tempat ini lagi ah.



Capek muter-muter Surabaya sepertinya saya, suami dan anak saya butuh penginapan yang sangat recomended dan nyaman. Maunya sih yang berada di tengah kota biar bisa jalan-jalan malam menikmati keindahan Kota Surabaya. Saya ingin mengajak anak dan suami menikmati kerlap-kerlip lampu di malam hari. Maklumlah, tinggal di perbatasan Kota Surabaya hampir tiap hari kami tidak menjumpainya.

Rasanya saya akan memilih penginapan di RedDoorz near Tunjungan Plaza yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman No. 43-45, Embong Kaliasin, Panglima Sudirman, Surabaya.

Oke deh... itu adalah rencana liburan akhir tahun saya yang tinggal beberapa hari lagi. Menikmati Kota Surabaya dengan segala hiruk pikuknya dan tidur nyaman di penginapan RedDoorz.

Salam,
Dwi Puspita


No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)