Investasi Digital Menggunakan Mobile Banking, Begini Caranya

Perkembangan teknologi digital telah memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas keuangan, salah satunya adalah berinvestasi digital. Saat ini, berinvestasi bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking sembari duduk manis di rumah. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu mobile banking dan kegunaannya.
Investasi digital pakai mbanking
Sumber gambar : https://www.pexels.com/photo/marketing-man-laptop-internet-7567566/

Adanya platform keuangan digital memungkinkan Anda berinvestasi dengan cara lebih mudah. Anda dapat menggunakan mobile banking untuk melakukan investasi digital dengan modal yang sangat terjangkau. Kemudahan inilah yang semakin menarik minat banyak orang, terutama para generasi milenial dan gen Z.

Investasi digital menjadi salah satu langkah untuk membantu kesehatan finansial. Selain dapat memenuhi kebutuhan di masa mendatang, investasi digital juga mampu melindungi aset Anda pada saat terjadi inflasi dan krisis yang disebabkan oleh kondisi lain.

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi digital, simak artikel ini sampai selesai. Anda akan diberi informasi mengenai apa itu mobile banking, cara investasi digital, dan produk investasi yang bisa Anda pilih secara praktis dan aman.

Apa itu Mobile Banking?

Mobile banking adalah aplikasi keuangan dari bank yang disediakan untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Aplikasi ini bisa diinstal dan diakses melalui smartphone atau browser komputer yang terhubung internet. Mobile banking menyediakan berbagai layanan keuangan, termasuk tarik tunai dengan mudah di ATM ataupun Indomaret tanpa kartu.

Dengan adanya mobile banking, pengguna dapat melakukan transaksi secara lebih efisien. Pengguna dapat memakai aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan keuangan, termasuk melakukan investasi digital. Demikian penjelasan apa itu mobile banking. Selanjutnya mari kita pahami pengertian investasi digital.

Apa itu Investasi Digital?

Investasi adalah kegiatan melakukan penanaman modal dan aset di suatu produk untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang. Pada umumnya, kegiatan ini diterapkan pada bidang bisnis dan perekonomian.

Dari pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi digital atau online adalah kegiatan penanaman modal yang bertujuan mendapat profit jangka panjang melalui teknologi digital.

Produk investasi digital biasanya disediakan oleh situs website ataupun aplikasi yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau perbankan.

Kelebihan Investasi Digital

Dibandingkan dengan investasi konvensional, investasi digital menawarkan banyak kelebihan bagi calon investor. Anda bisa melakukan investasi di mana pun dan kapan pun, tanpa perlu menghubungi atau mendatangi kantor penyedia investasi untuk menyetorkan dana. Berikut keuntungan melakukan investasi digital:
  • Akses yang mudah dan cepat
  • Hemat waktu dan tenaga
  • Harga transparan dan selalu update
  • Dapat berinvestasi dengan modal kecil
  • Mudah dipantau kapan dan di mana saja
  • Bisa menjadi tabungan jangka panjang


Produk Investasi Digital

Investasi Digital Menggunakan MBanking

Sumber : https://www.pexels.com/photo/businesswoman-in-white-shirt-sitting-on-chair-while-having-phone-call-7681681/

Berbagai bank telah menyediakan produk investasi digital yang bervariasi. Produk investasi yang bisa Anda pilih seperti investasi emas digital, reksa dana, saham, P2P lending, dan ada juga obligasi ritel. Berikut penjelasannya:

1. Investasi Emas Digital

Emas adalah barang mewah yang bagus untuk dijadikan investasi karena memiliki risiko yang minim. Instrumen investasi ini sekarang tidak hanya berbentuk produk fisik, namun juga telah hadir dalam produk digital.

Anda dapat membeli emas digital melalui sebuah lembaga atau perusahaan investasi terpercaya dan aman. Investasi emas digital telah disediakan oleh berbagai platform online seperti Tokopedia, Pegadaian Digital, dan e-commerce lainnya.

2. Reksa Dana

Sudah banyak lembaga keuangan atau perbankan menawarkan produk investasi reksa dana. Investasi reksa dana bisa dilakukan melalui aplikasi yang dapat diakses menggunakan smartphone. Ada dua jenis pilihan investasi reksa dana, yaitu calon investor dapat mengelola investasinya sendiri atau dapat menyerahkan ke manajer investasi.

Reksa dana sangat cocok bagi Anda yang baru mulai terjun ke dunia investasi. Banyak pilihan pasar modal dengan dana yang kecil. Anda hanya perlu memastikan investasi yang dipilih dan disediakan oleh sebuah perusahaan legal. Informasi mengenai legal dapat Anda baca di website OJK.

3. Saham

Jenis investasi selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah investasi saham. Saham adalah instrumen investasi yang berupa surat berharga yang bisa diperjualbelikan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan memiliki saham, Anda sudah dianggap sebagai pemilik dari perusahaan.

Banyak sekali aplikasi yang menawarkan layanan investasi saham dan selalu melakukan update informasi keuangan. Anda bisa memilih platform investasi yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Obligasi Ritel

Jenis investasi digital lainnya yang bisa Anda pilih adalah obligasi ritel. Obligasi merupakan surat utang yang bisa dibeli, dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari bunga. Dalam surat obligasi terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran beserta bunganya.

Untuk bisa memiliki instrumen investasi ini, Anda bisa menunggu pembukaan pemesanannya, baik dari pemerintah atau aplikasi menyediakannya. Obligasi tidak bisa diperjualbelikan secara bebas di semua aplikasi.

Cara Investasi Digital di Mobile Banking

Untuk melakukan Investasi, Anda perlu memiliki Single Investor ID (SID) atau nomor ID investasi. Nomor ini menjadi syarat utama dan bukti bahwa Anda telah terdaftar secara resmi menjadi investor pasar modal.

Investasi digital dapat Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi mobile banking. Setiap bank biasanya menyediakan layanan investasi yang berbeda-beda. Namun umumnya beberapa instrumen investasi yang ada dan bisa Anda pilih, di antaranya reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya.

Anda perlu mendaftar rekening di bank tujuan Anda dan mengaktifkan akun mobile banking. Setiap platform memiliki persyaratan dan prosedur investasi yang berbeda-beda. Misalnya PermataBank melalui aplikasi PermataMobile X menyediakan layanan investasi reksa dana. Anda bisa berinvestasi dengan modal yang terjangkau mulai dari Rp100.000.

Mobile Banking PermataMobile X

PermataMobile X menawarkan berbagai layanan dan memberikan berbagai kelebihan bagi penggunanya. Aplikasi ini juga memprioritaskan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Desain dan sistem yang dihadirkan pun sangat mumpuni serta memudahkan transaksi keuangan, termasuk melakukan investasi.

PemataMobile X menyediakan layanan investasi digital reksa dana. Pada layanan ini, Anda bisa berinvestasi dengan mudah dan modal terjangkau mulai dari Rp100.000. Selain itu, ada berbagai kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dari aplikasi ini, seperti cek saldo tanpa harus login, fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, whatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, tarik tunai tanpa kartu di ATM, dan lainnya.

Cara daftar mobile banking PermataMobile X sangat mudah. Anda harus mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store terlebih dahulu, lalu menginstalnya di smartphone Anda. Pilih ‘tidak’ ketika muncul pertanyaan apakah Anda memiliki rekening PermataBank dan user ID, lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Anda dapat mengunjungi laman berikut untuk info lebih lanjut: https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)