Thursday, June 22, 2017

Jual Beli Asyik di Carousell

Hai halooo...
Mau cuap-cuap lagi nih, ya pastinya tentang aku donk. Hehehe...
Btw, kalian suka belanja lewat online nggak? Aku sih suka bangettt, nggak ribet dan pilih sesuka hati dan bisa membandingkan harga antara olshop yang satu dengan yang lain. Udah nggak panas-panasan pula keluar rumah, tinggal duduk manis dan mainkan gadget suka-suka. Selain suka belanja online aku juga punya toko online loh...hehehe. So, sama-sama menguntungkan dan saling menjemput rezeki antara online shop satu dengan yang lain.

Sekarang aku mau memperkenalkan aplikasi baru untuk jual dan beli. Namanya Carousell, mudah banget cara downloadnya dan tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan di memory hape kalian. Cocok bagi kalian yang demen ama barang preloved, tapi barang baru juga ada disini kok.

Di Carousell ini kita bebas mau jadi apa, penjual atau pembeli atau dua-duanya juga boleh.
Yang dijual juga macem-macem kok, mulai dari kebutuhan bayi dan orangtua, fashion cewek dan cowok, kecantikan, elektronik dan gadget, buku, makanan dan lain sebagainya. Lengkap deh pokokonya... banyak kategorinya loh gaes.


Sebagai penjual di Carousell pastinya aku sudah memiliki akun donk disana. Nggak lucu, ngomongnya jualan tapi nggak punya akun dan barang-barang preloved yang mau dijual. Hahaha... Sekarang jamannya tipu-tipu, so hati-hati ya gaes kalo mau belanja online.


Mau lebih tahu tentang Carousell, donwload gih aplikasinya disini https://id.carousell.com/app

Cepat, mudah, dan nggak ribet. Pilihan log in nya juga mudah, mau masuk pake facebook atau email. Suka-suka kalian mau pake yang mana. Setelah log in beres selesai deh tugas kita silahkan upload jualan kalian disana. Mau ngintip jualanku di Carousell, boleh banget. Beli juga boleh kok...hehehe

ID Carousell-ku https://id.carousell.com/dwipita


Scroll terus ke bawah ya kalau ingin melihat koleksi jualanku. Barang yang aku jual di Carousell rata-rata barang preloved bayi dan anak. Ada juga sich yang nggak alias masih baru. Nggak hanya jual kebutuhan bayi tapi aku juga menjual macam handuk, selimut, sprei, keset, babydoll, dan lainnya. Makanan atau camilan juga ada. Tuh kan... bisa jualan apa saja disini.


Jualan di Carousell itu asyik, kita bisa chat langsung dengan penjual maupun pembeli. Tanya-tanya tentang barangnya secara detail kalo udah oke kita bisa mengatur pengiriman by ekspedisi ataupun COD.
Berikut adalah beberapa chat antara aku dan pembeli. Padahal baru upload barang, eh nggak nyampek 1 menit udah ada yang ngechat aku tanya-tanya barang yang aku jual. Cepet banget lakunya, jadi seneng deh kalau begini terus.






Kalau merasa takut kena tipu mending COD saja ya dan pilihan lokasi COD disarankan jangan yang sepi. Pilihlah tempat yang ramai dengan orang agar meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.
Gimana tentang Carousell, asyik kan?

Jual beli di Carousell asyik banget karena :
1. Download aplikasi dan cara mendaftarnya sangat mudah.
2. Banyak kategori yang bisa kita pilih untuk menjual dan membeli barang preloved.
3. Chating langsung dengan calon pembeli
4. Pengiriman sesuka hati, bisa pake ekspedisi ataupun COD

So... buruan deh jual barang preloved kalian di Carousell daripada bikin penuh isi kamar. Udah dapat duit daftarnya gratis pula. Yukkk... buruan.


Wednesday, June 21, 2017

Mimpi Seorang Blogger Memiliki ASUS E202 Agar Makin Kreatif dan Produktif



Selama setahun belakangan ini aku ngeblog pake hape. Duh... bener-bener deh di uji kesabaranku ngeblog pake hape. Dengan segala ke typoannya membuatku males untuk nulis. Males nggak males harus tetep nulis pokoknya, la wong sudah ngIYAin job dari klien. Typo terbesar saat mengetik huruf di papan keyboard hape, secara donk tak sebanding dengan ukuran jempolku. Hehehe... tapi tetap semangat menjemput rezeki demi tabungan untuk beli notebook baru.



Selain pake hape biasanya aku memakai laptop kantor suamiku yang biasanya dia bawa pulang ke rumah. Tapi nggak sering-sering amat, cuma jika ada kendala nggak bisa ngutak-ngatik tulisan dan gambar di hape baru deh aku pakai laptop kantornya. Laptopku sendiri udah menunjukkan keudzurannya, dengan tanda-tanda yang agak aneh. Kadang saat mau ngetik hurufnya jalan sendiri, kadang nggak bisa buat ngetik, kadang lemot tingkat maksimal dan pastinya bikin sebel. Maklumlah usianya sudah 10 tahun dan memang harus dipensiunkan.


Cita-cita beli notebook akhirnya menari-nari di otakku dan memang sudah sejak lama sih menginginkan barang mungil ini. Alasannya selain mungil alias ukuran kecil, notebook juga gampang bawaannya karena ringan. Jadi bisa masuk ke dalam tas ukuran sedang dan bisa ditenteng kemana aja.


Fee bulanan yang memang sengaja aku sisihkan dan masuk ke tabungan khusus belum cukup untuk membeli notebook impianku. Namun aku tetap bersemangat untuk mendapatkan notebook baru dengan hasil keringat sendiri dengan usaha maksimal sebagai freelance.


Sebenarnya nggak neko-neko sih notebook impianku yang penting beberapa poin penting dari notebook masuk didalamnya. Secara donk walaupun aku hanya seorang mahmud alias mamah muda yang kerjanya nunduk di layar hape tetap mau donk bergaya dengan nenteng notebook wira-wiri sok sibuk seperti wanita karir. Hehehe...


Nggak dipungkiri juga dengan adanya notebook berharap kerjaan nulisku kelar, makin rajin nulis, ikutan lomba dan review. Yah itu semua hanya keinginan saat notebook sudah ada dalam genggaman. Nggak mau donk menyia-nyiakan notebook, dengan adanya notebook itu pula aku berharap job semakin banyak dan lancar.


Notebook yang aku inginkan semuanya ada di ASUS E202. Notebook yang canggih ini sudah sejak lama aku idamkan. Keunggulannya banyak banget, cucok banget buat mereka yang suka sok sibuk dikejar deadline kerjaan dimana saja dan kapan saja.

Keunggulan ASUS E202 yang bikin aku mupeng untuk segera memilikinya antara lain :

1. Daya baterai yang tahan lama hingga 8 jam


Sangat penting bagiku jika ngerjain tugas diluar ruangan dan lupa bawa charge. Kadang bawa charge tapi nggak ada colokannya. Dengan memiliki daya baterai yang tahan lama sangat membantuku dalam mengerjakan sesuatu di notebook tanpa takut shut down otomatis. Kerjaan lancar tanpa ada beban. Dipastikan daya baterei ASUS seri E202 ini bertahan hingga 8 jam loh. Wah... seperti jam karyawan kantoran ya, 8 jam selalu on :)




2. Ukuran yang hampir sama dengan kertas A4


Ukuran juga penting, dipastikan notebook ini akan pas masuk ke dalam tasku yang berukuran sedang. Dengan dimensi hanya 12 inchi yang hampir sama dengan ukuran kertas A4 atau lebih tepatnya 193 x 297 mm notebook ini bener-bener bisa membantuku sebagai wanita mobile nggak kalah dengan mereka yang bener-bener mobile gara-gara urusan kerjaan yang nggak kelar-kelar.




3. Ringan dan desain tipis


Dengan berat 1,21 kg yang dimiliki ASUS E202 sama halnya dengan membawa 3 buku bacaan ukuran sedang dengan tebal 50 halaman. Bener-bener menjadi andalan dengan berat yang dimilikinya. Desainnya yang tipis dan fanless memiliki suara bising sangat rendah.

4. Keyboard yang sangat nyaman

Dengan desain one piecce chiclet keyboard membuat nyaman saat mengetik, dengan jarak antar keyboard 1,66 mm memberikan kenyamanan pada saat mengetik bahkan tahan sampai 10 juta kali pengetikan. Jadi nggak akan ada typo lagi, jemari akan leluasa mengetik sesuai huruf dari kata yang akan terucap.




5. Tersedia 4 pilihan warna
Notebook yang hadir dengan versi Windows 10 ini memiliki 4 pilihan warna sesuai karakter kita. 4 pilihan warna ini antara lain Silk White, Dark Blue, Thunder Blue dan Red Rounge.


6. Teknologi Wi-Fi Terbaru


Asus E202 memiliki teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dari 802.11n. Cocok digunakan untuk browsing, download, serta streaming video.







7. Teknologi Smart Gesture

Touchpad pada EeeBook E202 memiliki fitur teknologi ASUS Smart Gesture untuk touchpad yang lebih intuitive dan memiliki banyak fungsi yang dapat Anda pakai selayaknya gesture pada layar sentuh.





ASUS E202 menggunakan processor intel hemat daya hingga 8 jam dan memiliki port USB 3,1 Type-C yang sangat menghemat waktu. Kecepatan USB 3.1 ini 11x lebih cepat jika dibandingkan dengan USB 2.0.
So... nggak perlu nge charge lama-lama ya buat notebook kece ini.

Berharap semua mimpiku untuk memiliki notebook yang kece ini tewujud. Entah dari hasil tabungan ataupun hibah dari seseorang, semuanya pasti aku syukuri.
Aku ingin semakin produktif menulis menuntaskan impian yang sempat tersendat untuk sementara ini. Selain produktif pastinya ingin lebih kreatif dalam pembuatan konten.

Embel-embel ibu rumah tangga yang melekat no problem, selama ada ASUS E202 yang akan membantuku dalam urusan deadliner kerjaan. Aku percaya diri selama ada notebook yang bisa bertahan selama 8 jam ini.

Bangun dari mimpi dan kerjakan apa yang harus ku kerjakan demi menjemput mimpi itu. Bismillah...
Maaf curhatnya kepanjangan ya, minta di AMIN kan ya mimpiku ini :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Tuesday, June 20, 2017

Surabaya dan Industri Kreatif Yang Dimilikinya

Mendengar nama Surabaya bikin aku jatuh cinta karena kota ini salah satu mimpiku untuk menjadi bagian didalamnya (*baca : penduduk). Entah mengapa, padahal kota yang hampir menjadi kota metropolitan seperti Jakarta ini sudah mulai sesak dengan para pendatang dari penjuru daerah. Terhitung sejak 2007 aku tinggal di Kota Surabaya dan pada tahun 2012 resmi menjadi penduduk Kota Pahlawan ini.

Surabaya yang indah terkenal dengan banyak taman di berbagai tempat sehingga tak bosan dan sangat mudah sekali untuk mencari suasana hijau di Surabaya. Tatanan Taman yang apik dengan segala macam aneka permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan dan lainnya. Taman yang memang sengaja dibuat untuk semua penduduk Surabaya dari yang anak-anak hingga orang tua. Tak hanya penduduk Surabaya namun semua orang dari penjuri daerah bisa menikmatinya ketika mereka pergi berlibur ke Kota Pahlawan ini. Mulai dari anak-anak hingga para orang tua laki-laki dan perempuan bisa ke taman-taman yang menyebar di Kota ini. Taman yang memang sengaja di buat agar warga Surabaya mempunyai tempat yang asyik dan berkumpul dengan keluarga.





Surabaya adalah kota yang teratur dibuktikan dengan berkurangnya para pedagang kaki lima yang dulunya sembarangan berjualan dipinggir jalan. Kini sudah ditertibkan dan dibuatkan Sentra Kuliner khusus untuk para pedagang kaki lima tersebut. Yah walaupun masih ada beberapa yang mangkal berjualan dipinggir jalan di daerah-daerah tertentu mungkin karena belum teridentifikasi keberadaannya atau kemurahan hati dari pak Satpolnya sehingga memang belum terkena penertiban. Penertiban ini dilakukan agar jalanan teratur dimana bahu jalan bisa digunakan para pengendara sebagai mestinya. Selain itu penertiban tuna susila dan tuna wisma di traffic light hampir tidak terlihat. Semuanya sudah mulai ditertibkan untuk mendapatkan suasana kota yang bersih, tertib, dan nyaman.



Tidak hanya itu, Surabaya pun memiliki industri-industri kreatif dari para masyarakat yaitu UKM dan UMKM yang mulai berkembang pesat dan sudah tak terhitung banyaknya. Mulai dari skala kecil, menengah, dan atas semuanya ada. Produk yang ditawarkan juga banyak, mulai dari kerajinan, aksesoris, batik, sepatu, tas, camilan, makanan, minuman, pertanian, dan masih banyak lainnya. UKM dan UMKM ini bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah Kota Surabaya dan untuk mendaftarnya pun UKM dan UMKM ini bebas mendaftarkan dirinya alias gratis tanpa dipungut biaya sepersepun. Asalkan pelaku usaha adalah asli penduduk Kota Surabaya dan memiliki KTP Surabaya. Pendaftarannyapun melalui salah satu instansi Kota Surabaya yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya.

Dibuktikan dengan selalu adanya peningkatan jumlah pelaku usaha setiap tahunnya yang sudah mulai mendaftarkan nama merek usahanya di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya.




Industri-industri kreatif itu sangat mengharumkan Kota Surabaya, dibuktikan dari beberapa UKM dan UMKM yang go internasional dengan hasil karyanya. Tak lepas dari dukungan Walikotanya yaitu Ibu Risma yang selalu ingin memajukan UMKM Kota Surabaya. Ibu Risma ingin masyarakat Surabaya bisa menciptakan peluang dan menjadi pengusaha agar dapat membuka lapangan usaha bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini akan mengurangi pengangguran sehingga roda perekonomian masyarakat Surabaya stabil.



Bu Risma yang memang sangat mencintai produk Indonesia ini memang acapkali pernah aku lihat diberbagai pameran. Beliau suka sekali dengan produk hasil UKM dan UMKM. Tak jarang beliau membeli barang-barang hand made tersebut langsung kepada pelaku usaha. Bu Risma memang mendukung sekali program UKM dan UMKM Kota Surabaya beliau ingin menciptakan insan yang mandiri dan kreatif.



Salah satu contohnya adalah daerah Putat yang terkenal dengan bisnis prostitusinya pun kini menjadi daerah yang mandiri. Para pekerja "malam" pun banyak yang dipulangkan ke daerah asalnya. Namun ada beberapa yang dibina untuk berwirausaha. Membuat kue kering dan sejenisnya kemudian dijual kepada tetangga dan dipasarkan melalui mulut ke mulut hingga bisnis ini semakin banyak dan laris. Beberapa produksinya sudah bisa kita dapatkan di Sentra UKM Kota Surabaya yang terdapat di  4 Sentra UKM antara lain :

1. Sentra UKM Merr Jalan Ir. H. Soekarno No. 11 Surabaya
2. Sentra UKM Tunjungan City, Jalan Tunjungan No. 1-3 Surabaya
3. Sentra UKM ITC,  Lantai 1 blok P5/001 ITC Jalan Gembong No. 20-30 Surabaya
4. Sentra UKM CITO, Lantai Dasar GC-07 CITO, Jalan A. Yani No. 288 Surabaya


Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

Cocok sekali industri kreatif semacam UKM dan UMKM Kota Surabaya ini mendapat dukungan dari Astra untuk meningkatkan edukasi masyarakat dan pastinya menjadi semakin kreatif. Para pelaku usaha mendapat pembinaan lebih dan dapat ilmu tentang usaha kreatif ini. Masyarakat Surabaya juga dapat mendukung dan memajukan industri-industri kreatifnya dengan banyak cara, salah satunya adalah pembinaan dan pelatihan untuk mereka yang ingin belajar berwirausaha.

Pada tahun 2014 Grup Astra wilayah Surabaya tertarik untuk menjadikan kampung Keputih Tegal sebagai salah satu Kampung Berseri Astra. 
Kampung Keputih Tegal Timur terpilih karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata lingkungan kampung baik, warga kampung memiliki sifat gotong royong serta memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan progam tanggung jawab sosial.

Program pembinaan Kampung Berseri Astra ini merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.



Di ulang tahun Astra yang ke 60 ini, Astra ingin terus berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dan selalu ingin membangun 4 pilar CSR yaitu :
1.Astra Kreatif
2. Astra Hijau
3. Astra Cerdas
4. Astra Sehat

Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” 

Yuk bangun Indonesia bersama karena kita SATU INDONESIA. Satu Indonesia Berbagi Bersama.


Monday, June 19, 2017

Harga jual Speaker Altec Lansing yang Fantastis

Harga jual speaker Altec Lansing memang terbilang beragam. Namun perlu diketahui harga beragam tersebut terbilang cukup mahal. Hai ini dikarenakan oleh popolaritas, kualitas dan juga pasar elektronik produk ini yang sangat ramai. Perlu diketahui Altec Lansing merupakan produsen pemasok audio otomotif, komputer maupun produk speaker rumahan. Namun berapa sebenarnya harga dari produk yang dibawahi merk Altec Lansing ini. Dalam tulisan ini aku akan menjelaskan beberapa produk dan harganya.


Harga jual speaker Altec Lansing memang banyak di infokan di beberapa situs internet, seperti JD.ID. Di jelaskan bahwa speaker ini berkisar mulai harga 100 ribu sampai 4 juta rupiah. Hal ini berbanding dengan fungsi dan tipe dari speaker. Selain itu juga bisa dilihat dari spesifikasinya secara terperinci. Dengan brand Altec Lancing ini tentunya kalian bisa mempunyai speaker yang mewah dengan harga yang lumayan terjangkau.



Untuk tipe rendah seperti Altec Lansing BXR dan IML biasa di banderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 100 ribu hingga 900.000. Hal ini dikarenakan fitur dan teknologi yang digunakan oleh tipe ini masih sederhana. Bisa dibilang masih menggunakan teknologi seperti speaker merk lain yang standar. Selain itu model dari speaker ini seperti layaknya speaker aktif biasa yang di fungsikan sebagai  alat penyambung suara computer maupun ponsel. 

Untuk tipe menengah dan atas, Altec Lancing menempatkan tipe VS dan IMT yang bisa di bilang sempurna. Fitur dengan cover yang sangat cantik serta mampu mengeluarkan power suara yang sangat stabil. Selain itu fitur tipe ini di dukung dengan suara bas yang sangat dalam dan sangat nyaman didengarkan. Di sisi audio balance lain bisa di katakan semuanya sempurna. Fitur ini juga dilengkapi oleh tombol kontrol suara yang sangat canggih sehingga memudahkan pengguna untuk pengaplikasiannya.

Harga yang di banderol oleh fitur tipe ini lumayan fantastis. Kita perlu mengeluarkan uang 1 juta hingga 4 juta rupiah untuk memiliki fitur canggih dari Altec Lancing. Harga ini terbilang murah ketika di bandingkan dengan merk merk ternama lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan yang sama dengan fitur ini. 

Altec Lansing merupakan produk ternama yang selalu menyediakan produk terbarunya seperti speaker aktif. Jadi jangan kaget ketika harganya juga fantastis sekali. untuk mengetahuinya kalian perlu mencoba dahulu dan mempertimbangkan fungsi dan kegunaanya sebelum melakukan pembelian. Apalagi di tahun 2017 ini sangat banyak sekali merk speaker yang bersaing di pasar.

Demikian artikel tentang harga jual speaker Altec Lancing yang perlu kalian ketahui. Dengan informasi ini diharapkan supaya pengetahuan tentang harga dan teknologi semakin berkembang dan mengalami pembaharuan di setiap tahun.

Saturday, June 17, 2017

Cara Menghilangkan Jerawat Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan jerawat mudah dan cepat.
Pasti semua menginginkannya baik itu perempuan ataupun laki-laki. Kadang jerawat menjadi hal yang ditakutkan oleh sebagian orang karena dapat merusak penampilan terutama penampilan wajah. Kadang, ada yang tidak percaya diri dengan timbulnya jerawat ini. Apalagi si jerawat melenggang kangkung dengan manis di pipi, hidung ataupun bagian-bagian yang sulit ditutupi.




Jangan jadikan jerawat sebagai hal yang menakutkan. Bersahabatlah dengan jerawat karena berarti kalian normal. Normal karena banyaknya aktivitas dan lupa membersihkan wajah kalian pada saat akan tidur malam. Iyapz... jerawat kadang muncul antara lain seperti berikut :

1. Untuk wanita biasanya saat akan menstruasi biasanya akan muncul jerawat, hal ini terjadi karena hormon pada wanita tersebut.

2. Terlalu banyak makanan berlemak yang tidak sepadan dengan jenis kulit wajah kita. Jadi jika ingin makanan berlemak, misal kacang makanlah secukupnya. Ini sih aku banget, setelah aku perhatikan aku memang tidak bisa terlalu makan banyak kacang. Secukupnya saja, kalau nggak pasti besok atau lusa si jerawat akan duduk manis di wajahku.

3. Rajin cuci muka, dengan sabun cuci muka lebih baik. Untuk cuci muka sendiri aku bisa dikatakan sering. Dengan 5 kali sehari (saat berwudlu) menjadikanku rutin juga membersihkan wajah. Dengan cara seperti ini mengurangi kemunculan jerawat.


Baca juga : Cantik Bersama Masker dan Lulur Whitening Roro Mendut


Jika memang sudah muncul jerawat disarankan jangan diapa-apakan itu jerawat. Biarkan lah sembuh dan menghilang sendiri. Pada umumnya mereka memencet jerawat dengan kuku mereka atau memakai alat khusus. Dampaknya jerawat akan meninggalkan bekas hitam pada kulit wajah kita dan kadang bekas hitam tersebut sangat sulit dihilangkan.


Baca juga : Bedak Tabur Sahabat Kulit Wajahku

Aku pribadi sih emang rada gatel buat ngilangin jerawat di wajah. Kadang aku pencet-pencet sampai warna putih didalamnya keluar. Kadang tidak hanya warna putih saja tapi darahpun ikut keluar. Setelah keluar semua kadang aku merasa lega tapi ya itu... ada bekas jerawat setelahnya.

Baca juga : Krim Untuk Melembutkan Wajah

Akhirnyapun aku memakai krim yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya menghilangkan bekas jerawat aku juga memakai krim yang mencerahkan wajah. Hehehe...
Krimnya pun yang murah meriah, sachetan pula harganya nggak nyampek sepuluh ribu. Alhamdulillah sih cocok walaupun tidak bisa menghilangkan bekas jerawat secara sempurna namun bisa sedikit menyamarkan warna hitamnya.



Baca juga : Skin Cleanser, Pembersih Kulit Wajahku

Nah... kembali lagi nih. Cara menghilangkan jerawat dengan mudah dan cepat salah satunya adalah rajin cuci muka. Jangan malas-malas ya cuci muka agar jerawat tidak betah berlama-lama di wajah kita. Gunakan sabun cuci muka yang cocok dengan jenis kulit kita. Selain jerawat yang menghilang komedopun bisa terangkat. Memiliki wajah bersih tanpa jerawat bukan mimpi lagi.



Friday, June 16, 2017

Olahraga Saat Puasa

Puasa bawaannya untuk sebagian orang adalah mager alias malas gerak takut tambah lapar dan haus. Padahal tidak demikian, jika puasa kita ikhlas dan niat beribadah kepada Allah tidak akan ada kata mager. Salah satunya adalah para pekerja yang tetap berangkat pagi pulang malam dengan kesibukannya namun tetap berpuasa. Tak ada alasan karena berpuasa kita menjadi malas-malasan. Boleh jadi sih memang tenaga lebih lemah tapi sebenarnya bukan hal itu yang menjadi alasan utama.

Pastinya agar badan tetap fit selama berpuasa kita harus bisa menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Salah satunya adalah olahraga dan makan makanan yang bergizi. Olahraga saat puasa pastinya yang tidak terlalu berat namun tetap harus menggerakkan anggota badan agar otot kuat dan saluran darah lancar serta tetap segar.

Olahraga saat puasa bisa dilakukan saat pagi hari. Jalan cepat selama 10-15 menit di waktu Shubuh saat udara masih sejuk dan segar. Meregangkan otot-otot yang kaku dan memperlancar peredaran darah. Jika tak kuat jalan cepat lebih baik jalan santai saja. Yang penting anggota tubuh bergerak. Syukur-syukur jika mengeluarkan keringat pertanda tubuh sehat.

Jalan cepat dan jalan santai termasuk olahraga yang rutin aku lakukan. Selain murah meriah, olahraga ini termasuk olahraga murah meriah. Bisa dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda. Jalan cepat yang biasanya aku lakukan setiap pagi mengelilingi komplek perumahan sembari mendengarkan beberapa lagu yang memang sengaja aku putar agar membuncah semangatku. Dengan mendengarkan lagu yang berekspresi maka semakin cepat pula kakiku melangkah sebagai tanda semangat.




Bagi yang tidak bisa jalan cepat atau jalan santai karena terkendala lahan dan lokasi kalian bisa olahraga didalam rumah. Lakukan gerakkan sederhana seperti jalan ditempat untuk melakukan pemanasan dan lakukanlah senam seperti biasa dengan menggerakkan anggota tubuh seperti bagian tangan dan kaki. Senam yang dilakukan pada umumnya sama seperti senam-senam saat disekolah. Jika ingin lebih ekspresif ada baiknya jika musik sebagai teman berolahraga.

Oh ya... apapun kegiatan olah tubuh yang kalian lakukan saat berpuasa jangan sampai melebihi batas ya. Sebentar saja, cukup 10-15 menit setiap hari InsyaAllah tidak akan mengganggu puasa kalian. Intinya olah tubuh, bawa tubuh bergerak dan melakukan aktivitas lainnya. Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga kegiatan seperti menyapu, mengepel lantai, menyetrika baju, mencuci baju, mencuci piring, dan berkebun bisa menjadi alternatif olah tubuh.

Yuk ah jangan malas-malas untuk menggerakkan badan walaupun puasa. Justru dengan berpuasa kita harus sehat karena secara tidak langsung kita telah mengistirahatkan tubuh dari makanan-makanan yang sebenarnya bisa membahayakan tubuh. Orang berpuasa itu sehat, orang berpuasa itu pasti semangat.

Cantik Bersama Lulur dan Masker Whitening Roro Mendut

Mulai beranjak remaja aku ingin memiliki kulit putih bersih. Karena menurutku putih identik dengan cantik, bersih dan benar-benar menjadi idaman banyak wanita. Ritual khusus saat masih duduk dibangku sekolah adalah selalu memakai body lotion yang aku oleskan pada kaki dan tangan agar kulitku aman dari sinar matahari. Kadang penutup wajah seperti masker dan sarung tangan selalu aku gunakan saat berkendara memakai sepeda motor agar kulitku tetap terlindungi dari sinar matahari. Tapi sayang body lotion yang aku oleskan pada kaki dan tangan menjadi licin jika terkena air, maklum waktu itu body lotionnya yang biasa-biasa saja soalnya duit masih minta ke orang tua.

Ternyata untuk mendapatkan kulit putih bersih itu tidak mudah. Harus rela menutup seluruh anggota tubuh agar selalu terlindung dari paparan sinar matahari, seperti pengalamanku. Suatu hari aku ingin mencoba produk yang bisa memutihkan kulit dan membuatnya tampak bersih. Whitening untuk memutihkan kulit dan wajah berupa lulur dan masker. Yah walaupun kini usiaku tak terbilang muda lagi dan sudah hampir mendekati kepala 3 namun aku ingin tetap terlihat cantik di mata suami.



Whitening ini bener-bener menarik perhatianku, selain kemasannya yang unik pun bahan-bahannya sangat unik yaitu dari rempah hitam. Roro Mendut namanya. Lulur dan masker Roro mendut ini menyita perhatianku untuk membuatku berubah menjadi cantik. Walaupun ibu rumah tangga dan sibuk mengurus si anak lanang yang sedang aktif-aktifnya bermain sebisa mungkin aku harus punya waktu untuk memanjakan seluruh tubuh.

Mudah banget cara pemakaiannya. Berikut adalah cara pemakaian lulur dan masker whitening Roro Mendut.
1. Tuangkan bubuk lulur/masker whitening Roro Mendut secukupnya.


2. Tambahkan sedikit demi sedikit air hingga bubuk agak mengental.


3. Usapkan lulur whitening Roro Mendut pada seluruh anggota tubuh dan usapkan masker whitening pada permukaan wajah secara merata.

4. Biarkan selama 15-20 menit.

5. Cuci bersih lulur dan masker pada anggota tubuh dan wajah dengan cara mandi atau cuci muka.

6. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.



Biasanya aku memakai lulur dan masker Roro Mendut disaat semua pekerjaan beres dan saat si kecil sedang tidur. Kalau si kecil belum tidur ya terpaksa deh dia ikut nimbrung menemani ibunya yang sedang memanjakan diri. Merileksasikan anggota tubuh dengan lulur dan masker whitening Roro Mendut. Memang sih dalam pemakaian cukup biarkan selama 15-20 menit tapi aku pribadi memakainya hingga 1 jam. Setelah memakai lulur dan masker whitening Roro Mendut pada seluruh anggota tubuh dan wajah kemudian aku merileksasikan tubuhku dengan tidur atau membaca buku bacan.

Sensasi saat memakai masker ini adalah dingin pada kulit wajah. Wanginya aku suka, wangi jamu perpaduan wangi rempah-rempah. Sebenarnya aku lebih suka memakai masker ini selama kurang lebih 1 jam agar sensasinya bener-bener terasa untuk kulit wajahku. Saat membilasnya kadang aku memakai air dingin atau air es. Suka aja sih sebenarnya. Kesannya lebih segar dan kulit wajah tambah lebih kencang.



Untuk hasilnya setelah beberapa kali pemakaian bisa dilihat ada perubahan. Wajahku lebih cerah dan segar.


Produk Lulur dan Masker Roro Mendut terdiri dari :
1. Lulur Rempah Hitam Whitening
2. Lulur Ketiak Rempah Hitam
3. Lulur Kulit Manggis
4. Lulur Brotowali
5. V-Scrub Rempah Hitam
6. Masker Rempah Hitam Whitening
7. Masker Payudara Rempah Hitam
8. Masker Brotowali
9. Masker Kulit Manggis

Yang harus kalian ketahui tentang Roro Mendut adalah lulur dan masker Roro Mendut merupakan skincare terbaik Indonesia. Lulur yang dapat memutihkan kulit secara alami dan bertahap dengan cara pemakaian yang teratur. Roro Mendut merupakan salah satu merk lulur yang bagus di Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan banyaknya Review Lulur Roro Mendut yang positif dari para penggunanya setelah beberapa kali pemakaian.


Lulur Roro Mendut merupakan lulur pemutih alami. Lulur yang ampuh memutihkan kulit mulai dari ujung kaki hingga wajah. Untuk penggunaan pada wajah ada masker Roro Mendut yang bisa kita pakai treatment sendiri dirumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Masker Roro Mendut adalah masker wajah untuk memutihkan dan membuat wajah tampak bersih dari bekas jerawat.

Pastinya Roro Mendut merupakan salah satu merk masker wajah yang bagus di Yogyakarta. Masker pemutih wajah yang terbuat dari bahan alami menjadikan rekomendasi terbaik dikalangan para perempuan yang ingin mendapatkan wajah putih dan bersih. Banyak sekali review positif yang diberikan untuk Lulur dan Masker Roro Mendut ini.


Roro Mendut Traditional Beauty merupakan jamu dalam bentuk rangkaian produk perawatan kecantikan spa tradisional khas Keraton Mataram Yogyakarta. Roro Mendut juga merupakan oleh-oleh dari kota Yogyakarta, sehingga dapat ditemukan di toko oleh-oleh seperti Mirota Batik Malioboro. Diformulasikan dari ramuan resep jamu yang digunakan untuk ritual kecantikan tradisional Keraton Mataram Yogyakarta. Memanfaatkan penggunaan dedaunan, akar-akar, biji-bijian dan rempah-rempah yang khasiatnya telah terbukti secara ilmiah oleh dermatologis bermanfaat bagi perawatan kecantikan. Semua produk Roro Mendut telah ternotifikasi di BPOM dan diproses dengan standar CGMP, sehingga sangat higienis dan berkualitas. Bahan baku Roro Mendut, berasal dari hasil pertanian dan perkebunan Indonesia. Produk ini juga vegetarian suitable dan no animal testing, serta halal. Karena sangat alami dan lembut, produk kecantikan ini juga dapat di gunakan untuk ibu hamil, menyusui dan bahkan untuk baby spa.



Lulur Rempah Hitam Whitening Roro Mendut sudah terdaftar di BPOM dengan izin nomor NA18160701512. Pastinya sudah aman digunakan karena sudah ada izin terdaftarnya. Kehalalan dari produk ini pun tidak perlu dipermasalahkan lagi karena semuanya menggunakan bahan alami. Merupakan lulur yang dapat digunakan untuk wajah dan badan, terbuat dari beras ketan hitam, rempah-rempah, dan aneka tumbuhan lainya yang bertujuan untuk eksfoliasi sel kulit mati, mengangkat kotoran, daki dan juga komedo, mengatasi kulit kusam, membersihkan noda bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Pemakaian secara rutin menjadikan kulit lebih putih, bersih dan halus.
1 pcs kemasan (40 gr) = 1 x perawatan badan
1 pcs kemasan  (40 gr) = 3 x perawatan wajah

Masker Rempah Hitam Whitening dengan izin daftar BPOM NA18160200751.
Merupakan masker yang dapat digunakan untuk wajah dan badan, terbuat dari beras ketan hitam, rempah-rempah, dan aneka tumbuhan lainya yang mengandung nutrisi pencerah kulit alami (whitening agent), mengoptimalkan regenerasi sel, menutrisi kulit, menghaluskan permukaan kulit, menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mengencangkan kulit dan merapatkan pori-pori.
1 pcs kemasan (40 gr) = 1 x perawatan badan
1 pcs kemasan (40 gr) = 3 x perawatan wajah

HARGA :
Rp. 140.000 (paket isi 5 pcs, Rp 28.000/pcs)

Kita bisa mendapatkan Lulur dan Masker Whitening Roro Mendut di :
Online :
http://roromendutofficial.co.id/beliproduk
https://www.instagram.com/roromendutbeauty/

Offline :
*Saat ini baru tersedia hanya di Yogyakarta*
Mirota Batik Malioboro, Toko Oleh-Oleh Yogyakarta.

Thursday, June 15, 2017

Bau Mulut Saat Berpuasa

Assalamualaikum...masih puasa kan gaes? Alhamdulillah ya, bentar lagi lebaran. Semua umat muslim akan menyambut hari kemenangan ini dengan bahagia. Ouh iya... selama puasa Ramadhan kalian ada kendala nggak? Pasti kendalanya adalah bau mulut. Iya kan?
Kadang saat akan berbicara dengan lawan kita selalu menjauh atau menutup mulut kita agar hawa mulut kita tidak sampai tercium oleh lawan. Nyatanya tetap saja tercium dan kadang membuat lawan mengendus-ngendus hidungnya mencari sumber asal bau tersebut. Hehehe...


Tenang... semua orang berpuasa pasti bau mulut kok. Apalagi mereka yang tak pernah merawat kesehatan dan kebersihan mulutnya. Usahan kita sikat gigi sehari 2 kali, saat pagi hari dan saat akan mau tidur agar kuman dan bakteri tidak berkembang yang pada akhirnya bisa menyebabkan bau mulut.




Selain itu, orang berpuasa mengapa cepat sekali bau mulut. Ini disebabkan mulut tidak melakukan aktifitas seperti makan ataupun berbicara. Jadi orang berpuasa mengapa cepat sekali bau mulut karena mereka banyak diamnya dan menyebabkan kadar air liur berkurang sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut.

Kita bisa memakai obat herbal yaitu dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih. Secara rutin setiap pagi dan malam. Daun sirih bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Mulut pastinya akan terjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun jangan khawatir karena bau mulut orang yang berpuasa ternyata lebih harum. Ini dibuktikan dengan Hadist berikut :

Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk (H.R Bukhori dan H.R Muslim)

Subhanallah... padahal minyak misk sudah sangat harum tapi ternyata bau mulut orang berpuasa lebih harum darinya di akhirat nanti. Jadi ingin lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di bulan Ramadhan ini dengan amalan positif. Umur manusia tidak ada yang tahu semoga nantinya keimanan dan ketaqwaan kita menjadi bekal di akhirat.

Bau mulut yang tidak enak umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Namun pada saat berpuasa bau mulut tersebut muncul karena terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang.

Ada baiknya jika kita ingin sikat gigi sebelum adzan Shubuh atau setelah berbuka puasa. Melihat berbagai pendapat yang berbeda-beda dari para ulama dan kadang kita bingung mau memilih yang mana maka memang lebih baiknya adalah berhati-hati, yaitu sikat gigi sebelum adzan Shubuh atau setelah berbuka puasa.

Jangan menjadi penghalang untuk beraktifitas di bulan Ramadhan, walaupun bau mulut usahakan aktifitas terutama aktifitas ibadah semakin ditingkatkan. Umur semakin dekat, berlomba-lombalah mendapatkan pahala yang banyak dari Allah. Mumpung sekarang bulan Ramadhan yuk tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah.

Wednesday, June 14, 2017

Buka Puasa Bersama Yang Aku Rindukan

Bulan Ramadhan seperti ini memang super sibuk. Selain sibuk mengejar pahala dengan meningkatkan ibadah pun sibuk dengan berbagai undangan BukBer dengan teman-teman. BukBer alias buka bersama rupanya menjadikan tradisi di bulan Ramadhan untuk berkumpul dengan teman-teman. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, rekan kerja, maupun komunitas. Alasan silaturahim pun kadang menjadi alasan utama diadakannya buka bersama.


Banyak resto yang menawarkan buka bersama dengan embel-embel "all you can eat". Apalagi resto hotel yang berlomba-lomba menyajikan menu buka puasa yang beraneka ragam dengan harga yang terjangkau untuk menarik calon customer. Jujur saja, memang lebih asyik buka bersama seperti ini. Harganya sih relatif... ada yang bilang murah, standart, dan mahal.

Untuk aku pribadi sih murah, karena disana kita bebas makan apa saja sepuasnya sampai habis. Namun sayangnya kapasitas perut kita yang tidak mencukupi dan jika kekenyanganpun tak baik dan sangat tidak dianjurkan sekali dalam agama Islam. Hendaknya berhentilah makan sebelum kita kenyang.




Buka bersama kadang memberikan pengalaman tersendiri yaitu sarana berkumpul dengan teman-teman. Hal-hal seperti inilah kadang membuat kangen dengan nuansa Ramadhan. Selain buka bersama kadang teman-teman mengadakan aksi sosial yang bermanfaat seperti bagi-bagi takjil, menyantuni anak yatim dan dhuafa serta menyumbang dana untuk masjid.



Namun Ramadhan 1438 H bagiku sangat berbeda. Tak ada bukber diluar bersama teman-teman. Baik aku maupun suami memilih dirumah saja, berbuka puasa bersama dengan meracik makanan buka puasa yang menunya aku ciptakan sendiri. Mungkin karena sudah niat sebelum puasa Ramadhan bahwa aku dan suami bulan Ramadhan ini ingin fokus dirumah untuk beribadah. Jadinya walaupun banyak undangan bukber maupun event kadang ada saja kejadian yang tak terduga sehingga kami mengurungkan niat bukber diluar.

Buka puasa yang aku rindukan adalah saat aku masih menjadi pekerja kantoran. Berangkat pagi pulang malam dan kadang tidak sholat Terawih. Ini disebabkan kantorku mengadakan Bazar Ramadhan dan aku menjadi panitia yang mengharuskan pulang sehabis maghrib atau setelah sholat Isyak. Nanggung banget memang, apalagi jarak rumah yang sangat jauh. Merelakan sholat Terawih demi pekerjaan disitulah kadang aku meminta ampun pada Allah. Aku masih sibuk mengejar dunia...




Iya... aku masih sibuk mengejar dunia. Aku terlena dengan pekerjaanku, aku takut dimarahi bos kalau kerjaanku nggak becus. Padahal Allahlah yang harus kita takuti karena telah meninggalkan kewajiban sebagai hamba Nya. Astaghfirullah...

Ingin sekali buka bersama, mungkin tahun depan jika umurku masih panjang dan sampai di Hari Raya berikutnya. Usia seseorang tidak ada yang tahu sampai dimana untuk itu kita diwajibkan selalu dalam keadaan mengingat Allah dan selalu melakukan hal-hal yang positif.


Semoga niat buka bersama teman-teman terwujud, selain silaturahim yang manfaatnya memperbanyak rezeki dan umur panjang juga ingin meluapkan rasa rindu dengan buka bersama seperti saat-saat masih menjadi pekerja kantoran yang tak kenal lelah setiap hari buka bersama diluar bersama teman-teman tanpa keluarga.

Tapi ingat, buka puasa bersama agar bermanfaat hendaknya jangan lupakan :
1. Niat silaturahim
2. Jangan lupakan sholat maghrib
3. Berhenti sebelum kenyang
4. Segera izin pulang agar bisa sholat Terawih berjamaah

Buka bersama dan ibadah sama-sama kita kerjakan agar mendapatkan ridha dari Allah. Semoga diberi umur panjang agar bisa selalu meminta ampun pada Allah.

Salam,
Dwi Puspita

NB : Jangan lupa follow IG ku juga ya di @dwi__puspita




Tuesday, June 13, 2017

7 Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Alhamdulillah... bagaimana dengan puasanya. Lancar sampai adzan maghrib berkumandang kan gaes. Pasti yang dicari pertama kali adalah minuman, entah itu minum air putih terlebih dahulu dan setelah itu minum yang manis-manis seperti teh hangat. Tau nggak, ternyata kebanyakan orang lebih suka minuman yang segar alias minuman dingin. Dengan minuman dingin tersebut mereka mengaku lega setelah meminum habis tak tersisa. Nah... minuman segar apa sih yang biasanya ada selama bulan Ramadhan.


1. Es Cao

Kalau ditempatku ada yang menyebutnya es cao kadang ada juga yang menyebutnya es goder. Bentuknya macem-macem, ada yang dibentuk/dipotong dadu atau diiris tipis-tipis memanjang. Campurannya juga macem-macem, ada yang dikasih sirup dengan warna merah yang khas, ada yang diberi campuran gula merah dan santan yang terpenting minuman ini paling nikmat dihidangkan saat masih dingin dengan es batunya.


2. Es Dawet

Es dawet ini juga beraneka macam warnanya. Ada yang warna hijau biasanya dan es dawet yang pernah aku coba di jalanan Mayjend Sungkono Surabaya ini berwarna pink. Campuran santan, gula merah, dan es batu yang diserut bener-bener melampiaskan dahagaku. Nikmat sekali sepertinya jika diminum saat berbuka puasa. Di tempat kalian ada nggak es dawet warna pink seperti ini? Namanya es dawet apa es cendol gaes?



Baca juga : Ngabuburit Asyik di Bulan Ramadhan


3. Es Bubur Kacang Hijau

Es Bubur Kacang Hijau menjadi primadona juga saat berbuka puasa. Selain memiliki protein yang tinggi, kacang hijau ini memang enak sekali jika sudah berkolaborasi dengan santan dan pemanis. Buka puasa akan menjadi lebih nikmat jika ditambah es, namun ada sebagian yang memilih dihidangkan dan dinikmati selagi hangat. Yang terpenting bubur kacang hijau ini bener-bener ajib.


4. Es Buah

Hmmm... es buah. Siapa yang nggak doyan dengan buah? Rugi loh... nggak doyan buah. Buah itu menyehatkan, bikin tubuh sehat dan banyak manfaat lainnya. Es buah neda dengan jus buah. Es buah disini tidak diblender seperti jus melainkan dipotong kecil-kecil seperti ukuran dadu. Buahnya juga macam-macam, mau-mau kita. Bisa pisang, semangka, apel, anggur, kiwi, melon, pepaya, pir, buah naga, alpukat, dan buah-buahan lainnya. Setelah dicampur menjadi satu didalam mangkok bisa ditambahkan dengan toping keju yg telah diparut dan bisa ditambahkan susu kental manis bagi yang suka manis.




Baca juga : Menu Sahur Favorit Keluarga


5. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda atau es degan bener-bener menjadi favorit. Dengan air alaminya tanpa tambahan pemanis memberikan daya tarik sendiri bagi mereka yang memang anti pemanis. Es kelapa muda bener-bener sangat nikmat dan menyegarkan. Cocok sekali menjadi minuman saat berbuka puasa. Kalau aku suka sekali jika diminum dalam keadaan dingin



6. Es Kolak

Es kolak, beneran nih kalian belum pernah menikmati es kolak. Es kolak ini sebenarnya kolak yang ditambah dengan es batu agar lebih nikmat karena dingin. Kolaknya pun bisa menggunakan kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi, kolak labu, ataupun kolak kacang hijau. Es kolak menjadi favoritku saat aku mencari takjil di masjid saat masih sekolah madrasah dulu. Es kolak pisang ini kadang memberikan kenangan tersendiri untukku.

7. Es Teh

Hayoooo... siapa yang nggak pernah meminum minuman ini. Pasti deh semuanya pernah merasakan minuman murah meriah ini. Di siang hari kadang minuman ini menjadi primadona, kadang demi membalas hasrat yang terpendam buka puasanya sampe dibela-belain untuk minum es teh ini. Es teh memang menjadi teman makan kita dan di bulan puasa ini kadang menjadi iming-iming tersendiri.



Baca juga : 7 Menu Hidangan Buka Puasa Favorit Keluarga


Sebenarnya masih banyak sekali minuman favorit saat berbuka puasa, namun 7 minuman di atas adalah minuman yang biasanya nongkrong di meja atau paling banyak menjadi pilihan saat berbuka puasa. Atau mungkin kalian memiliki minuman favorit sendiri yang belum akumsebutkan di atas. Yuk share gaes minuman favorit kalian. Siapa tahu minuman favorit kalian termasuk minuman favoritku namun belum aku sebutkan pada poin di atas.

Friday, June 09, 2017

Ngabuburit Asyik di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum...
Alhamdulillah puasa masih lancar kan gaes?
Nah... kali ini aku mau cuap-cuap tentang ngabuburit. Hayooo siapa pembaca disini yang suka ngabuburit? Biasanya ngabuburit identik dengan anak muda, bersama pujaan hatinya. Mencari malam menunggu adzan maghrib... itu sih pengertianku. Tapi jangan salah... ngabuburit bisa juga dilakukan oleh pasangan keluarga, ini nih lebih asyik. Oh ya... ngomong-ngomong ngabuburit yang asyik itu kemana aja ya?



1. Ngabuburit ke Taman
Biasanya Taman menjadi alternatif ngabuburit. Selain asyik dengan warna warni tanaman dan beragam aneka permainan untuk anak biasanya di Taman pun siapa saja bisa menikmatinya. Entah pasangan muda mudi maupun yang sudah berkeluarga dengan membawa anak. Taman merupakan alternatif banyak orang, selain ramai pengunjung biasanya banyak orang yang menjual aneka makanan dadakan. Jadi kita bebas memilih menu makanan untuk berbuka puasa tanpa repot harus memasak dirumah.


2. Ngabuburit ke Mall
Mungkin ini pilihan beberapa anak muda, tapi tak dipungkuri ngabuburit ke Mall masih banyak dilakukan. Ada juga yang berkeluarga tapi kebanyakan memang anak muda yang memang tongkrongannya di Mall. Tidak ada salahnya ke Mall, mungkin ngabuburit sekaligus buka bersama di salah satu reato yang ada di Mall tersebut. Yang penting ibadah sholatnya jangan lupa. Lebih asyik lagi jika Mall tersebut memiliki tempat ibadahnyang luas, bersih, dan nyaman. Siapa yang nggak betah ngabuburit ke Mall jika sarana dan prasarana ibadah untuk umat Muslim terfasilitasi.


3. Ngabuburit ke Masjid
Masjid memang menjadi tempat yang paling nyaman. Meningkatkan ibadah selama bulan Ramadhan dengan mendatangi rumah Allah untuk melakukan kebaikan. Banyak hal yang bisa kita lakukan di Masjid sambil menunggu datang waktu berbuka puasa. Mengaji ataupun berdzikir, mendengarkan pengajian atau ceramah agama, membantu bagi-bagi takjil, dan bisa juga kita keliling masjid untuk melihat Bazar Ramadhan. Biasanya di depan Masjid terdapat Bazar Ramadhan. Contohnya seperti Masjid Nasional Al Akbar Surabaya yang setiap tahun mengadakan Bazar Ramadhan ini.



4. Ngabuburit keliling komplek atau jalanan kota
Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jika 3 tempat tersebut tidak masuk kriteria kalian untuk ngabuburit mungkin kalian hanya sekedar ngabuburit dengan kendaraan bermotor mengelilingi komplek perumahan atau jalanan kota untuk mendapatkan suasana keramaian. Tak ada salahnya ngabuburit dengn keliling jalanan kota. Siapa tahu mendapatkan takjil gratis dari para pemberi takjil.



Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Menonton TV, mengerjakan tugas-tugas rumah seperti menyapu, menyetrika, ataupun memasak.
Kegiatan positif lainnya adalah mengaji, biasanya mereka yang rajin ODOJ menggunakan waktu kosong ini dengan mengaji. Nah... kalau aku sendiri biasanya memasak. Mulai memasak pukul 4 sore. Jadi ngabuburitnya di dapur dengan berbagai masakan yang akan siap diolah. Kalau kalian sendiri kemana gaes ngabuburitnya? Share yuk... 

Salam,
Dwi Puspita

Monday, June 05, 2017

7 Menu Hidangan Buka Puasa Favorit Keluarga

Menantikan saat berbuka puasa rasanya deg-degan. Antara bahagia dan lega campur menjadi satu. Seharian berpuasa menahan haus dan lapar serta emosi yang bergejolak. Kadang tanpa diundang abang siomay disiang hari lewat depan rumah, duh rasanya bener-bener deh bikin urat nadi lemes #lebay. Hehehe
Tapi, tapi beneran kok...bagi aku yang doyan makan dan tak terjadwal melihat abang tukang jualan lewat depan di siang hari dan diwaktu puasa bener-bener menggoda. Kadang abang siomay dan abang es bubur kacang hijau berkolaborasi lewat depan rumah dengan bunyi-bunyian khas mereka.

Bener-bener diuji dan alhamdulillah kuat.
Ngomong-ngomong tentang buka puasa, beberapa menu pilihan keluargaku adalah makanan yang simpel, murah, dan bergizi. Tak harus mahal yang penting bisa mengenyangkan dan hendaknya berhenti makan sebelum kenyang.

1. Kolak
Kolak tetap menjadi primadona, entah itu kolak pisang, kolak singkong, kolak ubi, kolak labu, kolak kacang hijau, ataupun kolak tape dan nangka. Bener-bener berbuka puasa dengan yang manis-manis macam kolak ini kadang bikin nambah dan akhirnya lupa untuk menyantap menu buka puasa yang lainnya.


2. Minuman serba es
Minuman serba es disini seperti es cao, es agar-agar, es dawet, es kelapa muda, es teh, es campur, es buah, dan lainnya. Padahal minuman hangat lebih baik diminum terlebih dahulu saat kita berbuka puasa namun entah mengapa minuman serba es ini kadang menjadi favorit. Tak lengkap rasanya jika tak ada es dalam minuman yang akan kita minum.




3. Sayuran
Untuk sayuran biasanya aku membuat menu sayuran yang simpel seperti sayur sop yang memang menjadi menu favorit suamiku. Kadang menu sayuran ini setiap hari diganti agar tidak bosan. Beberapa menu sayuran yang aku buat antara lain sayur bayam, oseng-oseng kangkung, lodeh, sayur singkong, urap-urap, dan pecelan. Semua menu sayuran tersebut sangat mudah membuatnya.



4. Ikan laut dengan aneka bumbu
Hmmm.... lauk yang aku suka adalah ikan laut daripada daging. Selain tinggi protein, ikan laut bener-bener maknyus saat dimasak dan diolah dengan bumbu-bumbu yang menggoda selera. Salah satu favoritku adalah ikan tongkol bumbu balado, cumi, idang, dan kerang bumbu saos tiram, kakap bakar bumbu lada hitam, patin bumbu rica-rica, Pe bumbu rujak, pokoknya semua ikan laut yang sudah berkolaborasi dengan bumbu khas Indonesia rasanya mantap.




5. Daging dengan berbagai olahan
Daging dengan berbagai olahan seperti semur, krengsengan, rendang, opor, sate, soto, rawon, bakso dan lainnya masih tetap menjadi pilihan. Jika sesorang tidak suka menu ikan laut maka mereka akan memilih menu daging. Menu daging memang sangat istimewa, selain banyak sekali kandungan gizinya pun kita harus waspada untuk mengatur berapa banyak daging yang kita konsumsi. Hal ini agar kita terbebas dari penyakit.




6. Aneka sambal
Hambar rasanya setiap makanan jika tak ada sensasi spicynya. Untuk itu sambal sangat dibutuhkan ditengah-tengah makanan tersebut. Berbagai jenis sambal pun akan menghiasi meja sesuai dengan menu hari itu. Sambal-sambal favorit antara lain sambal terasi, sambal roa, sambal bawang goreng, sambal kacang, sambal kecap, dan sambel tomat.


7. Tahu, tempe, dan kerupuk.
Walaupun termasuk jenis makanan murah meriah namun rasanya kurang afdol jika salah satu dari menu ini tidak ada. Apalagi kerupuk... insyaallah semua orang menyukainya. Tahu tempe merupakan lauk yang mengandung protein nabati. Protein nabati sangat dibutuhkan dan baik untuk tubuh kita. Lauk asli Indonesia ini bisa diolah dengan berbagai hidangan yang sangat lezat. Favoritku adalah tahu tempe bacem dan kerupuk nggak boleh ketinggalan donk.




Nah gaes itulah 7 menu berbuka puasa yang akan menjadi favorit kalian. Kalian pilih yang mana? Tahu tempe sayur sop oke juga kan?

Apapun makanannya jangan lupa buah ya, karena makan buah sangat menyehatkan. Yuk... share juga menu buka puasa kalian gaes.