Thursday, September 21, 2017

Enaknya Jadi Jomblo

Pengalaman jadi jomblo itu sangat mengenaskan. Sebelum kenal dengan pak suami kadang gigit jari kalo sudah malam minggu. Melihat teman-teman kos pada punya acara masing-masing dengan gebetannya. Hati meronta-ronta di kamar kos, yang ada hanya tumpukan buku kuliah yang memanggil-manggil.




Namun, terkadang jadi jomblo itu bener-bener bikin happy. Bisa fokus ama kuliah. Tugas kuliah cepat selesai, konsentrasi belajar nggak buyar. Cepet nangkep dengan materi yang disampaikan dosen. Itulah senangnya diriku menjadi jomblo pada waktu itu. Sisi positifnya emang ngena dikala ingin cepat selesai mengerjakan studi.

Tapi... ngenes banget... pokoknya ngenes. Untungnya status jomblo nggak bertahan lama. Datanglah pak suami waktu itu yang mengisi ruang hati. Pak suami yang waktu itu masih menjajakan hatinya untukku. Pak suami yang kala itu menjadi pengisi hatiku. Eaaa...
Menemaniku mengerjakan skripsi di salah satu tempat nongki yang 24 jam buka. Wifi super kenceng, jadilah  kami berlama-lama ditempat itu.




Mengingat kembali enaknya jadi jomblo. Bebas kemana saja yang aku mau. Nggak pake ribet, tapi kadang jomblo itu ngenes. Hahaha...
Melihat teman yang berdua ama gebetannya. Jalan bareng, makan bareng, belanja bareng. Pokoknya kemana-mana bareng... disitulah kadang para jomblo ngenes banget. Iya kan?

Tapi... beneran jomblo itu enak banget. Bebas mau ngapain aja, nggak ribet ama penampilan. Tetap percaya diri dengan keadaannya. Dulu aku suka pakai baju apa saja. Kadang warna baju dan kerudung kontras banget. Nggak matching kata temanku. Tapi masa bodo. Siapa juga yang mau melihat, palingan orang-orang yang nggak aku kenal. Tapi semenjak ada mas pacar semuanya berubah drastis, kini penampilan mulai aku pertimbangkan. Hahaha...




Biar jomblo nggak ngenes biasanya ada beberapa dari mereka melampiaskan egonya. Nah... kalau pengalaman aku biasanya aku belanja dan kuliner. Belanja yang aku suka di tempat perbelanjaan yang ngasih banyak diskon. Selain itu mencari berbagai variasi baju yang memikat hati. Jadi jomblo itu enak, duit tetap aman tanpa ngasih embel-embel ke pasangan. Nge'bahagia'in diri sendiri dengan membeli pernak pernik yang bikin happy.

Kalap sudah biasa, yang penting dengan belanja pikiran menjadi fresh dan hati menjadi bahagia. Single Day 2017 Zalora bakalan nemenin kamu para jomblo. Disana kita bebas belanja suka-suka kita. Jadi... nggak usah minder nih buat para jomblo ya. Cek disini untuk melihat penawaran menarik Single Day 2017 Zalora.

Berbagai brand-brand ternama bakalan nyenengin hati kamu, apalagi promo yang sangat menarik di hari itu.

Nah... blo. Buruan deh buat hati kamu seneng. Cepetan belanja sepuasnya biar hati kamu happy.

Wednesday, September 20, 2017

Mengapa Memilih Wisata Bersepeda Bersama Ebikebali.com?

Bali telah lama terkenal sebagai salah satu destinasi wisata mendunia baik di kalangan masyarakat lokal maupun mancanegara. Dari sekian banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Bali, ada satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Jenis wisata tersebut adalah bersepeda. Dengan bersepeda, fisik tubuh akan sehat dan pikiranpun akan terefresh dengan alam sekitar yang dilalui. Dari sekian banyak kawasan yang bisa dilalui dengan tur sepeda, Ubud merupakan salah satunya. Kawasan ini memiliki banyak pemandangan yang menarik untuk disaksikan. Jika kebetulan kalian tertarik dengan wisata petualangan ini, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa ebikebali.com.



Mengapa memilih operator wisata yang bisa dihubungi melalui ebikebali.com ini? Hal ini karena dengan layanan jasa tersebut akan ada banyak hal yang mungkin belum pernah kalian alami selama liburan. Pertama, kalian bisa dengan aman dan nyaman menjelajahi tempat-tempat menarik yang ada di Ubud. Tempat-tempat tersebut dijamin belum tentu kalian pernah saksikan langsung. Selain itu, kalian juga tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena akan ada pemandu berpengalaman dan profesional yang bisa membantu mengatasi masalah saat melakukan tur sepeda. Dengan layanan jasa ini, kalian juga bebas memilih seberapa banyak aktivitas bersepeda yang dilakukan. Apabila ingin banyak berolahraga, kalian bisa memilih rute yang lebih panjang. Sebaliknya, apabila kalian lebih suka menikmati spot-spot tertentu lebih lama, maka aktivitas bersepeda bisa lebih dikurangi.

Dengan menggunakan layanan tur sepeda ebikebali ini, kalian juga bisa mendapatkan fasilitas agar aman selama bersepeda sekaligus makan siang dengan menu khas Bali yang lezat. Dengan makan setelah lelah bersepeda, makan siang tentu akan lebih terasa lezatnya. Satu hal lagi yang juga penting adalah ebikebali.com menyediakan bebas antar-jemput bandara. Untuk harga, kalian tidak perlu khawatir karena layanan tur sepeda dengan ebikebali tersedia dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, apakah kalian masih ragu untuk menggunakan layanan dari ebikebali ini? Untuk booking atau menyewa tur ini, kalian bisa menghubungi pengelola ebikebali pada website resminya.

Tuesday, September 19, 2017

Anak Generasi Maju Dengan Indonesia Merdeka Diare

Anakku pernah diare, saat usianya 15 bulan. Jujur aku sedih banget, karena selain berat badannya turun drastis dari 10 kg menjadi 6 kg dalam waktu 2 minggu. Sebagai ibu yang baru mengalami kejadian ini kaget donk. Tapi... alhamdulillah aku bisa mengatasinya waktu itu.



Berbekal ingin mengetahui diare lebih lanjut, kemarin ada acara bagus dengan tema #IndonesiaMerdekaDiare di Fairfield by JW Marriot Hotel Surabaya. Antusias banget donk datang ke acara ini bersama anakku sebagai bekal ilmu mengenai diare. Tak berharap diare datang lagi tapi kami ingin mengetahui lebih banyak tentang diare, bahayanya, dan cara mengatasinya.


Tahu nggak diare itu apa?
Dikatakan Diare jika BAB cair lebih dari 3 kali sehari dan frekuensi dan konsistensi lebih cair dari biasanya. 1 dari 7 anak Indonesia mengalami diare, maka kita harus selalu waspada bahwa diare bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan siapa saja bisa mengalaminya.


Penyebab Diare bisa dari infeksi maupun non-infeksi.
Infeksi biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, dan jamur. Sedangkan non infeksi bisa dari alergi maupun intoleransi makanan.



Diare adalah penyakit yang umum yang sering di derita oleh anak, namun banyak ibu yang belum mengerti cara penanganan yang tepat sehingga sering kali Ibu menganggap permasalahan diare pada anak dapat diatasi sendiri. 

Berdasarkan data dari Riskesdas 2013, 1 dari 7 anak Indonesia pernah mengalami diare dengan frekuensi 2-6 kali dalam setahun. Melihat angka kejadian ini, ibu perlu mengetahui penanganan diare dengan tepat, karena bila diare berkelanjutan akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak antara lain berat badan anak.



Saat diare, ibu perlu memperhatikan agar anak tidak mengalami dehidrasi dan kekurangan gizi. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi diare pada anak  yaitu:
1. Untuk anak yang masih mendapatkan ASI, teruskan pemberian ASI karena ASI adalah yang terbaik.
2. Cegah dehidrasi dengan larutan oralit
3. Konsultasikan ke tenaga medis
4. Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan Si Kecil
5. Bila perlu, berikan nutrisi bebas laktosa berdasarkan rekomendasi dari tenaga medis



Materi pertama yang disampaikan oleh dr. Andy Darma, SpA(K). Beliau menjelaskan tentang penyebab terjadinya diare yang paling umum adalah infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Namun, penyebab terbanyak diare pada anak adalah Rotavirus, dan penelitian menemukan bahwa sebagian (30%) anak Indonesia yang mengalami diare karena Rotavirus juga mengalami intoleransi laktosa.

Penelitian di negara lain bahkan mendapatkan angka kejadian intoleransi laktosa yang lebih tinggi, yakni sekitar 67% pada diare karena Rotavirus dan 49% pada diare non-Rotavirus. Pada saat diare terutama oleh Rotavirus, terjadi kerusakan jonjot usus, sehingga produksi beberapa enzim di jonjot usus yang berguna untuk proses pencernaan nutrisi, di antaranya enzim laktase, akan berkurang.

Enzim laktase berguna untuk mencerna gula alami (laktosa) yang terdapat pada susu. Laktosa yang tidak tercerna akhirnya tidak dapat diserap sehingga menyebabkan diare semakin berat, kembung, dan tinja yang berbau asam. Kondisi ini disebut sebagai intoleransi laktosa.



Bakteri rotavirus adalah bakteri yang bisa bertahan lama dan bisa menular. Biasanya ada di popok anak. Kadang popok anak yang biasanya dibuang ke tempat sampah, sebenarnya bakteri Rotavirus masih tetap bertahan disana.



Diare Rotavirus sangat berbahaya karena :
- Penyebab utama diare berat dengan dehidrasi pada balita diseluruh dunia dari semua kalangan
- Angka kematian 6 % pada balita
- Pada negara berkembang lebih tinggi lagi karena banyak yang malnutrisi

Pada saat diare, produksi beberapa enzim pencernaan di dalam usus akan berkurang, sehingga sulit mencerna sebagian nutrisi, seperti laktosa yang banyak terkandung di dalam usus. Kondisi ini dapat disebut dengan intoleransi laktosa.


Diare berulang yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan risiko gagal tumbuh, sehingga diperlukan asupan nutrisi yang baik saat dan setelah diare, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Peran nutrisi sangat penting dalam menghadapi diare tidak hanya untuk mencegah dehidrasi namun juga menjaga asupan energi, dan dapat dengan mudah diperoleh dari larutan oralit, susu, dan makanan sehari hari.




Anak diare akan mengalami dehidrasi dan ubun-ubunnya cekung. Kondisi seperti ini biasanya membuat orang tua terutama ibu panik. Biasanya mereka akan langsung membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tapi sebenarnya bisa juga melalui home treatment.


Kepekaan orang tua terhadap keadaan anak saat diare sangat penting, karena saat diare, berat badan anak akan berkurang. Oleh karena itu diperlukan asupan nutrisi yang baik saat dan setelah diare, sehingga anak dapat mengejar pertumbuhan fisiknya.


Apabila anak tidak mau makan dan minum, orangtua perlu mengusahakan asupan bernutrisi yang mudah diterima oleh anak.  ASI dan cairan rehidrasi oral (oralit) adalah yang utama selain tambahan zinc. Selain itu, asupan nutrisi yang baik dapat mempercepat pemulihan fungsi usus normal, termasuk kemampuan untuk mencerna dan menyerap makanan yang masuk, serta memberikan energi untuk mempercepat proses pemulihan.



Selain itu jika anak mengkonsumsi susu formula hendaknya jangan terlalu encer saat membuatnya.


Nabhila Chairunissa selaku Digestive Care Manager – NutriciaSari Husada memaparkan bahwa kampanye “Indonesia Merdeka Diare” adalah langkah nyata komitmen perusahaan Nutricia Sari Husada terhadap nutrisi untuk bangsa agar  anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju.

Dengan adanya kampanye ini berharap ibu-ibu semakin mendapat edukasi dan semakin mengerti penanganan tepat diare pada anak.



Dan berharap segala informasi penting yang dapat ibu jadikan sebagai pedoman atasi diare pada anak dapat dijadikan pengingat bagi ibu saat anak mengalami diare. Dengan pengetahuan yang memadai, ibu dapat memberikan penanganan yang tepat saat anak menderita diare untuk tetap menjaga tumbuh kembang yang optimal agar anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju yang merdeka dari diare.
Yuk ibu-ibu mulai sekarang kita jaga kebersihan diri dan lingkungan kita ya, terutama kebersihan si kecil agar dia bisa tumbuh sehat dan ceria.


Saturday, September 16, 2017

Konferensi Ayah Bunda Platinum Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini

"Apakah anak saya cerdas?"
Pasti pertanyaan ini juga sama dengan pertanyaan para Ayah dan Bunda sekalian bukan? Sebenarnya setiap anak itu memiliki kesempatan untuk menjadi anak cerdas dan mereka memiliki kecerdasan yang berbeda untuk setiap anak yang satu dengan yang lainnya. Bukan karena mereka pintar Matematika sudah dikatakan cerdas.



Big NO ya Ayah Bunda.

Dalam seminar Konferensi Ayah Bunda Platinum Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini yang berlangsung di Grand City Surabaya dibahas mengenai masalah kecerdasan. Beruntung banget aku bisa datang mengajak anak dan suami dalam acara yang memang ditunggu-tunggu oleh para orangtua.



Menurutku sangat bermanfaat sekali acara seminar seperti ini, selain mendapatkan banyak fasilitas yang antara lain goodibag, snack, lunch, materi, sertifikat, dan apabila beruntung akan mendapatkan hadiah hiburan ataupun hadiah utama yaitu berupa i-phone.


Pastinya antusias dari para peserta khususnya warga Surabaya sangat besar. Mereka berduyun-duyun sudah mengantri di venue sejak pukul 7 pagi. Padahal acara sendiri mulai pukul 10 lebih. Sungguh sangat luar biasa bukan.



Para Ayah Bunda juga bisa menikmati lima booth yang sudah tersedia, yaitu :

1. Photo Booth dimana kita bisa mengabadikan moment foto bersama si kecil dengan Ayah dan Bunda.


2. Booth Alergi Anak
Disini para Ayah dan Bunda bisa berkonsultasi mengenai alergi pada anak. Salah satu penyebab terjadinya alergi adalah Faktor Genetik yang diturunkan dari orang tuanya. Anak yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat alergi, memiliki peluang mengalami alergi lebih tinggi jika dibandingkan yang tidak.



Cari tahu juga berapa besar resiko alergi si kecil dengan masuk ke fitur cekalergi.com. Dapatkan beragam informasi bermanfaat seputar alergi pada si kecil seperti : makanan bebas alergi, dokter rujukan, artikel menarik, info nutrisi, berita dan promo, cerita Bunda, kenali alergi, dan cek alergi.



3. Booth MI PlayPlan #30HariMain
Booth yang dapat membantu orangtua  mengetahui dan mengembangkan talenta si kecil dengan cara bermain. MIPP juga menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kecerdasan si kecil dan membantu orangtua untuk mengasah multiple intelegence pada si kecil dengan ide-ide permainan.


Ayah Bunda bisa langsung mengunjungi http://www.morinagamiplayplan.com dengan adanya website ini para orang tua tidak perlu khawatir dengan ide bermain karena Ide Bermain MI Morinaga akan membantu memberikan ide bermain yang menarik, sehingga Ayah dan Bunda dapat memberikan waktu berkualitas dan sekaligus mengamati minat si kecil dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

4. Booth The Power of Play
Di booth ini anak bebas bermain. Permainan yang disediakan berupa bermain pasir, perosotan, dan corat coret papan yang memang khusus digunakan sebagai media menggambar.





 5. Booth Dunia Generasi Platinum 



Tiga jam para peserta bisa memanfaatkan beberapa booth terlebih dahulu sebelum mengikuti materi. Booth-booth yang memang disediakan untuk para peserta sekaligus dapat bermain dan mengedukasi Ayah, Bunda dan Si Kecil.




Teuku Zacky yang hadir dalam acara tersebut sebagai MC bener-bener membuat semangat para mama muda. Tau sendiri bukan, Teuku Zaki ini adalah salah satu aktor Indonesia yang terkenal dan memiliki wajah rupawan. Pastilah banyak mamah muda yang mengidolakannya. Mempunyai 2 putra memberikan Teuku Zacky pengalaman yang berharga dalam hidupnya.



Materi pertama disampaikan oleh Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remajam Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo/ FK Unair Surabaya.


Menjelaskan ada empat faktor pembentuk anak generasi multitalenta di era milenial untuk menjadi Generasi Platinum, antara lain :



1. Faktor Kecerdasan Multitalenta

Kecerdasan Multitalenta membutuhkan protein sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, Vitamin B12 sebagai koenzim dalam pembentukan asam nukleat misalnya pembentukan sel darah merah, dan Zat Besi sebagai komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh bagian tubuh. Berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar si kecil dalam menyimak sehingga mendukung proses belajar si kecil.


Faktor Kecerdasan Multitalenta salah satunya harus cukup antara lain :
Omega 6/Asam Linoleat (AL) dan Omega 3/ Asam Alfa Linolenat (AAL) yang merupakan asam lemak esensial yang berfungsi meneruskan rangsangan antar sel syaraf untuk mempercepat daya tangkap.
Alfa Laktalbumin membantu perkembangan dan memperbaiki jaringan tubuh yang juga merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang otak.
Kolin membantu penyimpanan memori/daya ingat, kemampuan berpikir, bergerak serta berbicara si kecil.

Ayah dan Bunda perlu mengetahui bahwa :
- setiap anak berkesempatan mempunyai otak cerdas
- nutrisi pembentuk struktur otak anak cerdas sejak dini
- stimulasi untuk memperkaya koneksi sirkuit otak anak
- memantau pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil


2. Faktor Pertahanan Tubuh Ganda

Pertahanan Tubuh Ganda membutuhkan Zink dan Vitamin A, dimana peran vitamin A adalah membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan saluran pencernaan. Selain itu faktor pertahanan tubuh ganda membutuhkan Nukleotida, Laktoferin, Prebiotik (Laktulosa), dan Probiotik.
Nukleotida berfungsi dalam meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi.
Laktoferin merupakan salah satu komponen yang ada di ASI yang berperan untuk melawan infeksi dalam tubuh sehingga si kecil tidak mudah sakit seperti demam, batuk, dan pilek.
Prebiotik (Laktulosa) merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.
Probiotik Bifidobacterium Longum 536 & Bifidubacterium Breve 16V merupakan bakteri baik di saluran cerna.
Kombinasi Prebiotik dan Probiotik berfungsi agar si kecil tidak mudah diare dan konstipasi (sembelit) sehingga nutrisi dapat diserap lebih baik.

Ayah dan Bunda harus tahu bahwa dengan adanya faktor ketahanan tubuh tersebut akan memberikan beberapa manfaat antara lain :
- nutrisi pembentuk ketahanan tubuh anak
- agar anak tidak mudah sakit
- mengoptimalkan ketahanan tubuh anak
- mengenal berbagai gangguan ketahanan tubuh si kecil


3. Faktor Tumbuh Kembang Optimal
Pertumbuhan adalah bertambah banyak dan besarnya sel-sel tubuh yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur, sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi dari organ tubuh.
Beberapa faktor tumbuh kembang optimal harus cukup
Vitamin dan Mineral yang berperan dalam tumbuh kembang si kecil dan juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

Whey Protein merupakan sumber protein yang bermanfaat dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein merupakan komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.
Dengan tinggi kalsium dan vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
Ayah dan Bunda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut :
- mengenali ciri-ciri tumbuh kembang anak normal
- nutrisi dini pembentuk tumbuh kembang optimal
- stimulasi dini pembentuk tumbuh kembang optimal
- memantau perjalanan tumbuh kembang si kecil


4. Faktor Prodiges (Kesehatan Saluran Cerna)
Bifidobacterium Longum 536 & Bifidubacterium Breve 16V adalah hasil penelitian Morinaga Research Center Japan yang teruji klinis sebagai bakteri baik di saluran cerna. Saluran cerna anak merupakan pondasi tumbuh kembang anak jangka panjang.




Edukasi mengenai stimulasi disampaikan oleh Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Ketua Program Studi Psikologi Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Presiden Direktur ESSA Consulting.


Bunda Rose Mini atau lebih dikenal dengan sapaan Bunda Romi menjelaskan tentang kecerdasan.

9 Kecerdasan Multitalenta
  1. Kecerdasan Linguistik berupa kecerdasan dalam berbicara, membaca, maupun mengeja.
  2. Kecerdasan Logika Matematik berupa kecerdasan untuk memahami kondisi/ situasi menggunakan penalaran logika.
  3. Kecerdasan Musikal, berupa kecerdasan si kecil dalam memahami musik, baik dalam menyanyi/ memainkan alat musik.
  4. Kecerdasan Kinestetik berupa keahlian menggunakan anggota tubuh.
  5. Kecerdasan Visual Spasial berupa kecerdasan dalam bentuk kemampuan untuk memahami arah, ruang, dan bentuk akhir dari suatu benda, termasuk untuk berpikir kreatif.
  6. Kecerdasan Interpersonal berupa kecerdasan  dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.
  7. Kecerdasan Intrapersinal berupa kemampuan yang menghubungkan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri.
  8. Kecerdasan Naturalis berupa kemampuan mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan.
  9. Kecerdasan Moral berupa kemampuan untuk memahami tuntutan yang ada di lingkungan, mengetahui apa yang baik dan buruk untuk dilakukan.


Jenis permainan dapat dibedakan menjadi 4 sesuai tahapan perkembangan dan kematangan kognitif anak, antara lain :

1. Bermain Fungsional adalah jenis permainan yang mulai bisa dimainkan sejak anak lahir hingga usia 2 tahun. Permainan fungsional ditandai dengan adanya gerakan pengulangan, manipulasi atau gerakan meniru. Permainan fungsional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan otot dan fisik. Contohnya bayi menggoncangkan kincringan, bayi yang merangkat mengejar suatu benda.

2. Bermain Konstruktif adalah jenis permainan yang mulai bisa dimainkan sejak anak usia 2-3 tahun. Permainan ini ditandai dengan aktivitas anak membuat sesuatu menggunakan material yang ada di sekelilingnya. Misalnya bermain membangun menara dengan lego, bongkar pasang, dsb.

3. Bermain Peran adalah jenis permainan yang mulai bisa dimainkan sejak anak usia 3-7 tahun. Permainan ini ditandai dengan kemampuan anak untuk berpura-pura menjalani peran tertentu atau menjadikan suatu objek seakan-akan menjadi benda yang lain. Misalnya berpura-pura menjadi pedagang di pasar.

4. Bermain dengan peraturan adalah jenis permainan yang mulai bisa dipermainkan sejak anak usia 7 tahun ke atas. Permainan ini ditandai dengan adanya aturan yang harus dipatuhi anak saat bermain. Misalnya petak umpet, ular tangga, sepak bola, bulu tangkis, dsb.


Untuk itu Morinaga menjawab semuanya. Dengan Rangkaian Produk Morinaga untuk si kecil antara lain :

1. Morinaga Platinum

Kini dengan MoriCare+ dan Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tersedia rasa dan kemasan
- Chil Kid Platinum Madu & Vanila 400g & 800g
- Chil School Platinum Madu, Vanila & Coklat 400g & 800g
- Chil Kid Platinum Stick Pack Madu & Vanila 12 x 16g


2. Morinaga Gold hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tersedia rasa dan kemasan
- Chil Kid Gold Madu & Vanila 200g, 400g, 800g & 1600g
- Chil School Gold Vanila, Coklat & Stroberi 200g, 400g & 800g



3. Morinaga Soya dengan MoriCare+ dan Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang alergi susu sapi. Tersedia kemasan
- Chil Kid Soya 300g & 600g
- Chil Schpol Soya 300g


4. Morinaga P-HP dengan MoriCare+ dan Prodiges untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang memiliki potensi alergi susu sapi. Tersedia kemasan
Chil Kid P-HP 400g & 800g



5. Morinaga Chil-Go!
Morinaga Chil-Go merupakan produk inovasi baru dari Morinaga dalam bentuk susu cair siap minum dengan Prebiotik Inulin 1000mg, hadir sebagai pendamping dari susu Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School. Tersedia rasa coklat, stroberi, vanila 140 ml.



Dari seminar Konferensi Ayah Bunda Platinum Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini beberapa ilmu penting yang menjadi benang merah antara lain.
1. Bahwa ASI tetap menjadi nutrisi paling penting pada bayi sampai usianya 2 tahun.
2. Anak perempuan lebih cerdas dibandingkan anak laki-laki di awal pertumbuhan tapi nantinya ditengah pertumbuhan anak laki-laki lebih cerdas dibandingkan anak perempuan.
3. Apa yang akan kita lakukan dan kerjakan didepan anak kita nantinya anak akan meniru. Misal, jika kita ingin anak kita menjadi pemukul maka pukullah dia, jika anak kita ingin menjadi pemarah, marahi dia. Maka berikanlan yang terbaik, yaitu kasih sayang Ayah Bunda.
4. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda, jangan paksakan anak mencintai Matematika karena cerdas bukan berarti yang pandai Matematika


Salam,
Dwi Puspita

Friday, September 15, 2017

Transpulmin BB Balsam, Kehangatannya Seperti Pelukan Ibu

Rasanya... aku ingin menangis. Melihat anakku terkapar tak berdaya di tempat tidur. Hiks...

Anakku batuk disertai flu. Batuknya mengganggu tidurnya sehingga menyebabkan tidurnya terganggu.


Ceritanya sebulan yang lalu saat perayaan 17 Agustus di perumahanku. Para pengurus RW di perumahan mengadakan Bazar 17 Agustusan. Bazar makanan dan minuman yang menyediakan berbagai macam kuliner. Mulai dari bakso, lontong kikil, tahu campur, lontong kupang dan masih banyak lainnya. Selain itu minumannya juga nggak kalah menggiurkan, mulai dari es kelapa muda, es cao, es dawet, es buah, es kopyor, es kacang ijo, dan es garbis. Bener-bener bikin aku kalap jajan. Harganya yang cukup murahpun bikin aku mencoba untuk menjajal makanan itu semuanya.




Sayangnya aku teledor, teledor banget. Anakku yang berada digendonganku pun ingin menikmati makanan dan minuman yang sedang aku nikmati. Pada akhirnyapun aku beri sesuap demi sesuap bakso dan sedikit-sedikit. Selain itu, dia ingin mencoba es kopyor yang ada disebelah mangkokku. Doyan juga ternyata si kecil dengan makanan dan minuman semacam ini. Keesokan harinya, aku kaget. Anakku batuk-batuk ditambah lagi hidungnya yang mampet. Anakku sakit... ini karena aku yang kurang waspada terhadap makanan dan minuman untuknya.

Umur segitu seharusnya aku memberikan makanan yang sehat seperti sayur dan buah. Karbohidrat untuk energinya, vitamin, mineral, dan protein sebagai pelengkapnya. Selain kesehatan makanan kebersihanpun harus dijaga, karena anak seusianya rawan sekali terhadap kuman-kuman makanan yang kurang bersih baik itu saat mencuci maupun mengolahnya.



Sekarang anakku tergeletak tak berdaya di tempat tidur. Batuk-batuknya mengganggu tidurnya. Kadang dia menangis karena kesulitan bernafas yang diakibatkan hidungnya mampet. Sedih banget melihatnya. Karena nggak tega melihatnya nggak nyenyak tidur akhirnya aku menyuruh suamiku untuk ke apotik membeli obat batuk, flu, dan penurun panas khusus untuk anak. Dan jangan lupa beli Transpulmin BB Balsam juga. Sebelumnya aku memang sudah sedia Transpulmin BB Balsam di kotak kecil P3K Keluarga, tapi ternyata sudah habis. Untungnya apotik di dekat perumahanku buka 24 jam. Ini sangat membantu sekali bagi warga perumahan yang tiba-tiba butuh obat di malam hari seperti kami.




Hanya butuh 15 menit saja, akhirnya suamiku sampai juga membawa sirup obat batuk khusus untuk anak dan Transpulmin BB Balsam yang aku pesan. Saat membuka tutup botol sirup tersebut, tiba-tiba suamiku berkata "lebih baik jika anak kita minum ASI. Sepertinya ASI bisa membuat anak kita lebih kenyang, dia belum mau makan dari tadi".


Bener sekali, anakku yang usianya 21 bulan ini belum mau makan apapun. Disuapi bubur juga nggak mau, puding juga dia menolaknya. Hanya ASI saja yang dia mau. Aku kenyangkan perutnya dengan ASI sampai dia berhenti nenen sendiri.


Anakku mulai tertidur, keringat didahinya mulai menampakkan bahwa kondisinya lebih baik. Bisa saja dia kenyang dengan ASI atau panasnya sudah sedikit turun.
Iya benar, saat aku raba keningnya, panasnya sudah lumayan turun. Dengan sangat pelan aku bangun dari tempat tidur, bergegas untuk mengambil Transpulmin BB Balsam. Kulihat suamiku sudah nyenyak tidurnya, memang sengaja tidak aku bangunkan karena dia harus mencari nafkah besok.


Ku tutup kembali sirup batuk, flu, dan penurun panas tersebut. Belum aku pakai masih tersegel dengan rapi. Aku letakkan di kotak kecil yang khusus P3K Keluarga.

Aku ambil Transpulmin BB Balsam dan membuka tutupnya. Aku ambil paku jarum untuk melubangi bagian tengah penutupnya.


Bentuknya gel. Aku gosokkan di bagian dada, leher, perut, dan punggung anakku. Di bagian lehernya agar rasa mampet dihidungnya lekas membaik. Anakku tidur dengan nyenyak. Aku cium keningnya, pipinya, dan tangan kecilnya. Rasanya nyesek banget melihat anak sakit.

Transpulmin BB Balsam adalah balsam khusus untuk anak yang dapat membantu meringankan hidung tersumbat karena flu, nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut, dan menghangatkan badan.

Transpulmin BB Balsam merupakan balsam anak pertama yang sudah aku pakai sejak anakku masih bayi. Bayi baru lahir bisa langsung  pakai balsam ini. Awalnya, aku mendapat rekomendasi dari temanku yang berprofesi sebagai perawat di Rumah Sakit Daerah Sidoarjo. Dia menyarankan agar aku selalu siap sedia obat-obatan untuk bayi di bawah 2 tahun di rumah, salah satunya adalah Transpulmin BB Balsam.




Selain aman untuk bayi, Transpulmin BB Balsam juga memiliki aroma yang menenangkan. Memberikan kehangatan layaknya pelukan ibu. Anak lebih tenang dan nyaman apalagi bener-bener ada sentuhan kasih sayang ibu yang selalu menjaganya.

Tiap 1 gram Transpulmin BB Balsam mengandung Eucalyptol 100 mg dan Chamomile concentrate 7,44 mg.

Eucalyptol (juga dikenal sebagai cineole), adalah komponen utama minyak kayu putih. Memiliki efek antibakteri pada saluran pernapasan yang membantu menghadapi bakteri sumber penyakit. Menghirup uapnya dapat berfungsi sebagai dekongestan, mengendalikan lendir berlebihan dan meredakan bronkitis.



Manfaat Chamomile adalah untuk membantu masalah tidur seperti insomnia, gangguan pencernaan, rasa cemas. Selain itu Chamomile berkhasiat memberikan ketenangan bagi yang mengkonsumsinya sebagai minuman.




Alhamdulillah pagi harinya anakku sudah bisa tertawa, artinya dia sudah sembuh. Flunya sudah lumayan, namun batuknya masih ada. Tidak sesering kemarin sih, kalau kemarin sedikit-sedikit batuk, mau makan batuk, mau minum batuk. Senangnya melihat anakku ceria. Tak lupa selalu aku gosokkan Transpulmin BB Balsam ke punggung, dada, dan lehernya. Transpulmin BB Balsam memberikan sentuhan kehangatan layaknya sentuhan ibu. Kehangatannya selalu memberikan kenyamanan dan menenangkan.


Selain Transpulmin BB Balsam, kami juga menggunakan Transpulmin Balsam Keluarga. Fungsinya kurang lebih seperti Transpulmin BB Balsam, namun Transpulmin Balsam Keluarga bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga.

Aku dan suami selalu mengoleskan Transpulmin Balsam Keluarga jika perut kembung, hidung tersumbat, dan terkena gigitan serangga. Transpulmin Balsam Keluarga tidak cocok digunakan untuk anak dibawah 2 tahun.




Tiap 1 gram Transpulmin Balsam Keluarga mengandung Eucalyptol 10%, Menthol 5%, Camphor 2.5%, Sage Oil 2.5%, Chamomile Concentrate 0.744%.

Untuk masing-masing Transpulmin baik itu Transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Balsam Keluarga hendaknya disimpan di tempat yang sejuk. Pemakaian hendaknya dilihat pada bungkus kemasan, jika melampaui tanggal kadaluarsa sebaiknya jangan diteruskan dalam hal pemakaian.

Sekarang dia sudah kembali ceria, bermain mobil-mobilan warna kuningnya. Agar tak mudah sakit pastinya juga aku berikan dia makanan yang bergizi tinggi. Vitamin, mineral, protein, zat besi, karbohidrat, dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuhnya.

Sekarang aku lebih waspada untuk memberikan makanan yang dibeli diluar sana. Lebih baik aku sibuk didapur membuat makanan bergizi untuk anakku. Sehat terus ya Nak!




Transpulmin BB Balsam, kehangatannya seperti pelukan ibu.




Referensi gambar dan tulisan


  1. http://transpulmin.co.id/
  2. https://elixinol.com/id/blog/terpenoids-hemp-eucalyptol/
  3. http://www.alodokter.com/tidak-hanya-menghangatkan-ada-banyak-manfaat-eucalyptus