Friday, June 09, 2017

Ngabuburit Asyik di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum...
Alhamdulillah puasa masih lancar kan gaes?
Nah... kali ini aku mau cuap-cuap tentang ngabuburit. Hayooo siapa pembaca disini yang suka ngabuburit? Biasanya ngabuburit identik dengan anak muda, bersama pujaan hatinya. Mencari malam menunggu adzan maghrib... itu sih pengertianku. Tapi jangan salah... ngabuburit bisa juga dilakukan oleh pasangan keluarga, ini nih lebih asyik. Oh ya... ngomong-ngomong ngabuburit yang asyik itu kemana aja ya?



1. Ngabuburit ke Taman
Biasanya Taman menjadi alternatif ngabuburit. Selain asyik dengan warna warni tanaman dan beragam aneka permainan untuk anak biasanya di Taman pun siapa saja bisa menikmatinya. Entah pasangan muda mudi maupun yang sudah berkeluarga dengan membawa anak. Taman merupakan alternatif banyak orang, selain ramai pengunjung biasanya banyak orang yang menjual aneka makanan dadakan. Jadi kita bebas memilih menu makanan untuk berbuka puasa tanpa repot harus memasak dirumah.


2. Ngabuburit ke Mall
Mungkin ini pilihan beberapa anak muda, tapi tak dipungkuri ngabuburit ke Mall masih banyak dilakukan. Ada juga yang berkeluarga tapi kebanyakan memang anak muda yang memang tongkrongannya di Mall. Tidak ada salahnya ke Mall, mungkin ngabuburit sekaligus buka bersama di salah satu reato yang ada di Mall tersebut. Yang penting ibadah sholatnya jangan lupa. Lebih asyik lagi jika Mall tersebut memiliki tempat ibadahnyang luas, bersih, dan nyaman. Siapa yang nggak betah ngabuburit ke Mall jika sarana dan prasarana ibadah untuk umat Muslim terfasilitasi.


3. Ngabuburit ke Masjid
Masjid memang menjadi tempat yang paling nyaman. Meningkatkan ibadah selama bulan Ramadhan dengan mendatangi rumah Allah untuk melakukan kebaikan. Banyak hal yang bisa kita lakukan di Masjid sambil menunggu datang waktu berbuka puasa. Mengaji ataupun berdzikir, mendengarkan pengajian atau ceramah agama, membantu bagi-bagi takjil, dan bisa juga kita keliling masjid untuk melihat Bazar Ramadhan. Biasanya di depan Masjid terdapat Bazar Ramadhan. Contohnya seperti Masjid Nasional Al Akbar Surabaya yang setiap tahun mengadakan Bazar Ramadhan ini.



4. Ngabuburit keliling komplek atau jalanan kota
Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jika 3 tempat tersebut tidak masuk kriteria kalian untuk ngabuburit mungkin kalian hanya sekedar ngabuburit dengan kendaraan bermotor mengelilingi komplek perumahan atau jalanan kota untuk mendapatkan suasana keramaian. Tak ada salahnya ngabuburit dengn keliling jalanan kota. Siapa tahu mendapatkan takjil gratis dari para pemberi takjil.



Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Menonton TV, mengerjakan tugas-tugas rumah seperti menyapu, menyetrika, ataupun memasak.
Kegiatan positif lainnya adalah mengaji, biasanya mereka yang rajin ODOJ menggunakan waktu kosong ini dengan mengaji. Nah... kalau aku sendiri biasanya memasak. Mulai memasak pukul 4 sore. Jadi ngabuburitnya di dapur dengan berbagai masakan yang akan siap diolah. Kalau kalian sendiri kemana gaes ngabuburitnya? Share yuk... 

Salam,
Dwi Puspita


Related Posts

Ngabuburit Asyik di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

3 komentar

Saya mah ngabuburid sambil mancing. Ga kerasa udah magrib :D

biasanya ngabuburit ke mall nih, sambil cuci mata di tenant makanan..hihihi

Saya ngabuburitnya di ruang tengah aja Mba, sambil baca buku atau manga hehehe #gakjauhjauhsamabaca

Yuk berkomentar :)