Pengalaman Mengurus Perpanjangan SIM di SIM Corner PTC Surabaya

Pengalaman mengurus perpanjangan SIM di SIM Corner PTC Surabaya. Lebih tepatnya sih saya ikut suami mengurus perpanjangan SIM C nya yang akan habis masa berlakunya. Kurang seminggu sih tapi mendingan diurus secepatnya daripada terlambat, terlambat 1 hari saja sama seperti mengurus SIM baru. Wah... rugi donk....
Ya makanya, jangan sampai telat ngurus perpanjangan SIM.



Mengapa harus mengurus perpanjangan SIM di SIM Corner PTC Surabaya, alasannya karena dekat dengan rumah. Ngapain cari yang jauh kalo yang dekat ada. Hehehe...
Jadi kalian warga Surabaya yang mau ngurus SIM nya carilah SIM Corner yang terdekat ya.


Ceritanya, seminggu sebelum SIM-nya mati alias habis masa berlakunya saya selalu mengingatkan suami saya agar jauh-jauh hari SIM nya segera diurus daripada harus buat baru gara-gara cuma telat 1 hari.

Pertama yang harus suami lakukan adalah meminta surat keterangan sehat dari dokter. Kami mendatangi klinik yang ada didekat rumah kami. Suami saya meminta surat keterangan sehat dari dokter untuk kelengkapan berkas perpanjangan SIM C nya. Cukup bayar biaya 30 ribu rupiah saja surat sehat sudah bisa dapatkan dengan serangkaian proses seperti timbang badan, periksa kesehatan mata, tekanan darah, dll. 

Semuanya normal dan artinya suami saya sehat. Menurutk saya sih harga segitu standart, harga 30 ribu rupiah dengan serangkaian proses yang jelas. Soalnya saya pernah mengurus surat keterangan sehat di Puskesmas dan membayar 5 ribu rupiah dan itu pun kejadiannya pada tahun 2014 dan waktu itu nggak di apa-apain, ya nggak diperiksalah pokoknya. Kalau suami saya kan emang diperiksa lengkap oleh dokter di klinik tersebut.



Pic : Suami dan anak saya lagi di klinik, meminta surat keterangan sehat dari dokter


Dengan membawa surat keterangan sehat dari dokter meluncurlah kami ke SIM Corner yang ada di PTC Surabaya. Tak perlu antri lama karena suami saya berada diurutan nomer 2. Kemudian suami saya menuju loket dan disuruh fotokopi KTP dan SIM C (yang lama). Ah... lupa fotokopi SIM  C dan KTP diluar deh, harganya pasti lebih mahal jika fotokopi di dalam mall.





Tak jauh dari SIM Corner PTC ada jasa fotokopi. Harganya memang cukup mahal jika dibandingkan fotokopi diluar. 1 lembar kena 500 rupiah dan suami saya fotokopi dokumennya sebanyak 5 lembar. Duit 2500 akhirnya keluar, murah sih daripada harus jalan kaki keluar mall cari tempat buat fotokopi. Hehehehe...

Setelah dokumen yang telah difotokopi lengkap baru deh oleh petugasnya diberikan dokumen kosong yang wajib diisi. Seperti mengisi nama, alamat, telpon, dll. Data diri pemohon pastinya. 






FYI di PTC Surabaya selain SIM Corner ada juga SAMSAT Corner loh. Siapa tahu ada yang mau bayar pajak atau perpanjangan STNK kendaraan bermotornya. Letaknya nggak jauh-jauh amat dengan SIM Corner.



Setelah dokumen diisi lengkap oleh suami saya dan menyerahkan uang 75 ribu untuk biaya SIM C barunya dan tambahan 30 ribu untuk biaya asuransi. Jadi total semuanya 105 ribu. Suami saya masih harus menunggu panggilan terakhir yaitu untuk di foto, yang mana foto ini nantinya akan nampang di SIM C barunya.

Ternyata mengurus perpanjangan SIM tidak lama, mungkin butuh 10 menit dengan antrian sebanyak 2 orang dengan syarat dokumen persyaratan harus lengkap. Apa saja sih persyaratannya.
  1. Fotokopi e-KTP/KTP
  2. Fotokopi SIM lama yang masih berlaku
  3. Surat keterangan sehat dari dokter untuk masing-masing SIM. Maksudnya adalah jika kita akan mengurus perpanjangan SIM A dan C secara bersamaan maka dibutuhkan 2 keterangan sehat dari dokter. Jika hanya mengurus SIM A saja atau SIM C saja cukup 1 surat keterangan sehat dari dokter.



Mengurus perpanjangan SIM di Surabaya dimana saja sih?


  • SIM Corner PTC, buka setiap hari pukul 10 s/d selesai
  • SIM Corner Tunjungan Plaza, buka setiap hari pukul 10 s/d selesai
  • Taman Bungkul, pukul 9 pagi s/d 16.00 WIB
  • Terminal Bratang, pukul 9 pagi s/d 16.00 WIB



PENGUMUMAN di gambar ini bertuliskan.


SIM Corner PTC hanya melayani perpanjangan SIM A dan C area Surabaya. Sedang untuk SIM luar Surabaya, hanya dapat diproses di Kantor Satpas Colombo Jl. Ikan Kerapu No. 2 dan 4 serta SIM Keliling yang online di Taman Bungkul Jl. Raya Darmo. Penurunan SIM BI ke A hanya bisa diproses di Kantor Satpas Colombo.




Mudah sekali ternyata mengurus perpanjangan SIM. Yuk teman-teman yang SIM nya mau habis masa berlakunya segera diurus ya agar nggak bikin SIM baru lagi. Hehehehe...

Tapi yang belum punya SIM disarankan segera membuat ya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin mengurus perpanjangan SIM baik SIM A ataupun SIM C.


Salam,
Dwi Puspita



8 comments:

  1. Perpanjangnya mah emang gampang mbak. Yang sial saya dulu. Ga inget SIM udah expired sampe lebh dari setahun. Bikin baru deh.

    Dan bikin baru SIM itu menguras tenaga dan kesabaran

    ReplyDelete
  2. Wah saya belum pernah mbak perpanjang SIM.. sim saya baru bikin sih :)

    ReplyDelete
  3. Seandainya menurunkan berat badan semudah mengurus SIM, pasti aku bahagia...

    ReplyDelete
  4. Wah jadi lebih gampang ya perpanjang SIM. Perpanjang SIM sekalian jalan-jalan di PTC hihihi. Sayang nih cuma untuk area Surabaya aja yang di SIM Corner PTC.

    ReplyDelete
  5. terimakasih info nya.. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Surat ketersbgan dokter apa bokeh semua dokter..

    ReplyDelete
  7. mbak , tolong tanya, posisi sim corner di PTC itu di lantai berapa dan arah mana, biar ada ancer2nya, thanks

    ReplyDelete
  8. Kalo sim corner bratang bisa buat urus sim luar surabaya kah ?

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)