Kendalikan Keamanan Rumah Dengan Bardi Smart Home

Assalamualaikum teman-teman dan para pembaca www.dwipuspita.com, dalam artikel ini saya akan mereview dan sedikit berbagi pengalaman setelah memakai 3 produk BARDI Smart Home yang saya miliki yaitu Smart Light Bulb 9W-RGBWW, Smart Indoor Static IP Camera dan Smart Remote - Universal IR. Teman-teman sudah tau belum dengan merek BARDI Smart Home ini?

Smart home bardi

BARDI Smart Home adalah perusahaan yang menyediakan/menjual alat-alat smart home sehingga membantu dan mempermudah kegiatan manusia karena lebih simpel dan efisien. Banyak sekali produk smart home dari BARDI yang diproduksinya, antara lain smart lights, smart pet series, smart security system.

Lebih lengkapnya teman-teman bisa mengunjungi website BARDI di www.bardi.co.id.

Tau nggak, dulu saya pernah ngebayangin punya lampu pintar (smart light), jika ingin menghidupkan nggak pakai tekan sakelar, nggak pakai jalan, dan kalau bisa tinggal perintah saja pakai suara. Tapi seiring berjalannya waktu semakin canggih saja produk-produk yang diciptakan manusia. Yang nggak pernah ada kini menjadi ada. Salah satunya adalah BARDI yang telah menciptakan produk smart home untuk memudahkan kegiatan manusia.


Smart Light Bulb 9W-RGBWW

Salah satu produk BARDI yang saya miliki sekarang adalah BARDI Smart Light Bulb 9W-RGBWW, merupakan lampu pintar dari BARDI yang sangat membantu mempermudah aktivitas manusia agar lebih simpel dan efisien. Lampu pintar ini bisa dihidupkan, dimatikan atau pun diatur warnanya sesuai keinginan pemiliknya hanya dengan menggunakan smartphone. Lampu pintar ini akan bekerja jika hanya ada WiFi, jadi pastikan rumahmu sudah siap dengan WiFi.

Smart lights bardi

Disini saya akan membagikan pengalaman saya memakai smart light dari BARDI model Smart Light Bulb 9W-RGBWW yang memiliki kecerahan maksimal 810 lumen dan bisa diredupkan sampai 90 lumen. Kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dengan gradasi putih dari 2700 K (warm white) hingga 6500 K (cool white). Masa pakainya sekitar 50.000 jam atau sekitar 5 tahunan dengan AC 200-230 volt. Menariknya lagi lampu ini sudah support dengan Amazon Alexa, Smart Things, dan Google Assisten serta support IOS dan Android. Keren banget ya.


Hal yang harus kalian lakukan untuk menggunakan produk BARDI Smart Home adalah mengunduh aplikasi Smart Life. Aplikasi Smart Life ini nantinya bisa kalian gunakan juga untuk produk BARDI yang lain, tinggal menambahkan perangkat sesuai produk BARDI yang kalian miliki.

Aplikasi smart life bardi

Setelah aplikasi terunduh, silahkan register akun kalian dengan cara memasukkan email yang valid karena nantinya kode verifikasi akun akan dikirimkan ke email kalian yang sudah didaftarkan.

Karena saya ingin menambahkan BARDI Smart Light Bulb 9W-RGBWW maka langkah selanjutnya adalah menambahkan perangkat. 

Tambahkan perangkat.

Smart lights bardi 9W


Pasang perangkat

Pasang perangkat bardi


Kontrol perangkat, dengan mencoba fitur dari Smart Light Bulb 9W-RGBWW apakah berfungsi atau tidak.

Ada 4 fitur dari BARDI Smart Light Bulb 9W-RGBWW, yaitu White, Colour, Scene, dan Music. Masing-masing dari fitur ini memiliki fungsinya masing-masing.

1. White
Di fitur white kita bisa mengatur warm white dan cool white dengan intensitas yang bisa kita atur sesuai keinginan.

Warm and cool smart lights


2. Colour
Di fitur colour terdapat 16 juta warna. Kita bisa pilih warna sesuai keinginan dan intensitas serta kecerahan yang bisa di atur.

Smart lights bardi

Warna lampu yang  dihasilkan seperti gambar di bawah ini.

Smart lights bardi



3. Scene
Pada fitur ini kita bisa memilih mood atau aktivitas yang sedang dilakukan. Misalnya ingin membaca buku tinggal memilih mode reading, ingin kerja tinggal pilih mode working, mode-mode ini banyak jadi bisa kita pilih sesuai keinginan kita loh.

Fitur smart lights scene bardi


4. Music
Fitur ini sangat unik menurut saya karena lampu akan berganti warna sesuai beat suara/music. Yah, seperti lampu kelap-kelip diskotik. Coba deh setel musik kesukaan kalian atau cara simpelnya bisa dengan suara kalian.

Fitur music smart lights


Smart Indoor Static IP Camera

Selanjutnya adalah Smart Indoor Static IP Camera dari BARDI. Di dalam box-nya sudah lengkap dengan kamera yang seperti bola mata, buku panduan, kabel mikro USB, kepala charger (adaptor), dan perekat 3M yang berbentuk lingkaran. 

Smart indoor camera bardi

Kamera statis ini memang kalau dilihat bentuknya tampak seperti bola mata dan bagian leher sangat fleksibel sehingga bisa di atur posisi dan arah dari kamera yang kita inginkan.

Smart camera bardi

Smart Indoor Static IP Camera dari BARDI ini bisa diletakkan di meja dan plafon. Asiknya lagi kamera ini bisa mendeteksi gerakan dan notifikasi di app. Mode malam akan otomatis aktif saat gelap, jadi walaupun tidak ada cahaya sama sekali pun bisa merekam gambar dengan jelas.

Smart indoor static ip camera


Spesifikasi Smart Indoor Static IP Camera

Model : IDR-IPC-STC
Warna : Putih
WiFi : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 GHz
System Support : IOS & Android OS

Sebelum menggunakan Smart Indoor Static IP Camera dari BARDI ini teman-teman diwajibkan untuk mendownload aplikasi Smart Life. Jika sudah mendownload sebelumnya maka tinggal pilih menu tambah perangkat. Di dalam buku panduannya juga lengkap dan jelas cara untuk mendownload Smart Indoor Static IP Camera dari BARDI ini.

Aplikasi smart life

Setelah selesai dengan mengikuti langkah-langkah di buku panduan, maka smart camera pun bisa dipakai. Menu yang ditampilkan seperti gambar di bawah ini dengan fungsinya masing-masing.

Fitur smart camera bardi




1. Screenshot, berfungsi untuk mengambil gambar yang diinginkan. Contohnya seperti ini.

Static ip camera bardi



2. Speak, menu ini berfungsi untuk mengirimkan suara ke speaker Smart Indoor Static IP Camera dari BARDI. 

3. Record, fungsinya merekam video dan bisa di zoom. Agar gambar jelas pilih kualitas gambar HD ya.

4. Playback, menu ini berfungsi untuk memutar ulang video/melihat rekaman video yang tersimpan di SD card

5. Cloud storage, layanan penyimpanan server gratis.

6. Alarm bisa mendeteksi gerakan dan mengirimkan notifikasi ke smartphone kita. Menu ini bisa kita aktif/non aktifkan sesuai kebutuhan kita.

Oh, ya... smart camera ini ternyata sangat membantu sekali terutama jika kita tidak ada di rumah dan ingin mengontrol keadaan rumah. Selain itu kita bisa memantau anggota keluarga terutama anak-anak di rumah sedang mengerjakan apa, apakah mereka sedang bermain, belajar atau menonton TV.

Smart IR Remote 10M-BLK

Selanjutnya adalah Smart IR Remote 10M-BLK, di dalam box-nya terdiri dari remote yang berbentuk lingkaran pipih, kabel mikro USB, kepala charger (adaptor) dan buku panduan.

Smart remote universal bardi


Spesifikasi Smart Remote - Universal IR

Model : 10 M - BLK
Warna : Hitam
WiFi : IEEE 802.11 b/g/n 2.4 GHz
Voltase : DC 5V 1A w/220V adaptor
Sistem Support : IOS & Android OS
Frekuensi infrared : 38-56 KHz
Sudut infrared : 360°
Jarak infrared : 10m

Dari spesifikasi di atas sudah jelas bahwa smart remote ini hanya mampu digunakan sampai jarak 10 meter. Jadi jika teman-teman menggunakan alat ini pastikan jaraknya dulu, bukan berarti jika Smart Remote tidak bisa digunakan itu rusak bisa saja jaraknya lebih dari 10 meter dari objek.

Bagaimana caranya menggunakan Smart IR Remote 10M-BLK?

Buka aplikasi Smart Life yang sudah teman-teman unduh sebelumnya. Kemudian klik add device dan akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini. Tinggal pilih "Lainnya" dan pilih "Remote Control Universal".

Smart remote


Kemudian tinggal atur saja barang elektronik yang ingin dihubungkan ke Smart Remote ini, misalnya TV, AC, mesin cuci, dan barang elektronik lainnya.

Apa sih manfaat Smart Remote - Universal IR dari BARDI ini? Pastinya dengan adanya smart remote ini kita bisa mengontrol semua perlengkapan elektronik dengan hanya 1 remote saja. Mudah dan simpel bukan?


Salam,
Dwi Puspita

71 comments:

  1. Mantap kak reviewnya lengkap euy, kebeneran banget ak baru beli dan lagi riset riset dulu pemakaiannya hehe

    ReplyDelete
  2. Lampu pintarnya lucu banget. Bisa ditaur gradasi warnanya ih. Ini enak banget buat temen baca kalau malam menjelang tidur. Lampu udah mati tapi tetep baca pake smart bulb ini ya. Hayo lho Maaak, tanggung jawab. Jadi pengen punya niiiih

    ReplyDelete
  3. Smart Light Bulb dari BARDI ini unik banget. Pencahayaannya bisa diatur bahkan untuk reading, working, night, bahkan bisa mengikuti beat musik. Asik sekali.

    ReplyDelete
  4. Diantara kesibukan dan sok sibuk jaman now solusi buat dirumah BARDI mendukung banget nih, lebih efisien dan praktis yaa, hanya dalam genggaman bisa on off in.
    Ahhh, aku jadi pennasaran mau hunting aahh.

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuun, kirain BARDI ini harganya jutaaan loh Mbaa
    Ternyata super affordable banget yaaa
    Kudu punya produk BARDI nih, supaya aura smart home menguar ke segala penjuru!

    ReplyDelete
  6. selain CCTV aku juga butuh Bardi Smart Home untuk jaga rumah saat aku dan keluarga lagi gak ada di rumah.

    ReplyDelete
  7. Teknologi makin canggih dan bikin manusia gak perlu banyak gerak ya...hehehe kerenn...Bikin rumah makin penuh warna..makin aman juga...

    ReplyDelete
  8. Keren banget nih produk elektronik Bardi. Bener-bener smart deh jadi ngebantu banget untuk di rumah.

    ReplyDelete
  9. Dengan Bardi , smart home living semakin lengkap ya mba..
    Semua bisa terkendali dengan satu aplikasi di hape kita.
    Btw, anak-anak suka banget pasti mengganti warna-warni lampu Bardi smart light bulb lewat hape..

    ReplyDelete
  10. Uuuuulalaaaa
    Serba BARDI
    kalo gak salah 3 jenis ini unggulannya ya?
    Aku udah punya dong
    Cuma kok jadi pingin diffusernya jugak
    Wkwkwk

    ReplyDelete
  11. akhir akhir ini banyak berita tingkat kejahatan yg meningkat ya mbak
    jadi memang harus ekstra menjaga keamanan tempat tinggal
    bisa nih memanfaatkan produk smart home dari Bardi buat menjaga keamanan rumah

    ReplyDelete
  12. produk Bardi ini canggih dan harganya terjangkau ya Dwi, aku suka banget kamera pengawasnya karena bisa memantau rumah saat kita pergi via ponsel saja...lebih praktis dan murah dibandingkan pasang CCTV

    ReplyDelete
  13. Bener-bener smart lampunya, bisa bantu kita & lebih praktis. Bisa dikendalikan lewat smartphone ya canggih bener nih. Ternyata gak cuma lampu ya yang bisa dihubungkan ke smart remote, bisa tv, ac dll pingin jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah bisa digabungkan ke tv, ac juga makin canggih aja yaa jaman now, dipermudah dan serba praktis . Ah ku belom pake nih produk yang smart ini, nanti mau tak kepoin ahhh..

      Delete
  14. Berasa old banget saya baca ini hihihi. Soalnya di rrumah belum ada peralatan kek gini. Keren-keren banget. Tempo hari sempat baca artikel pembersih merk Bardi, dan ini baca lagi produk lainnya. Teknologi makin canggih, makin memudahkan umat manusia.
    Btw, saya jadi inget tetangga di kampung. Namanya Pak Bardi :)

    ReplyDelete
  15. seruuuu bgt pake produk2nya BARDI.
    Rumah udah rasa smart home, jadinya makin asiik :D
    Aku juga hepi pake produk BARDI mbaa

    ReplyDelete
  16. Wah aku naksir berat mba mau nyobain Bardi Smart Home seperti ini. Berasa lebih aman dan nyaman juga pas bekerja ya

    ReplyDelete
  17. dari ketiga perangkat Bardi smarthome ini, aku masih bingung sama smart IR remote.
    Itu remote asli dari perangkat dihubungkat ke remote IR melalui apa ya, Mbak? Apa lewat fitur bluetooth?

    ReplyDelete
  18. Keren-keren ya semua produk bardi... Saya juga udah coba beberapa dan jadi ingin nambah lampu yang banyak plus ip camera outdoor...

    ReplyDelete
  19. Sebagai kaum rebahan, baca review Smart Light Bulb langsung tertarik. Padahal mencet saklar nggak jauh tapi kalau lagi pewe rebahan suka mager ya mbak. Solusi buat kaum rebahan banget nih Smart Light Bulb, jadi pengen krpoin harganya

    ReplyDelete
  20. Pake Bardi Smart Home, rumah jadi makin kece ya hehe. Plus keamanan terjamin, lha gimana.. Ada ip camera buat cctv. Semua dioperasikan hanya lewat hp, keren euy

    ReplyDelete
  21. Daku juga mikirnya gitu mbak, asik ya kalau pas udah dikasih tinggal ambil gadget, tet.. Mati dah lampunya, jadi nggak perlu lagi kelupaan matikan lampu karena udah tepar duluan haha

    ReplyDelete
  22. Makin ke sini makin canggih, termasuk perlengkapan dalam rumah tangga. Sekarang sudah ada lampu pintar, camera pintar yang bisa stand by, terutama pas kita lagi di luar rumah. Asyik banget deh produknya Bardi ini.

    Dan yang paling solutif, remotenya itu. Jadi kami gak perlu rebutan remote lagi. Hehehe

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat pernah nonton film luar negeri yang pake smart lamp
    ternyata Indonesia juga udah hadir lampu pinter ini

    ReplyDelete
  24. Wah keren amat sih ini mbak. Kerasa banhet kita hidup di era digital bersama perangkat2 pintar, jadi pengen punya juga

    ReplyDelete
  25. Seneng banget bisa memasang Smart Light Bulb dirumah.
    Nyicil belinya untuk ruangan lain yaa... Lucu banget, soalnya.

    ReplyDelete
  26. Paling suka lihat IP Cameranya, entah kenapa kok berasa seperti melihat alien.. hihi, kece.. Smart memang, dan kehadiran BARDI di rumah bakal makin mendekatkan ingatan kita kalau hidup zaman now itu beneran harus smart ya mba. Zaman sudah berubah...

    ReplyDelete
  27. Beneran keren ya Bardi ini. Canggih bisa pake gadget ngendaliinnya. Mana ada CCTV-nya juga. Anakku bakalan suka deh kayaknya kalo di rumah pasang ini. Terjangkau pula harganya jika dibandingkan yang sejenisnya ya.

    ReplyDelete
  28. Wah... Keren banget. Jadi pengen punya nih. Zaman sekarang semakin canggih aja ya.

    ReplyDelete
  29. Keren nih dan saya jadi melongo. Di rumahku belum ada peralatan ini, orang jadul sih hahaha. Tapi mau ah beli, biar tidak jadul-jadul amat sayanya.

    ReplyDelete
  30. It is interesting to see how many smart appliances and gadgets that you can use at home to have a more practical life nowadays

    ReplyDelete
  31. Saya juga suka pake produk-produknya BARDI.
    Sesuatu yang dulu cuma bisa mbayangin, sekarang beneran bisa ngerasain pake sendiri.
    Ga perlu nunggu bertahun-tahun lagi, hehehe...
    Jadi bisa ikut nyicipin produk-produk masa depan yang bakalan menjadi konsumsinya anak-cucu.

    ReplyDelete
  32. Lampu pintarnya keren banget ih bisa berubah warna dan disetel dari aplikasi, jadi pingin punya juga, lampu jenis ini selain smart juga lebih hemat energi ya mbak, berasa hidup makin mudah kalau punya peralatan pintar di rumah kita.

    ReplyDelete
  33. Smart Lamp Bardi canggih banget nih bisa diatur via smartphone berasa rmah dah modern banget kalau pakai lampu bardi jadi mau ganti smua nih lampu2 dirumah

    ReplyDelete
  34. Baru tahu ada produk teknologi lokal keren seperti Bardi.
    Lampu Bardi mengingatkanku sama lampu di ruang karaoke.
    Seru nih sambil karokean di rumah. Hihi

    ReplyDelete
  35. Bardi Smart Home ini cocok banget untuk dipasang di kamar bayi kalo misal kamarnya terpisah dengan orang tua. Kan suka was-was tuh kalo misal belum terbiasa. Siapa tau bisa membantu untuk monitor anak dengan lebih mudah.

    ReplyDelete
  36. Kalau pakai peralatan kyk gini cenderung lbh hemat listrik juga ya khususnya buat pemakaian lampunya krn bisa dikontrol seberapa terang cahaya yang dibutuhkan. Naksir IP kameranya eui

    ReplyDelete
  37. Ih keren amat jadi kepengen punya. Kepoin ke web nya ah. Kayak difilm² lampu bisa auto mati sama nyala, ternyata di indo juga uda ada, mantep

    ReplyDelete
  38. Wah kebetulan banget ini aku memang sedang cari referensi beberapa produk smart home. COba ah aku cek dulu sekalian menyelami tentang tekonologinya.

    ReplyDelete
  39. Keren banget ya Bardi ini. Canggih. Bisa dikendalikan dengan gadget, dan juga bisa mengawasi rumah dengan CCTV-nya. Anak ke-3 kepengen punya ini katanya. Exciting banget saat aku ceritakan tentang Bardi ini. :D

    ReplyDelete
  40. Uda nyaman banget yaa...ada Bardi.
    Dari mulai smart lamp nya sampai ke kamera yang bisa mengawasi ruangan dengan baik dan jelas.

    ReplyDelete
  41. Aduh ngiler banget bisa pounya Bardi Smart Home. Apalagi di kondisi sekarang, penjagaan rumah harus mengikuti perkembangan jaman. Bardi terbaik

    ReplyDelete
  42. Wah keren nih peralatan elektronik dari Bardi-nya apalagi yang kamera cctv itu. Jadi kita bisa memantau keadaan rumah ya saat sedang di luar

    ReplyDelete
  43. Canggih mb ..yang lampu dan remotenta keren..bikin tambah malaa gerak..he3..kl yang camera itu semacam.cctv ya?dan kita memantaunya via hp. Gitu ya? Wah, keren...

    ReplyDelete
  44. Jaman sekarang makin canggih aja teknologi ya mbak, aku jadi pengen punya Bardi juga nih, karena setelah baca reviewnya sepertinya bagus ini produknya

    ReplyDelete
  45. wow, secanggih itu ya inovasi teknologi dari Bardi Smart Home, bahkan mampu digunakan sampai jarak 10 meter.

    ReplyDelete
  46. Mau juga nih pakai lampu pintar Bardi ini. Bisa juga pakai cctv buat keamanan apalagi kalau punya toko gitu. Sekarang emang serba canggih

    ReplyDelete
  47. Saya penasaran sama lampunya yang bisa berubah2 warna gitu hoooo...BARDI produknya lengkap juga yaaa, cocok nih kalau diborong semua!

    ReplyDelete
  48. saya penasaran banget sama lampunya yang bisa ganti2 warna gitu, mana banyak pilihannya pula! Hahahah gemes deh. Pkoknya wajib borong semua produk BARDI karena keren2 dan sangat fungsional!

    ReplyDelete
  49. Saya suka banget lampu Bardi. Udha berencana juga mau nambah lagi untuk di beberapa ruangan. IP Cameranya juga bagus. Kualitas gambarnya jernih

    ReplyDelete
  50. Makin canggih aja ya jaman.. Urusan lampu udah bisa nyalain pake aplikasi.. Apalagi urusan keamanan rumah.. gak pusing mikir keamanan kalau mau bepergian..

    ReplyDelete
  51. secanggih dan seaffordable gitu ya teknologi smart home sekarang.
    perlu juga tuh kayaknya yanga bardi camera buat memantau krucils saat ditinggal WFO

    ReplyDelete
  52. Wow, teknologi zaman sekarang memang super canggih ya Mba. Asa terobosan smary home dari Bardi yang mupeng banget nih pengin punya produknya. Asyik kayanya bisa mengatur pencahayaan lampu.

    ReplyDelete
  53. Produk dari Bardi smart home keren-keren euy. Sesuai banget dengan kemajuan teknologi dalam kehidupan dan tentunya sangat membantu untuk di rumah.

    ReplyDelete
  54. Naksir banget pengen punya Bardi paket lengkap seperti ini mba. Rumah juga terasa lebih aman dan nyaman ya mba :)

    ReplyDelete
  55. Aku sudah coba tiga produk bardi, remote jadi makin praktis nggak usah banyak remote di rumah, lampunya bisa otomatis diatur waktu nyalanya..apalagi kamera pengawas, bermanfaat banget untuk memantau situasi rumah ya

    ReplyDelete
  56. Keren dan canggih nih Bardi , saat stel music lampu akan berganti warna sesuai beat suara/music. seperti lampu kelap-kelip diskotik. Ini sih bikin betah dirumah heheheh..apalagi aku sudah tidur nih,pasti nyaman banget kalau ditemani Bardi ini. ah jadi pengen punya Bardi dirumah deh

    ReplyDelete
  57. Bardi bikin hunian makin nyaman pasti..sudah tekonologinya terkini, punya banyak ekunggulan bisa diatur dari satu remote pula, Pastinya dengan adanya smart remote ini kita bisa mengontrol semua perlengkapan elektronik dengan hanya 1 remote saja. Mudah dan simpel sekali ini....

    ReplyDelete
  58. Bardi Smart Home ini emang beneran smart yah mbaaak,
    Bisa terhubung dengan teknologi, jadinya bisa lebih praktis nih
    jadi pengen cobain juga buat di rumah deh

    ReplyDelete
  59. Pakai aplikasi Smart Life maka produk-produk Bardi bisa kita atur dari satu perangkat ya Mbak Dwi. Keren ya.

    ReplyDelete
  60. Makin kesini perangkat rumah makin canggih aja ya mbk. Satu lampu bisa banyak warna, terus semua perangkat dioperasikan hanya lewat hp aja. Canggih benerrr

    ReplyDelete
  61. Zaman teknologi gini, perlengkapan rumah tangga pun udah serba digital. Keren banget ini Bardi. Saya pengen punya CCTVnya. Biar pas keluar rumah bisa pantau dari HP.

    ReplyDelete
  62. Mbak, itu lampunya asyik banget, yaaa. Beneran berasa di diskotik kalau nyalanya bergantian warna, gitu. 🤣

    ReplyDelete
  63. Anak-anak jadi senang main di dalam rumah karena ada lampu smart BARDI
    Bikin rumah seperti cafe juga bisa dengan lampunya ini

    ReplyDelete
  64. Keren nih mbak teknologi Bardi ini. Terhitung murah juga harganya dengan kualitas sebagus ini

    ReplyDelete
  65. Eh aku jadi pengen punya deh mbaaaa, beneran wujudkan Smart home banget ya Bardi ini hehe

    ReplyDelete
  66. aku jadi pengen punya mbak, BARDI ini canggih tapi harganya masih rama di kantong ya mbak
    nggak semahal pasang cctv

    ReplyDelete
  67. wohooo lengkap nih peralatan BARDI di rumah untuk membuat smart home
    aku pengen banget punya bohlam BARDI yang bisa diubah-ubah warnanya. Yaa biar keren gitu, ga perlu gonta-ganti bohlam tapi suasana rumah bisa berubah.

    ReplyDelete
  68. Keren bangeeet, Produk²nya Bardi mengingatkan betapa kita saat ini sudah berada di era yang serba canggih ya. Suka banget dengan yang kamera, kalau nanti mulai ngantor lagi sepertinya akan perlu deh untuk di Rumah.

    ReplyDelete
  69. Yg keren cameranya, bisa buat mantau anak anak sama pengasuhnya ...

    ReplyDelete
  70. seruuuuu bisa pakai smart home yang bisa digunakan buat keamanan rumah dan kayak di film2 gitu.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)