Perlengkapan Bayi Menjelang Hari Persalinan

Daftar Perlengkapan Bayi Menjelang Hari Persalinan Yang Harus Disiapkan 

Salah satu persiapan saat mendekati persalinan yang harus bunda dan pasangan perhatikan adalah perlengkapan bayi. Lalu apa saja perlengkapan bayi yang harus dipersiakan? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan menjelang persalinan yang dianjurkan oleh klikdokter.com

1. Perlengkapan Kesehatan Bayi

Agar kondisi kesehatan bayi anda tetap terjaga, bunda perlu untuk menyiapkan berbagai peralatan yang berhubungan dengan kesehatan bayi, seperti minyak telon, plester anti demam, kain kasa, cutton bud, baby oil, termometer, minyak kayu putih, dan lain sebagainya. Sebagai informasi tambahan, jika bayi anda terkena demam atau batuk ringan, obat yang sangat dianjurkan adalah ASI serta bayi dijemur. Dengan melakukan dua hal tersebut, biasanya bayi akan akan cepat pulih.

Perlengkapan bayi baru lahir



2. Baju Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya sangat cepat masa pertumbuhannya. Maka dari itu, disarankan bunda untuk tidak membeli baju bayi dengan ukuran newborn. Karena baju tersebut akan sebentar masa pemakaiannya. 

3. Kaos Dalam (Singlet)

Kaos dalam atau singlet ini merupakan pakaian pengganti gurita. Jadi jika sekiranya bayi anda tidak nyaman menggunakan gurita, alternatifnya bisa menggunakan singlet. Dalam hal ini bunda hanya cukup menyiapkan 1 lusin singlet saja untuk kebutuhan bayi sehari-harinya.

4. Celana Bayi

Biasanya jenis celana bayi yang banyak digunakan adalah model celana pop. Model celana ini bisa digunakan ketika anda akan mengajak bayi anda jalan-jalan. Selain itu model celana pop ini bisa menutupi diapers yang digunakan. Untuk celana bayi ini, bunda cukup menyediakan 1 lusin saja dalam kebutuhan harian bayi bunda. Selain celana model pop, model celana lainnya yang harus bunda siapkan adalah celana panjang buntu, dimana celana model ini panjang dan tidak mempunyai lubang kaki. Celana model ini sangat cocok digunakan pada saat udara dingin sehingga bisa memberkan kehangatan pada bayi bunda. Anda juga cukup menyiapkan 1 lusin saja untuk kebutuhan bayi bunda sehari-hari.

5. Selimut Bayi Baru Lahir

Selimut ini biasanya digunakan pada saat akan bepergian untuk melindung bayi dari angin serta menjaga suhu tetap hangat. Dan selimut ini juga bisa digunakan ketika cuaca sangat dingin, sehingga bisa memberikan kehangatan pada bayi.

6. Gurita Bayi

Walaupun saat ini ada pihak-pihak yang melarang penggunaan gurita ini karena dianggap bisa mengganggu sistem pernafasan pada bayi. Namun masih ada saja orang tua yang menggunakan gurita bayi ini. Namun perlu diperhatikan juga, penggunaan gurita bayi ini tidak boleh terlalu ketat dalam mengikat supaya tidak mengganggu pernafasan serta pencernaan pada bayi. Dalam hal ini, sebaiknya bunda menyiapkan gurita bayi sebanyak minimal 12 buah. 

7. Peralatan Mandi

Peralatan mandi bayi ini harus benar-benar bunda perhatikan. Jangan sembarangan dalam memilih shampo atau sabun mandi yang digunakan. Gunakanlah peralatan mandi yang memang dikhususkan untuk bayi dan anak-anak, jangan pernah menggunakan peralatan mandi orang dewasa. Adapun peralatan mandi bayi yang harus bunda siapkan adalah seperti sabun mandi, shampo, bak tempat khusus mandi bayi, handuk yang lembut, dan lain sebagainya. Dan perlengkapan mandi bayi ini harus tetap steril sehingga harus disimpan di tempat yang bersih supaya tidak terkena kuman.

Masih banyak perlengkapan bayi lainnya yang harus bunda persiapkan seperti sarung tangan bayi, popok bayi, handuk bayi, bantal bayi, dan lain sebagainya. 

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)