Solusi Bagi Pengguna Smartphone Agar Datanya Tidak Hilang

Sudah sejak lama saya mengidamkan smartphone dengan memori yang mumpuni, tujuannya agar saya bisa mengunduh aplikasi yang sangat penting di smartphone milik saya dan pastinya saya bisa menyimpan banyak data dari hasil jepretan foto dan video saat traveling dan kuliner.

Alhamdulillah, semakin kesini zaman makin canggih loh ternyata. Smartphone kini pun berlomba-lomba memperbesar memori penyimpanannya. Memori internal smartphone yang saya punya mulai dari 16 GB dan terakhir 32 GB. Ternyata memori internal 32GB masih kurang buat saya untuk menyimpan berbagai aplikasi, file foto, dan juga video.



Tak bertahan 4 bulan memori internal smartphone saya sudah penuh. Jadinya jika ingin mengunduh aplikasi, mengambil gambar dan video harus rela menghapus aplikasi yang sekiranya kurang dipakai dan menghapus beberapa file foto atau video agar saya bisa mengambil foto dan video terbaru. Sedih banget rasanya menghapus file penting itu. Mau beli smartphone baru kok eman banget karena smartphone yang saya punya masih bagus dan handal.

Untuk membeli smartphone baru dengan kapasitas memori internal yang besar pun pastinya harus sedia budget yang lebih besar juga.  Big NO buat saya karena smartphone saya masih oke punya. Ya mau gimana lagi, pada akhirnyapun saya harus menghapus beberapa file tersebut dan inilah salah satu jalan keluarnya agar saya bisa memotret dan mengambil video dengan smartphone milik saya.

Kelalaian saya adalah lupa memback up file di smartphone untuk dipindahkan ke laptop sebelum saya pergi. Biasanya saya sudah siap untuk memindahkan file di smartphone agar saya bisa mengabadikan cerita seru saat traveling maupun kuliner melalui foto dan video yang diambil dari smartphone.

Lupa alias lalai pun tak bisa dipungkiri, andaikan saja saya rajin untuk memback-up data yang ada di smartphone saya mungkin kejadian menghapus data penting tak akan terjadi. Padahal banyak sekali kenangan dari foto dan video tersebut yang sayang kalau dihapus. Mau gimana lagi, pasrah adalah jalan satu-satunya untuk mendapatkan konten yang lebih baru.

Informasi penting saja nih buat teman-teman, kalau perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Dan tahu nggak hasilnya menunjukkan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal. Gimana nggak kesal coba, kalau kehilangan data penting. Teman-teman pasti kesal juga sih menurut saya.

Sedangkan responden survey yang menyadari pentingnya melakukan back-up data yaitu lebih dari 80%. Namun ternyata hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali. Apakah ada pembaca www.dwipuspita.com yang rajin memback-up data di smartphonenya?

Nah loh, bayangkan saja. Separuh dari orang Indonesia kehilangan data penting di smartphone mereka gara-gara tidak membackup data di smartphone mereka. Andaikan ada tempat penyimpanan layaknya flashdisk jadinya kan enak. Bisa memindahkan file sementara agar tetap aman. Tapi emang ada apa buat smartphone, setahu saya lubang USBnya kan hanya bisa masuk ke leptop.


Faktor Penyebab Pengguna Smartphone Kehilangan Data

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. Beberapa di antaranya adalah memori yang penuh sehingga mereka harus menghapus data, perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, atau kehilangan perangkat. Kalau saya pribadi karena memori yang penuh dan lupa untuk memindahkan datanya ke memori lain.


Walaupun sebanyak 67% responden pernah mengalami kasus kehilangan data sebelumnya, hanya sepertiga dari mereka yang rutin melakukan pencadangan atau back up data sebulan sekali (atau lebih). Ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden belum memiliki rencana atau jadwal back-up yang teratur, padahal back-up merupakan hal yang vital untuk dilakukan di era serba digital ini.

Menurut Amy Tan selaku Direktur Sales Regional Western Digital mengatakan bahwa kehadiran smartphone telah menjadi bagian penting di kehidupan sehari-hari. Kita menggunakan smartphone untuk menyimpan dan berbagi tentang kehidupan kita, baik itu mengambil foto atau video untuk berbagi kenangan, atau untuk menjaga hubungan dengan rekan dan kerabat melalui telepon, SMS, atau media sosial.

Namun saat kita sibuk membuat konten, kerap kali kita lupa untuk melindungi konten penting tersebut. Selama ini, banyak yang berpikir bahwa proses pencadangan atau back-up data adalah sesuatu yang rumit atau terlalu memakan waktu, sehingga kita jarang melakukannya. Salah satu brand dalam naungan Western Digital Corp., yaitu SanDisk® adalah brand terdepan dalam solusi penyimpanan mobile. Western Digital Corp. ingin memberikan solusi kepada para pengguna dengan mempermudah dan mempercepat proses penyimpanan dan back-up data di perangkat mobile.


Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, jumlah konten digital mengalami pertumbuhan pesat. Pada bulan September 2018, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4%.

Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Oleh sebab itu, tren dalam aktivitas digital dan manajemen data masyarakat urban Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Ternyata ada beberapa penemuan menarik dari Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital.

Salah satu penemuan menarik itu adalah sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. Responden yang lebih muda cenderung lebih banyak menggunakan smartphone mereka untuk lebih banyak fungsi, mulai dari gaming, navigasi, video streaming, atau berbelanja online.


Menariknya, survey ini juga menunjukkan bahwa smartphone sudah menjadi pengganti ‘kamera’. Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Akibatnya, data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).

Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB (56% responden). Namun, tentu kapasitas ini tidak akan cukup untuk menampung simpanan foto dan video yang terus bertambah di smartphone. Survei membuktikan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sisa memori 1-3 GB di smartphone mereka.

Kapasitas terbatas ini menyebabkan para responden terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan dan hampir semua responden yang mengalami masalah ini mengaku merasa kesal saat ponsel mereka kehabisan kapasitas memori.


Solusi Bagi Pengguna Smartphone Agar Datanya Tidak Hilang

Untuk membantu pengguna mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat, Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives. Untuk membantu konsumen mengelola foto dan video berharga mereka, Western Digital menawarkan solusi dan tips berikut untuk pengguna smartphone di Indonesia.






Keunggulan yang dimiliki SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives antara lain :

1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone
Kerap kali konsumen mengalami kekurangan memori di smartphone mereka, sehingga harus menghapus file untuk menambah kapasitas yang luang. Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dimana pun dan kapan pun.




2. Plug and Play yang Praktis
Survei menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan back-up secara teratur. Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit atau makan waktu. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive dapat mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Kalian bahkan dapat mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG Sandisk dihubungkan dengan smartphone. Sungguh praktis bukan.


3. Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial
Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive.




Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.



4. Upgrade Kapabilitas Penyimpanan Di Smartphone
Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas Survei dari Western Digital menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone mereka untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone.

Kartu memori SanDisk Extreme® microSDTM dengan spesifikasi A23 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat.

Nah, untuk kapasitas dari  USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive bisa teman-teman lihat pada keterangan gambar dibawah ini.






Sebenarnya sudah, ada beberapa data yang sudah saya pindahkan ke laptop. Tapi kendalanya adalah saya sudah terbiasa menulis di catatan smartphone saya dan membuat draft serta publish artikel di smartphone. Oleh sebab itu beberapa foto dan video yang mau di upload untuk mendukung tulisan saya, saya salin lagi dari laptop ke smartphone. Kadang langsung saya kerjakan di laptop dan itu yang membuat waktu saya tidak efisien. Masih buka laptop dan mengeditnya lagi. Maunya saya kan nggak dibikin ribet, data sudah ada di smartphone dan langsung deh tulisan beres hari itu juga.

Jadi intinya, blogger seperti saya yang merangkap jadi content creator perlu memiliki USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives untuk mendukung pekerjaan saya. Bisa pilih satu tergantung smartphone yang dipakai.

Jangan sampai menghapus data lagi karena kalau #DibuangSayang banget deh. Terlalu banyak kenangan manis disetiap momen yang kita ambil. Solusi yang tepat sedia #SanDiskAPAC dalam segala situasi.

Salam,
Dwi Puspita


USB OTG SanDisk, #DibuangSayang, #SanDiskAPAC

148 comments:

  1. Aku aku, aku pernah kehilangan data di smartphone. Sedih karena datanya penting bgd. Hiks. Jd kayaknya aku mau jg ah memiliki USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives. Makasih sharenya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, sedihnya nggak ketulungan. hiks...makanya nih mau back up data di hape sebelum hilang karena dihapus...

      Delete
  2. Wah, sepertinya saya butuh benda satu ini, Mbak. Akhir-akhir ini galau abis karena ruang penyimpanan di smartphone sudah nggak bersahabat hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, konten kreator seperti kita butuh benda kecil dengan penyimpanan sebesar seperti Sandisk ini

      Delete
  3. Bener sering lupa juga saya mau mindahin isi memori hp ke laptop. Hasilnya pas ada events, memori supaya lowong buang beberapa foto dan video deh... Sayang bnaget ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget ya kejadian seperti ini pas di event, jadi mau gak mau data masa lalu harus dihapus. Padahal datanya penting loh

      Delete
  4. Aku pengen punya nih Sandisk OTG.. sering full memoriku.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini lah kesempatan yang bagus, yuk kita coba langsung

      Delete
  5. terkadang penyimpanan foto sudah full di memory dan lupa untuk memindahkan ke laptop, akhirnya didelet sayang banget !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, ke delete itu bener2 bikin kenangan hilang ya

      Delete
  6. Sandisk OTG ini memang ya solusi untuk membackup data kita di smartphone. Praktis, tinggal langsung colok saja di hape

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Tis, sandisk otg ini praktis banget, bisa dibawa kemana-mana pula

      Delete
  7. Adanya OTG ini jelas sangat membantu ya. Blogger yang sering ikut events pasti selalu banyak stok foto dan video. Jelas memerlukan bek ap data ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak okti, sedih rasanya pas datang event ternyata gak bisa foto2 karena memory hape penuh

      Delete
  8. Abinya anak-anak kayanya niih...yang lebih perlu.
    Aku mah orangnya, kalau beres kerjaan, langsung bebersih, hehehe...jadi jejak digitalnya tertanam di IG, blog atau pinterest.

    ReplyDelete
    Replies
    1. USB OTG SanDisk keren banget siih...kapasitasnya gedee..
      Bisa diisi film terus buat nonton dimanapun ini ya....
      Hehhee~

      Delete
    2. Jadi perlu banget punya sandisk otg ya mbak biar rekam jejaknya nggak disosmed lagi...

      Delete
    3. Iya mbak Lend, kapasitasnya cukup besar untuk menampung memori di hape nih

      Delete
  9. Padahal memory hp udah 64GB dengan 14rb foto masih kurang buat aku. Makasi tips nya Mba, berguna buat aku yang hobby fotoin anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kurang aja ya mbak memory hape, soalnya suka motoin anak. Kalau udah ada sandisk otg nggak perlu bingung lagi

      Delete
  10. aku juga masih mengandalkan memori HP mba hahaha sayang banget yah kalau ilang memorinya ga bisa kebaca lagi dan kenangan hilang..makasih nih infonya solusi banget biar ga hilang data

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sedih banget ya kalau memory hape udah penuh dan mau foto2 gak bisa,terpaksa di delete deh

      Delete
  11. Aku pernah ngalami foto foto dan video ilangs emua gaar2 pas ngantuk salah tekan ya ampun ilang sampe aku nangis. Padahal ada foto umrah sekeluarga dan pas kunjungan adik ke surabaya dan saat aku ke kudus . Baru tahu ada cara ini. Oke banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh pasti sedih banget ya mbak, biasanya bakalan langsung nggak ngantuk deh kalau habis ngedelete data yang tak sengaja seperti itu,.

      Delete
  12. betul sekali mbak, selain memory internal, perlu memory eksternal dalam jumlah yang besar karena untuk menghasilkan foto yang bagus di blog pastinya membutuhkan banyak foto dengan resolusi yang tinggi agar hasilnya juga enak dipandang ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya pernah mbak, kehilangan semua foto2 di hape karena hang hiks sedih bener kalau ingat2

      Delete
    2. Bener banget mbak Wind, resolusi bangus dan tinggi bikin memory hape lekas penuh ya, jadinya kita butuh tempat untuk backup data

      Delete
    3. Wah, pasti sedih banget ya kalau kehilangan data penting

      Delete
  13. aaa aku pengen punya juga niiih, soalnya kemaren kemaren sempet ilang data juga gara- gara HP jatoh dan rusak, isinya nggak bisa di selamatkan huhuhu, sedih banget karena banyak data yang menurut aku penting hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli aja mbak, terjangkau banget bagi kita yang butuh tempat menampung data demi mendapatkan konten di hape

      Delete
  14. Saya dulu jarang banget backup data, apalagi sampe rutin backup data sebulan sekali.

    Ternyata backup data itu penting banget ya, jadi jika sewaktu-waktu data hilang kita masih punya yang duplikatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, backup data penting banget nih agar data2 penting gak hilang

      Delete
  15. Waaah aku baru tau dooong ada yang semacem gini. Pas nih buat aku yang suka males bebersih memori hape hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kudu beli ya mbak sandisk otg yang bakalan nyimpen data2 penting kita

      Delete
  16. Sandisk ini merk data safer legend ya, kereeen dan bentuknya simple. Biasanya sih aku pake buat backup data di laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sama. Aku punya yang buat backup laptop juga dan yang ini sepertinya memang harus punya juga

      Delete
  17. Saya pernah kehilangan hp, tetapi foto-foto aman karena otomatis disimpan di cloud. Rutin juga back up pakai flash drive. Supaya bisa segera disimpan di laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kehilangan data penting seperti foto sedih banget ya mbak, apalagi foto anak2 waktu kecil...

      Delete
  18. Wahh, setuju banget nih sama kakak! Backup data tuhh penting banget sih.. Anyway, semua memory card, flash disk, dkk aku selalu pake Sandisk.. kualitasnya oke bgt.. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandisk emang oke banget ya, saya juga pake sandisk dan emang terbukti bisa backup data dengan aman

      Delete
  19. Setuju mbak apalagi sekarang handphone sudah jadi pengganti kamera yang mudah dibawa kemana-mana dan praktis. Saya juga menyimpan data di sandisk mbak, punya kolek 3 di rumah hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, lengkap banget ya sandisk yang dimiliki mbak arda. Keren banget deh demi data agar tersimpan rapi

      Delete
  20. Wah praktis ini

    Klo pas ada kerjaan blogging nggak perlu takut memori hp g cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, praktis banget jadinya. Bisa dibawa kemana-mana pula

      Delete
  21. Waduuh aku kayaknya gak pernah back up dan kayaknya pasrah aja kalo data hilang wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sedih banget dong kalau saya kehilangan data seperti itu...hiks karena terlalu banyak kenangan didalamnya

      Delete
  22. Wah tipsnya penting nih buatku yang suka lupa backup data, trus pas hilang, menyesal banget kenapa nggak back up.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget makpuh, pasti deh kalau data hilang akan menyesal belakangan. Untuk itu emang harus segera dibackup

      Delete
  23. Hm, saya perlu juga nih
    Berapaan ya harganya

    ReplyDelete
  24. There are ways to ensure that we have all the back ups from the phone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, backup data buat hape agar empunya hape tetep bisa mencari banyak konten tanpa bingung memori hape habis

      Delete
  25. Aku jg masih menggunakan Sandisk ini sebagai back up data, cm ngeri karena kecil takutnya terselip haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih gantungan warna gonjreng mbak biar mudah ditemukan kalau keselip

      Delete
  26. Wiwin | pratiwanggini.net12 September 2019 at 16:06

    USB OTG Sandisk ini murah lho kalo belinya online di Sophee, coz saya pernah nanya di toko aksesoris komputer, ehhh harganya selisih Rp 40ribuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, selisihnya lumayan juga ya kak... beli sandisk di shopee emang cucmey ya mbak

      Delete
  27. Dari dulu mau beli ini ga jadi2 nih, pdhl berguna bgt ya, cuz cari online ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, cuzzz segera beli demi data2 penting kita

      Delete
  28. Wah flashdisk andalan aku nih Sandisk, kualitasnya memang sudah terpercaya. Meskipun aku termasuk 3% dari responden (karena aku jarang banget foto pakai kamera smartphone), tapi memori rasanya cepat banget penuh. Biasanya dari attachment whatsapp dan aplikasi lainnya. Ternyata ada solusi nih dari Sandisk biar data di hape aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Tya, sudah ada solusinya nih buat nyimpen data. File2 penting selain foto dan video juga bisa loh

      Delete
  29. Baru ngeh juga nih kalau ternyata pilihan kapasitasnya banyaaak yaa. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sandisk emang sudah terpercaya ya mbak kalau urusan penyimpanan data. Flashdisk aku saat ini juga mereknya Sandisk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau info aja nih kak, akhirnya setelah baca tulisan ini aku beli dong Sandisk ini untuk backup data aku di hape dan sekaligus untuk nyimpan file2 juga karena aku beli yg kapasitas 32GB. Alhamdulillah jadi tenang sekarang kalau mau backup2 data.

      Delete
    2. Banyak banget emang mbak kapasitasnya, dijamin deh data2 backup aman di sandisk otg

      Delete
    3. Waw keren banget sih mbak Tya, langsung beli setelah mengetahui banyak manfaatnya... semoga teman2 yang lainnya juga segera beli buat nge backup data2nya

      Delete
  30. Ku juga kalau backup data pakai sd card sandisk. Kapasitas besar, harganya juga bersahabat. Mantap gt deh 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap banget tuh kak, kapasitas besar harga yang bersahabat banget

      Delete
  31. Aku juga sering banget ngalamin mau download aplikasi penting, tapi harus hapus2 dulu yang lain. Akhirnya aku pindahkan beberapa data ke laptop dulu deh. Tapi kayanya lebih praktis pindahkan saya pakai Sandisk ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini harganya kisaran berapa mbak? Pilihan kapasitasnya kan banyak banget ya, cocok buat pindahin data biar data nggak ilang dan memori hp ga kepenuhan😁.

      Delete
    2. Sedih banget ya kalau data2 penting mau nggak mau harus dihapus karena kehabisan memori, saya sudah mengalaminya sendiri

      Delete
    3. Kalau di shopee kisaran harganya 90ribuan mbak, sangat terjangkau sekali bukan

      Delete
  32. Dududuh, aku banget ini. Sering banget data di hape hilang. Kudu sering back up dan upgrade ya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak Nia, kudu rajin back up dan upgrade nih biar hape juga gak lemot

      Delete
  33. Wah betul bgt nih Mba, henpon saya juga isinya ful foto n tambahan aplikasi. ada aja yg mau ditambahkan hehe. Simpan lewat fasilitas otg jd lebih memanusiakan hp ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bener banget mbak. Hape pun nggak lemot lagi ya kalau data2nya sudah pada dipindah

      Delete
  34. Iya mbak, sekarang saya juga salah satu nyaman banget foto foto pake hape, tapi ya gitu deh, pasti aja bikin hape ngehang karena kepenuhan. Otg Sandisk berapaan ya mbak harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebel ya kalau hape ngehang gara2 kebanyakan data, kudu dipindah tuh data2nya mbak...hehehe

      Delete
  35. Jadi inget belum memindahkan foto-foto di hape yang sudah mulai memnuhi memori. Padahal aku punya USB SanDisk OTG Dual Drive ini lho (tapi lupa kapasitasnya berapaan). Suka males sih nih. Sekarang mau aku pindahin ah, biar hapenya lega lagi memorinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kudu rajin dipindah biar hapenya lega hahaha...
      Kalau nggak gitu bakalan ngehang terus deh hapenya

      Delete
  36. Wah boleh nih dicoba pake USB begini untuk simpan data. Aku sering hapus-hapus foto lama. Kadang sayang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget mbak pake ini, penting banget biar data2nya gak ilang

      Delete
  37. Bener banget, apalagi sekarang banyk data di handphone ngalahin di laptop. Penting banget untuk backup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak, sekarang apa2 emang enakan di hape ya

      Delete
  38. Aku pernah mengalami kehilangan data karena hardisk rusak sedih sekali rasanya walaupun sudah di recovery tapi tidak maksimal data yang kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, sedih banget itu mbak kalau udah kehilangan data seperti itu. Karena saya sudah pernah mengalaminya sendiri

      Delete
  39. Aku harus punya nih sandisk otg ini soalnya sering lupa backup data terus pas kepepet banyak foto dan video yg dihapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus punya emang kak bagi kita yang suka cari konten agar hape tidak hang karena kebanyakan data

      Delete
  40. Wah pastinya membantu banget ya kalau flashdisk sudah ada otg nya begini. Mindahin data hape jadi lebih gampang dan nggak perlu lagi hapus-hapus foto karena memory card kepenuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak membantu sekali apalagi yang datanya banyak, butuh backup data agar datanya tetap aman

      Delete
  41. memang penting banget ya mba untuk urusan backup2 gini, intinya lebih baik mencegah dari pada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, mending segera beli ya daripada datanya hilang...hehehe

      Delete
  42. usb otg sandisk canggih ini, aku sekarang juga gitu kebutuhan foto buat konten aku simpen di FD sekalian buat postingan blog, karena ngeri di hp gak sengaja terhapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngeri banget ya kalau nggak sengaja terhapus...

      Delete
  43. Iya, nih mbak dalam waktu singkat memory hp q penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaan mbak, mungkin karena kita suka foto2 dan bikin video..hehehe

      Delete
  44. udah punya donk. soalnya saya tuh suka poseng kebanyakan foto. dulu jg masbos yg beliin soalnya sebel dengar saya ngomel mulu. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, mantap nih udah punya. Jadi sekarang udah nggak ngomel lagi ya

      Delete
  45. Sandisk emang jadi andalanku skrg buat simpen data. Selain kapasitasnya besar, harganya juga cukuo terjangkau. Idaman emak2 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, terjangkau banget deh. Yakin deh emak2 pasti kuat belinya...hehehe

      Delete
  46. Jadi memang sangat penting ya untuk selalu backup data di handphone kita agar datanya semakin aman ya

    ReplyDelete
  47. Bener banget nih, kudu siap selalu dengan USB OTG ini agar data2 yg ada di smartphone an terlindungi. Misal ada apa2 sama smartphonenya data udah aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi nggak perlu khawatir lagi dengan datanya ya karena sudah di backup

      Delete
  48. aku harus punya sandisk otg ini soalnya memori di smartphone sering penuh file lama kalo dihapus kan juga sayang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus segera punya nih kak, biar data2nya di hape aman

      Delete
  49. Oke juga nih apakah sandisk ini bisa dipakai buat IOS juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, sudah saya jelaskan di atas kalau bisa ios ama android

      Delete
  50. Iyabak, salah satu yang bikin space data di hape habis itu foto si kamera. Aku emang masih mengandalkan kamera hape buat mengabadikan moment, abis kalau bawa kamera berat dan ribeut harus masukin ke laptop dulu. Eh ternyata sekarnag bisa transfer simpan pAke otg Sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi terbantu banget kalau pake sandisk otg ya walau kamera hape udah penuh

      Delete
  51. Wah, pakai Sandisk yg otg ini memang enak banget, mau di hp mau di laptop tinggal colok aja, praktis banget ya

    ReplyDelete
  52. Apa sandisk ini bisa juga dipakai di ios soalnya ga pake android hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, karena ada sandisk otg yang buat ios

      Delete
  53. Aku juga pernah kehilangan data pas kerja rasanya pgn nangis

    ReplyDelete
  54. Aq pernah kejadian begini Mba, poto2 waktu dulu itu ilang. Ada nya cuma sisa beberapa foto, klo udah kejadian, baru berasa bgt klo itu penting bgt buat back up data

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sedih tuh pastinya kalau kehilangan data penting ya mbak

      Delete
  55. Kalau aku selalu melakukan back up secara berkala, apalagi banyak foto-foto untuk kebutuhan konten atau kerjaan. Nampaknya aku tertarik sama iXpand® Flash Drives

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ya mbak rutin banget back up data di hape...

      Delete
  56. Waaahh kujadi terinspirasi untuk punya nih. Rasanya foto2 yang kusimpan di smartphone bakalan bikin lemot deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Manda, bener banget. Kalau banyak data di hape bikin lemot aja hape yang dipakai

      Delete
  57. Data hp itu penting banget jadi kalau hilang pasti bisa bikin kepala mumet so sebaiknya memang kita punya tempat menyimpan data yang aman apalagi bagi yang kapasitas memori hpnya kecil kayak hp saya.. Jadi pengen banget punya usb sandisk ini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandisk otg emang perlu dan penting banget buat kita yang mengaku konten kreator mbak...yuk segera miliki sandisk otg nya

      Delete
  58. wah, kehilangan data penting memang sangat menyebalkan. makasih informasinya, jadi bisa backup data sblm terjadi hal yang tidak mengenakan...

    ReplyDelete
  59. hapus data kadang kelamaan pilihpilih data yang mau diapus. padahal keburu cepat buat pake lagi hp nya. kan gk pratis ya kak. untung sekarang udah ada usb otg sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, untungnya sudah ada usb otg dari sandisk yang menampung data2 penting milik kita

      Delete
  60. back up data pake usb otg sandisk, praktis, mudah, ceoat dan pastinya data kita aman deh. bisa cepat juga buat ambil foto2 baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, praktis pula ya...nggak ribet deh pokoknya

      Delete
  61. Iyaaa nih noted banget buatku yg mssih beluk rutin untuk backup data-data d smartphone k fashdisk gini kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, dulunya saya gitu tapi sekarang harus bisa lebih rajin membackup data

      Delete
  62. wahh aku baru tau ada yang buat iphone juga, menarik banget ini. dulu aku pake pas masih pake android

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, sudah mulai lengkap buat pengguna hape

      Delete
  63. wah aku butuh banget ini, toss kak masalahku juga disitu, hp ful foto n video. cuss ah pake sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh juga nihnganti ke sandisk biar gak bingung saat memori hape full

      Delete
  64. akhir bulan lalu pas acara gathering smartphone di Malang, salah satu doorprize-nya produk ini. Lumayan bisa buat back up data. Oh iya harganya sampai berapa ya per bijinya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren...dapat doorprize sandisk otg, asik nih buat nambah konten beauty ya

      Delete
  65. Aq juga punya Pengalaman kehilangan data 2 minggu yang lalu. Jujur masih ada kesedihan yang melanda. Supaya tidak terjadi lagi, saya harus membiasakan back-up data

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, emang harus rajin back up data biar aman

      Delete
  66. Kehilangan data itu sangat menyakitkan ya :(
    Dari pelajaran sebelumnya, jadi sering2 back up data :)

    ReplyDelete
  67. iya, sandisk ini solutif banget
    kalau perlu pindah data dari hape, langsung colokin sandisk, beres dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel banget ya, data aman pun pikiran tenang

      Delete
  68. Sedih klo udah ilang data sama lupa ngebackup
    Klo pake Sandisk otg mah masalah itu gabakal ada lagi hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pastinya data2 akan lebih aman ya kak. Jadi mau buat konten aman2 aja

      Delete
  69. Iya siapa nggak kesal kalau data di smartphone hilang, ngenes huhuu
    Bersyukur banget punya USB OTG SanDisk, jadi mudah saat backup data smartphone
    Bye bye perasaan kesal wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya sudah ads sandisk otg, semua data pastinya akan aman

      Delete
  70. Mesti rajin backup data kalau tak mau kehilangan data-data penting karena siapa tahu kan smartphone tiba-tiba hang atau mati total. Daripada kejadian terus menyesal, mending mulai rajin aja deh backup data secara rutin, apalagi sekarang udah ada USB OTG yang bikin proses transfer datanya cepat dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, back up data secara berkala emang penting banget agar kita tetap nyaman saat mencari konten

      Delete

Yuk berkomentar :)